46 Pertanyaan Tentang Asuransi yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan tentang asuransi

Ada banyak pertanyaan tentang asuransi, mulai dari istilah hingga cara kerjanya di Indonesia. Hal ini sangatlah wajar, mengingat istilah asuransi memang lumayan rumit.

Cara kerjanya pun antara satu perusahaan dan lainnya juga berbeda-beda. Karena itu, peran agen sangatlah penting untuk menjelaskan segala hal terkait manfaat polis hingga istilah-istilah terkait asuransi. 

Cara mudahnya, kamu bisa klik tombol hijau Dapatkan Promo yang ada di sebelah kanan untuk berbicara langsung dengan agen Lifepal. Atau simak daftar pertanyaan tentang asuransi yang paling banyak ditanyakan berikut ini!

1. Apa itu polis asuransi?

Polis asuransi adalah perjanjian asuransi antara penanggung (perusahaan asuransi) dan tertanggung (nasabah asuransi). Polis asuransi memuat perjanjian pengalihan risiko, syarat-syarat, dan komitmen kedua belah pihak. Yuk, cek info selengkapnya di artikel ini.

Pertanyaan seputar asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah proteksi finansial yang menanggung biaya perawatan medis dengan layanan dan rumah sakit terbaik, di dalam serta luar negeri. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait asuransi kesehatan di Indonesia!

2. Apa manfaat asuransi kesehatan?

Manfaat asuransi kesehatan adalah menanggung biaya perawatan medis, mulai dari rawat inap, rawat jalan, operasi, dokter gigi, dan masih banyak lagi. Jadi, ketika sakit kamu tidak perlu panik dan menggunakan dana tabungan untuk biaya berobat, sebab akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan perjanjian polis.

3. Kenapa penting untuk memiliki asuransi kesehatan?

Biaya perawatan medis di Indonesia tentunya tidak murah. Kenaikan biaya rumah sakit di Indonesia setiap tahunnya juga tidak main-main. Pada tahun 2020 ke 2021, kenaikannya mencapai 12,38 persen**. Lalu di tahun 2021 ke 2022, kenaikannya mencapai 11,56 persen**.

Bagi sebagian orang mungkin angka ini lebih besar daripada kenaikan pendapatan tahunan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi kerugian finansial yang terjadi karena masalah kesehatan, kamu wajib memiliki asuransi kesehatan.

**Data mengikuti harga standar rumah sakit swasta di Jakarta

4. Risiko asuransi kesehatan seperti apa yang mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi?

Umumnya jaminan asuransi kesehatan mencakup jaminan biaya rawat inap. Ada juga asuransi yang menawarkan jaminan rawat jalan atau bahkan jaminan berobat ke luar negeri, namun biasanya dengan harga premi yang lebih mahal.

Selain itu, coverage asuransi biasanya tidak mencakup pre-existing condition atau penyakit yang sudah ada saat kamu mendaftar asuransi.

Beberapa asuransi yang menawarkan jaminan pre-existing condition tapi dengan ketentuan masa tunggu 1-3 tahun.

Asuransi kesehatan juga tidak menjamin risiko yang terkait dengan estetika karena tidak memiliki urgensi medis. Selain itu, asuransi kesehatan juga tidak menanggung penyakit menular seksual.

Sebelum membeli, pastikan risiko apa saja yang dijamin asuransi dan perhatikan juga apakah ada batasan usia maksimal yang bisa dijaminkan produk terseb

5. Kenapa butuh asuransi kesehatan jika sudah punya BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan memang memberikan jaminan yang cukup lengkap. Namun seperti yang kita ketahui, butuh sistem rujukan ketika ingin menggunakan BPJS di faskes tingkat lanjutan.

Selain itu, pilihan fasilitas rumah sakit untuk pembayaran dengan BPJS juga terbatas pada kelas 1. Padahal masih ada beberapa kelas di atasnya seperti VIP atau VVIP.

Apabila kamu termasuk orang yang ingin mendapatkan fasilitas lebih baik dan juga bisa langsung ke rumah sakit tanpa perlu rujukan maka artinya kamu membutuhkan asuransi kesehatan swasta juga untuk melengkapi BPJS

6. Berapa besaran premi asuransi kesehatan dan lamanya kewajiban bayar premi?

Premi asuransi kesehatan ditentukan oleh beberapa faktor seperti usia tertanggung, jenis kelamin, riwayat kesehatan, dan juga manfaat yang dipilih.

Lalu biasanya masa asuransi kesehatan adalah 1 tahun dengan ketentuan pembayaran premi bulanan atau tahunan.

Contohnya seperti Sun Life yang menawarkan Sun Healthcare Solution dengan premi Rp3 juga/tahun*. Asuransi ini menanggung rawat jalan dan rawat inap.

Ada polis AXA Mandiri Smartcare Executive yang harganya Rp167/bulan* yang memberikan jaminan rawat inap tanpa rawat jalan tapi dengan fasilitas rumah sakit internasional.

*estimasi premi untuk usia tertanggung 25 tahun

7. Apakah ada maksimal klaim asuransi kesehatan per tahun?

Biasanya agen asuransi akan memberikan tabel nilai klaim yang bakal diterima calon nasabah ketika sakit. Misalnya saja, besaran tarif dokter umum, dokter spesialis, resep obat, jenis penyakit, dan lain sebagainya.

Ketika maksimal klaim sudah terlampaui, pengobatan akan menjadi tanggungan nasabah. Nah, kalau kamu belu tahu berapa maksimal klaim per tahun, jangan lupa ajukan permasalahan asuransi ini.

8. Bagaimana cara mengajukan klaim asuransi kesehatan?

Terdapat dua cara klaim untuk asuransi kesehatan, yaitu klaim cashless dan reimbursement. Cashless umumnya bisa diajukan di rumah sakit rekanan asuransi, sedangkan reimbursement untuk perawatan yang dilakukan di RS nonrekanan.

Cara klaim cashless

  • Peserta datang ke rumah sakit atau klinik rekanan
  • Tunjukkan kartu kepesertaan asuransi kesehatan saat registrasi
  • Pihak rumah sakit mengkonfirmasi pada pihak perusahaan asuransi
  • Peserta mendapatkan pelayanan medis

Cara klaim reimbursement

  • Isi formulir klaim dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  • Kirim berkas ke perusahaan asuransi melalui pos, datang langsung, atau layanan online jika tersedia
  • Perusahaan asuransi melakukan verifikasi dokumen
  • Jika klaim disetujui, pihak asuransi akan melakukan pembayaran klaim dalam kurun waktu 7-14 hari kerja 

9. Apakah asuransi kesehatan bisa diklaim di semua rumah sakit?

Pertanyaan tentang asuransi kesehatan ini sering ditanyakan oleh calon nasabah.

Semakin luas cakupan rumah sakit rekanan asuransi maka semakin bagus karena lebih praktis ketika kamu bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit rekanan.

Biasanya sistem klaim di rumah sakit rekanan adalah cashless, yaitu kamu bisa mendapatkan perawatan hanya dengan menunjukkan kartu kepesertaan asuransi.

Namun bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan manfaat asuransi di rumah sakit bukan rekanan. Jika rumah sakit bukan rekanan dari asuransi maka kamu bisa mengajukan klaim reimbursement sesuai ketentuan polis.

10. Bagaimana prosedur rawat inap atau rawat jalan?

Ada dua jenis perawatan dari produk asuransi kesehatan yang ditanggung, yakni rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Pastikan agen asuransi menjelaskan prosedur rawat inap/rawat jalan.

Tekankan bagaimana asuransi akan memberikan penggantian biaya pengobatan/laboratorium sesuai yang dijanjikan dalam polis. Tentunya, jika peserta mengalami rawat inap/jalan di klinik atau rumah sakit.

Produk yang bagus bakal membuat nasabahnya nyaman karena tak perlu ribet mengurus administrasi rumah sakit. Misalnya saja cukup menunjukkan kartu asuransi maka pelayanan langsung didapatkan.

Begitu pun dengan pelayanan rawat jalan. Cukup dengan menunjukkan kartu asuransi maka nasabah tak perlu lagi membayar tunai lantaran sudah ditanggung asuransi.

Sementara rawat inap prosedurnya tergantung dari keputusan dokter. Di sini pihak rumah sakit akan memeriksa benefit asuransi yang disesuaikan dengan kelas layanan kesehatan.

Katakanlah tarif kamar hanya Rp300 ribu dan itu setara dengan ruang inap kelas III maka pihak rumah sakit menganjurkan pasien dirawat di ruang kelas III.

Tapi bagaimana kalau ruang kelas III penuh? Nah, biasanya ada toleransi dari pihak asuransi untuk menaikkan kelas di atasnya.

Tapi ini sifatnya sementara karena pasien akan dipindahkan lagi jika pihak rumah sakit menyatakan sudah tersedia ruang rawat kelas III. 

Bagaimana ingin naik kelas rawat inap? Jika atas kemauan sendiri, pihak rumah sakit bakal memberikan “Surat Pernyataan Kesediaan Pembayaran Selisih Biaya” untuk diisi dan ditandatangani oleh pasien/keluarga pasien.

Permasalahan asuransi ini sering muncul karena kurang pahamnya nasabah terhadap manfaat pertanggungan yang didapat. Jangan lupa tanyakan pada agen asuransi sebelum membeli polis ya!

11. Bagaimana jika terjadi kecelakaan, cacat, mengalami penyakit kritis, atau meninggal? 

Jaminan kecelakaan dan penyakit kritis umumnya masuk ke dalam manfaat dasar asuransi. Manfaat yang didapatkan adalah dalam bentuk biaya perawatan medis sesuai dengan limitnya.

Lalu untuk cacat sendiri umumnya juga ditanggung asuransi jika memang membutuhkan perawatan medis.

Sedangkan untuk meninggal dunia, tidak semua asuransi memberikan santunan meninggal dunia. Memang ada beberapa asuransi kesehatan yang menawarkan manfaat satu ini, tapi nilainya juga tidak besar seperti asuransi jiwa.

12. Apakah perlu medical check up untuk asuransi kesehatan?

Ada asuransi yang mewajibkan dan ada pula yang tidak. Kalau ada medical check up biasanya pihak asuransi ingin mengukur risiko kesehatan calon nasabah.

Jika nasabah terdiagnosis penyakit tertentu, bisa saja polis asuransinya ditolak. Atau kalau pun bisa, konsekuensinya adalah bayar preminya besar.

Biasanya beban biaya medical check up ini ditanggung calon nasabah kalau batal ajukan polis asuransi. Kebijakan ini dimaksudkan agar tak disalahgunakan mereka yang ingin check up gratis.

Karena itu, pastikan sejak awal apakah ada medical check up atau tidak.

Pertanyaan seputar asuransi jiwa

Asuransi jiwa memberikan pertanggungan apabila terjadi risiko seperti meninggal dunia atau cacat tetap pada tertanggung. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait asuransi jiwa yang sering diajukan:

13. Apa manfaat asuransi jiwa? 

Secara umum manfaat asuransi jiwa adalah sebagai warisan untuk keluarga. Apabila tertanggung adalah seorang tulang punggung keluarga, tentu keluarga butuh waktu untuk dapat mandiri secara finansial.

Uang pertanggungan dari asuransi jiwa ini lah yang bisa dimanfaatkan, baik untuk kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan anak, maupun membayar utang atau cicilan tertanggung jika ada.

14. Apa saja jenis asuransi jiwa?

Secara umum jenis asuransi dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Asuransi jiwa berjangka (term life), yaitu asuransi yang memberikan proteksi dalam jangka waktu tertentu, misalnya 1, 5, 10, atau 20 tahun.
  • Asuransi jiwa seumur hidup (whole life), yaitu asuransi yang memberikan proteksi hingga usia tertanggung 99 atau 100 tahun.
  • Asuransi dwiguna, yaitu asuransi yang memberikan manfaat asuransi jiwa dan tabungan dalam satu polis.
  • Asuransi unit link, asuransi yang memberikan jaminan asuransi jiwa dan manfaat investasi sekaligus.

15. Apakah penyakit kritis ditanggung asuransi jiwa?

Jaminan penyakit kritis dalam asuransi jiwa biasanya dalam bentuk manfaat tambahan atau rider. Jadi ketika memiliki manfaat ini, tertanggung bisa mengajukan klaim asuransi jiwa ketika terdiagnosis penyakit kritis, lalu pertanggungan asuransi berakhir.

16. Berapa harga premi asuransi jiwa? 

Harga premi asuransi jiwa ditentukan oleh banyak faktor seperti berikut ini:

  • Besaran uang pertanggungan, semakin besar uang pertanggungan maka semakin tinggi preminya.
  • Jenis asuransi, misalnya asuransi term life biasanya akan lebih murah daripada whole life.
  • Jangka waktu asuransi, semakin lama periode polis maka semakin tinggi preminya.
  • Usia tertanggung, semakin muda usia, tentu biaya premi akan lebih murah.
  • Kondisi kesehatan, kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan seperti merokok atau olahraga ekstrim bisa memberatkan nilai premi.
  • Rider atau manfaat tambahan karena setiap rider yang dipilih akan meningkatkan biaya premi.
  • Komponen investasi (untuk asuransi unit link).

Berikut adalah estimasi premi asuransi jiwa untuk tertanggung usia 30 tahun dari beberapa brand asuransi:

  • Sun Life Sun Proteksi Jiwa: Rp4 jutaan per tahun
  • Simas Jiwa SIJI Guard 4: Rp445 ribu per bulan
  • Ciputra Citra Proteksi Jiwa: Rp833 ribu per bulan
  • CAR Life Protection 20: Rp250 ribu per bulan
  • Takaful Keluarga Takaful Falah Proteksi: Rp300 ribu per bulan

17. Perusahaan asuransi jiwa menentukan jumlah premi berdasarkan apa?

Selanjutnya, pertanyaan tentang perusahaan asuransi jiwa dalam menentukan jumlah premi. Perhitungan premi asuransi jiwa umumnya berdasarkan faktor-faktor berikut ini.

  • Usia nasabah
  • Jenis kelamin
  • Jenis polis (unit link atau tidak)
  • Limit uang pertanggungan

18. Bagaimana cara memilih asuransi jiwa yang tepat?

Pertanyaan tentang asuransi jiwa ini sering diajukan oleh calon nasabah. Memilih asuransi jiwa yang tepat sebenarnya mudah, kamu bisa mengacu pada hal-hal berikut ini:

  • Sesuaikan manfaat dengan kebutuhan
  • Premi yang sesuai dengan anggaran
  • Pahami manfaat dan besaran Uang Pertanggungan
  • Cari layanan terbaik dan lengkap, seperti layanan 24 jam
  • Ketahui kredibilitas dan reputasi perusahaan asuransi

19. Bagaimana cara kerja asuransi pendidikan?

Bagi yang belum memahami cara kerjanya, tentu pertanyaan tentang asuransi pendidikan ini akan sering ditanyakan.

Sederhananya, cara kerja asuransi pendidikan mewajibkan nasabah untuk membayarkan premi tiap bulan, dan kemudian dana premi tersebut akan digunakan sebagian untuk perlindungan asuransi jiwa dan sebagiannya lagi untuk dana pendidikan anak (dalam bentuk nilai tunai investasi).

20. Benarkah tanam duit di unit link tidak menguntungkan?

Polis unit link adalah asuransi yang memberikan manfaat perlindungan jiwa dan investasi tunai sekaligus.

Agar lebih mudah memahaminya, terlebih dahulu cek karakteristik polis unit link berikut ini:

  • Peningkatan biaya asuransi
  • Tambahan berbagai biaya
  • Cuti premi kurangi nilai investasi
  • Pilihan investasi ternyata dibatasi
  • Asuransi tergantung pada investasi
  • Unapplied premi mengurangi manfaat
  • Nihil nilai investasi di tahun ke-1

Tanam duit di unit link bisa menguntungkan jika kita benar-benar memahami manfaat dan risikonya, sehingga kita bisa menyesuaikannya dengan rencana keuangan.

Pasalnya, banyak sekali nasabah yang merasa dikecewakan di tengah masa pertanggungan karena kurangnya memahami fitur dan karakteristik polis unit link. Akibatnya keuntungan tidak didapat dan justru merasa dirugikan.

21. Mengapa seluruh karyawan harus terlindungi asuransi jiwa?

Tujuan utama asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan finansial bagi keluarga Tertanggung jika Tertanggung meninggal dunia.

Jika karyawan tidak memiliki perlindungan asuransi jiwa, ketika ia meninggal, perusahaan perlu menanggung sendiri uang santunan kepada keluarga karyawan.

Dalam kenyataannya, pemberian bantuan langsung ini dapat memengaruhi arus kas (cash flow) keuangan perusahaan.

Dengan memberikan perlindungan asuransi jiwa kepada seluruh karyawan, perusahaan dapat mengalihkan risiko ekonomi atas musibah yang terjadi pada karyawan ke pihak asuransi secara optimal.

Pertanyaan seputar asuransi mobil

Asuransi mobil adalah produk asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas berbagai risiko yang dapat menimpa kendaraan kesayangan kamu, seperti kecelakaan atau bahkan pencurian. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan asuransi mobil:

22. Apa manfaat asuransi mobil?

Manfaat asuransi mobil adalah memberikan jaminan ganti rugi atas berbagai risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan kamu, seperti kecelakaan atau pencurian.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

23. Kenapa penting punya asuransi mobil?

Risiko seperti kecelakaan atau pencurian mobil tidak dapat sepenuhnya dihindari. Jika risiko ini terjadi, tentu kerugian finansial yang dialami akan cukup besar. Asuransi mobil memberikan ganti rugi atas berbagai risiko tersebut agar membantu kamu terhindar dari kerugian finansial tersebut.

24. Apa saja jenis asuransi mobil di Indonesia?

Terdapat dua jenis asuransi mobil di Indonesia, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi total loss only (TLO)

Asuransi mobil all risk adalah asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi untuk kerusakan kecil, kerusakan besar, hingga kehilangan.

Asuransi TLO adalah asuransi yang hanya memberikan jaminan ganti rugi apabila terjadi kehilangan atau kerusakan besar yang biaya perbaikannya bisa mencapai 75% dari harga kendaraan tersebut.

25. Berapa harga premi asuransi mobil?

Harga premi asuransi mobil ditentukan berdasarkan rate yang sudah ditentukan oleh OJK. Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

26.  Bagaimana cara mengajukan klaim asuransi mobil?

Berikut adalah cara mengajukan klaim asuransi mobil secara umum:

  1. Sebelum melaporkan klaim, siapkan dokumen seperti buku polis, KTP, SIM, dan STNK.
  2. Laporkan kejadian yang ingin diklaim maksimal 3×24 jam setelah kejadian (ada asuransi yang memberi batas waktu hingga 5×25 jam).
  3. Siapkan berkas sesuai dengan yang diminta oleh pihak asuransi.
  4. Serahkan berkas ke pihak asuransi dengan datang langsung ke kantor pusat/cabang atau lewat pos.
  5. Pihak asuransi melakukan survei dan penilaian terhadap klaim.
  6. Apabila klaim disetujui, akan diproses lebih lanjut sesuai dengan klaim yang diajukan.

Dokumen yang diajukan akan bergantung pada jenis klaimnya. Pastikan kamu memberikan dokumen yang jelas dan lengkap. 

27. Apa itu biaya own risk dalam asuransi mobil?

Saat melakukan klaim asuransi mobil all risk, biasanya nasabah akan dibebankan biaya yang harus dibayarkan sendiri atau tidak ditanggung asuransi. Ini disebut dengan biaya own risk.

Umumnya biaya own risk untuk kerusakan sebagian adalah sebesar Rp300 ribu untuk setiap klaim.

Pertanyaan seputar asuransi syariah

Asuransi syariah adalah asuransi yang dijalankan berdasarkan prinsip syariat Islam. Berikut adalah beberapa pertanyaan tentang asuransi syariah:

28. Bagaimana pengelolaan risiko dalam asuransi syariah?

Pengelolaan risiko dalam asuransi syariah menggunakan prinsip saling membantu dan tolong menolong atau sharing of risk.

Jadi risiko akan dibebankan atau dibagikan kepada perusahaan dan peserta asuransi itu sendiri lewat dana tabarru’ atau dana yang dikumpulkan dari peserta.

Masih banyak yang kurang memahami cara pengelolaan risiko dalam asuransi syariah, sehingga kerap pertanyaan seputar asuransi syariah ini diajukan.

29. Bagaimana perbedaan yang mendasar dalam asuransi konvensional dan asuransi syariah?

Ini adalah salah satu contoh soal asuransi atau pertanyaan asuransi syariah yang sulit untuk dipahami, sehingga sering calon nasabah mengira kedua jenis asuransi memiliki pengelolaan yang sama.

Padahal, perbedaan paling mendasar antara asuransi konvensional dan syariah adalah prinsip dalam cara pengelolaan risikonya.

Asuransi konvensional menerapkan prinsip transfer of risk, di mana risiko akan dialihkan dari Tertanggung kepada Penanggung.

Sedangkan asuransi syariah mengusung prinsip sharing of risk dengan tujuan tolong-menolong, sehingga risiko akan dibagi antara peserta dan perusahaan asuransi.

30. Bagaimana konsep asuransi menurut pandangan Islam?

Ini merupakan pertanyaan sulit tentang asuransi syariah. Sebab, masih banyak yang mengajukan pertanyaan tentang asuransi dalam Islam, seperti apakah asuransi haram atau riba dalam hukum Islam.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyatakan bahwa asuransi halal untuk dimiliki asalkan dana yang terkumpul dikelola berdasarkan syariat Islam (asuransi syariah), sesuai dengan fatwa MUI No: 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah.

Asuransi dalam hukum Islam di Indonesia juga mengacu pada ketentuan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) 21/DSN-MUI/X/2001.

Pertanyaan seputar asuransi properti

31. Berapa besar premi asuransi kebakaran?

Besaran premi asuransi kebakaran sering jadi pertanyaan tentang asuransi kebakaran yang diajukan oleh nasabah.

Umumnya, premi asuransi kebakaran ditentukan oleh faktor:

  • Penggunaan bangunan (okupasi)
  • Jarak pemisah dengan objek lain
  • Kelas konstruksi bangunan

Pertanyaan umum soal asuransi

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar asuransi yang dapat membantu kamu lebih memahaminya:

32. Bagaimana cara memilih asuransi yang tepat?

Berikut adalah beberapa cara memilih perusahaan asuransi yang tepat yang perlu diperhatikan oleh pemula:

  1. Pilihlah asuransi sesuai kebutuhan
  2. Pilih perusahaan asuransi punya reputasi baik
  3. Pastikan RBC perusahaan asuransi di atas 120 persen
  4. Pilih yang tawarkan premi terjangkau
  5. Pilih yang punya banyak rekanan yang berkualitas
  6. Pelajari sistem asuransi
  7. Pilih agen yang memiliki lisensi
  8. Bandingkan asuransi yang ditawarkan
  9. Miliki asuransi sewaktu masih sehat
  10. Beli polis asuransi sewaktu masih muda
  11. Hindari pilih asuransi dengan tawaran cash plan
  12. Kalau sudah berkeluarga, pilih asuransi keluarga
  13. Pilih asuransi murni jika ingin premi lebih terjangkau

33. Bisakah batalkan polis asuransi?

Agen asuransi biasanya sengaja sembunyikan poin ini. Padahal, nasabah berhak tahu lho! Dan pertanyaan tentang polis asuransi ini juga yang paling sering ditanyakan oleh nasabah.

Coba baca baik-baik polis asuransi di mana ada ketentuan yang berbunyi, ”Jika tidak setuju dengan isi polis, dalam waktu dua minggu sejak polis terbit, polis bisa dikembalikan dan uang yang disetor bisa dikembalikan ke nasabah.”

Artinya, calon nasabah punya waktu dua minggu untuk membatalkan polis yang disetujuinya. Atau dengan kata lain, calon nasabah diberikan waktu dua minggu untuk mempelajari polis tersebut.

Kalau tak setuju, dia bisa membatalkan sekaligus uangnya balik. Kalau lewat dari waktu itu, sama saja calon nasabah setuju dengan isi polis tersebut.

34. Apa alasannya klausul polis asuransi begitu banyak?

Alasan banyaknya klausul polis asuransi ada pada cara kerja asuransi yang berdasarkan pada penyebab langsung (proximate cause) terjadinya risiko.

Agar di kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman, perselisihan, maupun penolakan klaim akibat salah memahami penyebab terjadinya risiko, ketentuan ini perlu dijelaskan secara detail.

Inilah mengapa klausul polis asuransi begitu banyak. Sebagai nasabah, sudah tugas dan kewajiban kita untuk memahami klausul tersebut agar kelak kita dapat memperoleh hak yang tercantum dalam asuransi.

Jangan malas membaca klausul polis asuransi, ya.

35. Bagaimana kalau di tengah jalan gagal bayar premi karena keuangan lagi bermasalah?

Pertanyaan ini lebih pada segi antisipasi saja kalau di masa depan gagal bayar premi. Masalahnya, hal ini menyangkut kepentingan nasabah yang khawatir kalau gagal bayar.

Akibatnya, nasabah tak mendapat jaminan kesehatan dari asuransi. 

Ketika hal ini ditanyakan, perhatikan apa solusi yang ditawarkan agen asuransi. Biasanya yang diberikan adalah masa tunggu.

Artinya, kalau saat jatuh tempo bayar premi dan tak bisa melunasi, polis tidak secara otomatis ditutup atau dibatalkan sepihak dari perusahaan asuransi.

Asuransi kesehatan bisa menjadi bentuk perlindungan terbaik yang memberikan penggantian pendapatan yang berkurang akibat menderita sakit.

Maklumlah, produk satu ini penting sebagai bentuk pengganti kerugian finansial yang mungkin terjadi secara tiba-tiba terhadap risiko kesehatan.

Tetap perlu diingat, pastikan asuransi kesehatan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan dan pilihlah fasilitas kesehatan yang sesuai dengan budget.

Nikmati promo menarik dengan membeli polis asuransi kesehatan di Lifepal. Dapatkan penawarannya sekarang!

36. Apa yang terjadi kalau pembayaran premi telat?

Ini adalah salah satu pertanyaan tentang premi asuransi yang banyak diajukan baik oleh nasabah maupun calon nasabah.

Pembayaran premi merupakan kewajiban bagi pihak nasabah atas hak yang kelak ia peroleh dari manfaat asuransi. Telat atau gagal membayar premi tentu akan memengaruhi hak yang dapat diperoleh.

Sebaiknya, ketentuan mengenai konsekuensi telat membayar premi ini juga dibicarakan sebelum membeli asuransi.

Apa saja konsekuensi telat membayar premi? Perusahaan asuransi bisa menangguhkan status keanggotaan sehingga jika terjadi musibah yang seharusnya dapat diklaim dari asuransi, ia tidak akan dapat mengajukan klaim.

Perusahaan asuransi juga dapat menerapkan denda yang nominalnya bisa beberapa persen dari total premi dan berapa lama keterlambatan.

Memang ada yang namanya masa tenggang sebelum polis hangus. Namun, jika keterlambatan membayar premi dibiarkan terus-menerus hingga melebihi waktu yang ditentukan, polis asuransinya dapat dinyatakan batal atau hangus.

37. Apakah uang premi asuransi bisa diambil?

Jika kamu merasa tidak lagi butuh asuransi dan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan sebelum kontrak habis, kamu masih bisa mendapatkan pengembalian premi asuransi sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pihak asuransi.

Ini adalah pertanyaan tentang asuransi yang sulit untuk dipahami juga oleh para nasabah, untuk peraturan terkait pengembalian premi biasanya sudah diatur dan tertera dalam masing-masing polis asuransi.

38. Apa maksudnya asuransi berdasarkan prinsip utmost good faith?

Prinsip utmost good faith dalam produk asuransi berarti kedua belah pihak, perusahaan asuransi dan calon nasabah, sama-sama memiliki itikad baik ketika menjual dan membeli produk asuransi.

Sebagai contoh, perusahaan asuransi menunjukkan itikad baiknya dengan mengedepankan transparansi dalam menjelaskan manfaat serta syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis.

Sementara calon nasabah menunjukkan itikad baiknya dengan berterus terang menjelaskan kondisi objek yang diasuransikan.

Jika tak jujur dari awal mendeklarasikan kondisi objek yang diasuransikan, perusahaan asuransi berhak menolak klaim nasabah.

Oleh karena itu, kegagalan menjalankan prinsip utmost good faith dapat mengakibatkan kerugian bagi kedua belah pihak.

39. Apa maksudnya asuransi berdasarkan prinsip indemnity?

Yang dimaksud dengan prinsip indemnity adalah manfaat asuransi bukanlah menawarkan keuntungan, melainkan mengembalikan posisi keuangan nasabah seperti semula setelah mengalami risiko.

Prinsip ini sejalan dengan manfaat utama produk asuransi, yaitu perlindungan terhadap risiko.

Sebagai contoh, seseorang yang membeli asuransi kendaraan kemudian mengalami kehilangan akibat pencurian akan mendapatkan proteksi risiko dari produk asuransinya.

Pihak asuransi akan menggantikan kendaraan yang diasuransikan sehingga kondisi keuangan nasabah dapat kembali ke posisi semula.

Jika ia tidak memiliki asuransi kendaraan, kehilangan tersebut dapat mengganggu posisi keuangannya karena ia perlu mengeluarkan biaya sendiri untuk membeli kendaraan baru.

40. Apa maksudnya asuransi berdasarkan prinsip insurable interest?

Prinsip insurable interest berarti bahwa seseorang hanya dapat mengajukan permohonan asuransi jika ia memiliki hak ekonomi secara langsung atas objek yang diasuransikan.

Jadi, jika ia bukan pemilik Gedung A, ia tidak akan bisa mengansurasikan Gedung A. Begitu juga dengan pembelian asuransi jiwa atau kesehatan untuk orang yang tidak memiliki hubungan kekeluargaan secara langsung.

Dengan prinsip ini, seseorang yang tak memiliki hak ekonomi atas objek yang diasuransikan tidak bisa mengambil manfaat dan keuntungan dari asuransi.

41. Apakah asuransi bisa digunakan untuk mencari untung?

Banyak sekali yang menanyakan apakah asuransi bisa digunakan untuk mencari untung. Hal ini didasarkan oleh asumsi bahwa perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana sebagai pertanggungan atas kerugian yang kita alami.

Sehingga, secara tidak langsung kita bisa jadi ‘untung’ dengan pengalihan risiko finansial tersebut. Namun pada dasarnya fungsi utama dari asuransi adalah memberikan rasa aman dan tenang serta meminimalkan kerugian finansial yang dialami.

Jadi,  asuransi hanya menawarkan jaminan terhadap risiko sehingga kamu tidak bisa berharap mendapatkan keuntungan lebih dari kerugian yang dialami.

42. Apa isi Undang-Undang No 40 tahun 2014?

Pertanyaan tentang hukum asuransi biasanya meliputi UU No. 40 tahun 2014 tentang Perasuransian. Di dalamnya berisi:

  • Pengertian asuransi (umum, syariah, jiwa) dan ketentuan umum
  • Ruang lingkup usaha perasuransian
  • Bentuk badan hukum dan kepemilikan perusahaan asuransi
  • Perizinan usaha
  • Penyelenggaraan usaha
  • Tata kelola usaha perasuransian berbentuk koperasi dan usaha bersama
  • Peningkatan kapasitas asuransi, , dan reasuransi syariah
  • Program asuransi wajib
  • Perubahan kepemilikan, penggabungan, dan peleburan
  • Pembubaran, likuidasi, dan kepailitan
  • Perlindungan pemegang polis, tertanggung, atau peserta
  • Profesi penyedia jasa bagi perusahaan perasuransian
  • Pengaturan dan pengawasan
  • Asosiasi usaha perasuransian
  • Sanksi administratif
  • Ketentuan pidana
  • Ketentuan peralihan

43. Perlindungan asuransi apa saja yang diberikan perusahaan asuransi?

Seluruh informasi perihal perlindungan apa saja yang ditawarkan dalam suatu produk asuransi dapat dilihat dalam polis asuransi.

Inilah pentingnya membaca polis asuransi karena tidak semua kondisi ditanggung perusahaan asuransi.

Sebagai contoh, jika memiliki asuransi kesehatan, periksalah penyakit dan kondisi apa saja yang ditanggung dalam asuransi tersebut.

Apakah tindakan seperti medical check up dan operasi pembedahan juga ditanggung?

Jika bingung atau ragu, jangan segan untuk berkonsultasi langsung dan ajukan tanya jawab tentang asuransi dengan agen asuransi terkait ketentuan yang membuat kita bingung atau tak mengerti.

44. Apakah karakteristik yang membedakan antara lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank?

Lembaga keuangan di Indonesia ada cukup banyak jenisnya dan terbagi menjadi dua kategori, yakni lembaga keuangan bank dan non bank (bukan bank).

Banyak pertanyaan lembaga keuangan bukan bank (seperti Pegadaian, perusahaan asuransi, dll.) yang diajukan, terutama terkait perbedaan di antara keduanya.

Hal-hal berikut ini bisa menjadi acuan dalam membedakan kedua kategori tersebut:

  • Bank umumnya bisa menghimpun dana secara langsung dan tidak langsung, sementara lembaga keuangan non bank menghimpun dana secara tidak langsung.
  • Bank memiliki kewenangan untuk mencetak uang giral dan memiliki pengaruh atas jumlah uang yang beredar, di mana kewenangan ini tidak dimiliki oleh lembaga keuangan non bank.
  • Uang yang disetor ke bank ditujukan untuk mendapatkan bunga atau rasa aman dan nyaman, sementara di lembaga keuangan non bank ditujukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan, investasi, dan lain-lain.

Walaupun begitu, keduanya memiliki kontribusi yang sama untuk menjaga stabilitas ekonomi negara.

Lindungi keuanganmu dari pengeluaran yang terlalu membebani dengan santunan tunai dari . Dengan adanya proteksi dari asuransi penyakit kritis, tabungan dan investasimu tetap aman.

45. Apa itu Uang Pertanggungan asuransi?

Uang Pertanggungan adalah sejumlah dana yang diberikan oleh perusahaan asuransi pada pemegang polis apabila risiko terjadi pada tertanggung sesuai dengan ketentuan polis.

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

46. Apa perbedaan asuransi dengan tabungan?

Tabungan adalah tempat di mana kita menyetorkan dana untuk disimpan dan kemudian bisa kita ambil kembali, sedangkan asuransi adalah perjanjian antara penanggung dan tertanggung bahwa penanggung akan memberikan jaminan atas risiko tertentu yang tertera dalam polis dengan syarat pemegang polis membayar sejumlah premi.

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Dapatkan Promo