Tabungan Dollar Sama dengan Investasi Dollar? Ini 6 Hal yang Perlu Diketahui

Tabungan dollar sebagai investasi dollar

Tabungan dollar adalah produk simpanan bank yang mana nasabah dapat menyimpan uang dollarnya dan mendapatkan bunga dari penyimpanannya tersebut dengan besaran yang sesuai ketentuan.

Bunga tabungan dollar memang lebih rendah dibanding tabungan mata uang rupiah. Bahkan, bunganya nyaris tidak ada sama sekali untuk nominal nilai tabungan tertentu.

Walaupun begitu, tabungan dollar dianggap sebagai investasi oleh sebagian orang karena memberikan keuntungan. Keuntungan investasi dollar dengan memanfaatkan tabungan umumnya diperoleh dari selisih harga jual dan harga beli (capital gain).

Agar memiliki tabungan dollar benar-benar memberi keuntungan, ada baiknya membaca informasi berikut ini.

1. Pahami istilah kurs beli dan kurs jual sebelum buka tabungan dollar

Saat kamu di bank atau money changer, kamu akan menemukan tulisan kurs beli dollar serta kurs jual. Nah, kamu perlu memahami istilah tersebut karena banyak orang yang masih bingung.

Kurs jual adalah nilai yang ditawarkan bank atau money changer untuk menjual dollarnya. Sementara kurs beli adalah nilai yang ditawarkan untuk membeli dollar dari pelanggannya atau dengan kata lain harga patokan saat kamu mau menjual dollar kepada money changer.

Gak cuma itu, umumnya kurs beli selalu lebih rendah dibanding kurs jual.

Misalnya, berdasarkan informasi resmi kurs transaksi Bank Indonesia, kurs beli saat ini (Juni 2020) Rp14.230 dan kurs jual adalah Rp14.373. Jadi, harga per satu dolarnya adalah Rp14.373 kalau kamu membeli dolar di bank atau money changer.

2. Investasi dollar dengan beli di tempat resmi

Agar kamu tidak mendapatkan dollar palsu, belilah dollar di tempat resmi semisal money changer atau bank. Pasalnya, gak cuma mata uang rupiah aja yang dipalsuin, dollar pun juga demikian.

Namun, jika kamu menukarkan uang di money changer, ada baiknya pilih yang telah punya nama atau banyak pelanggan.

Barulah kemudian simpan mata uang dollar tersebut di rekening tabungan dollar pada bank-bank yang menyediakan fasilitas tersebut.

3. Bandingkan nilai jual

Perlu kamu ketahui kalau kurs jual dollar bisa berbeda-beda dari bank atau money charger satu ke yang lainnya. Karena itu, carilah pihak yang menjual dollar dengan harga paling rendah.

Keuntungan tabungan dollar tidak bisa dinikmati karena digunakan buat bayar ganti rugi. Karena itu, amankan nilainya dengan memiliki proteksi keuangan terbaik.

4. Investasi dollar yang sehat harus mampu beli secara reguler

Kamu juga disarankan agar membeli dollar secara reguler atau setiap satu bulan. Dengan begitu, nilai dollar milikmu akan merata dan tidak terpatok pada satu harga saja.

Gak cuma itu, cara itu juga berguna untuk mengantisipasi jatuhnya nilai dollar secara tiba-tiba. Dengan begitu, kamu gak rugi-rugi banget karena dollar yang dibeli harganya gak sama.

5. Jual saat saat kurs beli di atas kurs jual pada waktu beli dulu

Misalnya aja kamu beli dolar di kurs jual Rp14.373. Nah, ketika nilai kurs beli di atas nilai kurs jual sewaktu kamu beli dulu, juallah dollar yang kamu miliki.

Tentu saja menjualnya harus sesuai dengan target. Katakanlah target kenaikannya 5 persen. Kalau sudah mencapai target, tukarkan dollar yang kamu miliki tersebut.

6. Alihkan dari tabungan dollar ke deposito dollar dapat bunga lebih besar

Bank-bank besar di Indonesia selain menyediakan produk tabungan dollar juga menawarkan produk deposito dollar. Pastinya bunga yang ditawarkan lebih besar ketimbang bunga tabungan dollar.

Keuntungan dari bunga deposito dollar ini bisa besar asalkan dana yang disimpan juga besar dan jangka waktu penyimpanan yang dipilih lebih dari 3 bulan.

Lebih untung lagi setelah menyimpan dollar di deposito lebih dari 3 bulan terus nilai dollar sedang menguat terhadap rupiah. Investasi dollar makin menguntungkan jadinya karena dapat keuntungan dari bunga plus capital gain.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu pahami dan ketahui tentang investasi dollar dalam bentuk tabungan dolar.

Buat kamu yang masih belum paham dan mau tahu lebih lanjut tentang investasi? Tanyakan langsung ke ahli di  bidang investasi melalui Tanya Lifepal.

Jika kamu masih bingung ingin investasi di instrumen apa, gunakan Kalkulator Profil Risiko untuk mengetahui instrumen investasi yang cocok buat kamu:

Keuntungan menabung dollar antara lain:

  • Uang dollar yang dimiliki tidak cepat rusak.
  • Mata uang dollar punya nilai yang diakui banyak negara.
  • Mata uang dollar terbilang likuid atau mudah ditukarkan.
  • Mata uang dollar diterima banyak merchant di dalam negeri ataupun luar negeri.

Menguntungkan atau merugikan tergantung dari seberapa paham orang-orang mengerti pergerakan mata uang dollar. Mata uang dari berbagai negara bergerak fluktuatif terhadap dollar begitu juga sebaliknya.

Bahkan, karena keuntungan diperoleh lebih cepat, cara mendapat keuntungan dari dollar lebih cocok disebut trading ketimbang investasi.

Agar benar-benar bisa meraih untung dari pergerakan dollar, pahami hal-hal ini betul.

  • Perbarui terus info kebijakan bank sentral Amerika Serikat atau The Fed.
  • Perbarui terus info kebijakan-kebijakan Pemerintah Amerika Serikat terkait ekonomi.
  • Amati nilai tukar rupiah terhadap dollar.
  • Amati masuknya investor asing ke pasar modal di Indonesia. Kalau banyak investor asing masuk, biasanya nilai rupiah cenderung menguat karena banyak investor asing menukar dollar dengan rupiah.

Tentu saja bisa. Bahkan, beberapa bank di Indonesia telah memfasilitasi penukaran rupiah ke dollar melalui aplikasi mobile banking.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →