Asuransi Mobil yang Bagus Apa Nih, Pilih All Risk Atau TLO?

Kecelakaan kendaraan roda empat (Shutterstock).

Dapatkan asuransi mobil yang bagus demi perlindungan yang maksimal buat keuangan, tapi pilih apa ya? Asuransi mobil All Risk atau TLO? Cukup banyak pemilik kendaraan yang bingung ketika hendak mencari asuransi mobil. Begitu kredit mobil lunas, masa pertanggungan asuransi otomatis selesai.

Agar terhindar dari kerugian-kerugian yang gak diinginkan selama memiliki kendaraan, mereka pun mau gak mau mencari-cari asuransi. Pastinya asuransi yang dicari adalah asuransi mobil yang bagus.

Penelusuran pun sampai ke jenis asuransi mobil, apakah memilih asuransi All Risk atau TLO? Buat yang pernah klaim asuransi selama masa kredit, tentu aja pengalaman mereka cenderung mengarahkan mereka memilih kembali jenis asuransi yang digunakan sebelumnya.

Gimana buat yang belum pernah merasakan manfaat asuransi mobil miliknya? Apakah kembali memilih jenis asuransi sebelumnya atau jenis yang baru? Temukan jawaban-jawaban dari pertanyaan di atas dalam ulasan berikut ini.

Jumlah mobil yang terlibat kecelakaan tahun 2019 mencapai 131 unit

Berkendara di jalan raya saat macet (Shutterstock).
Berkendara di jalan raya saat macet (Shutterstock).

Kecelakaan mobil bisa terjadi di mana aja dan kapan aja. Statistik Laka Korlantas Polri menunjukkan jumlah mobil yang terlibat kecelakaan lalu lintas mencapai 131 unit (1 Oktober 2019 – 31 Desember 2019).

Jumlah yang dilaporkan pada periode ini lebih kecil dibandingkan jumlah pada periode sebelumnya yang mencapai 667 unit.

Mengacu pada data di atas, kecelakaan lalu lintas tentu aja menimbulkan kerugian yang rata-rata gak sedikit. Kerugian mulai dari mobil yang ringsek, luka-luka, bahkan korban jiwa pun bisa aja terjadi. Semua kerugian di atas udah pasti menguras dana yang gak sedikit.

Dalam situasi sulit itulah, asuransi punya peran vital agar keuangan si pengendara gak terbebani. Sebab perusahaan asuransi bakal menanggung kerugian si pengendara sesuai yang disepakati.

Pilih asuransi mobil yang bagus: All Risk vs TLO?

Asuransi kendaraan sangat diperlukan (Shutterstock).
Asuransi kendaraan sangat diperlukan (Shutterstock).

Setiap pemilik kendaraan pastinya memiliki rasa was-was dan khawatir terhadap risiko-risiko yang bisa terjadi ke mobil miliknya. Angka mobil yang mengalami kecelakaan memberi petunjuk kalau kecelakaan lalu lintas masih aja terjadi.

Risiko pencurian kendaraan, kerusakan kendaraan, dan risiko kecelakaan akibat tabrakan ataupun terperosok bukan lagi persoalan kalau setiap pengendara memiliki asuransi mobil. Apalagi perbaikan atau penggantian spare part mobil itu terbilang mahal. Nah, sebelum memutuskan membeli polis asuransi mobil, kenali dulu jenis-jenisnya, yaitu All Risk dan TLO, dalam ulasan di bawah ini.

Apa itu asuransi mobil All Risk?

Asuransi mobil All Risk (komprehensif) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi penggantian biaya atau menjamin semua jenis risiko (ringan maupun berat) hingga risiko kehilangan kendaraan.

Jaminan yang menyeluruh dari asuransi mobil All Risk menjadi sebab kenapa premi jenis asuransi ini terbilang mahal. Bahkan, lebih mahal ketimbang asuransi TLO.

Apa itu asuransi mobil TLO?

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi pertanggungan atau jaminan kalau kendaraan hilang akibat pencurian dan terjadi kerusakan yang nilai perbaikannya ≥ 75 persen harga kendaraan saat itu.

Gimana kalau kerusakannya gak sampai 75 persen? Klaim si pengendara yang memiliki asuransi TLO bakal ditolak perusahaan asuransi. Walaupun begitu, besaran premi jenis asuransi ini lebih murah ketimbang asuransi All Risk.

Ada risiko yang gak ditanggung asuransi mobil, apa aja?

Mobil berjalan di tengah banjir (Shutterstock).
Mobil berjalan di tengah banjir (Shutterstock).

Asuransi mobil jenis All Risk emang disebut memberi jaminan semua jenis risiko, baik ringan maupun berat.  Namun, ada risiko-risiko yang gak ditanggung asuransi mobil, seperti:

  • Banjir, taifun, badai, dan kerusakan karena air.
  • Kerusuhan.
  • Gempa bumi/tsunami.
  • Sabotase/Terorisme.
  • Third Party Liability (TPL).
  • Kecelakaan pengemudi.
  • Kecelakaan penumpang.
  • Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP).

Jangan khawatir! Risiko-risiko di atas bisa menjadi tanggungan perusahaan asuransi asalkan kamu mengambil manfaat tambahan sebagai bentuk perluasan perlindungan. Dengan mengetahui semua informasi di atas, kamu seenggaknya memiliki pertimbangan-pertimbangan dalam mendapat asuransi mobil yang bagus dan cocok.

Pastikan pula asuransi mobil yang nantinya mau diambil sesuai dengan anggaran atau bujet. Kalau bujet terbatas, ambil aja asuransi TLO. Kepengin jaminan menyeluruh? Kamu bisa ambil asuransi All Risk.

Agar gak repot-repot lagi dalam membandingkan pilihan asuransi, temukan dan dapatkan asuransi terbaik di Lifepal. Kamu bisa membandingkan besaran preminya, bahkan klaimnya pun juga dibantu. Jadi, tunggu apa lagi? Temukan segera dan miliki asuransi pilihanmu. (Editor: Winda Destiana Putri).