Mau Pinjam Uang Tanpa Bunga? Ini Lho Beberapa Solusinya

Banyak orang yang tahu pinjam uang itu harus mengembalikan pokok berikut bunganya. Padahal, gak melulu begitu, ada beberapa pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk pinjam uang tanpa bunga.

Untuk yang tak mau berurusan dengan utang karena takut dikejar-kejar debt collector atau hingga bunuh diri, pinjam uang tanpa bunga merupakan pilihan yang tepat.

Tempat meminjam uangnya pun tidak hanya di bank atau lembaga keuangan, melainkan di lembaga atau pihak lain yang bisa memberikan pinjaman tanpa bunga. 

Namun, kamu harus mengetahui bagaimana caranya mendapatkan pinjaman tanpa bunga dari setiap pihak atau lembaga tersebut.

Apa saja pilihan pinjam uang tanpa bunga yang dijamin gak bakal membuat kita terbebani? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut ini:

1. Pinjam uang tanpa bunga ke teman atau kerabat

Memakai solusi satu ini butuh keberanian yang besar. Pasalnya, pinjam uang ke kerabat atau sahabat mau gak mau mengorbankan gengsi.

Namun, mengambil solusi ini benar-benar menghindarkan kamu dari bunga pinjaman. Pasalnya, kerabat atau sahabat tentu saja gak bakal mengambil keuntungan.

Meski peluang dapat uang lebih besar dengan meminjam ke kerabat atau sahabat, bukan berarti kamu memanfaatkan kebaikan mereka. 

Agar aman, dan tidak merusak kepercayaan, kamu bisa membuat sebuah perjanjian tertulis yang telah disepakati bersama tentang awal proses pinjaman uang tersebut, serta kebutuhan apa saja yang akan dilaksanakan.  

Setelah itu, kamu harus konsisten dan berkomitmen mengembalikan uang yang kamu pinjam walaupun dicicil sedikit demi sedikit.

2. Manfaatkan bunga 0 persen dari kartu kredit

Keberadaan kartu kredit pada dasarnya membantu banyak orang memiliki barang atau bayar jasa tanpa perlu menyiapkan uang dalam jumlah besar. Terlebih, alat pembayaran nontunai ini punya keuntungan, yaitu tawaran bunga 0 persen. 

Keuntungan tersebut bisa dinikmati asalkan kamu melakukan pembayaran cicilan sebelum tanggal jatuh tempo.

Membayar cicilan lewat tanggal jatuh tempo akan membuat kamu harus membayar bunga plus denda keterlambatan. Inilah yang kemudian jadi alasan orang-orang menjelek-jelekkan kartu kredit gak ada untungnya sama sekali.

Kalau menggunakannya dengan benar dan tepat, mustahil deh cicilan yang mereka bayar dikenakan bunga, apalagi denda.

Sebelum memanfaatkan cicilan 0 persen kartu kredit, sebaiknya mengetahui dulu syarat yang harus dipenuhi:

1. Limit mencukupi

2. Merchant membuka fasilitas pembayaran 0 persen.

Misalnya, Reni ingin memakai kartu kredit 0 persen miliknya dengan limit Rp5 juta, tapi dia mau menyicil handphone Rp6 juta. Ternyata, itu tak bisa dilakukan. 

Bila ingin membeli dengan cicilan 0 persen barang seharga Rp6 juta, otomatis limit kartu kredit akan terpotong senilai itu saat transaksi.

Jadi kalau limit Rp7 juta lalu dipakai nyicil 0 persen Rp6 juta, berarti limit pada bulan berikutnya tinggal Rp1 juta. Limit itu akan kembali ke angka Rp 5 juta setelah cicilan lunas.

Rincian cicilan 0 persen Nominal
Limit Rp7 juta
Harga barang Rp6 juta
Limit yang tersisa Rp7 juta- Rp6 juta= Rp1 juta
Cicilan pertama Rp1 juta
Limit bertambah jadi Rp1 juta (cicilan) + Rp1 juta (limit sebelumnya)= Rp2 juta
Cicilan kedua Rp1 juta
Limit bertambah jadi Rp1 juta (cicilan) + Rp2 juta (limit sebelumnya)= Rp3 juta

3. Ajukan kasbon karyawan

pinjam uang tanpa bunga

Umumnya, perusahaan itu menyediakan fasilitas pinjaman uang khusus untuk karyawannya alias kasbon karyawan. Besaran yang kamu terima tergantung rumus perhitungan yang dipakai perusahaannya.

Biasanya sih besaran kasbon yang diterima gak boleh melebihi sepertiga dari gaji bulanan kamu. Misalnya, gaji bulanan kamu Rp6 juta, maka nilai kasbon yang diterima maksimal Rp2 juta.

Enaknya kasbon karyawan juga kamu gak bakalan lupa kapan harus bayar. Pasalnya, nanti sudah dipotong dari gaji bulanan kamu. Besaran potongannya pun tergantung kesepakatan kamu dengan perusahaan.

4. Memilih Pegadaian KCA Prima untuk mendapat pinjaman tanpa bunga

Pinjam uang tanpa bunga
(Instagram/@sahabatpegadaian)

Pegadaian memang dikenal sebagai solusi memperoleh uang dengan menggadaikan barang. Sayangnya, orang-orang belum tahu kalau bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga di Pegadaian.

Sebenarnya, Pegadaian memang punya fasilitas pinjaman tanpa bunga, yaitu KCA Prima. Bunga yang dipatok benaran 0 persen. Namun, tenor yang diberikan terbilang singkat, yaitu dari 1 – 60 hari.

Kamu juga akan dikenakan biaya administrasi. Namun, gak usah khawatir. Pegadaian menetapkan biaya administrasi yang kecil kok, yaitu dari Rp2.000 – Rp5.000. Sementara besaran pinjaman yang diajukan dari Rp50 ribu – Rp500 ribu.

5. Pinjaman syariah

Nah, bila kamu masih belum bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga melalui keempat cara di atas, maka solusinya bisa memakai pinjaman syariah.

Saat ini, pinjaman tanpa bunga dikenal juga dengan sistem syariah. Misalnya, ketika melakukan pinjaman di bank syariah, kamu tidak akan dibebankan biaya bunga dalam setiap prosesnya.

Bank syariah menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Sistem ini disebut juga dengan model akad seperti mudharabah dan musyarakah, murabahah, salam, dan istishna

Ini bisa banget kamu gunakan kalau memang ingin pinjam uang tanpa terbebani bunga. Apalagi, jika kamu sedang menjalankan usaha, sudah pasti butuh dana segar tanpa pusing membayar bunganya.

Sistem syariah kini banyak digunakan karena bunga yang dibebankan tidak memberatkan debitur. Perhitungannya bagi peminjam maupun yang memberi pinjaman juga dianggap lebih adil.

Meski begitu, kamu tetap harus teliti menghitung nilai dana yang akan didapat dengan uang yang dikembalikan. 

Kalau gak mau ribet, kamu bisa cari penawaran produk KTA syariah. Besaran dana yang akan kamu dapat juga bervariasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Meski sudah jelas tidak memiliki sistem pinjaman tanpa bunga, kamu harus teliti dan hati-hati memilih bank yang menawarkan KTA Syariah sehingga bisa memaksimalkan keuntungan yang diberikan oleh KTA ini. 

Nah, itu tadi beberapa solusi pinjam uang yang beneran tanpa bunga. Satu hal yang perlu kamu tahu, yang namanya pinjaman uang itu harus dikembalikan. Kalau gak mengembalikan, kamu bikin orang-orang gak percaya lagi sama kamu. Memangnya mau citra kamu jadi buruk?

Sebelum pinjam uang tanpa bunga, jangan lupa cek kesehatan keuangan. Jangan sampai pinjaman ini akhirnya membuat keuanganmu jadi berantakan. Yuk, cek kesehatan keuangan dengan mudah di Lifepal financial checker!  (Editor: Chaerunnisa)