Kerja di Pertamina Selalu Diburu Banyak Orang, Ini 5 Alasannya!

Bekerja di Pertamina (www.pertamina.com)

Buat pencari kerja alias jobseeker, dengar lowongan kerja di Pertamina dibuka itu udah kayak dapat kabar memenangkan kuis berhadiah. Langsung buru-buru buka smartphone, terus buka browser dan cari tahu informasinya. Kalau bisa langsung kirim CV deh.

Gimana gak pengin kerja di sana, nama Pertamina itu branding-nya emang udah kuat banget kok. Selain jadi perusahaan minyak besar, PT Pertamina (Persero) juga dikenal sebagai perusahaan yang mampu menjamin karyawannya settle down alias gak pusing mikir hari esok.

Kenapa lowongan pekerjaan Pertamina selalu ditungguin?

Selain itu, ada lima alasan spesifik yang bikin kenapa banyak orang niat banget jadi karyawan Pertamina. Penasaran apa aja? Baca ulasannya berikut ini.

1. Gajinya besar

Pertamina berani kasih gaji besar itu bukan isapan jempol belaka.

Buat gambaran aja, omzet Pertamina tahun 2017 mencapai US$ 31,38 miliar atau Rp 441,84 triliun pakai kurs sekarang. Dari informasi tersebut, kamu tentu udah nangkap maksudnya. Pendapatannya aja segitu besarnya, gimana gaji buat karyawannya?

Dari atas sampai bawah, dijamin gaji pertamina di atas perusahaan rata-rata deh. Selain itu, ada juga beberapa posisi yang gajinya terbilang fantastis. Misalnya aja General Manager yang sebulannya digaji Rp 75 juta. Kemudian ada Drilling Supervisor, Rp 55 juta, Architect Rp 55 juta, Director Rp 47,5 juta, dan Procurement Manager Rp 42,5 juta.

Sementara buat level staf dapat gaji mulai dari Rp 4 juta per bulan.

2. Benefitnya banyak

Alasan kerja gak melulu soal gaji, ada beberapa orang malah lebih pengin benefit yang didapat dari tempat kerjanya. Ini juga alasan kenapa lowongan kerja Pertamina dicari.

Seandainya kamu adalah karyawan Pertamina dan tinggal menghitung bulan bakal pensiun, selain dapat dana pensiun, kamu juga dapat pesangon. Dana pensiun ini sendiri meliputi jaminan hari tua, asuransi jiwa, asuransi pesangon, dan DPLK alias Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Sementara besaran pesangon yang didapat diatur berdasarkan perjanjian kerja bersama (PKB) dengan gunakan rumus 2 dikali masa kerja dikali upah.

Ini masih ditambah dengan benefit lain seperti asuransi, mobil dinas, rumah dinas, tunjangan kesehatan, tunjangan makan, bonus, hingga hari cuti.

3. Nama besar

Kerja di perusahaan yang udah punya nama besar seperti Pertamina itu jaminan banget. Alasan lain kenapa lowongan kerja Pertamina diminati karena nama besar itu.

Jaminan nama besar ini emangnya kayak gimana? Andaikan kamu kerja di Pertamina selama dua tahun, terus menginjak tahun ketiga kamu punya rencana pengin kerja di perusahaan lain. Praktis, pengalaman kerjamu di Pertamina bakal diperhitungkan banget.

Hal ini makin kamu rasakan efeknya kalau punya Linkedin. Kalau isi pengalaman kerja di Pertamina, kemungkinan besar profil kamu bakal diintip HR atau headhunter.

Selain itu, kerja di Pertamina bisa jadi kebanggan tersendiri. Bahkan, rasa kagum terungkap dari saudara, kenalan, atau orang-orang di sekitarmu.

4. Sekolah gratis

Enaknya lagi kerja di Pertamina itu bisa dapat sekolah gratis. Boleh dibilang kerja di Pertamina itu untungnya berlipat-lipat. Gaji dapat, sekolah dibayarin.

Sebagai perusahaan nasional, Pertamina pengin banget sumber daya manusia yang mereka miliki berkualitas. Makanya sekolah gratis, training, dan semacamnya disediakan lengkap. Bahkan, kalau perlu, disekolahkan hingga ke luar negeri.

Dan fasilitas pendidikan ini diberikan ke semua level karyawan. Dari yang level bawah hingga level tertinggi.

5. Mengembangkan karier

Banyak yang berpendapat kerja di Pertamina dapat jadi batu lompatan buat dapat karier lebih tinggi. Bukan sekadar cerita, kenyataannya jenjang karier di Pertamina emang terbilang bagus.

Kamu yang memulai karier dari level bawah berkesempatan buat buktikan diri biar naik ke level menengah atau bahkan level atas.

Gak sampai di situ, kamu juga bakal dapat banyak hal dengan bekerja di BUMN yang satu ini. Dari ilmu baru hingga bertambahnya koneksi bisa kamu dapat di sini. Tentu aja ini bisa jadi modal yang berguna banget ketika kamu hendak pindah ke tempat kerja lain.

Alur seleksi karyawan baru Pertamina

Setelah ketemu informasi lowongan kerja Pertamina dan mengirim syarat-syarat yang diminta, kamu nantinya wajib mengikuti alur seleksi penerimaan. Alur yang mesti dijalani terbagi dua: buat yang berpengalaman dan fresh graduate.

Buat yang berpengalaman, kamu pertama-tama harus registrasi online terlebih dahulu. Setelah itu, menunggu hasil seleksi administrasi. Gitu dinyatakan lulus, bakal dapat undangan interview user dan HR.

Kalau lulus tahap interview, kamu bakal menjalani psikotes dan tes bahasa Inggris online. Lanjut ke interview psikolog seandainya tahap sebelumnya lulus. Lanjut ke medical check up buat yang dinyatakan lulus. Terakhir, di-interview pihak manajemen.

Buat fresh graduate, pertama-tama kamu harus registrasi online. Tunggu hasil seleksi administrasi. Gitu lulus, ikuti psikotes dan tes bahasa Inggris online. Kalau lulus lagi, ikuti online interview. Lanjut ke tahap Klarifikasi Tatap Muka. Kemudian di-interview User dan psikolog. Tahap terakhir barulah medical check up.

Emang sih alurnya panjang banget dan lama. Namun demi bisa kerja di Pertamina, masa gitu aja udah nyerah?

Mau coba program internship di Pertamina?

Nggak sampai di situ aja kesempatan untuk merasakan bekerja di Pertamina. Kamu bisa mencoba program internship dari Pertamina yang berlangsung selama 6-12 bulan. For your information, PT Pertamina membuat program internship dengan tujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada para lulusan S1 perguruan tinggi. 

Sebagai bentuk kepedulian Pertamina kepada para lulusan agar bisa membangun kompetensi, memperluas wawasan, dan mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja. Manfaat nyata yang akan kamu dapatkan adalah:

  • Pengalaman bekerja secara nyata terlibat dalam kegiatan bisnis sehari-hari serta bekerja pada proyek-proyek tertentu dalam sebuah tim dengan masa kerja 6-12 bulan.
  • Mendapatkan surat keterangan internship di Pertamina.

“Biasanya kalo magang atau internship cuma dapet pengalaman dan nggak dapet gaji, di Pertamina sama aja lagi.”

Eits, kamu salah besar. Banyak benefit yang akan kamu dapatkan. Di antaranya uang saku setiap bulan, beberapa peralatan kerja, dan fasilitas kesehatan (BPJS Ketenagakerjaan dan bantuan iuran BPJS Kesehatan). Masa, sih, udah kerja capek-capek nggak dapet apa-apa.

Kamu hanya cukup memenuhi beberapa syarat, di antaranya:

  • Usia maksimal 27 tahun
  • Minimal IPK 3.00
  • Memiliki ijazah D4/S1 atau ijazah sementara atau surat keterangan lulus

Ada 10 jurusan yang biasanya selalu dibutuhkan Pertamina setiap tahunnya. Di antaranya jurusan teknik, administrasi perkantoran, akuntansi, hukum, manajemen, dan psikologi. Untuk kamu yang bekerja menggunakan kreativitas dan otak kiri, jangan khawatir. Pertamina juga membuka program internship untuk jurusan desain, marketing communication, sistem informasi, dan statistika.

Ada dua tahapan seleksi yang harus kamu lalui. Pertama tahapan seleksi administrasi melalui situs resminya. Setelah dinyatakan lolos kamu harus melalui tahapan seleksi wawancara user. 

Cara mendaftarkan dirinya pun terbilang mudah. 

  • Pertama, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di http://recruitment.pertamina.com/. 
  • Kedua, setelah berada di home page, maka kamu memilih kanal Job Vacancies. Mudah banget untuk generasi milenial yang melek teknologi.

Kalau di tengah jalan kamu menemukan beberapa kendala atau pertanyaan, kamu bisa segera menghubungi Pertamina melalui media sosial Instagram Direct Message (IGDM) di IG Pertamina. Kamu juga bisa pantengin terus IG Pertamina untuk mendapatkan informasi terupdate lainnya.

Jika kamu diterima, kamu akan ditempatkan di Jakarta dengan penempatan fungsi sesuai yang dibutuhkan. Adapun periode pendaftaran dibuka pada 10-12 Februari 2020 untuk periode internship yang dimulai pada April 2020.

Jadi, tunggu apalagi. Udah dapet pengalaman bekerja di perusahaan bergengsi Pertamina, mendapatkan pengalaman, dapetin banyak benefit juga!

Ingat, kamu bersaing dengan ribuan pelamar lain di luar sana. Biar lolos, mulai sekarang asah deh kemampuan bahasa Inggris kamu dan mulai cari tahu kisi-kisi lulus psikotes. Dan gak lupa perbaiki pola hidup dan rutin olahraga.

Satu lagi, kamu harus benar-benar kenali dirimu dan apa potensi yang bisa kamu tawarkan. Ini penting buat tahap interview nanti. Untuk bisa kerja di Pertamina, tentu kamu harus menjadi orang yang unggul dan berpotensial bisa membantu mereka menjadi perusahaan yang lebih baik lagi.

Demikian ulasan tentang lowongan kerja Pertamina. Moga-moga informasi di atas bermanfaat ya. Kamu yang melamar, semoga lulus!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →