Berbagai Pilihan sebagai Cara Transfer Uang dengan Benar

Transfer uang adalah proses mengirim uang dari satu rekening bank kepada rekening bank yang lain, baik bank yang sama maupun berbeda. Cara mudahnya dilakukan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). 

Cara transfer uang melalui ATM pada umumnya sama terlepas dari perusahaan banknya. Meski begitu, Anda tetap perlu memerhatikan instruksi yang disediakan pada mesin ATM tersebut dikarenakan kemungkinan tetap ada perbedaan tata caranya.

Panduan Cara Transfer Uang melalui Mesin ATM

Kirim Uang Melalui Mesin ATM

Berikut adalah cara transfer uang melalui ATM secara umum. Langkah-langkah ini perlu Anda perhatikan dan pahami secara saksama untuk menghindari kesalahan memberi perintah.

1. Masukkan kartu ATM ke slot mesin ATM

Ketika mau memasukkan kartu ATM, pastikan posisi kartu telah benar agar dapat terbaca di mesin ATM. Pastikan tidak ada ganjalan maupun tambahan alat pada slot kartu ATM.

Di sini Anda dihadapkan kepada risiko adanya modus skimming. Skimming adalah pencurian data nasabah lewat alat rekam data yang dipasangi oleh oknum. Itulah alasan kita wajib memastikan tidak ada alat apa pun yang menempel di slot kartu mesin ATM, .

2. Pilih bahasa Indonesia atau Inggris

Jika Anda lebih dimudahkan dengan bahasa Indonesia ketika melakukan transfer, maka pilih bahasa Indonesia. Begitu juga sebaliknya, jika lebih dimudahkan dengan bahasa inggris, maka Anda bisa pilih English.

3. Masukkan PIN kartu ATM

Jaga keamanan nomor PIN Anda. PIN atau Personal Identification Number adalah rangkaian angka yang perlu diketikkan sebagai sandi untuk mengesahkan penggunaan kartu ATM.

Dalam hal ini, jangan sampai terlihat orang lain pada saat Anda mengetikkan PIN di mesin ATM. Jika diperlukan, Anda disarankan untuk mengganti PIN ATM secara berkala demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

4. Pilih transaksi ‘Transfer’

Setelah mengetikkan PIN, Anda akan dialihkan kepada beberapa pilihan perintah. Anda bisa memilih transfer untuk melakukan pengiriman uang.

5. Pilih bank tujuan untuk transfer uang

Kali ini, Anda diberi pilihan untuk melakukan transfer ke bank yang sama atau bank yang berbeda. Jika bank tujuan sama, maka Anda hanya perlu mengetikkan nomor rekening tujuan. 

Namun jika bank tujuannya berbeda, maka Anda perlu mengetikkan kode bank terkait. Tidak perlu cemas karena Anda akan diberikan pilihan untuk mengecek kumpulan kode-kode bank tersebut. Setelah memasukkan kode bank, Anda bisa memasukkan nomor rekening tujuan.

6. Masukkan nominal dana transfer

Jangan lupa, Anda harus memasukkan jumlah dana yang akan ditransfer. Pastikan angkanya sudah benar agar bisa melanjutkan kepada proses yang selanjutnya. 

7. Transaksi berhasil diproses

Tidak perlu menunggu lama, layar ATM akan langsung memperlihatkan perusahaan bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan, nomor rekening tujuan, dan nominal dana yang akan ditransfer. 

Setelah itu pilih ‘Benar’, jika memang sudah setuju. Namun jika ingin dikoreksi, maka bisa memilih ‘Salah’ atau ‘Kembali’.

8. Tunggu konfirmasi

Setelah melalukan transfer, muncul notifikasi ‘Transaksi Berhasil Diproses” disertai pilihan apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain atau tidak. Silakan memilih ‘Ya’ atau ‘Tidak’.

9. Transaksi berakhir

Jika keperluan Anda sudah selesai dan memilih ‘Tidak’, maka kartu ATM Anda akan keluar dari slot yang sama saat Anda memasukkannya dibarengi dengan keluarnya kuitansi transfer uang yang baru saja dilakukan. Jangan sampai kelupaan untuk diambil agar tidak disalahgunakan orang lain.

Panduan Cara Transfer Uang Tanpa melalui Mesin ATM

Panduan Cara Transfer Uang Tanpa melalui Mesin ATM

Anda juga bisa melakukan transfer uang tanpa mesin ATM. Dalam hal ini, Anda bisa datang ke kantor cabang bank terdekat untuk menemui teller. Pada prosesnya, Anda perlu mengisi data-data terkait di dalam formulir beserta sejumlah uang tunai yang ingin ditransfer. Selanjutnya, teller akan membantu menyelesaikan proses pengiriman uang.

Perlu diketahui bahwa proses transfer uang melalui teller akan dikenai biaya administrasi. Jumlahnya akan berbeda-beda sesuai ketentuan masing-masing bank.

Cara Lain Melakukan Transfer Uang 

Cek Simpanan dan Bujet Bulanan 

Anda dapat melakukan pengiriman uang kepada orang lain tanpa memanfaatkan rekening bank. Sebagian dari cara tersebut ada yang mengharuskan pengirim dan penerima uang menjadi memiliki rekening online dan sebagian lainnya tidak perlu. Berikut pilihan cara yang bisa digunakan.

1. Wesel Pos

Anda perlu mendatangi kantor pos dan menemui petugasnya. Caranya, Anda akan mengisi formulir yang telah disediakan, membayar biaya pengiriman, tanda tangan bukti pengiriman, dan simpan struk pembayaran. Nantinya, penerima wesel pos bisa menerima dana yang dikirim secara tunai lewat kantor pos di daerah masing-masing.

2. Western Union

Anda juga bisa mengirim uang tanpa rekening bank melalui Western Union (WU). WU menyediakan layanan pengiriman uang dari dalam ke luar negeri maupun sebaliknya. Banyak orang yang sudah menggunakan jasa WU karena prosesnya yang aman, mudah, cepat, dan sudah tepercaya di banyak negara.

3. Paypal

Paypal adalah salah satu wadah transaksi keuangan online yang memudahkan banyak orang dalam mengirim dan menerima uang, serta bahkan bisa dimanfaatkan untuk berbelanja online

Penggunaannya mudah dan prosesnya pun cepat. Anda hanya perlu membuka aplikasinya di komputer atau ponsel, kemudian setelah login, hanya perlu memasukkan dana yang ingin dikirim dan nomor akun milik penerima.

Namun untuk bisa menggunakan Paypal, seseorang harus mendaftarkan diri dahulu untuk mendapatkan akun online. Sebagaimana di dalam proses transfer uang, pengirim dan penerima harus sudah memiliki akun sendiri.

Selalu Waspada saat Melakukan Transfer Uang

Selalu Waspada saat Melakukan Transfer Uang

Memang transfer uang melalui ATM maupun tanpa rekening dinilai aman, tetapi semua modus kejahatan bisa saja terjadi apabila Anda lengah. Apalagi banyak modus penipuan yang beredar saat ini sehingga banyak merugikan masyarakat. 

Maka dari itu, pastikan mesin ATM yang Anda gunakan tidak terpasang alat yang mencurigakan. Sebagai langkah antisipasi tambahan, disarankan untuk mengecek saldo dan mengubah nomor PIN pribadi secara berkala.

Demikian artikel ringkas terkait cara transfer uang dengan ATM dengan aman. Semoga bisa membantu Anda saat ingin mengirim maupun menerima uang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →