Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia, Yakin Ada?

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan itu penting. Hampir semua orang yang paham soal asuransi pasti setuju dengan pendapat itu.

Namun ihwal klaim asuransi kesehatan terbaik di Indonesia masih sangat bisa diperdebatkan. Bahkan hal itu bisa berujung pada pertanyaan: yakin ada asuransi kesehatan terbaik di negeri ini?

Tentunya gak mudah menjadi perusahaan dengan klaim bahwa asuransi kesehatannya adalah yang paling oke. Mesti ada bukti bahwa layanan dari mereka itu merupakan yang terbaik.

Jika kamu sedang mencari asuransi kesehatan dan mendapati klaim tersebut, eits, tunggu dulu. Jangan mudah percaya.

Menurut data dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada lebih dari 70 perusahaan asuransi umum. Tentunya semua perusahaan yang memiliki layanan asuransi kesehatan bakal mengklaim bahwa punya merekalah yang terbaik.

Sebagai konsumen, kita mesti cerdas dalam menilai janji-janji yang mereka berikan. Sebagai permulaan, kita bisa mempraktikkan panduan memilih perusahaan asuransi yang diberikan OJK:

asuransi kesehatan
Perusahaan asuransi terbaik adalah yang terdaftar di OJK, bukan abal-abal (tribunnews)
  1. Pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, bukan karena lagi ada promosi atau hadiah. Kalau perlu, hubungi orang-orang yang dinilai lebih mengerti soal asuransi, misalnya keluarga yang sudah terdaftar di asuransi.
  2. Agen yang membantumu haruslah memiliki sertifikat sebagai agen asuransi dan bisa menjelaskan dengan gamblang layanan yang ditawarkan, termasuk segala pengecualian jaminan.
  3. Pastikan proses pelayanan klaim dari perusahaan yang bersangkutan dari awal sampai klaim cair. Bisa googling untuk melihat rekam jejak pencairan klaim perusahaan itu.

[Baca: Asuransi Jiwa Itu Penting, Ini 4 Alasannya Kamu Harus Punya]

  1. Jangan mau jika diminta menandatangani surat permintaan/permohonan pertanggungan asuransi yang kosong atau tidak lengkap. Pastikan isi dan pahami surat itu dengan komplet dulu.
  2. Pastikan perusahaan asuransi itu terdaftar di OJK dan asosiasi asuransi.
  3. Lihat neraca keuangan perusahaan asuransi untuk memastikan bahwa kondisi finansialnya kuat. Informasi ini bisa didapatkan dari media atau langsung ditanyakan ke perusahaan tersebut.
  4. Baca polis dengan cermat jika sudah memilih layanan asuransi yang ditawarkan. Kalau ternyata ada yang melenceng dari omongan agen sebelumnya, bisa minta perubahan dan bahkan pembatalan.
asuransi kesehatan
Sudah tahukah ada koordinasi manfaat BPJS Kesehatan dengan asuransi komersial? (kontan)

Nah, dari panduan itu, kita beranjak ke perusahaan asuransi yang salah satu produknya adalah asuransi kesehatan. Berikut ini adalah ciri asuransi kesehatan terbaik:

1. Tanggungan selengkap mungkin

Tanggungan asuransi kesehatan yang diperlukan setiap orang memang berbeda-beda. Namun, makin lengkap fasilitas tanggungan, makin banyaklah pilihan.

Penyakit apa saja yang menjadi tanggungan dalam asuransi kesehatan yang ditawarkan. Lalu apakah rawat jalan juga ditanggung atau hanya rawat inap. Selain itu, kelas perawatan apa yang jadi tanggungan.

Lalu limit ongkos perawatan juga mesti dilihat. Makin lebar limit, makin terbaik asuransi kesehatan yang ditawarkan.

2. Kerja sama dengan banyak rumah sakit

Jika ada banyak rumah sakit yang masuk radar jaringan kerja sama asuransi tersebut, patut dipertimbangkan. Terlebih bila gak hanya rumah sakit besar yang diajak kerja sama dan ada pula ikatan dengan rumah sakit di luar negeri.

Klinik-klinik yang berada di tengah permukiman pun sekarang sudah banyak yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi besar. Coba tanyakan ihwal luasnya kerja sama ini untuk menentukan pilihan, termasuk kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

[Baca: Masih Single, Pilih Asuransi Jiwa Atau Kesehatan ya?]

3. Kewajiban premi terkecil

asuransi kesehatan
Tuh, OJK aja setuju, jaga kesehatan dompet dengan asuransi kesehatan (tribunnews)

Setelah melihat tanggungan yang ditawarkan, bandingkan dengan premi yang diwajibkan. Cari tanggungan paling lengkap dengan premi terkecil.

Bandingkan layanan dari satu perusahaan dengan perusahaan lain ya. Selain itu, sebuah perusahaan asuransi sering punya lebih dari satu produk asuransi kesehatan. Bandingkan masing-masing produk itu untuk mendapat yang terbaik.

4. Jaminan proses klaim

Sejumlah perusahaan berani memberi jaminan proses klaim sebagai bagian dari upayanya mengukuhkan diri sebagai perusahaan asuransi kesehatan terbaik. Ini menjadi keuntungan buat konsumen.

Namun pastikan jaminan itu benar dipegang. Salah satu caranya adalah melihat riwayat pengajuan klaim dari orang lain, misalnya dengan menelusuri Internet atau bertanya ke orang-orang yang menjadi peserta asuransi di sana.

Poin-poin di atas mungkin hanya segelintir ciri asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Tapi semuanya bisa dijadikan patokan jika kamu berniat mencari asuransi kesehatan.

Di tengah persaingan antar-perusahaan asuransi yang kian ketat, kita selaku konsumen menjadi pihak yang paling banyak meraup berkah. Kuncinya adalah jangan malas membandingkan produk dari satu perusahaan dengan produk lainnya.

Gunakan segala cara yang ada, dari mencari data di Internet hingga berkonsultasi dengan mereka yang sudah berpengalaman. Semoga berhasil menemukan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Yakinlah bahwa layanan itu ada, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

[Baca: Kalau Sudah Punya BPJS Kesehatan Apa Masih Perlu Asuransi Swasta?]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →