Mengenal Pentingnya Asuransi Kesehatan Online

mencari kos-kosan

Pemanfaatan asuransi menjadi semakin familer di telinga masyarakat. Cara mendapatkannya pun makin canggih, yaitu bisa dibeli secara online!

Sebelum melangkah jauh, kita kutip dulu definisi asuransi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu pertanggungan atau perjanjian antara dua pihak.

Pihak yang satu sebagai nasabah (tertanggung) berkewajiban membayar premi asuransi dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan pertanggungan kepada nasabah apabila terjadi musibah yang menimpa diri nasabah atau propertinya sesuai dengan kesepakatan di dalam polis asuransi.

Sekilas tentang Prosedur Penerapan Asuransi Kesehatan

mengatur bujet keuangan

Dalam konteks asuransi kesehatan, pertanggungan diberikan terhadap kesehatan sang pembayar premi asuransi. Produk asuransi ini lantas memberi jaminan atas biaya perawatan kesehatan yang dibebankan kepada nasabah jika mereka mengalami sakit atau kecelakaan. Terkadang, produk ini diberikan satu paket dengan asuransi jiwa

Seiring perkembangan zaman, asuransi kesehatan kini bisa diakses secara online. Artinya, calon nasabah asuransi kesehatan akan mendaftar, melakukan pembayaran, hingga pengajuan klaim melalui komputer atau ponsel pribadi. Meski begitu, seluruh perjanjian antara perusahaan asuransi dengan nasabah tetap mengikuti aturan hukum yang berlaku. 

Ada dua jenis perawatan yang disodorkan oleh perusahaan penyedia jasa asuransi, antara lain proteksi rawat inap bagi nasabah yang menjalani perawatan dengan menginap di rumah sakit dan rawat jalan bagi nasabah yang menjalani perawatan tanpa menginap di rumah sakit alias berobat di rumah. 

Sesuai dengan namanya, pertanggungan, maka ada bentuk perawatan yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Tentu saja, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan dan perjanjian yang berbeda-beda dengan nasabahnya. 

Namun secara umum, asuransi kesehatan online atau offline, memberi pertanggungan atas biaya akomodasi ruangan, akomodasi ICU, konsultasi dengan dokter umum atau spesialis, tindakan medis, rawat jalan, perawatan di rumah, layanan ambulans, hingga perawatan cuci darah. Sebagian asuransi bahkan juga menanggung biaya pengobatan penyakit kritis tertentu. 

Produk dan layanan asuransi kesehatan online saat ini sudah meliputi asuransi sosial, asuransi jiwa, atau asuransi umum. Untuk memudahkan, perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan online biasanya sudah bekerja sama dengan pihak rumah sakit yang akan memberikan layanan kepada nasabah asuransi. 

Prosedur Pengajuan Asuransi Kesehatan Online

Cara Daftar Akun di DJP Online

Selayaknya asuransi kesehatan konvensional alias offline, asuransi kesehatan online juga mengharuskan calon nasabah untuk melakukan pengajuan terlebih dahulu kepada perusahaan penyedia produk. Nasabah bisa memilih perusahaan asuransi kesehatan mana yang sesuai dengan kebutuhan, baik pada segi tanggungan atau besaran premi, untuk kemudian dilakukan secara online

Perusahaan yang menyediakan produk asuransi kesehatan online menggunakan situs web resmi atau portal yang secara khusus memberi petunjuk jenis-jenis produk dan cara pengajuan asuransi kesehatan. 

Ada baiknya, sebelum kita mengajukan asuransi kesehatan secara online, pelajari dulu berbagai informasi mengenai produk asuransi yang ditawarkan, misalnya perihal ketentuan dokumen yang harus diunggah secara online. Masing-masing perusahaan penyedia produk asuransi kesehatan bisa saja memiliki kebijakan berbeda dalam penerapan kewajiban unggah dokumen ini. 

Sebagai persiapan mendasar, kita perlu menyiapkan dokumen-dokumen  berikut ini.

  1. Fotokopi/pindai Kartu Tanda Penduduk 
  2. Fotokopi/pindai Akta Keluarga
  3. Fotokopi/pindai Kartu Keluarga

Selain itu, kita harus mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan yang biasanya bisa diunduh secara online dari situs web resmi. Nah, jangan lupa juga memilih jenis layanan asuransi yang mau dibeli, termasuk memahami mekanisme pembayaran preminya. 

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan Secara Online

Update Terbaru Admedika EDC

Terkait memanfaatkan layanan pengajuan klaim asuransi kesehatan secara online, penyedia produk asuransi memiliki mekanisme sendiri-sendiri. Salah satunya, klaim via Whatsapp. Dokumen transaksi atau bukti pengajuan asuransi bisa juga diurus melalui aplikasi tersendiri dari perusahaan asuransi pilihan. 

Ada dua bentuk sistem pembayaran klaim asuransi yang bisa diterima oleh perusahaan, yakni sistem reimburse dan sistem cashless.

Dalam sistem reimburse, nasabah asuransi diharuskan membayar sendiri seluruh biaya perawatan terlebih dulu. Setelah itu, pihak perusahaan akan mengganti tagihan yang sudah ditalangi oleh nasabah tersebut. 

Klaim dengan sistem cashless berarti tidak ada transaksi yang riil antara nasabah dengan rumah sakit. Jadi, nasabah cukup menunjukkan bukti kepesertaan atas asuransi kesehatannya dan biaya pun sepenuhnya akan ditanggung perusahaan asuransi secara otomatis. Meski begitu, nasabah perlu membayar biaya administrasi tertentu.

Tanpa layanan dengan sistem online pun, asuransi kesehatan sudah banyak dirasakan manfaatnya bagi nasabah. Apalagi dengan kemudahan teknologi yang membuat nasabah bisa memproses layanan dan mencari tahu pertanggungan produk asuransinya secara online. Tentu, manfaatnya akan semakin terasa. 

Asuransi kesehatan secara online, selain aksesnya mudah, memberi manfaat bagi nasabah atas jaminan biaya pengobatan dan perawatan yang bisa saja disebabkan oleh penyakit, kecelakaan kerja, kecelakaan diri di luar pekerjaan, hingga penggantian penghasilan akibat menderita suatu penyakit atau kecelakaan. 

Nasabah asuransi kesehatan, termasuk online, juga mendapat pertanggungan atas rawat jalan, rawat inap, hingga manfaat perawatan kesehatan gigi. Intinya, asuransi kesehatan online memberi kemudahan bagi yang memang peduli terhadap jaminan pembiayaan atas pengobatan di rumah sakit suatu saat nanti. 

Tentu, kita tidak bisa menjamin apa yang terjadi pada tubuh kita di masa datang. Namun, asuransi setidaknya memberikan rasa aman dan nyaman bagi keuangan pribadi sehingga kita bisa beraktivitas dan bekerja dengan optimal. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Asuransi Kesehatan Online

Asuransi gempa bumi

Setiap orang bisa memilih jenis dan bentuk produk asuransi kesehatan yang diinginkan, apakah konvensional atau online. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan memilih produk asuransi kesehatan secara online.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih asuransi kesehatan yang preminya sesuai dengan kantong kita. Perhatikan juga jenis-jenis penyakit dan bentuk kecelakaan yang akan ditanggung terkait pembiayaannya. 

Selain itu, pastikan perusahaan penyedia produk asuransi kesehatan online yang kita inginkan memiliki reputasi yang bagus.

Perusahaan Penyedia Produk Asuransi Kesehatan Online

roi

Setelah memahami berbagai aspek pertimbangan sebelum memilih asuransi kesehatan online, ada baiknya kita melihat beberapa produk yang disediakan sejumlah perusahaan asuransi melalui berbagai platform, baik melalui situs resmi tersendiri atau situs e-commerce.

1. Asuransi Kesehatan AXA

Asuransi Kesehatan AXA menawarkan produk asuransi kesehatannya melalui AXA Hospital Plus Life, yang di dalamnya satu paket antara asuransi kesehatan dan jiwa. Untuk mendaftar, calon nasabah bisa membuka situs resmi asuransi AXA.

Perusahaan sudah mempermudah pelayanan asuransi dengan menggabungkan seluruh penawaran produk asuransi ke dalam satu situs sekaligus. Nah, ada baiknya sebelum membeli asuransi AXA calon nasabah asuransi juga membaca informasi edukasi yang diberikan di situs resmi asuransi AXA. Selain pembelian asuransi, situs resmi AXA juga melayani klaim asuransi secara online.

2. JagaDiri (PT Central Asia Financial)

Produk asuransi kesehatan yang ditawarkan Asuransi JagaDiri juga sudah mencakup sistem online. Pengajuan asuransi dan klaim bisa dilakukan secara digital melalui situs resminya. Asuransi kesehatan yang ditawarkan termasuk perlindungan terhadap penyakit demam berdarah dan penyakit musiman lainnya. 

3. Tokopedia Asuransi

Selain jasa yang ditawarkan di situs perusahaan asuransi, asuransi kesehatan online juga ditawarkan melalui situs perusahaan dagang elektronik (e-commerce) seperti Tokopedia. Selain bisa membeli asuransi secara langsung, nasabah bisa mengajukan klaim asuransi lewat Tokopedia Asuransi juga. 

Tokopedia memasarkan produk asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan asuransi, seperti Sinarmas, Tokio Marine, dan Zurich.

Fitur asuransi kesehatan online sewajarnya menjadi kemudahan kita untuk mendapatkan perlindungan finansial atas biaya perawatan kesehatan di kala mendesak. Tidak perlu mahal, kita bisa sesuaikan jenis pertanggungan yang ditawarkan sesuai dengan bujet kita.

Yuk, cari tahu produk-produk asuransi kesehatan terbaik di Indonesia lainnya melalui ulasan-ulasan bermanfaat di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →