Kode Bank Danamon dan Kode Bank Lainnya Di Indonesia

kode bank danamon

Saat mengirimkan uang ke rekening orang lain, kita membutuhkan kode bank sebelum memasukkan no rekening.  Termasuk jika kamu ingin mengirim uang ke rekening Bank Danamon, kamu akan membutuhkan kode Bank Danamon yang tentu berbeda dengan bank lainnya.

Kode Bank Danamon ini sangat penting diketahui  bagi kamu yang sering mengirim uang untuk nasabah bank tersebut.

Pasalnya, ketika kamu ingin mentransfer uang baik melalui mesin ATM ataupun mobile banking kamu diwajibkan untuk mengisi nomor kode bank terlebih dahulu, sebelum mengisi nominal uang yang ingin kamu kirimkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kode bank danamon, simak dalam artikel yuk.

Kode Bank Danamon: 011

Sama seperti bank lainnya, Bank Danamon memiliki sejumlah produk simpanan dengan fasilitas transfer antar rekening atau antar bank. Untuk keperluan transaksi atau transfer antar bank dari pengguna rekening lain, kode bank Danamon adalah 011

Jika kamu adalah pengguna bank lain yang ingin melakukan transfer ke Bank Danamon, pastikan untuk memasukkan kode Bank Danamon 011 sebelum nomor rekening penerima. 

Kode Bank Danamon Syariah: 722

Sementara itu, untuk kamu yang ingin mengirim uang ke rekening Bank Danamon Syariah, maka kode bank nya adalah 722. Cara penggunaannya pun tetap sama seperti sebelumnya.

Kamu tinggal memasukkan kode Bank Danamon Syariah 722 sebelum nomor rekening penerima.  

Kode bank selain Bank Danamon

Selain mengetahui Danamon kode bank, ada baiknya kamu juga mengenal kode bank lainnya. Berikut ini kode bank lengkap yang ada di Indonesia dikutip dari cnnindonesia.com.

Nama Bank Kode Bank
Bank BRI 002
Bank BRI Syariah  422
Bank Mandiri 008
Bank BNI 009
Bank BNI Syariah 427
Bank Syariah Mandiri 451
Bank CIMB Niaga  022
Bank CIMB Niaga Syariah  022
Bank Muamalat 147
Bank BTPN  213
Bank BTPN Syariah 547
Bank Permata 013
Bank Permata Syariah 013
Bank DBS Indonesia 046
Digibank  046
Bank BTN 200
Bank Maybank (Bii)  016
Bank Mega 426
Bank Sinarmas  153
Bank Commonwealth 950
Bank OCBC NISP  028
Bank Bukopin 441
Bank Bukopin Syariah  521
Bank BCA Syariah  536
Bank Lippo 026
Citibank  031
Telkomsel Tcash  911
Linkaja  911
Jenius 213

Tentang Bank Danamon 

Didirikan pada tahun 1956, Bank Danamon saat ini memiliki 846 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah serta kantor cabang anak perusahaannya. 

Pada 30 Juni 2021, Bank Danamon mengelola total aset konsolidasi sebesar Rp194 triliun. Aset ini dikelola bersama dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) yang merupakan anak perusahaannya.

Tahun lalu Bank Danamon meluncurkan produk layanan terbaru dengan nama Danamon Optimal. Layanan ini bertujuan untuk membantu segmen upwardly mobile dalam mengelola finansial mereka. 

Danamon Optimal mencakup produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah tersebut, salah satunya simpan-pinjam dan asuransi.

Selain itu, bank Danamon juga sempat menerima beberapa penghargaan seperti juara pertama SLE Index 2021 kategori Bank BUKU IV dan meraih peringkat pertama pada 9th Infobank Digital Brand Awards 2020.

Produk tabungan Bank Danamon

Bank Danamon sendiri memiliki berbagai macam produk yang ditawarkan untuk masyarakat Indonesia. Berikut daftar lengkapnya: 

  • Danamon LEBIH
  • FlexiMAX
  • Primadolar
  • Tabungan Cita2Ku
  • Tabungan Cita2ku Berhadiah
  • Tabunganku
  • D-Save

Kamu dapat membaca lebih lanjut mengenai bunga, setoran awal dan biaya administrasi masing-masing produk tabungan tersebut dalam artikel Lifepal mengenai jenis tabungan Danamon

Fungsi dan arti kode bank

Di tengah pandemi seperti ini banyak orang-orang yang mulai membuka akun rekening bank baik bank swasta maupun milik negara. Pembukaan ini dilakukan dengan berbagai tujuan seperti untuk menerima dana bantuan dari pemerintah atau membuka usaha baru.

Kode bank adalah kode unik yang biasanya terdiri dari tiga digit angka, kode ini berbeda-beda antar bank. Kode tersebut digunakan saat kamu ingin mentransfer uang ke bank yang berbeda.

Misalnya kamu pemegang buku tabungan Bank BRI dan kamu berniat untuk mengirimkan uang kepada orang tua yang memiliki rekening bank Danamon. Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah berapa kode transfer bank Danamon.

Setelah kamu menemukan kode transfer Danamon, kemudian ketikkan nomor rekening tabungan orang tua kamu dan masukkan nominal uang yang ingin kamu transfer. 

Dalam beberapa detik kamu akan melihat pemberitahuan bahwa transfer yang kamu lakukan telah sukses.

Fungsi Kode Bank

Kode bank ini memiliki beberapa fungsi yaitu :

Sebagai Identitas Bank

Tanpa kode bank, transaksi yang kamu lakukan tidak akan pernah berhasil, proses pengiriman akan secara otomatis dibatalkan oleh mesin ATM ataupun mobile banking.

Pembuatan kode bank ini berfungsi sebagai identitas bank untuk membedakan bank satu dengan bank lainnya.

Memudahkan Transaksi

Kode bank ini akan membantu kamu melakukan transaksi dengan lebih mudah. Sebab, ketika transaksi antar dua pihak terjadi, masing-masing bank akan mengetahui hak serta kewajibannya melalui kode bank tersebut.

Cara membuka rekening bank danamon

Bank Danamon merupakan bank yang cukup populer dikalangan masyarakat, hingga kini mereka memiliki lebih dari  60.000 jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang bisa ditemukan di  34 provinsi.

Sementara untuk kamu yang tertarik membuka rekening bank Danamon baru, jangan lupa untuk  perhatikan syarat dan langkah-langkah yang harus dilewati.

Siapkan dokumen penting

Ada beberapa dokumen penting yang perlu kamu siapkan sebelum datang langsung ke kantor cabang Bank. Dokumen tersebut yaitu:

  • Fotokopi identitas diri KTP/Paspor/SIM
  • Salinan NPWP
  • Jika kamu ingin membuka Tabunganku Danamon, kamu perlu membawa salinan Kartu Pelajar, KTP orang tua dan surat persetujuan orang tua
  • Sedangkan untuk pengajuan Tabungan Cita2Ku, siapkan juga bukti kepemilikan tabungan Danamon reguler

Datang ke kantor cabang Bank Danamon

Langkah selanjutnya yakni kamu bisa datang ke kantor cabang Bank Danamon yang berada di daerah kamu, jangan lupa membawa dokumen-dokumen yang telah disiapkan sebelumnya.

Perlu diingat datanglah di jam operasional bank yakni dari hari Senin sampai dengan Jumat pukul  08.00 sampai 15.00.

Saat tiba di bank kamu hanya perlu mengisi beberapa formulir pendaftaran dan dalam hitungan menit kamu bisa membawa pulang rekening baru.

Mengajukan online melalui situs resmi

Jika kantor cabang terlalu jauh dari tempat tinggal kamu, Danamon juga menyediakan layanan pembukaan rekening baru secara online.

Kunjungi laman resmi Bank Danamon www.danamon.co.id/id/Personal/Simpanan/Tabungan-Danamon. Kemudian klik saja tulisan Ajukan Sekarang.

Selanjutnya kamu akan menerima Form ID dan diminta untuk mengisi data diri, nama, email, nomor HP,  jenis produk tabungan yang diinginkan, lalu jangan lupa klik Kirim Sekarang.

Setelah menyelesaikan semua proses pendaftaran, nantinya akan ada staff bank Danamon yang menghubungi kamu.

Cara membuka rekening Bank Danamon syariah

Seperti bank besar lainnya, selain bank konvensional, bank Danamon juga menyediakan layanan Danamon Syariah. 

Produk ini cocok bagi kamu yang menginginkan sistem bank berdasarkan prinsip-prinsip keislaman. Danamon Syariah menawarkan layanan pengelolaan dana keuangan yang transparan dan sudah disesuaikan dengan prinsip Syariah.

Danamon Syariah hadir dengan dua skema tabungan yakni Mudharabah (bagi hasil) dan Wadiah (tabungan aman). 

Buat kamu yang berencana membuka rekening bank Danamon Syariah, simak dulu syarat-syarat pengajuan pembukaan rekening baru.

  • Pertama kamu perlu mengisi  formulir aplikasi pembukaan rekening.
  • Siapkan salinan kartu identitas kamu bisa memakai KTP atau KITAS.
  • Setorkan dana awal minimal Rp. 100.000

Setelah berhasil, selanjutnya kamu perlu mengetahui kode bank Danamon Syariah, yaitu 722.

Pertanyaan seputar kode Bank Danamon