Gaji Pramugari Garuda Tertinggi di Indonesia? Cek Gaji Pramugari Maskapai Lain

gaji pramugari garuda indonesia

Gaji pramugari Garuda Indonesia disebut-sebut sebagai gaji pramugari tertinggi di Indonesia. Pasalnya, Garuda Indonesia sendiri merupakan maskapai penerbangan terbaik di Indonesia dan bahkan salah satu yang terbaik di dunia. Sehingga banyak orang menilai pasti gaji pramugari Garuda Indonesia sangat tinggi.

Memang profesi pramugari adalah pekerjaan yang banyak diidam-idamkan oleh para wanita. Bagaimana tidak, pramugari bekerja dalam balutan busana yang anggun dan penampilan yang cantik sekaligus berkesempatan untuk berkeliling kota atau bahkan negara. Plus, gaji pramugari kabarnya sangat menggiurkan, lho.

Gaji Pramugari di Indonesia 2021

Lantas benarkah gaji pramugari Garuda tertinggi di Indonesia? Yuk simak daftar gaji pramugari maskapai lain juga sebagai pembandingnya.

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Pramugari Garuda Indonesia terkenal sebagai kru maskapai dengan kecantikan, keramahan, kepintaran, dan pelayanannya yang maksimal. Tak heran jika nominal gaji pramugari Garuda Indonesia sangat fantastis.

Gaji pramugari Garuda Indonesia terdiri dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, uang saku, uang lembur, uang tunjangan hari raya, serta tunjangan lainnya.

Bagi pramugari Garuda Indonesia yang baru lolos tes akan mendapatkan training dan menerima beberapa komponen gaji seperti gaji pokok, jam terbang, allowance, dan lainnya yang jika ditotal mencapai nilai puluhan juta rupiah. 

Setelah melewati masa kerja satu tahun, pramugari Garuda Indonesia bisa mendapatkan benefit berupa beberapa tiket gratis pulang pergi termasuk jatah tiket untuk keluarga inti, akomodasi selama di tempat tujuan, serta hotel.

Semakin tinggi jam terbangnya, gaji pramugari Garuda Indonesia akan semakin besar pula. Bahkan pramugari Garuda Indonesia senior bisa mengantongi gaji Rp 30 juta per bulan! Itu pun belum ditambahkan dengan bonus lainnya.

2. Gaji Pramugari Lion Air

Meski terkenal sebagai maskapai yang menyediakan tiket pesawat paling terjangkau di Indonesia, namun gaji pramugari Lion Air rupanya tak main-main lho.

Dalam satu bulan pramugari Lion Air akan mendapatkan gaji pokok serta bonus. Gaji pokok pramugari Lion Air junior berada di angka Rp 2 – 3 juta. Sedangkan untuk pramugari senior sebesar Rp 5 – 6 juta.

Adapun bonus yang akan didapatkan pramugari Lion Air antara lain asuransi, uang terbang, serta jaminan kesehatan. Yang jika ditotal secara keseluruhan jumlahnya berkisar antara Rp 15 – 20 juta. Tentu saja hal ini akan bergantung pada jam terbang juga.

3. Gaji Pramugari Citilink

Citilink yang merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia ini juga terkenal memberikan gaji yang fantastis bagi para pramugarinya.

Gaji pramugari Citilink junior adalah sebesar Rp 4 juta per bulan dan Rp 6 juta per bulan untuk pramugari senior. Ini belum termasuk tunjangan lain seperti uang terbang, uang kerajinan, serta uang remain over night (RON).

Jika dihitung-hitung total Gaji pramugari Citilink bisa mencapai Rp 20 juta per bulan.

4. Gaji Pramugari Batik Air

Gaji pramugari Batik Air juga tak kalah dengan maskapai lainnya. Gaji yang diterima masing-masing pramugari Batik Air bervariasi tergantung pada jam terbang. Semakin sering pramugari melakukan perjalanan dalam sebulan maka gaji yang ia terima pun akan semakin besar.

Gaji Pramugari Garuda Tertinggi di Indonesia? Cek Gaji Pramugari Maskapai Lain
Gaji Pramugari Garuda Tertinggi di Indonesia? Cek Gaji Pramugari Maskapai Lain

Dalam sehari pramugari Batik Air bisa menjalani sekitar 6 jam perjalanan. Sementara pramugari Batik Air umumnya bisa memiliki 25 hari terbang dalam sebulan. Sehingga dengan gaji pokok Rp 3 juta ditambah uang terbang dan uang makan maka total Gaji Pramugari Batik Air bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta per bulan.

5. Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Salah satu maskapai terpercaya yang memiliki pramugari mumpuni dalam melayani penumpang, yakni Sriwijaya Air juga memberikan gaji yang tak main-main bagi para pramugarinya.

Meski tak disebutkan rincian komponen gaji yang diterima tapi diketahui kisaran gaji pramugari Sriwijaya Air jika ditotal mencapai Rp 19,5 juta.

6. Gaji Pramugari Air Asia

Maskapai asal Malaysia yang menawarkan penerbangan lokal dan internasional dengan harga terjangkau ini juga tidak pelit dalam menggaji kru pesawatnya lho.

Pramugari Air Asia junior saja bisa mengantongi gaji pokok Rp 3 juta per bulan, ditambah uang terbang sebesar Rp 50 ribu per jam, serta tunjangan dan uang tambahan lainnya. Jika ditotal gaji pramugari Air Asia junior sebesar Rp 8 – 15 juta per bulan.

Beda lagi untuk pramugari Air Asia senior dengan jam terbang yang lebih tinggi, gajinya bisa dua kali lipat dari angka yang sudah disebutkan tadi lho!

Setelah dibandingkan dengan beberapa maskapai di Indonesia ternyata memang terbukti gaji pramugari Garuda tertinggi di Indonesia. Hal ini tentu sebanding dengan reputasi maskapai berwarna biru yang membanggakan Tanah Air.

Diketahui Garuda Indonesia berhasil mendapatkan Passenger Choice Award 2014 untuk kategori wilayah Asia dan Australia. Ini merupakan kali kedua di mana Garuda mendapatkan award dengan kategori yang sama pada tahun sebelumnya.

Penghargaan ini didasarkan pada hasil pengujian terhadap produk, layanan, dan inovasi dari seluruh perusahaan penerbangangan serta tingkat kepuasan pelanggan dari seluruh dunia. Itu sebabnya, tak heran jika profesi pramugari Garuda menjadi impian banyak orang yang berkecimpung dalam dunia penerbangan. 

Syarat menjadi pramugari garuda

Banyak orang berminat menggeluti profesi ini setelah mengetahui besaran gaji pramugari Garuda yang fantastis. Namun perlu dipahami sebelumnya kalau profesi ini justru jauh dari kata glamor. 

Ketika memutuskan untuk menggeluti profesi pramugari, kita tak hanya akan berdandan cantik dan mengenakan pakaian yang bagus saja. Tetapi juga harus siap melayani segala keperluan penumpang, mengumpulkan sampah-sampah yang ada di atas pesawat, mengangkat koper ke dalam kabin, dan lainnya. 

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi pramugari Garuda Indonesia, ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan. Berikut ini Kualifikasi Pramugari Garuda Indonesia:

  • Warga Negara Indonesia (WNI). 
  • Perempuan. 
  • Bersedia mengikuti kelas Flight Attendant Training (FAT) dengan biaya yang ditetapkan. 

Jika persyaratan di atas dapat terpenuhi, berikutnya calon pramugari juga harus memenuhi persyaratan FAT, seperti:

  • Memiliki penampilan menarik dan pribadi baik. 
  • Belum menikah. 
  • Sehat secara jasmani dan rohani. 
  • Minimum usia 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran. 
  • Tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm. 
  • Memiliki berat badan ideal dan postur tubuh proposional. 
  • Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat (diutamakan lulusan D3 ke atas). 
  • Tidak menggunakan kacamata. 
  • Lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00 dan slindrik C -1.00. 
  • Fasih berbahasa Inggris baik lisan dan tulisan. 
  • Diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.

Tahapan seleksi pramugari Garuda

Apabila telah memenuhi persyaratan yang dijelaskan pada poin sebelumnya, calon pramugari harus melewati tahapan seleksi FAT, di antaranya: 

Gaji Pramugari Garuda Tertinggi di Indonesia? Cek Gaji Pramugari Maskapai Lain
Gaji Pramugari Garuda Tertinggi di Indonesia? Cek Gaji Pramugari Maskapai Lain
  1. Pengukuran tinggi dan berat badan. 
  2. Psikotes dan kemampuan berbahasa asing. 
  3. Cek latar belakang dan wawancara kompetensi. 
  4. Pemantauan terakhir. 
  5. Pemeriksaan medis. 

Selama proses seleksi, pramugari yang mendaftar juga perlu memperhatikan hal penting berikut ini: 

  1. Sebelum datang ke lokasi seleksi, diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran secara online di situs resmi training Garuda Indonesia. 
  2. Berpakaian sesuai ketentuan; blus lengkap pendek berwarna terang dan rok sebatas lutut berwarna gelap.
  3. Menggunakan sepatu pantofel atau hak tinggi. 
  4. Menggunakan riasan natural dengan rambut tertata rapi. Untuk rambut panjang wajib diikat satu. 
  5. Membawa kelengkapan dokumen yang dikumpulkan dalam satu map transparan berisi: 
  • Curriculum Vitae. 
  • Fotokopi KTP. 
  • Fotokopi SKCK. 
  • Fotokopi akta kelahiran. 
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK). 
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir. 
  • 1 lembar pas foto dengan background warna merah ukuran 3×4. 
  • 1 lembar foto seluruh badan dengan background warna merah ukuran postcard.  

Itu tadi beberapa informasi mulai dari persyaratan, tahapan, dan gaji pramugari Garuda. Sedikit membahas mengenai sistem penggajian di Indonesia, terdapat beberapa faktor yang dapat menentukan besaran gaji seorang pekerja, di antaranya:

  1. Golongan di dalam struktur instansi.
  2. Jabatan dan tanggung jawab yang diemban.
  3. Masa kerja atau masa dinas di dalam satu perusahaan.
  4. Pendidikan terakhir dan/atau tingkatan sertifikasi.
  5. Kompetensi, kemampuan profesional, dan pengalaman kerja seumur hidup.

Tiap faktor di atas bisa menjadi pertimbangan utama maupun tambahan tersendiri bagi seorang perekrut dalam menentukan gaji pekerja.

Selain dari itu tentu saja dari sisi pekerja sendiri harus mampu membuktikan performa kerja yang bagus sesuai latar belakang dan pengalaman yang dimilikinya. Dengan begitu, pihak perusahaan dan pekerja akan memiliki hubungan saling menguntungkan secara finansial dan profesional.

Perihal memiliki profesi sebagai pramugari memang menjanjikan jika dilihat dari rata-rata penghasilannya. Namun dibalik itu, tersimpan risiko pekerjaan yang tinggi pula sebagaimana seorang pramugari diwajibkan menaiki pesawat terbang di kesehariannya.

Untuk mengajukan pertanyaan terkait dunia karier dan mendapatkan tips-tips bermanfaat mengenai pengelolaan keuangan pribadi dan produk asuransi yang tepat untuk kita dan keluarga, jangan ragu untuk mengunjungi Tanya Lifepal, ya!

Pertanyaan seputar gaji pramugari Garuda