Rincian Biaya Pernikahan Adat Jawa yang Harus Dipersiapkan 

biaya pernikahan akad jawa

Biaya pernikahan adat Jawa pastinya berbeda dengan bujet yang harus disiapkan adat dari suku lain. Tak bisa dipungkiri bila biaya yang harus dianggarkan untuk pernikahan adat lebih besar dibanding pernikahan internasional yang tidak menggunakan prosesi budaya. 

Bagi masyarakat Indonesia, menyelenggarakan pernikahan memakai adat seperti menjadi sebuah keharusan. Tapi, seiring perkembangan zaman banyak pasangan yang memutuskan untuk tidak menggunakan adat dalam pernikahannya. 

Alasan utama adalah karena bujet yang cukup tinggi untuk menyelenggarakan pernikahan adat. 

Namun, bukan berarti pernikahan adat ditinggalkan begitu saja. Jawa adalah salah satu suku di Indonesia yang pernikahan adatnya banyak dipilih calon pengantin. 

Seperti banyak suku lain di Tanah Air, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh calon pengantin, yang pastinya berpengaruh pada anggaran yang harus disiapkan. 

Berapa biaya pernikahan adat Jawa tahun 2021? Tahapan apa saja yang mesti dilalui calon pengantin yang menggunakan adat? 

Biaya pernikahan adat Jawa 

Apapun adat yang akan kamu gunakan, ada sederet biaya persiapan pernikahan yang harus disiapkan. Seperti umumnya pernikahan yang menggunakan adat, ada prosesi budaya dalam setiap acaranya. Begitu pun dengan pernikahan adat Jawa yang memiliki budaya sendiri sebelum akad atau resepsi pernikahan. 

Berikut kisaran biaya dalam rangkaian pernikahan adat Jawa 

1. Biaya pernikahan adat Jawa – Pemasangan Tarub Rp2-3 juta 

Tarub sendiri merupakan kependekan dari bahasa Jawa “ditata supaya murub (bercahaya)”. Adat Jawa ini adalah membuat memasang tenda yang dihiasi dengan berbagai hiasan seperti bleketepe, rangkaian janur kuning, pisang tuwuhan, kelapa muda dan berbagai dedaunan. 

Pemasangan tarub dalam adat Jawa sebagai penanda rumah pemangku hajat. 

Untuk biaya yang harus dikeluarkan, bila menggunakan jasa vendor pernikahan sekira Rp2 juta – Rp3 juta. 

2. Biaya pernikahan adat Jawa – Siraman Rp6,5 juta 

Selanjutnya ada prosesi siraman yang dilakukan satu hari menjelang hari H. Untuk upacara siraman ini sendiri, ada beberapa hal yang harus disiapkan antara lain, air siraman yang ditaburi bunga mawar, melati, dan kenanga. Juga ada pengaron atau tempat air siraman yang dilengkapi dengan gayung. 

Selain itu perlengkapan yang dibutuhkan antara lain tikar bangka, tikar pandan, daun apa apa yang dibungkus kain mori, ratus, anglo, dan kendi. Salah satu vendor di Bride Story, memasang harga pake siraman lengkap mulai dari Rp6,5 juta. 

3. Paes atau Ngerik

Setelah melewati prosesi siraman, calon pengantin perempuan selanjutnya akan melakukan ngerik atau paes. Acara ini dilakukan dengan mencukur atau membersihkan rambut halus dari calon pengantin perempuan. 

4. Dodol Dawet

Dodol dawet atau adol dawet merupakan prosesi menjual dawet yang dilakukan oleh orang tua calon pengantin perempuan. 

Adol dawet melambangkan doa dan harapan agar acara pernikahan esok hari akan didatangi banyak tamu, seperti dawet yang laris manis terjual. 

5. Biaya pernikahan adat Jawa – Midodareni Rp1,5 juta 

Acara midodareni termasuk rangkaian pernikahan adat Jawa sebelum akad nikah. Banyak orang menyebut sebagai malam terakhir calon pengantin berstatus lajang. Midodareni biasanya dilakukan mulai jam 6 sore hingga 12 malam. 

Biasanya jasa vendor pernikahan memasang tarif untuk paket siraman hingga midodareni mulai dari Rp1,5 juta. Angka tersebut mencakup MC midodareni, catur weda, tata rias calon pengantin perempuan, kain jarik dan aksesorisnya juga tata rias untuk ibu dari calon pengantin perempuan. 

6. Biaya pernikahan adat Jawa – Panggih atau Temu Penganten Rp3,6 juta 

Dalam bahasa Jawa, panggih berarti bertemu, dimana dilaksanakan setelah acara akad nikah selesai. Makna dari prosesi ini adalah agar pengantin menjalani kehidupan rumah tangga dengan bahagia dan sejahtera. 

Pada acara panggih, harga yang dipatok mulai dari Rp3,6 juta untuk penyiapan uborampe upacara. 

Biaya akad pernikahan adat Jawa

Akad nikah apapun adatnya adalah momen yang sakral, dimana ijab dan kabul diucapkan. Selain itu juga ada pembacaan janji antara pengantin pria dan wanita. 

Calon pengantin pastinya menginginkan momen sakral ini berjalan dengan lancar dan khidmat. Ditambah dengan dekorasi cantik untuk meja akad. 

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipikirkan biaya pernikahan adat Jawa khusus akad. 

7. Biaya pernikahan adat Jawa untuk KUA Rp600.000 – Rp1 juta 

Sebenarnya untuk urusan KUA tidak ada pungutan biaya, dengan catatan kamu melangsungkan pernikahan di kantor agama pada hari kerja. 

Jika akad nikah berlangsung di akhir pekan ada biaya yang yang harus kamu siapkan untuk transportasi penghulu. Besarannya pun sukarela. Tapi untuk daerah Jakarta, umumnya ucapan terima kasih tersebut mengeluarkan biaya Rp600.000-Rp1 juta. 

8. Biaya pernikahan adat Jawa untuk dekorasi meja akad Rp20 juta 

Masa pandemi ini bisa dibilang tahun yang irit untuk melangsungkan pernikahan. Selain adanya larangan untuk membuat kerumunan dalam jumlah besar, pernikahan di masa pandemi pun lebih khidmat dan intim karena hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat terdekat saja. 

Untuk hanya melangsungkan akad nikah, jasa vendor pernikahan memasang harga mulai dari Rp20 juta. Paket tersebut sudah termasuk dekorasi pelaminan, meja akad, make up dan busana untuk pengantin juga orang tua, dan dekorasi. 

Biaya resepsi pernikahan adat Jawa 

Biaya resepsi pernikahan adat Jawa 

Setelah mengetahui besaran biaya sebelum pernikahan hingga akad nikah, kamu juga harus memperhitungkan untuk biaya resepsi. Adapun biaya yang harus dianggarkan dari pesta pernikahan adat ini antara lain: 

9. Biaya gedung mulai dari Rp5 juta – Rp30 juta 

Saat ini pasangan pengantin lebih memilih mengadakan resepsi di gedung atau restoran. Biasanya dua tempat tersebut dipilih atas dasar kepraktisan. Tapi perlu diketahui juga jika biaya gedung merupakan pos yang memakan anggaran nggak sedikit. Karena itu sebaiknya lakukan survey terlebih dulu di beberapa lokasi sebagai alternatif pilihan. 

Untuk mendapat harga relatif murah, kamu harus melakukan survey 2-6 bulan sebelum acara. Atau kamu bisa memanfaatkan aula masjid yang biasanya disewakan dengan harga relatif terjangkau. 

Biaya sewa aula masjid dengan kapasitas 500 orang dipatok tarif mulai dari Rp5 juta. Sedangkan untuk aula gedung yang bisa menampung 1.000 orang dipatok mulai dari Rp30 juta. 

10. Biaya tata rias dan hair do Rp12 juta 

Umumnya jasa vendor pernikahan menyiapkan paket tata rias dan busana bukan hanya untuk calon pengantin saja. Tetapi sudah termasuk untuk orang tua kedua belah pihak, penerima tamu dan 2 saudara kandung. Untuk tata rias dan hair do saja dibutuhkan persiapan dana Rp12 juta. 

11. Biaya sewa baju pengantin Rp14,5 juta 

Sedangkan untuk sewa baju pengantin akad nikah dan resepsi untuk pasangan pengantin membutuhkan biaya Rp14,5 juta. 

Angka tersebut mencakup busana pengantin untuk akad, busana pengantin resepsi dan selop pengantin saat resepsi. 

12. Biaya kebutuhan kamar pengantin Rp2,5 juta

Bagi pengantin pastinya membutuhkan kamar yang bersih dan beda dari kamar biasanya. Karena itu jasa vendor juga memberikan paket dekorasi kamar pengantin yang dibanderol mulai dari Rp2,5 juta.

Harga tersebut sudah termasuk bed cover pengantin, bunga tiga titik (di bagian kepala tempat tidur, atas pintu kamar dan di atas meja rias), vitrage dan gordyn jendela standard. 

13. Biaya dokumentasi Rp3 juta 

Agar pernikahan terkenang dengan indah, pihak wedding organizer (WO) biasanya juga menyiapkan paket dokumentasi. Paket dokumentasi meliputi foto kolase 1 album, DVD 1 keping dan master dipatok harga Rp3 juta. 

14. Biaya hiburan mulai dari Rp2 juta – Rp7 juta

Selain kebutuhan biaya di atas, untuk pernikahan adat Jawa biasanya juga dilengkapi dengan hiburan seperti tarian, gamelan, campur sari, atau organ tunggal. Untuk biaya yang harus disiapkan, adalah sebagai berikut: 

  • Tari Gatotkaca Pergiwo Rp2 juta 
  • Tari Karonsih Rp2 juta
  • Tari Gambyong Rp2,5 juta
  • Gamelan Rp7 juta
  • Campur Sari Rp7 juta
  • Organ Tunggal Rp 3,5 juta

15. Biaya catering untuk 100 tamu Rp20-Rp30 juta

Di masa pandemi ini bisa sangat menguntungkan, karena dilarang membuat keramaian sehingga tamu yang diundang pun nggak harus banyak. Alhasil, sedikitnya tamu yang diundang pun mempengaruhi biaya catering yang harus dikeluarkan. 

Estimasi biaya catering yang harus dikeluarkan untuk pernikahan adat Jawa sebesar Rp20-Rp30 juta untuk 100 undangan. Terbilang irit dibanding saat sebelum pandemi. 

16. Biaya upacara adat Jawa Rp2,5 juta 

Setelah akad nikah dan pengantin akan menuju ke pelaminan, dalam adat Jawa sebelum sampai ke sesi pemberian doa restu harus melewati beberapa cara adat lagi. Antara lain balangan sirih, injak telur, sinduran, bobot timbang, tandur, kacar kucur, dulangan, hingga ke sungkeman. 

Biaya yang harus disiapkan untuk acara ini sebesar Rp2,5 juta sudah termasuk paket upacara adat lengkap dan MC. 

Cari tahu tabungan yang harus disisihkan perbulan dengan kalkulator menabung

Biaya pernikahan dengan adat Jawa memang cukup mahal, mengingat rangkaian prosesinya juga cukup panjang. Untuk itulah, penting untuk menyiapkan tabungan dari jauh-jauh hari agar persiapan semakin matang.

Setelah tahu kisaran berapa biaya yang harus disiapkan, selanjutnya kamu bisa sisihkan besaran tabungan per bulannya. 

Untuk memudahkan, kamu bisa gunakan kalkulator menabung berikut ini:

Pentingnya asuransi agar bisa fokus menabung untuk biaya pernikahan

Menikah berarti bertambah juga tanggung jawab, baik itu suami atau istri. Jangan sampai risiko yang terjadi mengganggu rencana masa depan.

Berikan tambahan proteksi dari asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Selain itu ada juga manfaat asuransi melahirkan yang berguna meringankan biaya sebelum dan sesudah persalinan. Namun perlu diketahui bahwa terdapat masa tunggu yang pada umumnya adalah satu tahun. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%! 

Nah, itulah informasi seputar rincian biaya pernikahan adat Jawa yang harus disiapkan. Perlu diketahui, biaya ini hanya sebagai kisaran saja, sebab setiap jasa vendor memasang tarif yang berbeda-beda. 

Harga di atas hanya sebagai referensi kamu saja. Semoga informasi ini bisa membantu ya! 

Pertanyaan seputar biaya pernikahan adat jawa

Asuransi Diskon 25% – Lihat 500+ Pilihan!