Simulasi Asuransi Mobil: Cara dan Ketentuan

car insurance

Menikmati kenyamanan berkendara dengan mobil harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab. Salah satu bentuk tanggung jawab kita sebagai pemilik adalah membeli asuransi mobil. 

Meski begitu, kita pun perlu memahami apa manfaat asuransi mobil dan bagaimana menghitung biayanya. Keuntungan dari mempelajari penghitungannya adalah agar kita bisa mendapatkan gambaran dalam menyusun bujet pengeluaran dengan lebih tepat.

Mari kita mulai dengan mengetahui apa saja produk asuransi mobil yang kita bisa pilih, mempelajari tips-tips memilih produk yang tepat, dan terakhir adalah melakukan penghitungan. Mari kita mulai!

Jenis-Jenis Asuransi untuk Mobil Kita

Asurasi mobil untuk kita

Sebelum mengenal simulasi asuransi mobil. Kita perlu memahami jenis-jenis asuransi yang beredar luas di pasaran. Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai manfaatnya masing-masing.

1. All risk

Asuransi mobil all risk memberikan perlindungan untuk semua risiko yang mungkin terjadi terhadap mobil kita. Asuransi all risk akan menanggung kerusakan kecil maupun besar. Disebut juga dengan asuransi comprehensive, kita bisa juga meminta beberapa perluasan jaminan perlindungan yang meliputi kerusakan akibat banjir, huru-hara, dan lainnya sesuai ketentuan dari perusahaan asuransi.

2. Total Loss Only (TLO)

Untuk asuransi TLO, hanya menanggung kerugian yang bernilai di atas 75 persen kerusakan. Dengan kata lain, jasa asuransi ini tidak akan menanggung jika mobil kita mengalami kerusakan di bawah 75 persen. 

Pada penerapannya, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi sesuai ketentuan yang berlaku di dalam polis asuransi dan mobil yang menjadi pertanggungan akan menjadi hak milik perusahaan asuransi. 

Perusahaan asuransi berhak menjual kembali mobil tersebut melalui lelang mobil (salvage) dengan maksud bahwa hasil dari penjualan akan digunakan untuk mengurangi beban ganti rugi yang telah dikeluarkan untuk nasabah.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menghitung Simulasi Asuransi Mobil

Menghitung simulasi asuransi mobi

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis asuransi mobil, selanjutnya mari kita cari tahu poin-poin yang perlu diketahui sebelum menghitung simulasi asuransi mobil!

1. Ketahui biaya premi asuransi mobil

Premi asuransi adalah biaya yang harus kita bayarkan per bulan atau per tahun untuk mendapatkan perlindungan dari jasa asuransi. Tergantung kepada produk asuransi yang kita pilih, all risk atau TLO, tiap perusahaan asuransi sudah memiliki ketentuan premi asuransi yang harus dibayarkan. Premi akan bergantung kepada harga mobil dan wilayah.

2. Ketahui data-data tentang mobil

Penting untuk kita mengetahui seluk-beluk mobil kita sendiri. Pasalnya, untuk klaim asuransi mobil ataupun menentukan premi asuransi, diperlukan data-data yang lengkap dan kondisi terkini mobil agar bisa menentukan juga jenis asuransi yang pas untuk mobil kita.

Pertimbangkan pula daerah yang biasanya kita lalui. 

Misalnya, jika daerah yang kita biasa lalui terbilang rawan pencurian, maka lebih baik jika kita memilih asuransi TLO sebagaimana produk ini turut menanggung kehilangan kendaraan akibat pencurian.

3. Ketahui uang muka pembelian mobil, asuransi yang dipilih, dan lembaga pembiayaan yang dipilih

Ketiga hal ini sangat diperlukan agar kita bisa menyusun simulasi asuransi mobil yang akan kita ambil nanti. Selain itu, kita juga bisa memprediksi pengeluaran kita ke depan.

Cara Menghitung Simulasi Asuransi Mobil

Simulasi asuransi mobil

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis asuransi mobil, selanjutnya adalah menghitung simulasi asuransi mobil. Dalam hal ini, kita akan bedakan antara asuransi TLO dan asuransi all risk sebagaimana keduanya memiliki cakupan pertanggungan yang berbeda.

1. Simulasi asuransi mobil TLO

Sebagai contoh, kita akan menggunakan patokan pembayaran premi asuransi mobil dengan data-data di tabel berikut.

Wilayah A

  Kategori   Uang Pertanggungan Wilayah A
Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 ≤Rp100 juta 0,47% 0,56%
Kategori 2 >Rp100 juta-Rp200 juta 0,63% 0,69%
Kategori 3 >Rp200 juta-Rp300 juta 0,41% 0,46%
Kategori 4 >Rp300 juta-Rp500 juta 0,25% 0,30%
Kategori 5 >Rp500 juta 0,20% 0,24%

Misalnya, mobil kita senilai Rp120 juta. Perusahaan asuransi yang kita pilih adalah TLO dan sebuah perusahaan asuransi yang berada di Wilayah A mewajibkan pembayaran premi 0,5%. Maka penghitungannya sebagai berikut.

(Harga Mobil x 0,5) / 100(Rp120.000.000 x 0,5) /100 = Rp600.000

Maka premi asuransi yang kita harus bayar adalah Rp600 ribu. Pembayaran cukup dilakukan sekali saja untuk mendapatkan proteksi asuransi TLO selama satu tahun.

2. Simulasi asuransi mobil all risk

Tentunya, premi asuransi all risk akan lebih mahal dari premi yang harus dibayar dibandingkan asuransi mobil TLO. Data-data di dalam tabel berikut bisa dijadikan contoh untuk menghitung simulasi asuransi mobil all risk.

Wilayah B

  Kategori   Uang Pertanggungan Wilayah B
Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 ≤Rp120 juta 3,82% 4,20%
Kategori 2 >Rp120 juta-Rp250 juta 2,67% 2.94%
Kategori 3 >Rp250 juta-Rp500 juta 2,18% 2,40%
Kategori 4 >Rp500 juta-Rp750juta 1,20% 1,32%
Kategori 5 >Rp750 juta 1,05% 1,16%

Misalnya, kita memiliki mobil baru dengan harga Rp150 juta dan kita memilih untuk membeli asuransi all risk dengan biaya premi 4,1% dari sebuah perusahaan yang berada di Wilayah B. Maka premi yang kita harus bayar sebagai berikut.

(Harga Mobil x 4,1%) / 100(Rp150.000.000 x 2,3) / 100 = Rp6.150.000

Maka premi asuransi tahunan yang kita harus bayar untuk melindungi mobil kita dengan asuransi all risk adalah Rp6,150 juta.

Memang jika dibandingkan dengan asuransi TLO, asuransi all risk akan terlihat jauh lebih mahal. Namun, jika ditilik kembali keunggulannya, asuransi ini akan memproteksi atas segala bentuk kerugian mulai dari kecurian, sabotase, kecelakaan, hingga bencana alam. Jadi, sewajarnya nilai tersebut sepadan.

Bagaimana? Sudah bisa menghitung simulasi asuransi mobil kita dan bisa menentukan jenis asuransi apa yang cocok untuk kendaraan kita?

Jika masih membutuhkan penjelasan mengenai produk-produk asuransi mobil yang tepat dan cocok dengan bujet kita, jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui Lifepal, ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →