Asuransi Kesehatan Sinarmas Terbaik, Keuntungan, dan Cara Klaimnya

Asuransi kesehatan Sinarmas MSIG Life

Siapa yang tidak mengenal asuransi Sinarmas? Perusahaan yang sudah berdiri pada tanggal 27 Mei 1985 ini telah memiliki banyak sekali rekam jejak perusahaan yang sangat responsif.

Salah satu produk unggulan mereka adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan Sinarmas.

Tidak hanya itu, perusahaan asuransi Sinar Mas ini juga memiliki banyak sekali inovasi produk yang memuaskan para nasabah asuransi di Indonesia.

Sebelum perusahaan asuransi Sinarmas ini menjadi perusahaan asuransi dengan pelayanan terbaik di Indonesia, apa asal mula perusahaan ini dibentuk?

Asuransi kesehatan Sinarmas MSIG Life

Nama awal dari perusahaan asuransi ini adalah PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini akhirnya berganti nama menjadi PT Asuransi Sinar Mas (ASM) pada tahun 1991.

Perusahaan ini ahli di bidang perlindungan properti, marine (pengangkutan), rekayasa (engineering), bonding (penjaminan), kendaraan bermotor, tanggung gugat (liability) dan aneka (miscellaneous).  

Tidak hanya itu, perusahaan ini pun juga memiliki inovasi produk yang jarang dimiliki oleh perusahaan asuransi yang lain seperti asuransi perlindungan PHK, asuransi sepeda (Simas Sepeda), asuransi kredit UKM, dan lain-lain.

Perlindungan ini juga tidak hanya difokuskan kepada individu tetapi juga untuk perusahaan. Tentunya inovasi ini menjadi kelebihan dari perusahaan asuransi Sinarmas untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Saat ini, perusahaan asuransi Sinar Mas telah mengembangkan kantor cabangnya lebih dari 200 tempat yang meliputi kantor syariah, kantor pemasaran, dan marketing point.

Pilihan asuransi kesehatan Sinarmas terbaik

Hingga saat ini, jenis asuransi kesehatan masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Asuransi Sinar Mas pun memiliki produk asuransi kesehatan Sinarmas yang memberikan perlindungan terbaik bagi para nasabahnya.

Produk asuransi kesehatan ini dikelola oleh anak perusahaan Sinar Mas, yaitu Sinarmas MSIG Life di bawah naungan PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG.

Lalu, apa saja produk-produk mereka dan apa saja kelebihan yang ditawarkan dari jenis-jenis asuransi kesehatan tersebut?

Bagi kamu yang membutuhkan referensi lengkap mengenai asuransi Sinarmas, wajib baca kolom berikut ini.

  • Simas Sehat Corporate
  • Asuransi kesehatan Sinarmas Individu

1. Simas Sehat Corporate

Jenis asuransi ini dikhususkan untuk karyawan suatu perusahaan beserta keluarganya. Manfaat yang diperoleh dari asuransi ini sangatlah banyak, terdiri dari:

  • Jaminan Rawat Inap
  • Jaminan Rawat Jalan
  • Jaminan Melahirkan
  • Jaminan Rawat Gigi
  • Jaminan Kacamata

Jenis asuransi kesehatan Sinarmas ini memiliki fasilitas istimewa yaitu sistem Administrative Service Only (ASO). Fasilitas tersebut memungkinkan perusahaan bisa memberikan pilihan proteksi asuransi pada karyawan. Salah satu jaminan dasar dari asuransi kesehatan Sinarmas yaitu Jaminan Rawat Inap Asuransi Sinar Mas.

Selain itu, terdapat pula manfaat yang ditawarkan oleh jenis asuransi kesehatan Sinarmas ini. Manfaat yang diperoleh dari Simas Sehat Corporate adalah jaringan rumah sakit tidak hanya di Indonesia, melainkan bisa digunakan di seluruh dunia.

Tidak perlu khawatir juga untuk mengajukan klaim karena prosesnya sangatlah cepat, mulai dari 7 sampai 14 hari. Klaim tersebut dibayarkan menggunakan sistem cashless yang melalui payroll (gaji) pun terasa lebih praktis dan hanya perlu melaporkan klaim ke pihak HRD secara periodik.

2. Asuransi kesehatan Sinarmas Individu

Khusus asuransi kesehatan Sinarmas untuk golongan individu dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

Simas Sehat Gold

Jenis asuransi ini memberikan manfaat khusus bagi kamu yang mengalami jatuh sakit atau mengalami kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit. Uniknya, kamu tidak perlu pemeriksaan kesehatan lebih dulu sebelum menjalani rawat inap.

Sistem pembayaran cashless di seluruh rumah sakit kerjasama yang juga bisa dicicil dengan kartu kredit Visa/Master Card, jaminan rawat jalan dan gigi darurat akibat kecelakaan juga jaminan rawat jalan sebelum dan sesudah pemeriksaan di rumah sakit.

Tidak hanya itu, asuransi kesehatan Sinarmas ini bisa diperuntukkan untuk kamu hingga berusia 75 tahun. Simas Sehat Gold juga melayani jaminan evakuasi medis darurat di seluruh dunia. Kamu juga mendapatkan pelayanan gratis asuransi kecelakaan diri hingga mencapai 10 juta.

Simas Sehat Executive

Apa bedanya dengan jenis asuransi kesehatan Sinarmas yang lain? Bedanya adalah Simas Sehat Executive memberikan perlindungan yang lebih optimal.

Kamu akan mendapatkan jaminan kesehatan seperti rawat inap, tindakan pembedahan, pemeriksaan laboratorium dan tes diagnostik, dan sebagainya.

Sistem pembayaran cashless yang digunakan Sinar Mas membuat semuanya jadi lebih mudah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih dokter sesuai keinginan di seluruh dunia, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Kanada.

Selain itu, kelebihan lainnya dari jenis asuransi kesehatan Sinarmas ini adalah jaminan biaya terhadap transpalasi organ tubuh yang disesuaikan dengan limit tertentu. Fasilitas oleh asuransi Sinarmas dikhususkan untuk organ tubuh jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan sumsum tulang.

Simas Sehat Income

Jenis asuransi kesehatan lainnya adalah Simas Sehat Income. Produk ini khusus untuk asuransi kesehatan dengan biaya premi yang sangat terjangkau dan tidak perlu takut untuk tekor sama pemasukan.

Hanya dengan membayar premi Rp1.200 per hari, kamu akan mendapatkan santunan hingga sebesar Rp500 ribu per hari atau sebesar Rp182.500.000 per tahun.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan fasilitas santunan pembedahan hingga Rp10 juta di setiap pembedahan yang sudah diajukan.

Selain jaminan tetap, kamu juga akan mendapatkan jaminan tambahan berupa santunan meninggal dunia dan cacat tetap akibat kecelakaan hingga mencapai Rp100 juta.

Fasilitas asuransi kesehatan Sinarmas ini berlaku untuk semua umur sampai 59 tahun dan dapat diperpanjang hingga usia 65 tahun.

Bagi nasabah asuransi Sinarmas untuk anak-anak, penerima manfaat tersebut berlaku bagi berusia 6 bulan hingga 21 tahun. Manfaat tersebut dapat diperpanjang hingga 23 tahun dengan syarat pemegang polis belum menikah.

Keuntungan membeli polis asuransi kesehatan Sinarmas

Asuransi kesehatan Sinarmas

Asuransi kesehatan Sinarmas menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabahnya. Apa saja? Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan Sinarmas.

  • Manfaat yang ditawarkan dan premi yang ditetapkan beragam, sesuai dengan kebutuhan
  • Layanan pelanggan tersedia 24 jam
  • Calon nasabah tidak perlu menjalani pemeriksaan kesehatan untuk mendaftar
  • Pembayaran premi mudah, bisa melalui transfer atau auto debet kartu kredit dari bank mana pun (Visa/Mastercard) di seluruh Indonesia. Untuk produk tertentu, yaitu Simas Sehat Gold, pembayaran dapat dicicil per bulan melalui kartu kredit berlogo Visa/Mastercard.
  • Sistem klaim cashless di rumah sakit provider asuransi Sinar Mas
  • Adanya jaminan evakuasi medis darurat di seluruh dunia
  • Adanya jaminan rawat jalan dan rawat gigi darurat yang disebabkan oleh kecelakaan
  • Adanya jaminan rawat jalan sebelum dan sesudah perawatan inap di rumah sakit
  • Jaminan perlindungan hingga usia 75 tahun untuk kasus perpanjangan

Kelebihan membeli polis asuransi kesehatan Sinarmas secara online

Saat ini kamu sudah dapat membeli polis asuransi kesehatan Sinarmas secara online. Apa saja kelebihan membeli polis asuransi secara online?

1. Hemat waktu

Dengan mengajukan pembelian secara online, kamu tak perlu menghabiskan waktu dalam perjalanan menuju lokasi pembelian, seperti kantor agen asuransi. Kamu cukup mengisi formulir permohonan dan memantau proses pengajuan aplikasi kamu secara online.

2. Lebih murah

Ketika kamu membeli polis asuransi kesehatan secara online, kamu dapat mengeliminasi biaya tambahan, seperti biaya distribusi dan infrastruktur. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan produk asuransi yang diinginkan dengan premi yang lebih rendah.

3. Bebas Membandingkan dan Mencari Review

Sering kali, calon nasabah ingin mencari tahu dan membandingkan terlebih dahulu produk asuransi yang ditawarkan kepadanya dengan produk asuransi sejenis.

Calon nasabah juga akan lebih yakin jika sudah mendengar ulasan atau review nasabah lain yang telah menggunakan produk asuransi tersebut.

Nah, dengan membeli polis kesehatan secara online, kamu dapat dengan bebas dan leluasa, tanpa terburu-buru, membandingkan produk asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu sekaligus mencari review terhadap produk tersebut.

Dengan demikian, kemungkinan kamu menyesali keputusan pembelian dapat berkurang karena kamu telah langsung melakukan survei terhadap produk yang kamu beli.

Syarat membeli polis asuransi kesehatan Sinarmas

Untuk dapat membeli polis asuransi kesehatan Sinarmas, simak beberapa syarat dan ketentuan umum berikut ini:

  • Usia minimum Tertanggung adalah 30 hari, maksimum 59 tahun. Untuk produk asuransi kesehatan Simas Sehat Gold, usia minimum Tertanggung adalah 15 hari, maksimum 59 tahun bagi peserta baru. Kecuali dalam kasus perpanjangan, usia Tertanggung dapat mencapai 75 tahun.
  • Tertanggung merupakan warga negara Indonesia untuk asuransi Simas Sehat Gold
  • Tertanggung berdomisili di Indonesia untuk asuransi Simas Sehat Executive
  • Tertanggung mengisi Formulir Aplikasi Asuransi (FAA) dengan dilengkapi identitas diri, seperti fotokopi KTP/KITAS.

Pengecualian dalam polis asuransi kesehatan Sinarmas

Umumnya, polis asuransi kesehatan kamu telah memuat berbagai ketentuan pengecualian dengan jelas. Namun demikian, kamu juga dapat mempelajari poin-poin pengecualian dalam polis asuransi kesehatan Sinarmas berikut ini.

1. Jenis penyakit yang diderita dalam kurun:

  • 30 hari pertama dari tanggal kepesertaan awal: semua jenis penyakit, kecuali yang disebabkan oleh kecelakaan.
  • 12 bulan pertama dari tanggal kepesertaan awal: penyakit-penyakit yang dinyatakan bersifat kronis secara medis, sekalipun belum pernah disadari sebelumnya. Penyakit yang dimaksud adalah segala jenis kanker dan tumor, pengerasan sumsum tulang, penyakit saluran pernafasan, pelebaran pembuluh darah, termasuk pembuluh darah jantung, cerebrovascular disease, epilepsy, gangguan kelenjar tiroid, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis Non A Non B, diabetes mellitus, penyakit saluran kemih, gangguan saluran pencernaan, gangguan persendian dan tulang, katarak, sinus, operasi amandel, sega jenis hernia, penyakit saluran reproduksi, kelainan kulit yang tidak membutuhkan antibiotic dalam pengobatannya, fistula ani, dan penyakit kronis lainnya yang telah dinyatakan secara medis.
  • 18 bulan pertama dari tanggal kepesertaan awal: semua penyakit yang telah ada sebelumnya (pre existing condition).

2. Cedera yang diakibatkan oleh diri sendiri, termasuk tindakan bunuh diri, dan pelanggaran hukum atau perlawanan atas penangkapan atau penahanan secara hukum

3. Cedera yang diakibatkan oleh semua jenis perlombaan, kecuali lomba lari

4. Cedera atau penyakit yang, baik secara langsung maupun tidak langsung, disebabkan oleh perang, tindakan teroris, tindakan kriminal, keikutsertaan dalam huru-hara, pemogokan, pergolakan sipil, atau pemberontakan, dan/atau mengemban tugas militer secara penuh waktu

5. Bencana alam, seperti gempa bumi, meletusnya gunung berapi, badai, banjir, tsunami, dan akibat gejala geologi dan/atau meteorologi lainnya

6. Semua aktivitas, perawatan, dan/atau operasi gigi, kecuali telah dinyatakan oleh dokter aktivitas tersebut dilakukan karena cedera akibat kecelakaan

7. Pemeriksaan mata

8. Pemasangan maupun penyesuaian alat bantu pendengaran

9. Setiap perawatan yang terkait dengan kelahiran, termasuk melahirkan, keguguran, aborsi, dan semua komplikasinya, perawatan yang terkait dengan kemandulan, dan perawatan atas gangguan menstruasi

10. Penyakit kista dermoid dan/atau teratoma

11. Penyembuhan atau perawatan di sanatorium, termasuk pengobatan atas penyalahgunaan obat bius dan/atau kecanduan minuman keras

12. Perawatan untuk kelainan fungsi fisik atau mental, atau kondisi yang disebabkan oleh penyakit syaraf

13. Perawatan atau pembedahan terhadap cacat/kelainan bawaan

14. Perawatan untuk mengurangi atau menambah berat badan

15. Pemeriksaan kesehatan secara rutin atau berkala

16. Kondisi yang berhubungan dengan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual dan semua akibatnya

17. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan ARC (AIDS Related Complex), termasuk HIV atau akibat-akibatnya

18. Radiasi ionisasi atau pencemaran radioaktif dari setiap bahan bakar/limbah nuklir

19. Pemeriksaan dan pengobatan yang tidak diakui secara luas di bidang kedokteran barat, seperti akupuntur, herbal, dukun patah tulang, dan lainnya

20. Biaya perawatan atau pembelian alat-alat prosthetic, kecuali penyewaan alat tersebut selama menjalani rawat inap di rumah sakit

21. Biaya yang dapat diklaim melalui BPJS Kesehatan atau Asuransi Tenaga Kerja. Hanya kelebihan biaya yang akan dibayarkan atau yang dihitung dari Ikhtisar Polis, mana yang lebih rendah

22. Biaya di luar biaya pengobatan, seperti biaya penggunaan fasilitas kamar berupa penggunaan telepon, televisi, dan lainnya.

Cara klaim asuransi kesehatan Sinarmas

Asuransi kesehatan Sinarmas menyediakan beberapa klaim manfaat, seperti rawat inap, evakuasi medis darurat, hingga klaim santunan tunai harian. Bagaimana cara mengajukan klaimnya? Simak penjelasan berikut.

Cara klaim rawat inap di rumah sakit provider

  • Tertanggung melapor ke pihak Penanggung untuk mendapatkan Surat Jaminan dari Penanggung SEBELUM Tertanggung masuk ke rumah sakit provider.
  • Dalam keadaan darurat, Tertanggung dapat menunjukkan Kartu Peserta Asuransi (KPA) ke pihak rumah sakit provider. Sebelum Tertanggung selesai menjalani rawat inap, Tertanggung atau wakil Tertanggung harus sudah memberitahukan pihak Penanggung mengenai rawat inap tersebut. Jika tidak, Tertanggung bertanggung jawab untuk membayar seluruh tagihan terlebih dahulu baru kemudian ditagihkan ke Penanggung.
  • Kartu Peserta Asuransi (KPA) dan KTP Tertanggung harus dalam keadaan aktif atau masih berlaku. Tanggungan Tertanggung yang belum memiliki KTP dapat menggunakan KTP Tertanggung.
  • Tertanggung mengisi dan menandatangani Formulir Klaim Asuransi (FKA) yang diberikan rumah sakit provider
  • Tertanggung berkewajiban menanggung seluruh kelebihan biaya di atas batas maksimum jaminan untuk Tertanggung jika Tertanggung, karena alasan apa pun, dirawat di kamar dengan biaya yang lebih tinggi dari yang tercantum di KPA.
  • Sistem reimbursement berlaku atas batasan sistem provider berikut: Perawatan harian, tindakan One Day Surgery, konsultasi dan pemeriksaan laboratorium sebelum menjalani rawat inap, konsultasi dan pengobatan setelah rawat inap, perawatan darurat gigi akibat kecelakaan, dan rawat jalan darurat akibat kecelakaan.

Cara klaim evakuasi medis darurat

  • Peserta menghubungi GAH Alarm Center di 62-021 2999 78 999
  • Peserta memberikan informasi terkait: Nama peserta, Nomor Polis dan Nomor Register, Lokasi peserta, Nomor kontak yang bisa dihubungi, Dokter yang merawat jika perawatan inap

Cara klaim asuransi rawat inap untuk sistem reimbursement

  • Tertanggung dan dokter yang merawat mengisi dan menandatangani Formulir Klaim Asuransi (FKA). Jika ada pembedahan, dokter bedah juga melengkapi FKA.
  • Tertanggung melengkapi dokumen klaim dengan kwitansi asli dari rumah sakit beserta rincian biaya yang dikeluarkan atas perawatan, seperti rincian penggunaan obat yang dikonsumsi dan pemeriksaan laboratorium.
  • Tertanggung memberikan dokumen penunjang lainnya, seperti hasil pemeriksaan laboratorium, dalam format asli.
  • Surat kuasa kepada Penanggung untuk memperoleh informasi  dari pihak rumah sakit yang merawat
  • Tertanggung mengirimkan seluruh berkas tersebut ke PT Asuransi Sinar Mas bagian Accident and Health Insurance Division. Penggantian klaim yang disetujui akan dilakukan paling lambat 14 hari kerja.

Cara klaim santunan tunai harian atas rawat inap di Faskes BPJS Kesehatan

  • Tertanggung memberikan Formulir Klaim Asuransi asli dan surat pernyataan jaminan pelayanan BPJS Kesehatan asli
  • Tertanggung memberikan fotokopi Kartu Peserta Asuransi dan Kartu BPJS Kesehatan/Surat Eligibilitas Peserta
  • Tertanggung memberikan fotokopi Resume Medik
  • Tertanggung memberikan lampiran perhitungan INA CBG dengan kop Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (fotokopi) atau perincian biaya rawat inap (fotokopi)

Asuransi kesehatan Sinarmas memberi solusi terbaik

Ternyata, ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari asuransi kesehatan Sinarmas ini. Meskipun perusahaan ini sangat populer di tingkat nasional, kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya di luar negeri.

Sekarang kamu sudah bisa pertimbangkan manfaat dari asuransi kesehatan. Coba dihitung-hitung lagi apakah premi dan benefit yang diberikan cocok untuk kamu dan keluarga. 

Oleh karena itu, segera rencanakan perlindungan yang lebih baik di asuransi kesehatan Sinarmas!