Mau Klaim Asuransi Kendaraan yang Kena Banjir? Pastikan 3 Hal Ini Biar Gak Ditolak!

Klaim Asuransi Kendaraan

Klaim asuransi kendaraan yang rusak gara-gara banjir? Sebelum melakukan itu, ada baiknya memastikan dulu ketentuannya di polis agar jangan sampai klaim ditolak perusahaan asuransi. Pasalnya, klaim asuransi kendaraan akibat banjir gak bisa langsung dilakukan begitu saja.

Banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek sekitarnya menimbulkan banyak kerugian. Salah satu dampaknya, kerusakan mobil-mobil yang terparkir akibat terendam genangan air. Tentu aja kamu yang punya asuransi bakal melakukan klaim asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan sendiri memberi manfaat bagi para pemilik kendaraan dalam meminimalkan dampak kerugian yang muncul tanpa diduga. Nah, mereka yang memiliki asuransi tahu betul kalau proteksi dari asuransi berperan dalam mengamankan keuangan.

Meski begitu, kerusakan kendaraan, khususnya mobil, akibat banjir gak otomatis membuat orang-orang yang rutin membayar premi bisa melakukan klaim asuransi kendaraan. 

Ada syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi agar bisa merasakan pertanggungan. Apa saja syarat dan ketentuan tersebut? Alangkah baiknya simak dulu ulasan berikut:

Ada dua asuransi kendaraan: Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive

Klaim asuransi kendaraan
Ada dua asuransi kendaraan: Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive

Selain perusahaan mana yang menjual, asuransi kendaraan itu dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO) dan asuransi kendaraan Comprehensive. Apa bedanya di antara dua jenis asuransi kendaraan tersebut?

Asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO) adalah asuransi kendaraan yang menjamin risiko kerugian/kerusakan kendaraan kalau kerusakannya di atas 75 persen, termasuk akibat pencurian atau perampasan. 

Sebagai gambaran mengenai asuransi kendaraan TLO, pihak tertanggung punya asuransi kendaraan dengan uang pertanggungan Rp 300 juta. 

Kalau nilai kerusakan mobil mencapai Rp 225 juta, apakah nilai kerusakan tersebut di-cover asuransi kendaraan TLO? Jawabannya adalah iya karena 75 persen dari Rp 300 juta sama dengan Rp 225 juta.

Sementara asuransi kendaraan Comprehensive adalah asuransi kendaraan yang menjamin risiko kerugian/kerusakan secara keseluruhan, baik nilai kerusakan yang ringan maupun kerusakan yang berat sekalipun. 

Meski nilai kerusakannya mencapai Rp 10 juta, pihak penanggung atau perusahaan asuransi tetap menyetujui klaim yang diajukan.

Baca juga: Era Digital, Kini Ajukan Klaim Asuransi Mobil Semudah Update Instagram

Gimana klaim asuransi kendaraan yang rusak gara-gara banjir?

Klaim asuransi kendaraan
Gimana klaim asuransi kendaraan yang rusak gara-gara banjir?

Klaim asuransi kendaraan akibat banjir bisa dilakukan, baik di asuransi TLO maupun asuransi Comprehensive, asalkan dalam polis asuransi terdapat perluasan jaminan banjir. Syarat perluasan jaminan (extended cover) banjir ini menjadi syarat mutlak disetujuinya klaim asuransi kendaraan.

Perluasan jaminan dalam asuransi kendaraan yang ditawarkan perusahaan asuransi meliputi:

  • perlindungan akibat angin topan dan banjir;
  • pemogokan, kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase;
  • gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi;
  • kecelakaan diri pengemudi dan atau penumpang; dan
  • Tanggung Jawab Hukum (TJH) pihak ketiga.

Baca juga: Ikuti Prosedur Klaim Kendaraan yang Rusak Ini, Sebelum Mencak-Mencak Karena Ditolak

Ini pertanggungan yang dijamin perusahaan asuransi dan yang gak ditanggung alias pengecualian

Klaim asuransi kendaraan
Ini pertanggungan yang dijamin perusahaan asuransi dan yang gak ditanggung alias pengecualian

Tanpa adanya perluasan jaminan, asuransi kendaraan yang preminya dibayarkan pihak tertanggung cuma menjamin sejumlah kerugian atau risiko. Terus ada kerugian atau risiko yang gak ditanggung alias pengecualian. 

Daftar lengkap asuransi kendaraan

Berikut ini daftar lengkapnya yang dilansir dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Apa aja?

Risiko yang dijamin asuransi kendaraan Risiko yang gak dijamin (pengecualian)
Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok. Akibat kendaraan digunakan buat menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain dan memberi pelajaran mengemudi.
Perbuatan jahat Akibat ikut perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa.
Pencurian yang melanggar KUHP Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365. Disalahgunakan buat melakukan tindak kejahatan.
Kebakaran, termasuk akibat kebakaran benda lain, sambaran petir, air dan/atau alat-alat lain buat pemadaman api, hingga pemusnahan atas perintah pihak berwenang. Penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya.
Pencurian dan/atau perbuatan jahat yang dilakukan:

  • suami atau istri, anak, orang tua, atau saudara sekandung;
  • orang yang bekerja pada tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung;
  • Orang yang tinggal bersama tertanggung;
  • pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai kalau tertanggung merupakan badan hukum;
  • orang yang berada di bawah pengawasan tertanggung.
Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan.
Rusak karena barang dan/atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat pada, ditumpuk di, dibongkar dari atau diangkut. 
Rusak akibat zat kimia, air, atau benda cair lainnya yang berada di kendaraan, kecuali akibat dari risiko yang dijamin polis.
Akibat kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, hingga penjarahan.
Akibat gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya.
Akibat reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radioaktif.
Tindakan sengaja tertanggung dan/atau pengemudi dan/atau orang yang bekerja pada dan/atau orang suruhan tertanggung.
Dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
Rusak akibat pengemudi yang konsumsi minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan.
Dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan
Memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas. 
Kerusakan atas perlengkapan tambahan yang tidak disebutkan pada polis.
Kerusakan atas ban, velg, dop yang tidak disertai kerusakan pada bagian lain kendaraan, kecuali disebabkan risiko yang dijamin dalam Polis. 
Kerusakan atas kunci dan/atau bagian lainnya dari Kendaraan Bermotor pada saat gak melekat atau gak berada di kendaraan.
Kerusakan atas bagian atau material kendaraan yang aus karena pemakaian, sifat kekurangan material sendiri, atau salah menggunakannya.
Kerusakan atas Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan/atau surat-surat lain kendaraan.
Gak menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan kendaraan atas:

  • kerusakan atau kehilangan harta benda yang diangkut, dimuat atau dibongkar dari kendaraan.
  • kerusakan jalan, jembatan, viaduct, bangunan yang terdapat di bawah, di atas, di samping jalan sebagai akibat dari getaran, berat kendaraan.
Gak menjamin kehilangan keuntungan, upah, berkurangnya harga atau kerugian keuangan lainnya yang diderita tertanggung.

Sampai sini sudah jelas bukan kalau klaim asuransi kendaraan gak bisa sembarangan akibat banjir? 

Jadi, pastikan dulu di polis, perluasan jaminan apa saja yang ditanggung perusahaan asuransi agar bisa klaim sesuai dengan kerugian atau risikonya. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →