Ini Nih Negara-Negara yang Jual Produk Apple Termurah

produk apple termurah

Produk Apple memang selalu bikin ngiler setiap kali ada yang baru diluncurkan. Gak cuma teknologinya yang yahud, reputasinya sebagai produk high end pun kerap menimbulkan rasa bangga.

Masalahnya, harga yang mesti ditebus untuk produk Apple yang keren-keren itu tidaklah murah. Di Indonesia sendiri, produk Apple paling murah hampir sama dengan harga sepeda motor. Bisa dibayangkan bagaimana pertimbangan seseorang untuk membelinya.

Tapi usut punya usut, ternyata harga produk Apple di setiap negara berbeda-beda meski belinya di toko Apple resmi. Sebab, harga produk impor di suatu negara dipengaruhi banyak hal. Di antaranya nilai tukar mata uang dan kebijakan pajak atau bea cukai yang diterapkan negara itu.

Jadi, buat yang hobi berwisata ke luar negeri, mungkin bisa mendapatkan produk Apple paling murah di negara yang dikunjungi.

produk apple termurah
Kira-kira ada rencana beli apa nih? iPhone, macbook atau iPad? (iPad/pcmag)

Berikut ini data harga produk Apple paling murah yang didapatkan dari Apple Compas, situs yang bisa digunakan untuk melihat harga produk Apple di sejumlah negara. Sayangnya, iPhone 8 yang baru belum masuk data mereka.

iPhone Paling Murah – Amerika Serikat

Untuk membeli iPhone dengan harga termurah, ternyata kita bisa langsung ke kandang Apple di Amerika Serikat. iPhone 7 kapasitas 32 GB dengan layar 4,7 inch dijual hanya Rp 8,7 juta di Oregon. Sedangkan yang versi layar 5,5 inch atau iPhone 7 Plus dihargai Rp 10,4 juta, tapi di Delaware.

Di Delaware, harga iPhone 7 Plus kapasitas 256 GB hanya Rp 13,1 juta. Sedangkan yang versi 4,7 inch dijual Rp 11,4 juta di kota yang sama.

iPad Paling Murah – Kanada, Hong Kong, Turki

Beralih ke iPad, kalau kamu mau cari produk Apple ini dengan harga termurah, datang saja ke Yukon, Kanada. Produk iPad Mini 4 16 GB tanpa konektivitas seluler dijual Rp 4,9 juta di sini.

Di kota yang sama, iPad Mini 4 kapasitas 16 GB tapi dengan konektivitas seluler+WiFi dihargai Rp 6,5 juta.

produk apple termurah
Nyari iPad paling murah ya di Hongkong (outlet Apple di Hongkong/macrumors)

Kalau lagi jalan-jalan di Hong Kong, dengan Rp 5,3 juta, bisa dapetin iPad Air 2 kapasitas 16 GB dengan konektivitas WiFi.

Lalu jika ingin versi dengan konektivitas WiFi dan seluler, Istanbul adalah tempatnya. Toko Apple di ibu kota Turki ini menjual iPad Air 2 seharga Rp 8,1 juta saja.

MacBook Paling Murah – Filipina, Hong Kong, Jepang

Buat yang tertarik beli produk Apple khususnya buat kerja, yakni MacBook, bisa juga dapetin harga murah di negara selain Indonesia. MacBook 12 inch kapasitas 256 GB dijual Rp 17 juta di Manila, Filipina. Deket lho, nyeberang situ doang. Asal gak mendarat di Marawi, ya.

Atau mau yang kapasitasnya lebih gede, yaitu 512 GB, terbanglah ke Hong Kong, di mana harganya Rp 20, 7 juta.

Di Hong Kong juga, MacBook Air 13 inci dengan kapasitas 128 GB juga tercatat sebagai produk Apple paling murah. Yaitu hanya Rp 12,9 juta. Begitu pula “kakak”-nya, yang berkapasitas 256 GB, dengan harga Rp 15,5 juta.

Nah, kalau bujet lebih besar dan mengincar MacBook yang lebih canggih, datanglah ke Jepang. Ada MacBook Pro 13 inci Touch Bar dengan kapasitas 256 GB dijual Rp 23,1 juta.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
produk apple termurah
Jauh-jauh ke Jepang cuma beli MacBook.. Hmmm boleh-boleh aja sih asal ada duitnya (outlet Apple di Jepang/digital trends)

Selain itu, ada MacBook Pro 13 inci last gen 256 GB yang dihargai Rp 16,6 juta. Adapun harga produk Apple berupa MacBook paling mahal di Jepang adalah MacBook Pro 15 inci last gen 256 GB dengan harga Rp 25,7 juta.

[Baca: Mau Belanja Gadget dan Komputer Lebih Hemat? Cek 5 Situs Ini Aja]

Sayangnya, data pada situs ini belum mencakup produk Apple berupa iPhone terbaru, yakni seri 8. Namun semestinya harga iPhone 8 dan variannya gak terlampau jauh selisihnya dengan harga iPhone seri bawahnya di negara-negara tersebut.

Beli Saja Pas Traveling

Ingat, perbandingan ini tidak bersifat pasti. Data bisa saja berubah setiap saat di setiap negara. Yang pasti, data base di sini menggunakan harga produk Apple di toko resmi iBox.

Adapun harga di setiap toko menggunakan dolar Amerika. Karena di Apple Compas gak ada pilihan Indonesia, konversi dilakukan ke ringgit Malaysia dulu, barulah ke rupiah. Posisi ringgit dan rupiah terhadap dolar bisa dibilang berimbang.

Jadi, jangan sampai bilang produk Apple paling murah ada di Indonesia dengan bukti link di toko online. Produk Apple yang dijual di iBox jelas lebih terjamin keaslian dan kualitasnya. Urusan garansi pun bakal lebih gampang ketimbang janji garansi distributor.

Buat perbandingan saja, harga iPhone 7 dengan fitur paling terbatas di iBox masih dihargai di atas RP 10 juta.

Buat yang suka traveling, mungkin bisa sekalian berburu produk Apple yang harganya lebih murah ketimbang di sini. Namun ingat ya, ada bea masuk kalau ternyata barang bawaan kita gak sesuai dengan ketentuan di bandara.

[Baca: Beli Tas Mewah di Luar Negeri Harus Siap Bayar Biaya-Biaya Ini]

Negara Jual Produk Apple Termahal

Di sisi lain, produk Apple memang terkenal mahal bukan main. Yang pasti, secara umum harga iPhone, MacBook, sampai iPod keluaran Apple lebih tinggi ketimbang gawai pesaing produksi merek lain.

Ketika ada produk Apple terbaru yang akan keluar, orang-orang pasti langsung menerka-nerka berapa harganya. Bahkan gak sedikit yang langsung bersiap menabung demi mendapat produk canggih besutan anak buah Steve Jobs itu.

Itu bagus. Menabung demi membeli hal yang didambakan. Ketimbang dapat duit dari jual ginjal atau nyolong punya orang, ya kan?

Meski begitu, di antara mahalnya harga produk-produk Apple itu, tentunya ada yang termurah. Dalam artikel sebelumnya sudah ada informasi tentang negara-negara di mana kita bisa beli produk Apple dengan harga paling murah.

Nah, untuk kali ini, ada sejumlah negara yang gak direkomendasikan untuk membeli produk Apple. Dari penelusuran via Apple Compass, produk Apple termahal ada di negara-negara ini.

iPhone Paling Mahal – Rusia

Di Amerika Serikat, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terdeteksi paling murah. Sebaliknya, di negeri adidaya pesaing Amerika, yakni Rusia, produk iPhone itu jauh lebih mahal. iPhone 7 kapasitas 32 GB 4,7 inci, misalnya, dijual seharga Rp 13,4 juta.

Itu iPhone 7 paling cupu lho. Kalau iPhone 7 Plus kapasitas 32 GB dengan layar 5,5 inci, harganya Rp 16 jutaan. Yang paling mahal adalah iPhone 7 Plus kapasitas 256 GB, yang dibanderol Rp 20,2 juta.

Sayangnya, data harga iPhone 8 belum ada. Tapi, kalau melihat harga iPhone 7 Plus 256 GB yang tembus Rp 20 juta, pasti harga iPhone 8 bisa mencapai Rp 25 juta, kira-kira sama dengan sepeda motor Yamaha N-Max yang kekinian itu. Hayo, rela ngeluarin duit segitu buat iPhone?

iPad Paling Mahal – Brasil

Bila mau beli iPad di luar negeri, sebaiknya ke Kanada, Hong Kong, atau Turki saja. Sebab, harga iPad di sana tercatat paling murah.

Siapa sih yang gak kenal pemain sepakbola legendaris asal Brasil ini? (Ronaldo / talksport)

Sebaliknya, saat di Brasil, mending berburu suvenir khas Amazon ketimbang beli iPad. Sebab, di negara ini semua varian iPad diketahui paling mahal. iPad Mini 4 16 GB tanpa konektivitas seluler atau Wi-Fi saja, harganya Rp 13,9 juta. Kalau yang bisa dipasangi SIM Card, dibanderol Rp 18,4 juta.

Adapun versi yang lebih canggih, yakni iPad Air 2 kapasitas 16 GB Wi-Fi only, harganya Rp 14,5 juta. Tambah Rp 3 jutaan, dapet iPad Air 2 kapasitas 16 GB dengan konektivitas seluler yang dipatok seharga Rp 17,9 juta.

MacBook Paling Mahal – Brasil

Brasil juga tercatat punya toko Apple yang menjual MacBook dengan harga paling mahal! MacBook 12 inch kapasitas 256 GB di Negeri Samba ini dijual Rp 53,5 juta.

Bandingkan dengan harga produk yang sama di Manila, Filipina, yang harganya cuma Rp17 jutaan! Kalau yang kapasitasnya 512 GB, harganya Rp 66,3 juta. Produk itu jauuuh lebih murah di Hong Kong, yang cuma dihargai Rp 20,7 juta.

Bahkan harga MacBook Air 13 inci yang lebih ekonomis pun masih terbilang mahal di sini. Yang kapasitasnya 128 GB dihargai Rp 40,4 juta. Adapun yang versi 256 GB harganya Rp 48,9 juta.

Harga MacBook Pro di Brasil pun paling mahal. Varian yang paling rendah, yakni MacBook Pro 13 inci 256 G, harganya Rp 48,9 juta. “Kakak-kakak”-nya jelas lebih mahal. Di antaranya MacBook Pro 13 inci Touch Bar dengan kapasitas 256 GB seharga Rp 59,1 juta dan MacBook Pro 15 inci last gen 256 GB yang dipatok Rp 63,8 juta.

Fiuffh….Untung harga produk Apple di Indonesia gak semahal itu. Data ini diambil dari Apple Compass per Oktober 2017, yang melihat harga produk Apple di iBox alias toko resmi Apple di tiap negara. Data harga iPhone 8 belum masuk, sehingga belum bisa ditampilkan.

Dari informasi di atas, kita jadi tahu produk Apple termahal ada di negara mana. Jadi kalau pas liburan di sana, mending gak usah beli iPhone dan kawan-kawan deh.

Perbedaan harga di tiap negara ini dipengaruhi banyak hal. Di antaranya bea masuk impor yang ditetapkan negara tersebut. Makin tinggi bea impor, makin mahal harganya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Untungnya Indonesia masuk kategori menengah dalam urusan bea impor. Walhasil, produk Apple termahal gak ditemuin di sini. Malahan banyak toko online yang jual iPhone dan smartphone lain dengan harga miring. Yeay!

[Baca:Harga Smartphone Paling Murah Ada di 5 Online Shop Ini]

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →