Penasaran Berapa Harga Mobil Tesla, Kita Beberkan di Sini

mobil listrik tesla

Mobil Tesla sukses menarik perhatian sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia karena dinilai memiliki beragam fitur canggih dan lebih ramah lingkungan. 

Tesla adalah salah satu produsen mobil listrik yang berdiri pada tahun 2003. Meski pabrikannya terhitung baru, perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk ini nyatanya mampu menciptakan mobil kualitas top dunia dengan spesifikasi dan fitur teknologi yang canggih. 

Karya perdana Tesla di pasar mobil listrik adalah sebuah mobil bernama Roadster yang diumumkan kepada publik pada tahun 2006.

Roadster pada akhirnya dirilis pada tahun 2008 dan menjadi mobil listrik pertama di dunia yang memiliki performa serupa dengan mobil sport. 

Namun, segala kemudahan dan kekuatan ini mesti ditebus dengan biaya yang sangat mewah, yaitu US$200 ribu hingga US$250 ribu untuk model ‘Founders Series’. 

Jika dikonversi ke rupiah dengan nilai tukar 23 November 2020 sebesar Rp14.158, maka berkisar pada angka Rp2,8 miliar hingga Rp3,5 miliar. Ini baru sebatas konversi ya, jadi belum termasuk pajak mobil mewah sebesar 15-70 persen dari harga jual dan biaya lainnya.

Khusus untuk memiliki model ‘Founders Series’, kamu harus melakukan pemesanan dulu alias indent dengan pembayaran penuh langsung.

Mobil listrik Tesla telah resmi dipasarkan di Indonesia setelah diimpor langsung oleh Prestige Motorcars yang dikenal menjadi salah satu perusahaan importir kendaraan dari Amerika dan Eropa.  

Adapun produk Tesla yang paling laku sejak Prestige membawanya ke Indonesia adalah Tesla Model 3. Tesla Model 3 sendiri merupakan varian Tesla yang dijual dengan harga termurah. Setidaknya berada di bawah Tesla Model S dan Tesla Model X.

Lalu berapa sih harga pasaran mobil listrik saat ini? 

Harga mobil Tesla terbaru

Harga mobil Tesla dibanderol dengan nominal yang sangat fantastis, yakni mulai dari Rp1 miliar. Meski harga mobil listrik Tesla tinggi, tetapi diyakini mampu menjadi mobil masa depan karena inovasinya yang canggih.

Saat ini, kamu dapat membeli mobil Tesla melalui dealer mobil impor Prestige Image Motorcars di area Jakarta Utara atau cek langsung di Prestigecars. Mereka juga memiliki laman resmi di Tokopedia.

Pembelian mobil listrik Tesla maksimal memerlukan waktu 45 hari pengiriman ke rumah konsumen setelah pemilihan warna dan pembayaran down payment sebesar Rp 100 juta.  

Sebagai gambaran, yuk cari tahu harga mobil Tesla berikut ini.

Harga mobil Tesla model S – mulai dari Rp1 miliar

Tesla Model S terbilang mengalami penurunan harga jual walau tetap tergolong sebagai mobil mewah. 

Menawarkan tiga varian, yaitu varian standar Model S Long Range yang turun dari US$74.990 menjadi US$71.990 atau sekitar Rp1 miliar. 

Kemudian ada Model S Performance yang turun dari US$94.990 menjadi US$91.990 atau sekitar Rp1.3 miliar. Terakhir Model S Performance with Ludicrous Mode yang dibanderol US$119 ribu atau sekitar Rp1,6 miliar.

Perbedaan dari ketiga varian Tesla tersebut terletak pada jarak tempuh. Model S Long Range mampu menempuh jarak hingga 539 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Sedangkan Model S Performance dan Performance with Ludicrous Mode mampu menempuh jarak hingga 506 kilometer.

Harga Mobil Tesla Model 3 – Rp1,5 miliar

Prestige Motorcars menawarkan Tesla Model 3 dengan beberapa pilihan warna, yakni Solid Black, Midnight Silver Metallic, Red Multi Coat, Deep Blue Metallic, dan Pearl White Multi Coat Exterior.

Tesla Model 3 ditawarkan dengan harga on the road Jakarta Rp1,5 miliar. Pembeli akan mendapatkan potongan Rp50 juta jika membeli lewat Tokopedia menjadi Rp1,45 miliar. Biaya pemesanan yang harus dibayarkan adalah Rp100 juta.

Proses selanjutnya, konsumen dapat menyelesaikan sisa pembayaran Rp1,35 miliar secara lunas atau dicicil melalui lembaga pembiayaan (leasing) Maybank, Mitsui, atau CIMB Niaga.

Tesla Model 3 tipe Standard Range Plus diklaim mampu menempuh jarak hingga 386 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Di sisi lain, 

Ada tiga varian yang dijual di Indonesia melalui importir umum, yakni Standard Range, Long Range, dan Performance.  

Harga Mobil Tesla Model X – Rp2,64 miliar 

Selanjutnya Tesla Model X 75D A/T yang dibanderol paling murah senilai US$200 ribu atau sekitar Rp2,8 miliar. 

Mobil listrik yang diperkenalkan sejak 2016 lalu itu  mampu melesat hingga 210 km/jam dengan jarak tempuh mencapai 380 kilometer saat baterai terisi penuh. Tesla Model X mengusung kapasitas baterai 75D.

Namun konsumen di Indonesia bisa memilih tipe baterai lainnya, yaitu 90D, 100D, dan P100D.

Di Indonesia juga, PT Blue Bird Tbk sudah menggunakan mobil ini untuk armada taksi listrik yang diberi nama e-Taxi.

Harga Mobil Tesla Roadstred – mulai dari Rp2,7 miliar 

Terakhir, ada Tesla Roadster yang dibanderol mulai dari US$200 ribu hingga US$250 ribu (sekitar Rp2,8 miliar hingga Rp3,5 miliar). Mobil listrik ini mampu mencapai kecepatan 0-160 km/jam dalam waktu 4,2 detik.

Sedangkan top speed mobil ini bisa lebih dari 402 km/jam. Dalam kondisi baterai terisi penuh, Tesla Roadster mampu menempuh jarak hingga 997 kilometer. 

Keunggulan mobil listrik Tesla

Mengingat harganya yang fantastis, tentu harus berpikir ulang untuk membeli mobil listrik satu ini. Namun nyatanya, mahal bukan tanpa alasan.

Harga yang fantastis ini didukung dengan beberapa keunggulan unik yang mungkin tidak akan kamu dapatkan pada konsep mobil berbahan bakar minyak.

Lalu apa saja keunggulan mobil Tesla?

Ramah lingkungan

Sebagaimana diketahui, penggunaan mobil listrik saat ini menjadi kontribusi penting mengurangi polusi udara karena gas buang yang dihasilkan kendaraan dengan BBM.

Tesla adalah mobil premium 100 persen bertenaga listrik, berbeda dengan combustion engine atau mobil yang digerakan oleh bahan bakar bensin. Mobil listrik adalah mobil zero emission sehingga ramah lingkungan.

Desain mobil yang elegan

Dari segi desain eksterior, sudah bisa dilihat bagaimana elegan dan mewahnya gaya konsep desain yang diusung Tesla sehingga mampu memberikan tampilan yang begitu menawan dan futuristik.

Selain itu, interiornya pun juga tak kalah mewah di mana dilengkapi segudang fitur-fitur canggih, baik untuk menunjang hiburan kenyamanan maupun keselamatan. 

Bebas ganjil genap

Menariknya, mobil listrik ternyata bebas ganjil genap, lho! Hal ini tercantum dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 3 Tahun 2020.

Dalam aturan tersebut dijelaskan jika mobil yang murni 100 persen digerakkan oleh listrik dibebaskan dari sistem ganjil genap di Jakarta dan bebas pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB).

Lebih irit bensin

Kalau mobil konvensional berbahan bakar BBM bisa menghabis bensin hingga Rp4 juta sebulan, mobil listrik hanya Rp400 ribu. 

Bahkan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sempat melakukan uji mobil Tesla X dengan melakukan konvoi kendaraan listrik pada akhir tahun 2018 lalu. 

Berjarak hampir 39 km, yaitu dari Gedung BPPT di Thamrin sampai ke fasilitas pengisian daya di Komplek Puspiptek, Tangerang, terbukti Tesla lebih irit hingga tiga kali lipat.

Berdasarkan data saat itu, biaya listrik yang dihabiskan adalah Rp1.450 per kWh dikalikan 11,7 kWh. Berarti hanya Rp19.965 yang harus dikeluarkan untuk menempuh jarak hampir 39 km. Jauh lebih hemat, bukan?

Harga setara mobil Eropa

Terkait harga, banderol yang diberikan pada Tesla nyatanya masih berada di level mobil Eropa dan masih setara dengan harga Mercedes-Benz dan BMW.

Saat ini terdapat Tesla Model 3, Model S, dan Model X yang dijual Prestige Motorcars. Menjadi yang termurah, Model 3 memiliki banderol di atas Rp1 miliar.

Biaya pengisian baterai

Terkait biaya pengisian untuk daya baterai dari nol sampai penuh, biaya yang diperlukan sekitar Rp70.000 dengan estimasi waktu pengisian daya selama empat jam.

Hal ini seperlima lebih hemat dibandingkan biaya bahan bakar kendaraan konvensional yang menggunakan mekanisme combustion engine.

Demi memaksimalkan mutu layanan, Tesla by Prestige Motorcars memberikan 2 tahun garansi servis kelistrikan kepada pelanggan dan garansi baterai selama 8 tahun. 

Dilengkapi fitur canggih 

Ini dia keunggulan utama mobil listrik Tesla, yaitu fitur yang sangat canggih. Semua model keluaran dipersenjatai segudang fitur canggih, salah satunya kamera mundur yang diklaim sebagai kamera mundur dengan kualitas paling detail.

Tesla Model 3 pun telah dilengkapi berbagai fitur futuristik yang memungkinkan mobil berjalan menggunakan mode autopilot. Segala pengaturan kendaraan pada Tesla Model 3 diatur dari layar LCD sebesar 15 inci yang terletak di tengah console dashboard kendaraan.

Tidak cuma itu, mobil Tesla juga memiliki filter udara yang memproteksi pengemudi dan penumpang dari udara buruk berkat fitur recycle/recirculating air.

Pemilik mobil cukup menghidupkan blower pada kecepatan 5 dan filter membersihkan udara hanya dalam waktu sembilan menit.

Bagaimana cara isi ulang mobil Tesla?

Untuk mendapatkan energi listrik pada mobil listrik yang menggunakan baterai harus dilakukan charge ulang. Ada beberapa cara untuk melakukan charging mobil Tesla?

  • Mobile Charger: Untuk perjalanan jauh konsumen dapat mengisi ulang daya baterai dengan mobile charger. Mobile charger ini akan dijual terpisah dengan kisaran harga sekitar US$400 atau sekitar Rp4,8 juta. Namun akan dua kali lebih lama dibandingkan dengan stasiun isi ulang baterai yang ada di rumah.
  • Menggunakan konektor: Untuk charge di rumah bisa didapatkan dengan dua konektor. Konektor pertama yakni yang ditempatkan di dinding rumah untuk pengisian daya yang lebih cepat. Charger cocok dengan voltase 208-250 volt.
  • Menggunakan circuit breaker yang dibutuhkan mulai dari 40-100 ampere tergantung dari model mobil. Pada circuit breaker 100 ampere bisa menghasilkan output maksimal 80 ampere dengan daya maksimum 19,2 kW.
  • Stasiun pengisian khusus yang telah disediakan Prestige Motorcars seperti mal dan hotel. 

Untuk satu jam pengecasan, Tesla model X hanya mampu menempuh jarak 3,2 kilometer saja. Sedangkan pengecasan pada tempat resmi yang sudah disediakan Tesla bisa dilakukan lebih cepat lagi. 

Ini karena teknologi supercharger yang mampu mengisi daya baterai hanya sekitar 30 menit saja untuk mengisi daya dari 0 sampai 80 persen. Sementara untuk mengisi daya listrik sampai penuh hanya membutuhkan waktu 1 jam 24 menit.

Demikian informasi seputar mobil Tesla yang tengah jadi incaran ini. Tips dari Lifepal, jika sudah memiliki mobil ini, jangan lupa untuk selalu melindunginya dengan asuransi mobil, ya.

Terutama kalau mobil barumu termasuk golongan mewah, lebih baik manfaatkan asuransi all risk supaya perlindungannya menyeluruh.

Namun, sepertinya akan ada perbedaan struktur biaya dari asuransi kendaraan listrik, di mana diketahui akan lebih mahal dari premi asuransi kendaraan pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan mahalnya harga baterai pada mobil listrik.

Tidak heran memang, mengingat harga baterai mobil listrik yang mencapai setengah harga mobil tersebut. Itulah mengapa premi asuransi mobil listrik diduga akan lebih mahal dibandingkan premi mobil konvensional.

Hitung berapa yang kamu harus tabung tiap bulan

Makin yakin mau punya mobil listrik keluaran Tesla? Berhenti berangan-angan dan mulailah menabung mulai dari sekarang.

Tapi berapa yang kamu harus tabung tiap bulan? Cari tahu dengan kalkulator menabung bulanan Lifepal berikut.

Kalau kamu masih ingin tahu informasi lainnya seputar perencanaan keuangan untuk bisa membeli kendaraan impian atau berinvestasi, jangan segan untuk berkonsultasi di Tanya Lifepal!

FAQ seputar mobil Tesla

Mobil Tesla buatan mana?

Tesla adalah mobil listrik buatan Tesla, Inc.,AX sebuah perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright, serta berbasis di Palo Alto, California. 

Berapa harga mobil Tesla X?

Tesla Model X 75D A/T yang dibanderol paling murah senilai US$200 ribu atau sekitar Rp2,8 miliar. 

Berapa harga mobil Tesla S?

Tesla Model S terdiri atas tiga varian, yaitu varian standar Model S Long Range seharga US$71.990 atau Rp1 miliar, Model S Performance seharga US$91.990 atau Rp1,3 miliar, dan Model S Performance with Ludicrous Mode yang dibanderol US$119 ribu atau sekitar Rp1,6 miliar. 

Benarkah mobil Tesla bebas ganjil genap?

Ya. Kriteria mobil listrik produksi Tesla dibebaskan dari aturan ganjil genap. Hal ini tercantum dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 3 Tahun 2020.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →