Inilah Cara Tepat Memilih Asuransi Mobil Yang Murah

cara menghemat listrik rumah

Mobil adalah harta yang berharga sebagaimana harganya yang mahal. Maka tidak mengherankan untuk perlu menjaganya dengan sepenuh hati. 

Mulai dari memasang perlengkapan terbaik yang dibutuhkan mobil tersebut hingga membeli asuransi yang pas untuk mobil yang kita miliki. Tentu saja, memilih asuransi mobil juga perlu mempertimbangkan soal harga preminya.

Meski demikian, hanya karena asuransi mobil dinilai murah, lalu asuransi tersebut tidak menyediakan fasilitas secara lengkap. Jadi, kita pun perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih produk yang tepat.

Kenapa Harus Memiliki Asuransi Mobil?

Asuransi mobil

Wajib hukumnya sebuah mobil untuk memiliki asuransi. Mengapa? Karena asuransi mobil murah menjadi salah satu cara paling mudah untuk menjaga kondisi keuangan pemilik mobil. 

Anggaplah mobil kita mengalami kecelakaan ringan yang mengakibatkan bagian tertentu mobil kita mengalami penyok. Jika dibawa ke bengkel umum dan menggunakan biaya tanpa asuransi, tentu akan mahal harganya karena pihak bengkel akan mengerjakan secara terpisah. 

Namun, lain halnya jika menggunakan asuransi mobil, tentu akan terasa lebih hemat semua biaya sudah ditanggung oleh pihak asuransi. Alhasil, uang kita aman dan mobil pun kembali mulus.

Jika kita sudah mulai memahami pentingnya memiliki asuransi mobil, kita mulai cari tahu jenis-jenis asuransi mobil murah beserta apa yang ditanggung oleh asuransi tersebut, yuk!

Jenis-Jenis Asuransi untuk Mobil Kita

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai manfaatnya masing-masing.

1. All risk

Sesuai namanya, asuransi mobil all risk memberikan perlindungan untuk semua risiko yang mungkin terjadi terhadap mobil kita. Asuransi all risk tidak memandang persentase kerusakan yang dialami mobil, baik berskala kecil maupun besar, kerusakan akan ditanggung oleh asuransi.

Asuransi yang populer juga disebut dengan asuransi comprehensive ini memberikan beberapa perluasan jaminan seperti kasus banjir, huru-hara, dan perlindungan lainnya.

2. Total Loss Only (TLO)

Untuk asuransi TLO, hanya menanggung kerugian yang bernilai di bawah 75 persen kerusakan.

Nah, jika kita menginginkan asuransi mobil yang lebih murah, lebih diutamakan untuk memilih jenis asuransi mobil Total Loss Only. Jasa asuransi ini tidak akan menanggung jika mobil mengalami kerugian di atas 75 persen. Patokan ini merupakan asumsi kalau kerusakan yang terjadi telah membuat mobil tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Dari sekian banyaknya asuransi mobil murah yang menawarkan jasa asuransi Total Loss Only, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menentukan asuransi mobil murah yang tepat untuk kita?

Hal-hal yang harus Diperhatikan saat Memilih Asuransi Mobil Murah

Asuransi mobil murah

Hanya karena harganya lebih murah, bukan berarti servis yang diberikan pun kurang berkualitas. Hanya saja, preminya yang lebih murah dikarenakan pertanggungannya yang terbatas.

Ada tujuh poin yang perlu diperhatikan sekaligus dijadikan pertimbangan kita saat memilih asuransi mobil yang lebih murah.

1. Kenali kondisi mobil kita 

Mengenali kondisi awal mobil merupakan hal wajib yang perlu dilakukan sebelum memilih asuransi mobil murah. Jangan sampai karena memilih asuransi mobil murah, kita jadi tidak memperhatikan apa yang sesungguhnya mobil kita butuhkan.

Tentu saja, hal ini kembali kepada kita sendiri, sejauh apa pertanggungan yang kita inginkan dalam memproteksi mobil.

2. Pertimbangkan masukan dari pihak dealer saat pertama membeli

Pihak dealer akan memberikan masukan terhadap asuransi mobil murah mana yang cocok dan biasa bekerja sama dengan mereka. Dengan begitu, koordinasi asuransi dan dealer pun akan lebih baik. Terkadang, mereka menawarkan paket asuransi dengan diskon premi. Dengan begitu, kita pun mendapatkan premi asuransi yang lebih murah.

3. Sesuaikan asuransi dan premi dengan kemampuan finansial 

Pilih asuransi yang tepercaya dan sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai terseok-seok dalam membayar polis yang terlalu mahal. Lihat juga kondisi finansial yang tengah ditempuh selain untuk membayar asuransi.

4. Jangan terburu-buru melihat harga murah lalu langsung membelinya

Dalam hal ini, jangan langsung tergiur dengan harga promo yang murah. Kalau perlu, mintalah saran dari teman atau keluarga yang telah menggunakan asuransi mobil. Melalui referensi mereka, kita bisa mendapatkan pertimbangan untuk memilih asuransi mobil yang lebih murah.

5. Cek terlebih dahulu kredibilitas asuransi yang menawarkan asuransi mobil murah

Cek lagi kredibilitas asuransi yang akan kita pilih. Apakah sudah banyak yang menggunakannya? Adakah testimoni buruk yang pernah diberikan terhadap asuransi tersebut? Jangan lupa bahwa harga berbanding dengan kualitas, jadi kita harus teliti dalam menentukan pilihan.

6. Cek fitur yang ditawarkan

Untuk asuransi TLO, hanya menanggung kerugian yang bernilai dibawah 75 persen dari harga mobil tersebut, baik itu hilang maupun mengalami kerusakan. Asuransi mobil yang lebih murah kebanyakan menggunakan jenis asuransi ini karena lebih sedikit kemungkinan buruk yang akan terjadi pada mobil tersebut.

7. Perhatikan rekanan bengkel yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi 

Sebaiknya, pilih asuransi yang memiliki banyak rekanan bengkel di tempat sekitar kita beraktivitas menggunakan mobil. Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi kejadian tidak diinginkan, kita tidak perlu bingung mencari bengkel mana yang bisa menggunakan asuransi yang kita miliki.

Keputusan untuk memiliki mobil, baik untuk beraktivitas ke tempat kerja setiap hari atau sekadar digunakan untuk rekreasi di akhir pekan bersama keluarga berarti kita sudah harus memiliki anggaran pengeluaran tambahan.

Sebagaimana mobil bukanlah barang yang murah, maka sewajarnya harus dirawat sebaik-baiknya juga. Memproteksi harta kita ini dengan asuransi mobil adalah langkah yang tepat. 

Tidak perlu yang mahal, namun kita bisa mendapatkan asuransi mobil yang murah dengan cara menentukan prioritas kebutuhan kita, baik dari segi pengeluaran dan tingkat risiko yang ada. 

Jika masih membutuhkan informasi yang lebih lengkap terkait apa saja produk asuransi mobil terbaik untuk kendaraan kita, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →