Hadapi Ancaman Virus, Seberapa Penting Kita Memiliki Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan penting buat kamu dan keluarga hadapi ancaman virus

Adanya ancaman virus yang menyerang kesehehatan manuasia menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Selain menimbulkan keresahan dan rasa panik, ancaman virus juga memberikan ketakutan terutama bagi orang yang belum atau tidak memiliki proteksi diri berupa asuransi kesehatan maupun jiwa.

Seperti Virus Corona saat ini telah menyebar ke 21 negara dan wilayah di seluruh dunia semenjak pertama kali kasusnya terdeteksi di Wuhan, China pada pertengahan Desember 2019 lalu. Sampai hari ini, Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan virus yang memiliki nama ilmiah 2019-nCoV tersebut telah merenggut ratusan nyawa serta meninggalkan ribuan kasus orang yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus tersebut.

Tak dipungkiri kepanikan dunia akan penyebaran virus ini, sebab virus Corona berkembang dengan cepat dan menyebar ke berbagai negara. Bahkan beberapa negara termasuk Indonesia mulai menjemput warna negaranya di China untuk mengurangi risiko terjangkit virus tersebut.

Khusus Indonesia sendiri, pemerintah berhasil memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan sebanyak 238 WNI pada Minggu lalu, dan dilakukan karantina selama 14 hari di Pangkalan Militer, Natuna, Kepulauan Riau untuk memastikan kesehatan para WNI tersebut.

Secara medis, virus yang satu ini menyerang gangguan pernapasan, demam tinggi, hingga sesak napas yang merupakan tanda-tanda umum dari infeksi virus corona. Infeksi yang ditularkan antara hewan dan manusia, serta antar manusia ini dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, hingga kematian.  

Namun demikian, saat ini belum ada vaksin atau obat yang tersedia untuk mencegah dan mengobati virus ini sehingga masyarakat diminta meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan asuransi. Lantas seberapa penting bagi orang buat memiliki asuransi kesehatan demi menghadapi ancaman virus Corona atau virus lainnya? 

Seberapa penting asuransi kesehatan?

Seberapa pentingnya nih memiliki asuransi buat kesehatan bagi keluarga
Seberapa pentingnya nih memiliki asuransi buat kesehatan bagi keluarga, (Shutterstock).

Secara umum, asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan penggantian biaya pemeriksaan, rawat inap, dan rawat jalan saat peserta sakit atau mengalami kecelakaan. Kompensasinya adalah peserta membayarkan premi ke perusahaan asuransi.

1. Menambah kedisiplinan finansial

Memiliki usia produktif dan penghasilan yang besar setiap bulan kadang membuat seseorang lupa diri akan proteksi atau perlindungan diri dan keluarga. Masih banyak orang yang menempatkan konsumsi dan gaya hidup cenderung menjadi pilihan nomor satu ketimbang memiliki proteksi diri berupa asuransi. 

Padahal, dengan memberikan proteksi diri dan keluarga, peserta asuransi kesehatan tidak perlu lagi memikirkan segala biaya yang ditimbulkan saat sakit atau mengalami kecelakaan. Bahkan, untuk beberapa produk asuransi tertentu sudah menjamin biaya persalinan, perawatan mata dan gigi, biaya ambulans, serta biaya pemulangan dan pengurusan jenazah baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dengan itu, memiliki asuransi, investasi, dan tabungan akan memberikan dampak positif dari sisi finansial, uang atau penghasilan tidak akan habis untuk hal yang sia-sia semata.

2. Perlindungan keluarga tercinta

Kemudian, dari sisi perlindungan, saat usia produktif menyisihkan penghasilan untuk membeli premi asuransi. Sebab ketika memasuki masa pensiun pada usia 55 tahun, salah satu cara untuk memberikan perlindungan diri dan keluarga adalah melalui asuransi yang menjamin biaya perawatan kesehatan, rawat inap, penyakit kritis, hingga meninggal dunia.

Dengan demikian tidak akan memberikan beban pada keuangan ketika tidak mendapatkan penghasilan saat usia pensiun tiba. Tak hanya itu, jika sebuah keluarga memiliki pencari nafkah utama atau tunggal mengalami gangguan kesehatan dan berimbas pada terhentinya mendapatkan penghasilan, maka anak-anak terancam tidak bisa sekolah, istri atau suami kemungkinan tidak bisa pensiun dengan layak.

Karena itu, perlunya sebuah proteksi bagi orang memiliki asuransi. 

3. Mengamankan aset kekayaan

Tak hanya perlindungan diri dan keluarga, memiliki asuransi juga bisa berdampak pada perlindungan aset, sebab risiko kesehatan akan selalu mengintai kapanpun, dan di manapun.

Untuk menjamin kesehatan nyatanya tidak bisa hanya menabung saja, sebab sering terjadi ketika usia pensiun dan jatuh sakit, aset atau kekayaan yang ada terpaksa dihabiskan untuk biaya pengobatan dan perawatan.

Tentunya kejadian tersebut tidak ingin terjadi, sebab aset atau kekayaan yang dikumpulkan selama puluhan tahun akan habis untuk biaya pengobatan. Guna menghindari hal ini pilihan yang paling tepat adalah memproteksi diri dan aset dengan asuransi.

Dengan asuransi ini, tidak hanya memberikan perlindungan bagi keluarga saja, tetapi juga meminimalkan risiko keuangan untuk kebutuhan medis pada saat usia pensiun.

Pahami jenis asuransi kesehatan

Pahami jenis-jenis asuransi buat kesehatan
Pahami terlebih dahulu jenis-jenis asuransi buat kesehatan, (Shutterstock).

Sementara itu, agar memiliki proteksi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan finansial keluarga, diperlukan memahami jenis asuransi kesehatan di Indonesia, mulai dari pengelolaan dana, jenis perawatan, uang pertanggungan, hingga objek tertanggung.

Pengelolaan dana

Dalam pengelolaan dana kamu juga mesti ketahui saat memutuskan memiliki asuransi
Dalam pengelolaan dana kamu juga mesti ketahui saat memutuskan memiliki asuransi, (Shutterstock).

Dari sisi jenis, terdapat dua jenis asuransi kesehatan berdasarkan pengelolaan dana, yakni asuransi kesehatan pemerintah dan asuransi kesehatan swasta. Nah kamu mesti ketahui bahwa dalam pelaksanaannya asuransi kesehatan pemerintah bersifat wajib, sedangkan asuransi kesehatan swasta menjadi tambahan atau pelengkap.

Jenis perawatan

Pahami juga jenis-jenis perawatannya bagi kamu yang bakal memutuskan memiliki asuransi proteksi diri
Pahami juga jenis-jenis perawatannya bagi kamu yang bakal memutuskan memiliki asuransi proteksi diri, (Shutterstock).

Kemudian, dari sisi jenis perawatan juga menjadi dua bagian, pertama rawat jalan, dan kedua rawat inap. Adapun ketentuan pemilihan rawat inap atau rawat jalan ditentukan oleh dokter yang menjadi pihak berwenang.

Rawat inap sendiri merupakan perawatan kesehatan yang membutuhkan waktu paling cepat satu malam atau opname. Sedangkan rawat jalan tidak membutuhkan opname.

Uang pertanggungan

Jenis uang pertanggungan juga mesti kamu tahu lho
Pahami jenis uang pertanggungan yang bakal kamu dapatkan, (Shutterstock).

Dalam produk asuransi terdapat uang pertanggungan yang menanggung biaya total perawatan, dan ada juga yang hanya menanggung biaya tertinggi. Peserta asuransi sebaiknya memahami skema perhitungan limit perawatan maupun batasan plafon yang diberikan.

Objek tertanggung

Ketahui juga objek proteksi
Melindungi kamu sekeluarga dengan memiliki asuransi perlu lho, (Shutterstock).

Jika dibedakan dari objek yang ditanggung dapat dibedakan menjadi dua yaitu objek personal atau individual (asuransi kesehatan individu) dan objek kelompok (asuransi kesehatan kelompok).

Premi asuransi kelompok biasanya lebih murah dibandingkan dengan asuransi individu. Jadi, jika Anda ingin memutuskan untuk membeli asuransi, sebaiknya pilih asuransi kelompok saja seperti asuransi keluarga. 

Anda hanya perlu membayar premi untuk semua anggota keluarga dalam satu polis asuransi yang sama sehingga bisa lebih hemat. Nah, dengan kejadian Virus Corona saat ini, memiliki proteksi diri dan keluarga berupa asuransi kesehatan menjadi sangat penting ya, selain memberikan perlindungan kesehatan, keluarga dan aset, memiliki asuransi juga meningkatkan kedisiplinan finansial pada saat usia produktif. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →