Referensi Perusahaan Asuransi Keluarga Terbaik untuk Kita

dana

Guna memberikan perlindungan menyeluruh untuk semua anggota keluarga, beberapa perusahaan asuransi meluncurkan produk asuransi keluarga. 

Sebelum tahu apa saja perusahaan asuransi keluarga tersebut dan keunggulannya masing-masing, kita harus tahu apa itu asuransi keluarga terlebih dahulu.

Pengertian dan Manfaat Memiliki Asuransi Keluarga

Proteksi diri

Asuransi keluarga adalah produk asuransi yang dirancang untuk melindungi seluruh keluarga dengan satu polis. Produk asuransi ini biasanya memberikan perlindungan untuk lima anggota keluarga, yaitu ayah, ibu, dan maksimal tiga orang anak. Namun tidak hanya untuk anak, asuransi keluarga juga memungkinkan kita memberikan perlindungan pada orang tua. 

Walaupun menggunakan satu polis, besaran premi untuk anggota keluarga akan berbeda-beda. Premi untuk ayah dan ibu biasanya lebih besar daripada anak-anak.

Ada beberapa manfaat memiliki asuransi keluarga yang akan menguntungkan kita sebagai nasabah. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Satu polis bisa digunakan untuk beberapa anggota keluarga

Ini adalah manfaat yang paling membedakan asuransi keluarga dengan asuransi individu. Kita bisa menghemat waktu dalam pengurusan polis karena tidak perlu mengurus polis asuransi secara satu demi satu untuk setiap anggota keluarga.

2. Biaya administrasi lebih murah

Jika kita mengurus pembelian polis asuransi untuk tiap anggota keluarga secara terpisah, maka kita harus membayar biaya administrasinya satu-satu. Namun dengan asuransi keluarga, kita hanya perlu membayar biaya administrasi secara sekaligus sehingga menjadikannya lebih murah.

3. Terjangkau

Walaupun bisa menjamin hingga beberapa tertanggung sekaligus, asuransi keluarga lebih terjangkau dibandingkan harus membeli asuransi individu untuk seluruh anggota keluarga. Pasalnya jika besaran premi asuransi dibagi ke seluruh tertanggung, maka jumlahnya lebih murah.

Hal ini karena premi untuk tiap anggota keluarga pastilah berbeda-beda sesuai usianya dengan keuntungan yang lebih banyak daripada asuransi individu. Jadi jika dilihat dari manfaat dan keuntungannya andai dibagi dengan jumlah anggota keluarga sejumlah lima orang, premi asuransi menjadi lebih murah.

4. Melindungi keluarga secara menyeluruh

Jika ada anggota keluarga yang membutuhkan biaya perawatan secara tiba-tiba, asuransi keluarga sudah siap dimanfaatkan untuk menanggung semua biaya untuk perawatan kesehatan.

Perusahaan Penyedia Asuransi Keluarga

Asuransi Kesehatan Keluarga Sesuai Anggaran

Apa saja perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi untuk keluarga kita? Mari kita telusuri di bawah ini.

1. PRUPrime Healthcare Plus Syariah dari Prudential

Produk asuransi keluarga dari Asuransi Kesehatan Prudential Ini merupakan asuransi tambahan (rider) yang memberikan solusi lengkap untuk perlindungan kesehatan dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit. Produk ini dirancang khusus untuk memberikan jangkauan perlindungan meski kita tidak berada di Indonesia serta menawarkan fleksibilitas pada pilihan perlindungan kesehatan.

2. Cigna Family Care Optima dari Cigna

Asuransi kesehatan dari Asuransi Cigna ini ditujukan untuk lima anggota keluarga dalam satu polis dengan dilengkapi fasilitas sistem pertanggungan cashless dan pengembalian uang premi. Dengan fasilitas cashless, proses pembayaran tagihan atas perawatan rumah sakit menjadi lebih mudah karena kita hanya perlu memberikan kartu asuransi saat berobat. Perlindungan ini juga dilengkapi dengan fasilitas pengembalian premi sebesar 30 persen setiap lima tahun, baik ada klaim maupun tidak ada klaim.

Tersedia empat pilihan uang pertanggungan dengan total manfaat per tahun, mulai dari Rp100 juta hingga Rp400 juta. Kartu kepesertaan asuransi ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga atau diskon di berbagai merchant rekanan Cigna.

3. Family Proteksi Optima dari Cigna

Family Proteksi Optima adalah produk asuransi perlindungan atas 10 jenis penyakit kritis dengan memberikan diskon premi hingga 50 persen bagi anggota keluarga. Ada juga manfaat pilihan pengembalian premi setiap kelipatan tiga tahun keikutsertaan nasabah sebesar 25 persen dari total premi yang telah dibayarkan atau sebesar 75 persen dari total premi yang telah dibayarkan di akhir masa asuransi.

Manfaat menjadi nasabah Family Proteksi Optima sebagai berikut.

  • Santunan 10 penyakit kritis yang meliputi kanker, stroke, serangan jantung, bypass pembuluh darah arteri coroner, ginjal, koma, sindrom kawasaki, paru-paru, leukimia, diabetes melitus tipe 1.
  • Santunan meninggal dunia.
  • Layanan diagnosis medis dari pihak kedua.
  • Layanan ambulans lokal.
  • Manfaat pengembalian premi apabila tidak adanya klaim dalam masa asuransi.

4. SmartHealth Classic Premier dari Allianz

Produk asuransi dari Asuransi Kesehatan Allianz ini hadir dengan perlindungan yang maksimal bagi kebutuhan perusahaan dalam memberikan kenyamanan dari sisi perawatan kesehatan bagi karyawan beserta keluarganya. Produk ini menyediakan perlindungan untuk biaya rawat inap serta biaya untuk melahirkan sebagai manfaat tambahan atau rider.

Berikut ini adalah keunggulan produk Classic Premier dari Allianz.

  • Penggantian uang maksimal dengan sistem as charged (kecuali untuk manfaat kelas kamar berdasarkan plan yang dipilih perusahaan).
  • Penghapusan masa tunggu untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya (Pre Existing Condition) untuk minimum peserta 100 orang (terdiri atas karyawan dan keluarganya).
  • Perlindungan perawatan kesehatan hingga maksimal 70 tahun.
  • Premi dihitung berdasarkan usia rata-rata peserta dewasa.
  • Memberikan kemudahan bagi karyawan dengan sistem klaim cashless di rumah sakit rekanan.
  • Tersedia fasilitas profit sharing bagi perusahaan dengan ketentuan yang berlaku.

5. PRUPrime Healthcare dari Prudential

Hadir sebagai solusi komprehensif untuk perlindungan kesehatan keluarga dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit. Produk ini dirancang khusus dengan berbagai manfaat pembayaran biaya rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, dan manfaat lainnya.

Tips Memilih Asuransi Keluarga dengan Tepat

pengertian dan janji mlm

Memilih asuransi terbaik untuk keluarga bukan perkara mudah. Pasalnya terdapat berbagai produk asuransi keluarga dari berbagai perusahaan asuransi di Indonesia. Maka ada baiknya sebelum membeli, kita pahami dahulu kebutuhan pribadi agar manfaat yang keluarga kita dapatkan bisa maksimal. 

Selain itu, sesuaikan juga kebutuhan tersebut dengan bujet yang kita miliki sebab besaran nominal premi umumnya tergantung pada jumlah pihak tanggungan asuransi dan profil risiko tertanggung. Selain itu, berikut beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan sebelum membeli asuransi keluarga.

1. Pelajari sistem asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki sistem dan regulasi yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang memberikan sistem reimbursement dan ada perusahaan asuransi yang menggunakan sistem cashless. Kedua metode ini tentu menjadi pertimbangan besar karena memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Cek rumah sakit rekanan perusahaan asuransi

Sebagian perusahaan asuransi memiliki rekanan rumah sakit yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi lain. Maka dari itu, kita harus pastikan jangkauan provider rumah sakit yang bekerja sama dengan layanan asuransi yang kita mau pilih. 

Jika perlu, tanyakan apakah asuransi tersebut bisa digunakan di rumah sakit kota  mana saja. Semakin luas jangkauan asuransi tersebut, maka semakin besar manfaat yang kita dapatkan. Sebab saat kita sedang berada di luar kota, asuransi tetap dapat digunakan.

3. Bandingkan dengan produk dari perusahaan asuransi lain

Sebelum memilih, bandingkanlah antara satu perusahaan asuransi kesehatan dengan perusahaan lainnya. Caranya dengan menelepon atau melakukan perbandingan dengan minimal melihat informasi produk asuransi secara daring di situs web yang tepercaya, misalnya di Lifepal.

Tips terakhir, pastikan perusahaan asuransi keluarga yang kita pilih memang tepercaya dan memiliki reputasi yang bagus. Hal itu akan memberikan rasa tenang pada kita dan keluarga saat mengajukan klaim. 

Mari cari tahu ulasan-ulasan lengkap lainnya terkait produk-produk asuransi kesehatan terbaik di Indonesia untuk diri sendiri dan keluarga hanya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →