Apa Saja Pertanggungan Asuransi All Risk? Cari Tahu di Sini

pertanggungan asuransi mobil all risk

Memiliki kendaraan, harus mempertimbangkan kemungkinan resiko kecelakaan di jalan raya yang cukup tinggi. Untuk menghadapi berbagai resiko itu, maka asuransi all risk bisa menjadi solusinya. Apa saja sih pertanggungan asuransi all risk mobil?

Banyaknya mobil baru maupun bekas yang dijual dengan harga terjangkau, yaitu di bawah Rp100 juta di pasaran membuat semakin banyak masyarakat Indonesia berminat untuk membeli mobil. 

Saat transportasi umum di Indonesia belum baik maka mobil menjadi salah satu alat transportasi yang dipilih oleh masyarakat.

Sebagai barang berharga, kepemilikan mobil memiliki sejumlah risiko. Bagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, misalnya, mobil yang kita miliki menghadapi risiko seperti terkena banjir.

Selain itu, di kota-kota besar, pencurian mobil menjadi risiko yang membayangi para pemilik mobil. Mobil sering kali menjadi sasaran empuk para pencuri mengingat harga mobil yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Lindungi mobil kita dengan asuransi

Bagaimana cara menghadapi berbagai risiko? Tentu saja, risiko terkena banjir, kecelakaan atau pencurian seringkali tidak bisa diduga atau diprediksi kapan terjadinya. Salah satu cara untuk menghadapi risiko itu adalah, membeli asuransi mobil.

Asuransi mobil itu akan menanggung berbagai risiko yang kita hadapi sebagai pemilik mobil. Pada saat ini, asuransi mobil sebagai bagian dari asuransi kendaraan bermotor memiliki dua jenis, yaitu asuransi komprehensif atau yang biasa dikenal sebagai asuransi mobil all risk serta asuransi kerugian total atau yang biasa dikenal sebagai Total Loss Only (TLO).

Artikel kali ini akan mengupas mengenai pertanggungan asuransi mobil all risk. Asuransi ini menjamin risiko yang lebih luas daripada asuransi TLO mobil. Yuk, kita simak penjelasannya!

Pengertian asuransi mobil all risk

Asuransi mobil all risk memberikan jaminan pertanggungan kerugian atau kerusakan baik sebagian maupun Total Loss atas kendaraan bermotor yang diakibatkan oleh risiko-risiko yang disebutkan di dalam polis. Asuransi ini menanggung risiko kerusakan berskala ringan, menengah, sampai berat. 

Pertanggungan asuransi mobil all risk

Sebagai contoh sederhana, apabila mobil kita lecet, maka pertanggungan asuransi mobil all risk akan meliputi risiko tersebut. Dengan kata lain, perusahaan asuransi akan menjamin biaya perbaikan mobil yang lecet tersebut. Berikut hal-hal yang termasuk pertanggungan asuransi mobil all risk.

  • Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok.
  • Perbuatan jahat.
  • Pencurian termasuk pencurian yang didahului atau diikuti tindak kekerasan.
  • Kebakaran (termasuk tersambar petir).
  • Sebab-sebab selama penyeberangan laut dengan kapal feri.
  • Kerusakan roda apabila mengakibatkan kerusakan kendaraan akibat kecelakaan.
  • Biaya-biaya penjagaan/pengangkutan ke bengkel terdekat.
  • Pengecualian di dalam polis asuransi mobil all risk

Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia mengatur sejumlah pengecualian dalam pertanggungan asuransi all risk mobil ini. Misalnya, kerugian atau kerusakan mobil yang dipakai untuk kursus menyetir tidak dapat ditanggung oleh asuransi mobil. 

Di samping itu, apabila mobil dicuri oleh anggota keluarga sendiri, termasuk saudara, atau dicuri oleh orang yang tinggal serumah, tidak ditanggung oleh asuransi all risk.

Pengecualian di dalam polis asuransi all risk

Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia mengatur sejumlah pengecualian dalam asuransi mobil ini, misalnya, kerugian atau kerusakan mobil yang dipakai untuk kursus menyetir tidak termasuk pertanggungan asuransi all risk mobil.

Di samping itu, apabila mobil dicuri oleh anggota keluarga sendiri, termasuk saudara, atau dicuri oleh orang yang tinggal serumah, tidak ditanggung oleh asuransi mobil all risk.

Premi asuransi mobil all risk

Pada dasarnya, asuransi mobil all risk ini lebih mahal daripada asuransi TLO. Kenapa? Karena pertanggungan asuransi mobil all risk lebih banyak daripada pertanggungan oleh asuransi TLO.

Terlebih lagi, apabila pemilik mobil membeli produk asuransi mobil dengan tambahan risiko seperti huru hara, banjir, atau kerusakan lainnya, maka premi asuransi mobil all risk sewajarnya lebih mahal.

Salah satu perusahaan asuransi swasta menyatakan premi asuransi all risk mobil dapat mencapai 1,05-4,2 persen dari harga pembelian kendaraan.

Sebagai contoh, kita memiliki mobil senilai Rp200 juta. Dengan berbagai risiko yang telah ditentukan, tarif premi yang kita pilih senilai 2 persen dari harga mobil. Dengan demikian, premi yang harus kita bayar adalah Rp4 juta per tahun.

Asuransi mobil all risk biasanya dibeli oleh mereka yang memiliki mobil baru dengan harga yang relatif tinggi. Kenapa? Mobil baru, berusia 0-5 tahun misalnya, yang masih mulus rentan mengalami lecet. Di samping itu, biaya perbaikan mobil mahal relatif tinggi apabila terjadi kecelakaan atau kerusakan sehingga risiko sebaiknya diserahkan kepada perusahaan asuransi.

Biaya asuransi mobil all risk

Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga negara yang mengawasi industri asuransi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor.6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017. 

Dalam surat edaran itu, OJK sebagai regulator menetapkan tarif batas bawah (minimal) dan batas atas (maksimal) bagi asuransi kendaraan bermotor. Berikut ini tabel tarifnya.

KategoriHargaKendaraanWilayah IWilayah 2Wilayah 3
Kategori 10 – Rp125 juta3,82% – 4,20%3,26% – 3,59%2,53% – 2,78%
Kategori 2>Rp125 juta -Rp200 juta2,67% – 2,94%2,47% – 2,72%2,69% – 2,96%
Kategori 3>Rp200 juta -Rp400 juta2,18% – 2,40%2,08% – 2,29%1,79% – 1,97%
Kategori 4>Rp400 juta -Rp800 juta1,20% – 1,32%1,20% – 1,32%1,14% – 1,25%
Kategori 5>Rp800 juta1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%

Sumber: OJK

Keterangan wilayah:

  • Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya: Wilayah 1
  • DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten: Wilayah 2
  • Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2: Wilayah 3

Demikian ulasan mengenai pertanggungan asuransi mobil all risk yang diberikan kepada nasabahnya. Sebaiknya kamu juga mempelajari cara klaim asuransi mobil all risk agar meminimalisir resiko klaim ditolak.

Hitung biaya premi asuransi

Saat hendak membeli polis asuransi mobil, banyak dari pemilik kendaraan bertanya-tanya, berapakah premi asuransi yang harus dibayarkan?

Untuk memudahkan, Lifepal telah menyediakan kalkulator premi asuransi yang dapat kamu gunakan secara cuma-cuma berikut ini.

Tips dari Lifepal! Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya.

Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

Tidak ada salahnya juga untuk menyiapkan dana darurat tidak hanya untuk keperluan mendadak, tetapi juga untuk pengeluaran tidak terduga yang berhubungan dengan kesehatan. 

Kamu bisa gunakan kalkulator dana darurat di bawah ini untuk menghitung dana darurat sesuai dengan usia. 

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik.

Pertanyaan seputar pertanggungan asuransi all risk mobil

Dapatkan Promo