Awas Salah Pilih, Ini Lho Ciri-Ciri Asuransi Mobil yang Baik

Ciri-ciri Asuransi Mobil yang Baik

Finansialku

Asuransi memang jadi satu-satunya perlindungan buat mobil kesayanganmu. Semakin banyak mobil yang beredar di pasaran, maka semakin banyak juga asuransi yang bermunculan.

Semakin banyak asuransi baru, tentu makin banyak juga pilihanmu. Tapi hal itu juga bakal membuatmu bingung ketika harus memilih mana yang terbaik.

Salah pilih asuransi bisa rugi lho. Oleh karena itu, ingat ciri-ciri asuransi mobil yang baik berikut ini ya.

1. Yang terdaftar di OJK

Perusahaan asuransi terpercaya pasti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, ketika kamu ditawari produk asuransi yang belum kamu ketahui, segera cek situs resmi OJK dan carilah nama asuransi yang bersangkutan.

2. Yang pelayanan klaimnya gak berbelit-belit

Kalau proses klaimnya ribet kayak benang kusut gini sih, males banget (benang kusut/ mindypeltier)
Kalau proses klaimnya ribet kayak benang kusut gini sih, males banget (benang kusut/ mindypeltier)

Semua perusahaan asuransi yang baik tentu gak ribet dalam urusan klaim. Prosedurnya tentu lebih mudah dan gak membebani customer.

Terkadang, pihak customer service-nya pun bisa memberikan penjelasan yang detil mengenai prosedur klaim. Jadi konsumen tinggal menyiapkan berkas saja dan proses klaim pun bisa berjalan.

3. Yang punya agen profesional

Nah ini dia yang paling penting. Kalau agennya saja sudah abal-abal, pasti perusahaan asuransinya juga abal-abal. Agen abal-abal tentu cuma fokus soal gimana cari nasabah sebanyak-banyaknya, setelah itu jika ada masalah ya bodo amat.

Berbeda dengan agen yang baik. Agen yang baik tentu bisa menjadi jembatan antara nasabahnya dengan perusahaan. Mereka juga mengetahui produk asuransi yang mereka jual dengan baik.

4. Yang siap memberikan perjanjian tertulis kepada nasabah

Semua perusahaan asuransi yang terpercaya, pasti memberikan perjanjian tertulis kepada nasabah. Biasanya hal itu menyangkut apa saja yang bisa atau gak bisa diklaim oleh pihak asuansi.

Kalau udah mantap pilih asuransi, pastiin ada perjanjian tertulis yang jadi dasar hukumnya (tanda tangan/ energyworldmag)
Kalau udah mantap pilih asuransi, pastiin ada perjanjian tertulis yang jadi dasar hukumnya (tanda tangan/ energyworldmag)

Hal ini memang harus ada agar si nasabah pun merasa jelas. Gak lucu kan kalau sewaktu-waktu ada kesalahpahaman antara pihak asuransi dan nasabah ketika klaim.

5. Yang punya kelayakan finansial

Nah kamu juga harus paham akan yang satu ini. OJK telah menetapkan ukuran baku dari kelayakan finansial sebuah perusahaan asuransi dengan tingkat solvabilitas dan Risk Based Capital (RBC).

Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua kewajibannya, baik itu utang jangka pendek maupun jangka panjang. Sedangkan RBC adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua klaimnya.

Ayo, jangan males ngecek performa dan kinerja perusahaan asuransi mobil yang kamy incar (analisa/ yourva)
Ayo, jangan males ngecek performa dan kinerja perusahaan asuransi mobil yang kamy incar (analisa/ yourva)

Kalau asuransinya aja gak punya kapabilitas seperti ini ya gimana mau nanggung biaya nasabah. Yang ada, sekali nanggung malah bisa jadi langsung bangkrut.

6. Yang preminya sesuai dengan perlindungan

Asuransi mobil yang baik gak akan memberikan perlindungan ke nasabah dengan iming-iming premi murah. Jumlah premi yang dibayar tentu sesuai dengan nilai pertanggungannya.

Setelah tahu ciri-ciri asuransi mobil yang baik, maka kamu sudah siap dong untuk survei soal asuransi mobilmu. Gak perlu mendatangi kantor mereka demi informasi itu. Kamu bisa baca-baca artikel ulasan di Internet soal asuransi yang kamu inginkan.

Semoga bermanfaat ya, dan semoga ketemu dengan asuransi yang pas!

 

Yang terkait artikel ini:

Pilih Asuransi Mobil Terbaik Ini untuk Mobil Kesayanganmu

Udah Gak Zamannya Lagi Bingung Milih Asuransi. Nih, Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Masih Single, Pilih Asuransi Jiwa Atau Kesehatan ya?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →