Biaya Servis di Bengkel Mobil Matic dan Rekomendasinya

bengkel mobil matic

Mobil matic atau bertransmisi otomatis merupakan jenis mobil yang cukup banyak dipakai di Indonesia. Untuk dapat membantu perawatan sekaligus mengatasi masalah, tentu kamu membutuhkan jasa servis di bengkel mobil matic.

Mobil matic memiliki sistem transmisi atau sistem yang meneruskan tenaga mesin ke roda mobil yang berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Kebanyakan jenis ini dipilih karena kenyamanannya, walau di sisi lain biaya perawatannya juga cukup mahal.

Terlebih lagi perbaikan sistem transmisi pada mobil manual tidak serumit transmisi otomatis, sehingga pasti membutuhkan proses yang lebih banyak.

Namun baik mobil manual ataupun mobil matic harus tetap segera diperbaiki jika terjadi kerusakan agar tidak semakin memperparah dan menimbulkan risiko lainnya.

Mobil matic yang telah berusia lebih dari 5 tahun juga memerlukan perawatan ekstra. Kamu bisa mendapatkan perawatan ekstra ini di bengkel mobil matic terdekat, berikut daftar biaya, jasa, rekomendasi bengkel dan juga tips merawat mobil matic

Biaya jasa di bengkel mobil matic

Mengetahui biaya jasa di bengkel mobil matic sangat penting sehingga kamu bisa mengira-ngira biaya servis mobil sesuai dengan masalah yang kamu alami.

Selain itu hal ini juga dapat membantu mencegah oknum bengkel untuk berbuat curang dengan menaikkan harganya.

Dengan mengetahui perkiraan biaya, maka kamu juga bisa mempersiapkan biaya tersebut agar tidak kelabakan mencari tambahan biaya jika dana yang dibawa kurang. 

Biaya yang dibutuhkan tergantung dari jasa yang dilakukan. Perlu diketahui, perawatan yang dibutuhkan oleh mobil matic tergantung dari cara penggunaannya dan jarak tempuh.

Bisa saja mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun namun performanya masih bagus hanya memerlukan perawatan berupa penggantian oli saja.

Berapa perkiraan harga jasa servis mobil matic? Untuk mengatasi kerusakan pada komponen mobil, biaya yang dikeluarkan perlu lebih banyak karena komponen transmisi mobil matic cukup banyak.

Rata-rata, biaya servis untuk kerusakan pada komponen mobil matic membutuhkan biaya sekitar Rp2 juta hingga Rp3 juta. Namun tidak ada salahnya menyiapkan dana yang lebih banyak sebagai antisipasi.

Radiator mobil matic kerap mengalami masalah. Bagian ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil, sehingga apabila rusak harus segera diganti.

Biaya penggantian bergantung dari jenis dan tipe mobil matic yang kamu miliki. Kisarannya antara Rp700 ribu hingga Rp1,5 juta.

Untuk jenis air radiatornya sendiri juga memiliki harga yang beragam. Umumnya mulai Rp45 ribu hingga Rp120 ribu per liternya, ditambah ongkos servis radiator sekitar Rp250 ribu hingga Rp300 ribu.

Jasa lain di bengkel mobil matic

Jasa lainnya yang juga terdapat di bengkel mobil matic adalah ganti oli. Biasanya biayanya mencakup biaya ganti oli dan harga oli yang dipakai.

Biaya ganti oli untuk mobil matic berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp75 ribu, sementara harga oli mobil matic sendiri memang cukup mahal yaitu sekitar Rp600 ribu hingga Rp850 ribu. Tentu jenis dan harga oli ini berbeda dengan oli transmisi manual.

Inspeksi mobil merupakan layanan yang diberikan bengkel untuk mengecek kondisi mobil lebih menyeluruh, umumnya biayanya mencapai Rp200 ribu. Kamu juga bisa mendapatkan jasa ini di bengkel.

Kemudian, bagi yang harus melakukan turun mesin mobil atau overhaul mesin, butuhkan biaya yang cukup banyak. Tergantung dari tipe mobil yang dimiliki, kisaran biaya overhaul mobil matic adalah Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Tentunya bila dibandingkan dengan kenyamanan yang akan kamu dapatkan setelah berganti mesin, biaya tersebut cukup sepadan. 

Dalam kasus-kasus tertentu, kamu mungkin harus mengeluarkan biaya lebih karena harus mengganti beberapa komponen yang diperlukan. Misalnya jika kamu mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan di sejumlah komponen. 

Rekomendasi bengkel mobil matic di Jakarta dan sekitarnya

Buat kamu yang ingin mencari bengkel untuk mobil matic di Jakarta dan sekitarnya, berikut adalah daftar rekomendasi bengkel mobil matic terdekat dan terbaik:

Supercar.id

Supercar adalah bengkel mobil matic yang juga menyediakan jasa servis dan perbaikan pada mobil matic. Dengan menggunakan suku cadang asli, mekanik yang terlatih di bidangnya, dan menggunakan teknologi scanner saat melakukan servis. 

  • Alamat:  Jl. Raya Kompas no. 8, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan
  • No. telepon: 081808182277

Wefixcar

Wefixcar adalah bengkel mobil matic khusus mobil transmisi matic di Jakarta. Meski bersistem bengkel online dan fokus ke home service, namun Wefixcar juga memiliki bengkel fisik untuk pengerjaan yang tidak dapat dikerjakan di tempat. 

Menerima segala macam masalah mobil matic dari berbagai merek dan tipe. Dalam sebulan, bengkel ini mampu melayani 15 hingga 20 mobil transmisi otomatis dengan berbagai permasalahan, merek, dan tipe. 

  • Alamat: Jl. Dukuh Patra Raya RT11/RW02, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.
  • No. telepon: 0812-3213-0877 (24 Jam).

Boss Matic

Bagi kamu yang berdomisili di kawasan Bintaro, Boss Matic bisa menjadi bengkel mobil matic pilihan kamu. Bengkel ini telah buka sejak tahun 2003 ini menerima segala macam keluhan mobil matic, tidak hanya buatan Jepang namun juga Eropa bahkan mobil matic lawas.

Harga jasa perawatan yang ditawarkan pun relatif terjangkau dibandingkan bengkel sejenis, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Lama pengerjaan pun bervariasi, namun sebagian besar dapat ditunggu.

Alamat: Jl Palem Puri, Pondok Pucung, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

Rizki Auto

Rizki Auto menawarkan layanan perawatan dan perbaikan mobil matic, dari tune-up, kuras oli matic, overhaul engine, hingga servis transmisi untuk segala jenis mobil. Pengecekan mobil akan dibantu dengan alat scanner mobil yang canggih. 

  • Alamat: Jl. Pondok Bambu III No.15 Kelurahan Pondok Bambu – Duren Sawit Jakarta Timur, (Belakang Majestyk Pondok Bambu)
  • No. telepon: 0812.8727.9888 / 0877.8102.4998 (CS Rizki Auto)

Auto Tekno

Bengkel mobil matic Bekasi ini bernama Bengkel Auto Tekno. Bengkel ini menangani overhaul engine, tune-up, ganti oli seperti bengkel biasa namun lebih mengutamakan spesialisasi pada mobil matic segala merek dan tipe. 

Auto Tekno ini sudah berdiri sejak 10 tahun lalu ini tentunya tidak bisa diragukan lagi keahlian dan kualitasnya.

Kelebihannya, bengkel ini mengutamakan kualitas, di mana suku cadang bisa didatangkan langsung dari Malaysia dan Singapura. 

Alamat: Jl. Perjuangan No. 8 RT. 009, RW. 032, Tlk. Pucung, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat – 17121

Cara memilih bengkel mobil matic terbaik

Tidak hanya soal mempersiapkan biaya dan juga mengenali masalah pada mobilmu, namun kamu juga harus memilih bengkel mobil yang tepat dan terbaik. Poin-poin di bawah ini bisa membantumu untuk memilih bengkel mana yang terbaik untuk mobil matic:

1. Status bengkel mobil matic

Pilih bengkel resmi (bengkel beres) yang sudah bekerjasama dengan ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merek yang memegang merek dagang mobil di Indonesia. Namun beberapa bengkel spesialis mobil matic yang tidak bekerjasama dengan ATPM juga patut dipertimbangkan bila memiliki ilmu, teknisi profesional, dan juga alat yang memadai.

2. Alat yang digunakan

Bengkel spesialis mobil matic umumnya memiliki peralatan yang lebih lengkap dibanding bengkel resmi atau umum. 

3. Kinerja teknisi dan mekanik

Teknisi dan mekanik yang bekerja sebaiknya memiliki keahlian di bidang mobil matic, sehingga perlu dipastikan mereka menguasai seluk beluk mobil matic.

4. Suku cadang

Pastikan suku cadang yang tersedia adalah asli dan berasal dari jaringan langsung ATPM yang sesuai dengan mobil matic.

5. Biaya jasa bengkel mobil matic

Rata-rata bengkel mobil matic memang tidak sebesar bengkel resmi, sehingga biaya jasanya cenderung lebih murah. Selalu tanyakan (dan jika perlu, bandingkan) biaya jasa dari beberapa bengkel. 

6. Garansi bengkel mobil matic

Pilih bengkel spesialis ataupun resmi yang memiliki ketentuan garansi perbaikan, sehingga jika ada masalah usai servis kamu akan mendapatkan jaminan perbaikan kembali. 

Perbedaan bengkel mobil matic dengan manual

Secara umum, bengkel mobil matic dan manual tidak memiliki perbedaan yang cukup banyak. Biasanya yang paling terlihat adalah dari biaya perawatan, alat, dan suku cadang.

Soalnya biaya juga sebenarnya relatif sama, perbedaan umumnya hanya pada biaya pergantian oli transmisi pada mobil matic yang lebih mahal. Biaya perbaikan transmisi mobil matic berkisar antara Rp2-3 juta rupiah.

Kenali gangguan pada mobil matic

Mobil yang dibawa ke bengkel umumnya karena sudah tiba waktu jadwal untuk servis atau hendak diperbaiki untuk masalah tertentu. Khusus mobil matic, kenali gangguan-gangguan yang umum terjadi:

1. Adanya hentakan saat memindah gigi

Saat memindah gigi dan kamu merasakan gerakannya tidak halus atau seperti ada hentakan, menunjukkan ada gangguan pada gigi transmisi mobil matic. 

2. Tuas transmisi terkunci

Gangguan berikutnya adalah tuas transmisi yang terkunci, biasanya ditunjukkan dengan tanda tuas yang tidak dapat dipindah maupun dioper didinya.

3. Transmisi tidak berubah walau tuas sudah dipindahkan

Mobil tidak menunjukkan perubahan transmisi meskipun tuasnya sudah dipindahkan menandakan bahwa adanya kerusakan pada transmisi mobil matic.

4. Tidak kuat di jalanan menanjak

Mobil yang tidak kuat menanjak meskipun sudah diganti pada gigi yang lebih rendah dan tancap gas sudah maksimal, tandanya ada masalah pada transmisi mobil matic.

5. Mobil bergetar

Setelah mengoper gigi dan mobil terasa bergetar, merupakan salah satu tanda adanya kerusakan pada transmisi mobil matic. Biasanya disebabkan plat dan kampas yang sudah gosong.

6. Mobil berdengung

Kurangnya pelumas akan membuat sejumlah komponen di dalam mobil akan saling bergesekan, sehingga menimbulkan suara dengung. Jika suara ini muncul pada mobil matic-mu, sudah tandanya harus segera diperbaiki. 

Berbagai macam jasa di bengkel mobil matic

Memperbaiki mobil bertransmisi otomatis akan lebih baik di bengkel khusus mobil matic terbaik dan bukan di bengkel sembarangan. Sebab, dengan memilih bengkel yang terbaik sudah pasti memiliki teknisi yang profesional.

Dengan begitu, perawatan mobilmu akan lebih terjamin dan terpercaya. Selain itu biasanya bengkel khusus akan memberikan berbagai macam jasa, seperti:

1. Ganti oli mobil di bengkel mobil matic

Untuk proses ganti oli, baik transmisi otomatis model konvensional maupun CVT biasanya membutuhkan oli 3 liter hingga 4 liter. 

Apa yang membuatnya berbeda? Ganti oli itu hanya mengganti oli matik yang ada di ruang karter (bak penampungan oli). ganti oli matic sesuai dengan waktunya agar memiliki performa pelumasan yang baik

2. Ganti aki mobil

Penggantian aki mobil biasanya dilakukan saat mobil berusia antara 2-5 tahun. Namun jika mobil sering terpapar cuaca panas, maka bisa mempengaruhi kualitas aki dan harus segera diganti

3. Servis transmisi

Servis transmisi merupakan perawatan rutin mobil matic, namun tak hanya berfokus pada ganti oli transmisi saja, namun juga melihat pompa, mengganti atau membersihkan filter, membersihkan kampas kopling dan menggantinya dengan yang baru.

4. Tune-up mobil di bengkel mobil matic

Merupakan perawatan mobil yang dijadwalkan secara berkala, umumnya sekitar setahun sekali. Bila dilakukan rutin akan membantu menjaga performa dan juga memperpanjang usia mobil matic. 

5. Turun mesin (overhaul)

Mesin yang mulai ‘bersuara’ atau odometer telah menunjukkan jarak di atas 100.000 km, menandakan mobil matic tersebut harus segera menjalani overhaul atau turun mesin.

Pada dasarnya overhaul hanya mengganti mesin mobil dan suku cadang lainnya yang lama dengan yang baru sehingga mengembalikan performa mobil seperti sedia kala.

6. Kuras oli matic

Kuras oli merupakan proses yang berbeda dari ganti oli, di mana proses kuras oli matic adalah mengeluarkan atau mengganti semua oli yang ada di seluruh sistem transmisi. Oleh karena itu dibutuhkan jumlah oli yang lebih banyak, bisa sampai 12 liter. 

Biasanya kuras oli dilakukan jika oli transmisi sudah tidak dapat melumasi dengan baik, yang ditunjukkan dengan gejala penurunan transmisi seperti terlambat saat pergantian gigi

7. Inspeksi mobil

Inspeksi mobil merupakan salah satu jasa bengkel mobil matic dengan melihat seluruh kondisi mobil untuk menentukan bagian mana yang memerlukan perbaikan ataukah semuanya dalam keadaan baik. 

Biasanya dilakukan jika mengalami masalah pada mobil namun tidak tahu sumber atau asalnya dari mana.

8. Jasa derek

Beberapa bengkel mobil memberikan jasa derek. Jasa ini sangat berguna pada kondisi mobil tidak dapat berjalan, sehingga kamu harus mencari jasa derek dari bengkel mobil yang terdekat dari lokasimu.

Tips merawat mobil matic

Merawat mobil matic tidak hanya dapat dilakukan di bengkel saja, namun bisa kamu mulai sendiri di rumah sehingga dapat menghindarkan dari biaya perbaikan yang sangat mahal.

Beberapa tips untuk merawat mobil matic milikmu agar performa dan kondisinya tetap maksimal, antara lain:

1. Cek oli transmisi secara berkala

Beberapa mobil memiliki penanda oli transmisi, sehingga kamu dapat mengetahui kondisi oli mobil. Jika terlihat rendah, kemungkinan besar ada kebocoran oli, dan jika berwarna gelap serta berbau busuk maka perlu segera dibawa ke bengkel untuk diperbaiki atau diganti.

2. Gunakan oli transmisi yang tepat

Selalu gunakan oli transmisi yang tepat, sesuai dengan jenis dan tipe mobil matic yang kamu miliki untuk mendapatkan performa yang optimal.

3. Perbaiki radiator mobil

Sistem pendingin atau radiator mobil menjaga suhu mobil agar tidak mengalami overheat. Selalu pastikan sistem pendingin mobilmu berada dalam kondisi optimal dan perbaiki bila ada masalah. 

4. Berhati-hati saat mengoper gigi

Saat mengoper gigi dari Drive (D) ke Reverse (R) harus dilakukan dalam kondisi mobil diam, bukan bergerak. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan masalah serius pada transmisi mobil.

5. Selalu panaskan mobil sebelum digunakan

Jangan nyalakan mobil lalu langsung dikendarai, sebaiknya panaskan terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum menggunakannya.

6. Cek kondisi ban

Jangan kendarai mobil matic dalam kondisi ban tidak seimbang, sebab mengabaikannya dalam waktu lama bisa mengganggu keseimbangan roda dan juga transmisi

7. Ganti filter transmisi secara rutin

Beberapa mobil matic, umumnya tipe lawas, memiliki filter transmisi dan komponen tersebut perlu diganti secara berkala.

8. Inspeksi mobil setahun sekali

Lakukan inspeksi mobil setidaknya setahun sekali untuk mengecek keseluruhan kondisi mobil matic milikmu untuk perawatan yang maksimal serta pencegahan dari kerusakan fatal.

Lindungi mobilmu dengan asuransi kendaraan 

Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar bengkel mobil matic