10 Contoh Tes Psikotes dan Tips Mengerjakannya, Wajib Tahu!

tes psikotes

Menjalani tes psikotes kerja jadi salah satu tahapan dari proses rekrutmen di suatu perusahaan. Beberapa orang juga sering mencari bagaimana tips mengerjakan tes psikotes. Kamu termasuk salah satunya?

Mencari contoh tes psikotes dan tips mengerjakannya lumrah dilakukan banyak orang sebagai salah satu ikhtiar sebelum menghadapi tes psikotes yang sebenarnya.

Tentu saja, harapannya biar terbiasa dengan soal-soal yang nantinya diberikan.

Apa itu tes psikotes?

Tahapan proses yang satu ini merupakan hal paling umum ditemukan dalam beberapa perusahaan. Tujuan diadakannya tahapan ini adalah, untuk mengetahui kemampuan intelektual dari seorang pelamar kerja.

Buat kamu yang berpengalaman ikut tes rekrutmen pasti sudah gak asing lagi. Jangan salah, tes ini punya peran penting lho

Misalnya, kamu melamar pekerjaan, tes ini bisa dijadikan indikator kelulusan, apakah kamu bisa lolos ke tahap berikutnya atau tidak serta cocok atau tidak dengan posisi yang dilamarnya.

Bagi kamu yang pertama kali mengikuti ujian ini umumnya akan mengalami sedikit kesulitan dibandingkan kandidat lain yang sudah beberapa kali mengikuti proses ini.

Tapi, gak perlu takut, ada beberapa contoh soal psikotes kerja, termasuk gambar psikotes, serta tipsnya supaya kamu mampu mengerjakannya dengan mudah. 

Yuk, langsung simak di sini:

1. Soal psikotes deret aritmatika

Seperti dikutip dari Future Ready, saat mendapatkan soal ini biasanya kamu akan diberikan beberapa puluh soal yang berisi deretan angka dengan pola tertentu. Contohnya seperti di bawah ini:

“1,3,5,7,9,…,…”

“2,4,6,8,10,…,…”

Saat mendapati soal satu ini, berarti kamu harus mengisi dua titik-titik itu sesuai dengan pola yang ada.

Untuk soal pertama, karena polanya angka ganjil, berarti jawabannya adalah 11 dan 13. Dan untuk soal kedua, karena polanya angka genap, jadi jawabannya adalah 8 dan 10.

Tips mengerjakan soal seperti ini adalah, cari soal yang termudah dahulu. Jika tidak, kamu akan kehabisan waktu mengerjakan soal yang sulit. Dan, usahakan juga untuk teliti.

2. Soal psikotes logika penalaran

Secara umum, logika penalaran lebih menguji kemampuan kamu membedakan atau membentuk suatu bangun ruang.

Bangun ruang yang diberikan akan diberikan secara acak dan kamu harus memilih kotak mana yang sesuai dengan pola gambar bangun ruang sebelumnya.

Gak ada tips khusus supaya kamu bisa mengerjakan soal ini. Hanya saja, kamu harus berkonsentrasi lebih dan jangan terburu-buru.

Sebelum mengikuti tes kamu harus istirahat yang cukup agar bisa maksimal mengerjakannya.

3. Soal psikotes analog verbal

Kali ini, kemampuan bahasa Indonesia kamu akan sedikit diuji karena isi dari analog verbal terdiri atas soal antonim serta sinonim yang berhubungan sama kata di sebelahnya. Biar lebih gampangnya bisa melihat contoh ini:

“ Mobil : Bensin = Pesawat : …..”

“Api : Panas = Es : …..”

Jawabannya adalah, avtur dan dingin akan tersedia dalam pilihan ganda yang disiapkan. Hal yang harus kamu persiapkan adalah menambah pembendaharaan kosa kata supaya lebih mudah mengerjakan.

Selain itu, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu supaya gak  kehabisan waktu.

4. Soal psikotes wartegg

Soal wartegg ini akan berfokus pada kemampuan imajinasi kamu mempersepsikan bentuk tertentu pada suatu hal.

Di kertas yang dibagikan ada delapan kotak kecil berisi sebuah garis dan titik, dari garis dan titik tersebut kamu bisa menggambar hal apapun yang dirasa menggambarkan suatu hal sesuai imajinasi kamu.

Tips yang penting bisa kamu lakukan adalah coba untuk menggambar benda hidup pada kotak berisi garis lengkung termasuk titik dan benda mati pada kotak berisi garis lurus.

Kalau bisa gambar secara acak, jangan menggambar dari kotak paling kiri ke paling kanan, di situ tim penilai akan melihat tingkat kreativitas kamu.

5. Tes psikotes gambar (menggambar orang dan pohon)

Lagi-lagi, tes psikotes gambar. Pada kesempatan ini, kamu harus menggambarkan seseorang dari kepala sampai kaki yang menjadi idola atau tokoh inspirasi kamu selama hidup.

Tokoh ini harus sedang melakukan aktivitas tertentu dan menjabarkan apa saja kelemahan serta kelebihan yang dimiliki.

Sedangkan untuk pohon, gak ada aturan secara terperinci. Namun, ada beberapa jenis pohon yang dilarang untuk digambar.

Agar bisa mendapatkan penilaian yang baik dalam hal gambar psikotes ini, gak harus bagus tapi usahakan rincian bentuk orang dan pohonnya lengkap. 

Seperti bentuk wajah dan rambut pada orang harus jelas, pohon harus memiliki struktur yang lengkap dari akar sampai ujung daun. Sekarang udah tahu kan cara terbaik buat mengerjakan tes psikotes gambar?

6. Soal psikotes Kraeplin atau Pauli

Bisa dibilang ini adalah tes yang paling melelahkan dibandingkan semua tes yang sudah dilakukan. Pasalnya, kamu harus menghitung deretan angka dari paling atas sampai bawah yang jumlahnya sangat banyak. Nama lain dari soal ini adalah tes koran.

Secara umum, cara kerja dari tes ini adalah menjumlahkan antara angka yang berada di paling atas dengan yang ada di bawahnya terus hingga selesai. Apabila jumlahnya lebih dari 9, maka yang ditulis adalah digit keduanya. 

4

    1 (karena jawabannya 11, jadi ditulis digit kedua 1)

7

    0 (karena jawabannya 10, jadi ditulis digit kedua 0)

3

Tips mengerjakan tes satu ini adalah, kamu harus konsisten, jangan terlalu bersemangat di awal dan letih di akhir. Sebab, tujuan soal psikotes ini adalah buat menunjukkan performa kamu saat bekerja. 

Dan, poin penilaian yang diambil oleh pihak HRD adalah dari seberapa banyak kamu mengerjakan dan berapa banyak kamu melakukan kesalahan, semakin sedikit yang salah tentunya lebih baik.

7. Contoh soal psikotes sinonim atau persamaan kata

Ketujuh ada soal sinonim, tes ini sebetulnya gak terlalu sulit karena kamu pasti sudah pernah mengerjakan sebelumnya semenjak bangku Sekolah Dasar. 

Meski begitu, kamu harus teliti memilih jawaban karena pilihan yang diberikan mirip-mirip makna katanya.

Jadi, hal yang perlu kamu perhatikan dalam tes ini adalah ketelitian rajin menambah kosa kata bahasa Indonesia. Untuk contohnya kamu bisa melihat ilustrasi di bawah ini.

  1. BAKU
  1. Asli
  2. Biasa
  3. Standar
  4. Duga
  1. ANDAL
  1. Terdepan
  2. Terbelakang
  3. Siap
  4. Tangguh

8. Contoh soal psikotes antonim atau lawan kata

Masih memiliki keterkaitan dengan poin sebelumnya, dalam soal tes kerja biasanya juga ada bagian lawan kata atau yang dikenal dengan antonim. 

Supaya kamu bisa mengerjakannya dengan mudah, bisa membaca berbagai buku yang berisi tentang kamus perkataan antonim nih.

Kalau mau lebih spesifik lagi, kamu bisa melihat ilustrasi di bawah ini. Intinya kamu harus teliti sebelum memilih jawaban.

  1. MENANG
  1. Sedih
  2. Mengundurkan diri
  3. Premis
  4. Kalah

 

  1. SEDIH
  1. Senang
  2. Menangis
  3. Terharu
  4.  Cemburu

9. Tes psikotes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Dibandingkan dengan tes-tes psikotes yang lainnya, EPPS termasuk tes yang paling mudah. Tes ini dilakukan untuk mengetahui karakter dan kepribadian seseorang secara rinci.

Meski pun mudah, jangan sampai mengerjakan asal-asalan, ya! Konsistensi kamu dalam menjawab akan dilihat melalui EPPS ini. Kamu juga disarankan menjawab pertanyaan yang disediakan. Ini dia contoh soal EPPS.

10. Tes psikotes Army Alpha Intelegence

Tes psikotes ini merupakan soal kombinasi bentuk dan deretan angka. Biasanya soal satu dengan yang lainnya berkaitan, jadi kamu harus teliti. Tujuan tes psikotes army alpha intelegence ini untuk mengetahui kemampuan daya tangkap dalam melaksanakan dan menerima instruksi dengan tepat dan cepat. Instruksi yang diberikan pada saat tes hanya satu kali.

Trik mengerjakan soal di atas adalah:

  • Perhatikan lingkaran yang ada pada nomor 1, kemudian silang lingkaran ke 2 serta buatlah huruf di lingkaran ke 5.
  • Saat mengerjakan,, perhatikan juga aba-aba yang diberitahu dan berhenti dalam hitungan 5 detik.
  • Perhatikan lingkaran nomor 2, kemudian berilah nomor pada lingkaran-lingkaran itu. Selanjutnya tarik sebuah garis dari lingkaran 3 ke lingkaran 6. Garis tersebut harus melewati lingkaran di bawah nomor 4 dan nomor 5.

Lakukan hal ini sebelum dan saat tes psikotes

Setuju gak sih kalau persiapan bisa mempengaruhi hasil tes, begitu juga saat kamu mau tes psikotes. Apa yang sebaiknya kamu persiapkan sebelumnya dan saat tes psikotes berlangsung?

Bisa karena terbiasa, itulah ungkapan yang bisa disematkan kalau kita mau menguasai suatu hal. Memperbanyak latihan soal psikotes akan membuat kamu terbiasa. 

Artinya, kamu tidak akan shock atau grogi saat dihadapkan dengan bentuk soal yang diberikan jadii bisa enjoy mengerjakan.

Gak usah khawatir, kini banyak kok sumber yang bisa dipakai buat latihan soal tes psikotes.

Sebelum tes berlangsung, kamu harus yakinkan diri untuk optimis bisa melewati semua jenis tesnya apalagi sebelumnya kamu sudah banyak melakukan latihan.

Eits, jangan lupa berdoa agar diberi kemudahan saat mengerjakan tes!

Gabung di Mitra Lifepal, dapat komisi bulanan

Mau menjadikan waktu luangmu lebih produktif? Coba gabung aja yuk di Mitra Lifepal.

Mitra Lifepal adalah unit bisnis pemasaran produk perlindungan finansial melalui asuransi. Dengan bergabung, kamu bisa mendapatkan pendapatan bulanan hingga Rp30 juta lho!

Nanti, kamu akan diberikan bimbingan mengenai apa saja produk asuransi yang paling pas dengan kebutuhan masyarakat. Di dalamnya juga ada sistem jaringan, jadi kamu bisa mengajak kerabatmu untuk bergabung dan mendapat komisi tambahan.

Yuk cari tahu info selengkapnya tentang bagaimana cara bergabung di Mitra Lifepal.

Gimana, sudah bertambah belum wawasan kamu tentang soal psikotes kerja?  Kalau sebelumnya kamu pernah gagal dalam tahapan ini bisa mencoba tips di atas supaya gak bisa lulus ke tahap selanjutnya. Semangat!

Kalau kamu punya pertanyaan dan ingin berkonsultasi dengan pakar finansial kami, jangan ragu untuk mengunjungi Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →