Efektif dan Menguntungkan, Ini Cara Pasang Iklan di Mobil Pribadi

pasang iklan di mobil pribadi

Pasang iklan di mobil pribadi menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif buat meningkatkan brand awareness selain berbentuk media outdoor semacam billboard. Cara ini terbilang ampuh kalau kamu ingin menggaet pembeli secara lebih luas. 

Sistemnya pun lebih praktis dan mudah, yaitu dengan cara menempel stiker berlogo di mobil pribadi. Akan semakin efektif kalau mobil itu setiap hari digunakan berkeliling, misalnya stiker di ditempel mobil yang pemiliknya seorang sopir taksi online. 

Dengan mekanisme ini, pasti banyak orang yang melihat logo brand tersebut. Berbeda dengan billboard yang nggak bergerak dan hanya ada di satu wilayah saja.

Bagi orang yang bersedia mobilnya ditempeli striker pun menguntungkan karena bisa menjadi sumber penghasilan tambahan

Lalu, bagaimana cara pasang iklan di mobil yang efektif? Yuk, simak berikut ini. 

Daftar startup yang menyediakan layanan pasang iklan di mobil 

Jika kamu tertarik pasang iklan di mobil pribadi, ada 6 startup yang siap bantu kamu. Startup-startup ini punya konsep bisnis mirip dengan salah satu startup di Amerika, Wrapify. 

Daftar startup ini juga bisa dimanfaatkan kalau kamu ingin mobilmu dijadikan ruang pasang iklan. 

1. Ubiklan

Ubiklan merupakan platform penyedia mobile billboard atau car advertising yang saat ini telah memiliki mitra dengan beberapa perusahaan besar seperti OLX dan Tokopedia

Melalui Ubiklan, perusahaan bisa mengiklankan produk, acara, atau apapun dengan menggunakan kendaraan pribadi sebagai media iklan. Pemilik kendaraan yang meminjamkan mobil atau motornya untuk dipasang dengan iklan, akan menerima penghasilan tambahan cukup dengan berkendara seperti biasa.

Tarif pasang iklan di Ubiklan bervariasi tergantung jenis layanan dengan melihat seberapa banyak iklan ditempel di bagian mobil. Namun, kisarannya mulai dari Rp 1 juta per mobil. 

2. StickEarn

Berbeda dari startup car advertising lainnya yang bekerja sama dengan pemilik kendaraan,

StickEarn tidak demikian. Perusahaan yang ingin pasang iklan di mobil disediakan videotron besar beroda empat yang bernama mobile LED. Mobil canggih ini aktif berkeliling kota tiap harinya.

Adapun layanan bernama StickMob ini bermitra dengan Grab sebagai sarana pemasangan iklannya. Para mitra yang tergabung bersama StickMob bisa menerima keuntungan hingga 1 juta rupiah perbulan. 

3. Promogo

Promogo menerapkan biaya per kilometer dan bentuk stiker. Promogo  juga menawarkan fleksibilitas dalam setiap pergantian materi promosi pihak pengiklan. Ada 3 jenis iklan yang bisa dipasang lewat Promogo dan bisa dipilih sesuai budget yaitu iklan di sisi mobil, kaca belakang, setengah bagian belakang mobil, full bodi, kaca belakang, atau memakai LCD.

Beberapa mitra yang sudah daftar Promogo antara lain Blibli, Allianz, Gojek, Express Group, Wings Group, Sampoerna University, dan Holiday Inn. Sama seperti kompetitornya yang lain, Promogo memiliki fitur melacak jumlah impression. Kunjungi saja websitenya di www.promogo.com untuk cari tahu lebih lanjut.

4. Karta

Startup selanjutnya yang menyediakan layanan car advertising adalah Karta. Tak berbeda jauh dengan jenis lainnya, Karta juga menggunakan GPS untuk menghitung jarak tempuh dari kendaraan yang digunakan.

Klien dapat berIklan selama 1 sampai 6 bulan. Layanan Karta yang terkenal yaitu iklan di motor. Tetapi mereka juga memiliki layanan pasang iklan di mobil melalui Karta Car. 

5. GrabAds

Layanan ini merupakan bagian dari Grab yang fokus pada periklanan. Melalui GrabAds, brand memiliki kesempatan untuk meningkatkan engagement melalui platform online-to-offline. Jenis layanan GrabAds yang memungkinkan kamu untuk pasang iklan di mobil adalah Mobile Billboards. 

Di Indonesia, layanan GrabAds bekerja sama dengan StickEarn untuk mobil dan Karta untuk motor dalam pemasangan konten iklan atau stiker di kendaraan mitra pengemudi. Adapun tarif pasang iklan di mobil pribadi melalui GrabAds terbilang murah, mulai dari Rp50 ribu saja per hari.

6. IDN Programmatic OOH 

Meski terbilang baru, tetapi layanan iklan dari IDN Programmatic OOH dari IDN Media bisa dijadikan pilihan beriklan di mobil. Hal menarik dari IDN Programmatic OOH yaitu pemakaian teknologi layar LED yang telah dipatenkan, dilengkapi dengan pelacak dan terhubung langsung ke internet untuk mengoptimalkan konten dan mengukur efektivitas secara real-time. 

Layar sangat terlihat di siang dan malam hari dan legal oleh hukum. Menariknya. iklan tersebut akan ditayangkan di 250 mobil di Jabodetabek dan Surabaya, 150 toko ritel di Jabodetabek dan Bali.

Cara beriklan di mobil

Apakah kamu perusahaan yang tertarik memasang stiker iklan di mobil? Biar iklanmu tidak sia-sia, simak dulu caranya berikut ini.

Tentukan target audiens 

Target pasar produkmu menjadi hal penting sebelum memutuskan untuk beriklan di mobil. Karakter audiensmu bisa menyesuaikan dengan startup yang dipilih. Target audiens ini juga akan menentukan area jangkauan saat mobil berkeliling.

Perusahaan penyedia car advertising tersedia di berbagai kota di Indonesia, kamu bisa memilih kota dan daerah mana yang memiliki calon pembeli yang potensial. 

Pilih jenis layanannya

Masing-masing startup car advertising menyediakan berbagai layanan yang bisa dipilih sesuai dengan budget dan kebutuhan. 

Misalnya untuk GrabAds kamu bisa memilih beberapa layanan seperti memasang stiker iklan di bagian luar dalam body mobil, pemasangan display iklan di pada jok mobil bagian belakang sandaran kepala, hingga pemasangan tablet di berisi iklan. 

Atur anggaran 

Layanan tersebut tentu memiliki harga yang bervariasi. Kamu tinggal memilihnya sesuai dengan budget yang sesuai dan konsep iklan yang sudah kamu buat sebelumnya.  

Budget iklan ini sebagai ukuran pengeluaran yang direncanakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Tentukan waktu iklan

Umumnya klien bisa memilih sendiri berapa lama masa iklan. Misalnya, kamu akan menyampaikan bahwa produkmu sedang dalam masa promosi. 

Pilihlah beberapa hari sebelum promosi berlangsung. Waktu penayangan iklan di mobil juga bisa disesuaikan dengan tren penjualan. 

 

Syarat jika ingin menjadikan mobil pribadi sebagai ruang iklan

Jika kamu seorang pemilik kendaraan yang ingin menambah penghasilan dari mobil pribadi, maka berikut ini syarat yang harus kamu penuhi.

Ketentuan pasang iklan di mobil pribadi

Startup penyedia car advertising memiliki persyaratan yang berbeda untuk menjadi mitranya.

Misalnya kamu ingin daftar menjadi mitra Ubiklan maka syaratnya sebagai berikut:

  • Berusia minimal 17 tahun.  
  • Memiliki SIM & STNK
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki rekening Bank BCA/Mandiri/CIMB Niaga
  • Mempunyai atau menyewa kendaraan yang di produksi minimum tahun 2010
  • Memiliki smartphone berbasis Android yang dapat mengambil foto atau gambar
  • Sanggup mencapai jarak tempuh minimal sebagaimana yang telah ditentukan dalam kontrak kerjasama.
  • Lama kontrak iklan akan tergantung dari permintaan pengiklan, dimulai dari minimal 30 hari dan dapat dilanjutkan hingga 90 hari.

Prosedur pemasangan iklan di mobil

Kemudian setelah kamu memutuskan untuk memasang iklan di mobil, maka langkah selanjutnya yaitu proses pemasangan iklan. Biasanya, kamu akan diundang oleh perusahaan startup untuk datang ke lokasi pemasangan iklan.

Kemudian, mobilmu akan dipasang materi kampanye selama waktu 30 menit. Tetapi untuk iklan full body mobil, waktu pemasangan lebih lama bisa memakain waktu sampai dengan empat jam.

Pembayaran 

Setelah periode iklan berakhir, kamu akan menerima pembayaran sesuai dengan perjanjian yang sudah disetujui. Materi promosi juga akan dilepas. 

Lalu, pasang iklan di mobil dibayar berapa? Seperti yang disebutkan sebelumnya, besaran kompensasi bervariasi karena tergantung oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kota atau wilayah iklan. 

Namun, estimasi yang bisa kamu dapat mulai dari Rp1.000.000 untuk jarak 1.000 kilometer. Pada beberapa perusahaan, kamu bisa memilih tawaran iklan apabila penawaran yang tersedia lebih dari satu. Lumayan, kan? 

Pasang stiker di mobil bikin belang cat mobil, jangan lupa perlindungan asuransi 

Meskipun berkesempatan mendapatkan uang tambahan, ada risiko bodi mobil mengalami perbedaan warna dan belang. Apalagi jika iklan dipasang pada beberapa bagian kecil di mobil. Selain itu, kalau mobilmu merupakan hasil cat ulang, pihak penyedia iklan mobil tidak akan menggaransi. 

Nah, sebagai proteksi dari perbaikan cat mobil ini, kamu bisa melindungi kendaraan dengan asuransi mobil. Asuransi mobil bisa jadi solusi untuk mengatasi berbagai perawatan kendaraan, termasuk menanggung biaya cat mobil.

Iurannnya juga nggak mahal, coba cek di kalkulator premi mobil berikut. 

Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kebanyakan penyedia jasa pasang stiker iklan di mobil juga menjamin produk mereka tidak merusak cat dengan bahan dan daya perekat berkualitas. 

FAQ