10 Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

perusahaan asuransi mobil

Butuh asuransi untuk proteksi mobil kesayangan? Tenang saja, kini sudah banyak perusahaan asuransi mobil yang menawarkan berbagai produk asuransi dengan keunggulannya masing-masing. 

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO. Asuransi All Risk menanggung kerusakan parsial seperti lecet, penyok, hingga kerusakan total termasuk hilang akibat pencurian. Sementara Total Loss Only (TLO) hanya memberikan ganti rugi jika mobil rusak total saja. Karena itu, premi All Risk lebih mahal ketimbang Total Loss Only (TLO) karena manfaat polisnya lebih luas.

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi kendaraan terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Yuk, simak rekomendasi asuransi mobil terbaik, harga premi, hingga tips memilihnya berikut ini!

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Berikut ini 10 daftar perusahaan asuransi mobil terbaik yang bisa kamu temukan di Indonesia baik dari segi kemampuan finansial perusahaan hingga manfaat polis yang ditawarkan. 

1. Lifepal Proteksi Oto

Ada dua pilihan jenis polis Lifepal Proteksi Oto yang bisa kamu pilih, yaitu Comprehensive yang menanggung risiko kerusakan parsial dan total – termasuk pencurian. Selain itu ada juga Total Loss Only (TLO) yang memberikan ganti rugi atas risiko kerusakan total saja termasuk pencurian.

Salah satu hal yang membuat polisnya unggul, Lifepal Proteksi Oto telah bekerjasama dengan 500+ bengkel rekanan yang tersebar luas di Indonesia. Jumlah bengkel rekanan tersebut terbilang unggul jika dibandingkan brand asuransi lainnya di Indonesia. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mendapatkan bengkel rekanan yang terdekat dengan domisili.

Premi Lifepal Proteksi Oto dapat ditentukan berdasarkan harga mobil, wilayah, dan jenis polis yang dipilih. Isi form di bawah untuk mengetahui besaran premi Lifepal Proteksi Oto sesuai dengan profil mobil yang mau diasuransikan:

2. Multi Arta Guna, Tbk (Asuransi MAG)

PT Asuransi Multi Arta Guna (MAG) berhasil mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan ekuitas Rp1,5 triliun ke atas. Ini menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan memiliki finansial yang cukup sehat. Salah produk asuransi mobil unggulannya adalah MAGNA Mobil yang telah bekerjasama dengan 300+ bengkel rekanan yang tersebar luas di Indonesia.

Sementara untuk jenis polis MAGNA Mobil yang tersedia adalah Comprehensive yang menanggung risiko kerusakan parsial dan total, serta Total Loss Only (TLO) memberikan ganti rugi atas risiko kerusakan total saja.

3. Tugu Pratama Indonesia

Asuransi Mobil Tugu Pratama Indonesia merupakan salah satu asuransi mobil yang cukup dikenal dan juga berhasil mendapatkan  predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1,5 triliun ke atas dari Media Asuransi. Hal ini juga menjadi  salah satu bukti bahwa perusahaan memiliki keuangan yang sehat. 

Salah satu produknya yakni Basic Comprehensive memiliki manfaat pertanggungan berupa penggantian biaya perbaikan akibat kerusakan parsial seperti baret, lecet, dan penyok, juga termasuk risiko kehilangan. Keunggulan lainnya, Asuransi Mobil Tugu juga telah bekerjasama dengan 400+ bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

4. PT Asuransi Bina Dana Arta, Tbk (Oona Insurance Indonesia) 

PT Bina Dana Arta, Tbk atau lebih dikenal dengan nama Oona Insurance Indonesia (ABDA Insurance) juga perusahaan asuransi umum yang juga mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1,5 triliun ke atas dari Media Asuransi. Adapun pilihan polisnya tersedia Comprehensive dan Total Loss only (TLO). 

Oona Insurance Indonesia bekerjasama dengan 500+ bengkel rekanan yang tersebar luas di Indonesia. Selain itu, perusahaan juga menawarkan kemudahan pengajuan klaim melalui call center, WhatsApp, email, dan website resmi. Dengan begitu, kamu bisa mengajukan proses klaim asuransi mobil dengan lebih mudah secara online.

5. PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

Asuransi Tokio Marine Indonesia mendapatkan predikat sebagai Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1 – Rp1,5 triliun dari Media Asuransi. Adapun jenis polis tersedia mencakup Comprehensive yang menanggung risiko kerusakan parsial dan total. Selain itu ada juga Total Loss Only (TLO) yang memberikan ganti rugi atas kerusakan total saja.

Asuransi Tokio Marine telah bekerjasama dengan 300+ bengkel rekanan yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Sementara untuk harga preminya tergantung pada harga, tipe, tahun, wilayah kendaraan, dan jenis polis yang dipilih.

6. PT BRI Asuransi Indonesia

BRI Insurance juga mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1 – Rp1,5 triliun dari Media Asuransi. Pilihan polis Asuransi Mobil BRI Insurance terbagi menjadi empat, yaitu Bronze, Gold, Silver, dan Platinum.

Polis asuransi mobil dari BNI ini juga tidak kalah menarik karena jangkauan bengkelnya yang luas. Soal klaim juga sangat mudah karena BRI Insurance sudah memiliki aplikasi sendiri.

7. PT Asuransi MSIG Indonesia

Predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1 – Rp1,5 triliun dari Media Asuransi juga berhasil didapatkan oleh Asuransi MSIG. Salah satu polis unggulannya adalah asuransi mobil yang menanggung biaya kerugian akibat kecelakaan, tabrakan atau benturan, sebab-sebab selama penyebrangan dengan kapal feri, kerusakan terhadap roda ketika menyebabkan kerusakan pada kendaraan akibat kecelakaan.

MSIG Insurance telah bekerjasama dengan 350+ bengkel rekanan yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk melengkapi polis, kamu juga bisa membeli manfaat tambahan kecelakaan diri dan penumpang, tanggung jawab hukum pihak ketiga, bencana alam, dan masih banya lagi.

8. PT Lippo General Insurance, Tbk

Lippo Insurance mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp500 miliar – Rp1 triliun. Salah satu keunggulan polisnya adalah memberikan jaminan suku cadang asli dan baru. Selain itu, ada juga garansi kualitas perbaikan polis asuransi masih aktif. Jadi misal kamu mengajukan kalim perbaikan bemper mobil. Setelah beberapa hari dilakukan perbaikan, bemper kembali rusak. Maka kamu bisa mengajukan perbaikan ulang.

Lippo Insurance juga bekerjasama dengan 250+ bengkel rekanan yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Jadi kamu bisa memilih untuk mengajukan perbaikan di bengkel terdekat dengan domisili saat ini.

9. PT Asuransi Umum Mega

Great Eastern General Insurance Indonesia mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp500 miliar – Rp1 triliun. Beroperasi sejak 14 November 1980, Asuransi Umum Mega telah bekerjasama dengan 260+ bengkel rekanan yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 

Jenis mobil yang dapat diasuransikan dalam Asuransi Mobil Mega adalah kendaraan pribadi atau dinas non-komersial dengan plat hitam.

10. PT Asuransi Artarindo

Asuransi Artarindo mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp200  – Rp300 miliar. Salah satu keunggulan Asuransi Mobil Artarindo adalah memiliki bengkel rekanan authorized Honda. Karena itu Asuransi Mobil Artarindo sangat cocok untuk tipe mobil Honda.

Sementara untuk manfaat Asuransi Mobil Artarindo mencakup pertanggungan biaya perbaikan akibat risiko tabrakan atau benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok, kebakaran serta kerugian atau kerusakaan lainnya yang tidak disengaja, termasuk pencurian.

11. PT Avrist General Insurance

Mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp100 – Rp200 Miliar, Avrist Insurance unggul dengan produknya asuransi mobil. Selain memiliki kredibilitas yang sangat baik, Asuransi Mobil Avrist memiliki manfaat pertanggungan biaya derek bengkel maksimal 0,5% dari nilai pertanggungan.

Asuransi Avrist bekerjasama dengan 160+ bengkel rekanan yang tersebar di Jabodatabek dan Non Jabodetabek. Selain itu, Asuransi Mobil Avrist juga dikhususkan untuk seluruh kendaraan untuk penggunaan pribadi atau dinas plat hitam.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Itulah tadi 20 daftar perusahaan asuransi Indonesia yang memiliki produk asuransi mobil. Selain daftar perusahaan, kamu juga perlu tahu apa saja jenis asuransi kendaraan. 

Pada dasarnya, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO. Akan tetapi, ada juga perusahaan yang menggabungkan keduanya menjadi asuransi mobil kombinasi. 

1. Asuransi mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk, sesuai dengan namanya, memberikan pertanggungan yang komprehensif dengan menanggung segala bentuk risiko. Baik risiko kerusakan ringan maupun berat, hingga risiko kehilangan mobil akibat pencurian, semuanya bisa ditanggung dengan jenis asuransi ini. 

Asuransi mobil All Risk terbaik direkomendasikan bagi seluruh pemilik mobil, khususnya pemilik mobil baru. Karena, manfaat pertanggungannya lebih mendalam dan maksimal, sehingga bisa melindungi mobil baru dengan lebih maksimal.

2. Asuransi mobil TLO

TLO adalah singkatan dari Total Loss Only. Jenis asuransi mobil ini memberikan manfaat pertanggungan apabila nilai kerugian mencapai lebih dari atau sama dengan 75 persen dari nilai mobil sebelum kerugian. 

Biasanya, asuransi TLO adalah jenis yang cocok digunakan untuk mobil bekas atau mobil yang usianya sudah cukup tua. Karena, mobil-mobil tersebut lebih mungkin mengalami kerusakan yang sangat parah. 

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi pemilik mobil baru untuk juga menggunakan asuransi mobil TLO ini, ya. 

3. Asuransi mobil kombinasi

Beberapa perusahaan asuransi menggabungkan kedua jenis asuransi mobil dan menyediakan produk asuransi mobil kombinasi

Jenis asuransi ini mencampurkan manfaat dari asuransi All Risk dan TLO. Tapi, bukan berarti kamu akan langsung mendapatkan manfaat dari keduanya di saat bersamaan. 

Sistem asuransi kombinasi berlaku secara bergilir. Misalnya, selama dua tahun pertama kamu akan mendapatkan manfaat berupa pertanggungan All Risk. Kemudian, tiga tahun berikutnya manfaat yang didapatkan berupa manfaat pertanggungan TLO. 

4. Asuransi mobil perluasan (rider)

Asuransi rider adalah jenis asuransi tambahan yang biasanya ditambahkan di samping asuransi utama. Rider atau tambahan hanya bisa didapatkan apabila kamu sudah membeli produk asuransi utama lebih dulu. 

Setiap perusahaan asuransi punya kebijakan berbeda-beda mengenai manfaat tambahan atau rider. Umumnya, manfaat tambahan pada rider meliputi: 

  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan banjir dan angin topan
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan gempa bumi dan tsunami
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan  huru-hara atau kerusuhan
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan  terorisme dan sabotase
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan  tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan kecelakaan diri penumpang
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan  tanggung jawab hukum terhadap penumpang
  • Simak pula ulasan mengenai macam macam asuransi mobil di artikel Lifepal lainnya!

    Harga Premi Asuransi Mobil

    Ketika akan membeli produk asuransi, kamu perlu mengetahui harga preminya lebih dulu. Kebetulan, harga premi asuransi mobil berbeda-beda. Mengapa demikian? 

    Karena, harga premi ditentukan oleh banyak faktor, termasuk usia kendaraan, keahlian berkendara pemegang polis, jenis asuransi yang dipilih, cakupan pertanggungan yang diberikan, dan lain sebagainya. 

    Oleh sebab itu, jangan heran kalau setiap nasabah bisa saja membayar harga premi yang berbeda-beda. Umumnya, harga premi asuransi mobil di Indonesia mulai dari Rp385 ribu per tahun sampai dengan Rp2,1 juta per tahun.

    Kalau kamu tertarik untuk membeli asuransi mobil dan ingin memperkirakan harga preminya, coba simulasikan perhitungan preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal berikut ini.

    Tips Memilih Perusahaan Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan

    Dengan banyaknya perusahaan asuransi mobil, kamu tidak perlu bingung untuk memilihnya. Pertama-tama, ketahui kebutuhanmu dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Selain itu ada tips lain yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu:

    1. Pertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi

    Pastikan kamu memilih produk dari perusahaan yang memiliki reputasi baik dan layanan yang memuaskan. Maka sebelum membeli, kamu perlu mencari informasi yang selengkap-lengkapnya mengenai perusahaan tersebut.

    Lihat dan cari tahu mengenai rasio keluhan konsumen dan penyelesaian atas pelayanan yang diberikan perusahaan asuransi tersebut sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.

    2. Layanan dan kredibilitas bengkel rekanan

    Pertimbangkan juga mengenai bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan, karena kita akan berhubungan langsung dengan mereka jika sewaktu-waktu terjadi risiko pada mobil kita.

    Pastikan bengkel tersebut memiliki infrastruktur yang memadai serta layanan yang memuaskan. Perhatikan pula jumlah bengkel rekanan yang dimiliki, termasuk letaknya dan jarak jangkauan bengkel tersebut dari tempat tinggalmu.

    3. Bandingkan besaran premi yang ditetapkan

    Ada banyak perusahaan yang menawarkan premi terjangkau dan ringan. Artinya kamu memiliki banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi finansial kita.

    4. Perhatikan fitur layanan yang ditawarkan

    Meski terlihat sama, namun pada kenyataannya setiap perusahaan asuransi akan memiliki fitur layanan yang berbeda-beda dan keunggulan tersendiri. Jadi kita harus benar-benar cermat dalam memilih.

    Kamu juga bisa menyesuaikan perusahaan asuransi yang dipilih dengan merek kendaraanmu. Terkadang, ada perusahaan-perusahaan tertentu yang memberikan layanan yang sangat cocok untuk merek mobil tertentu.

    Misalnya, jika kamu punya mobil Honda, maka carilah asuransi mobil Honda yang sudah dikenal terpercaya dalam melindungi mobil Honda. Karena itu, lakukan riset secara mendalam sebelum memilih.

    Alasan Perlu Punya Asuransi Mobil

    Memiliki kendaraan pribadi akan membuatmu mempertimbangkan banyak hal, termasuk memelihara dan merawatnya agar awet dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.  Apalagi mobil merupakan salah satu aset yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Maka sudah sewajarnya jika kamu mempunyai anggaran khusus untuk merawatnya plus mengantongi asuransi.

    Selain agar dapat kita gunakan, pemeliharaan juga berguna untuk menjaga nilai aset tersebut agar tidak merosot akibat adanya kerusakan dan berbagai risiko lainnya. Nah, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil risiko kerusakan adalah memiliki asuransi kendaraan. Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu dapat mengalihkan risiko seperti kerusakan mobil karena kecelakaan.

    Bahkan asuransi mobil juga bisa menanggung kerugian yang muncul akibat adanya kewajiban dalam bentuk tanggung jawab hukum yang wajib dipenuhi kita penuhi terhadap pihak ketiga.  Misalnya kamu menabrak orang lain saat mengendarai mobil, maka kerugian yang dialami orang tersebut akibat kelalaianmu dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi mobil.

    Sebaiknya, pastikan kamu memilih asuransi mobil yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Supaya lebih mudah, coba tentukan jenis asuransi yang kamu butuhkan dengan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

    Pertanyaan Seputar Manfaat Asuransi Mobil

    Apa perusahaan asuransi mobil yang bagus?

    Di Indonesia, setidaknya ada 19 perusahaan asuransi mobil yang direkomendasikan, yaitu: 

    1. ABDA Auto Insurance
    2. ACA Auto Insurance
    3. Allianz Auto Insurance
    4. AXA Auto Insurance
    5. Adira Autocillin Insurance
    6. Garda Oto Auto Insurance
    7. Bringin General Auto Insurance
    8. Asuransi Wahana Tata
    9. Bess Insurance
    10. Chubb General Insurance
    11. Jasindo Oto Insurance
    12. JP-ASTOR Auto Insurance
    13. Mega Mobil Auto Insurance
    14. Mitsui Sumitomo Indonesia Auto Insurance
    15. Mobil Koe Auto Insurance
    16. Rama Auto Insurance
    17. MNC Insurance
    18. Asuransi Mobil MAG
    19. Asuransi Mobil Sinarmas/Simas Insurtech

    Kenapa penting untuk memiliki asuransi?

    Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, dan lainnya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.

    Apa yang didapat dari asuransi mobil?

    Asuransi mobil memberikan manfaat berupa penggantian biaya perbaikan di bengkel akibat kecelakaan maupun bencana alam, baik kerusakan parsial seperti penyok maupun risiko rusak total.

    Lifepal apa, ya?

    Lifepal adalah perusahaan marketplace asuransi terbesar di Indonesia yang dapat membantu kamu menemukan beragam produk asuransi dengan mudah. Di Lifepal, kamu dapat membandingkan beragam produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi di Indonesia sehingga kamu bisa menemukan produk yang tepat.

    Customer Service

    call me
    whatsapp