Beginilah Strategi Uniqlo untuk Menjadi Brand Terbesar di Asia-Oseania

strategi bisnis uniqlo

Semua usaha tentu memerlukan strategi bisnis untuk bisa meraih kesuksesan. Tanpa strategi bisnis yang tepat dan cermat, mungkin modal dan tenaga yang telah dikeluarkan untuk mengembangkan sebuah brand bakal sia-sia saja. 

Strategi bisnis gak cuma diterapkan oleh usaha-usaha kecil dan lagi merintis saja, untuk usaha skala besar dan sudah ada nama pun juga tetap memerlukan strategi. Seperti brand fesyen asal Jepang, Uniqlo

Pertama kali berdiri pada tahun 1984 di Hiroshima, Jepang, Uniqlo terus mengalami perkembangan pesat di bidang fast-retailing.  

Selain memiliki 19 Global Flagship Store, kini UNIQLO telah memiliki lebih dari 1.700 toko di 17 negara di seluruh dunia. Meliputi Jepang, Australia, Belgia, Tiongkok, Prancis, Jerman, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Rusia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Inggris, dan Amerika.

Kini mereka telah memiliki lebih dari 400 outlet yang tersebar di Asia-Oceania termasuk di kota-kota besar di Indonesia.

Nilai valuasi mereka bahkan sudah mencapai lebih dari US$ 7 miliar atau Rp 99 triliun. Di Indonesia, Uniqlo telah bersaing dengan brand-brand kelas dunia lainnya seperti Zara dan H&M. 

Lantas, kira-kira apa strategi bisnis Uniqlo bisa sebesar seperti saat ini? 

1. Demi kenyamanan pengguna, setiap baju dibuat dengan teknologi canggih 

strategi bisnis uniqlo
Salah satu gerai Uniqlo. (Pixabay)

Dalam membuat setiap produknya, Uniqlo gak cuma sebatas memikirkan penampilannya saja, tapi mereka juga menerapkan teknologi-teknologi canggih dalam setiap prosesnya.

Sebut saja ada teknologi Heattech, teknologi ini bisa mengikat suhu panas dari tubuh sehingga tetap merasa hangat di udara sekitar yang dingin. 

Ada juga teknologi AIRism Line, dengan teknologi ini, memungkinkan kulit bisa bernapas dan menyerap kelembaban. Jadi kamu gak bakal merasa kepanasan bila menggunakan AIRism Line. Rahasianya dari teknologi AIRism Line adalah penggunaan serat kain canggih Cupro. 

2. Dibuat untuk semua kalangan 

strategi bisnis uniqlo
Cocok dipakai siapapun. (Instagram/@uniqloindonesia)

Strategi bisnis Uniqlo agar menjangkau semua pangsa pasar adalah dengan membuat desain-desain yang netral. Kalau kamu lihat baju-baju Uniqlo kebanyakan motifnya polos dan modelnya universal. Mau pakaian formal maupun informal semuanya ada di sana. 

Gak cuma urusan model, untuk ukuran, di beberapa Uniqlo juga menyediakan ukuran dengan size besar bahkan sampai 3XL. 

3. Harganya lebih murah dari brand lain

strategi bisnis uniqlo
Harga bersaing. (Pixabay)

Sekitar 30 persen produk Uniqlo harganya berkisar di bawah US$ 10. Berbeda dengan Zara yang hanya 7 persen dari produknya di bawah US$ 10 dan H&M cuma 27 persen. 

4. Desain kolaborasi dengan brand lain 

strategi bisnis uniqlo
Banyak lakukan kolaborasi. (Pixabay)

Salah satu strategi bisnis Uniqlo untuk menghadirkan penyegaran produk-produk pakaian mereka adalah dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai brand. Sebut saja kolaborasi dengan Marvel, Snoopy, dengan Disney dan masih banyak lagi. 

5. Mereka fokus ke produk-produk yang tidak dilirik oleh kompetitor lainnya

strategi bisnis uniqlo
Fokus ke barang yang gak dilirik kompetitor. (Pixabay)

Nah, cara Uniqlo menggaet lebih banyak pembeli adalah mereka gak cuma fokus ke pakaian, outer, dan celana saja, tetapi mereka juga menaruh perhatian penuh ke produk-produk lain seperti kaus kaki dan pakaian dalam. 

Ketika orang ingin membeli kaus kaki, mereka bakal lebih memilih ke Uniqlo ketimbang ke Zara atau H&M.

6. Kualitasnya tahan lama 

strategi bisnis uniqlo
Kualitas bisa diadu. (Instagram/@uniqloindonesia)

Uniqlo juga menjamin kualitasnya terjamin dan tahan lama. Perhatian ini muncul dari keresahan dan permasalahan generasi milenial dan generasi Z yang selama ini selalu ribet dengan urusan lemari pakaian. Banyak pakaian di lemari yang menumpuk, padahal sudah tidak digunakan sama sekali. 

7. Distribusi

Distribusi salah satu strategi bisnis Uniqlo
(Instagram/@uniqlo)

UNIQLO memusatkan pada strategi distribusi dan marketing yang kuat untuk mengenal karakter pembelinya. Hal ini membantu dalam menentukan jenis barang, harga, serta cara memasarkan produk di negara tersebut.

Cara ini dinilai memiliki hasil signifikan. Di Singapura, koleksi Heattech sangat populer sebagai busana sehari-hari. Cukup mengejutkan, karena Singapura termasuk negara tropis. Ternyata, aktivitas warga yang banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC, membuat produk Heattech menjadi favorit.

8. Marketing

Marketing salah satu strategi bisnis Uniqlo
(Instagram/@uniqloindonesia)

Marketing yang kuat juga merupakan perpanjangan proses distribusi UNIQLO. Distribusi yang dimaksud adalah bagaimana cara UNIQLO menyampaikan produk mereka hingga ke tangan konsumen.

Secara cerdik, brand yang didirikan sejak tahun 1984 ini menggunakan billboard, social media influencers dan local brand ambassadors sebagai sarana promosi untuk ‘mengangkat’ popularitas produk.

Strategi bisnis di era digital

Nah, untuk era digital seperti saat ini tentu memudahkan bagi pelaku bisnis, tapi strategi bisnis tentu harus disesuaikan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Yuk, ketahui!

1. Manfaatkan kecanggihan teknologi

Melek teknologi di era digital seperti sekarang ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi yang tengah berkembang bisa membuatmu lebih lancar menjalankan bisnis.

Ini cukup membantu kamu yang tengah menjalankan sebuah bisnis, apalagi banyaknya kompetitor bermunculan dan mesti bersaing di bidang bisnis sama. Teknologi akan memudahkan menjalankan usaha maupun bisnis di era digital seperti sekarang ini.

2. Kekuatan social media

Manfaatkan media sosial mulai dari Instagram, Facebook hingga Twitter buat berbisnis penting dilakukan di era digital seperti sekarang ini.

Dengan menggunakan kekuatan sosial media, sudah pasti bakal memudahkan bagi pengusaha buat menjalankan usaha.

Mulai dari promosi hingga product knowledge ke konsumen bakal tersampaikan. Di sosial media juga bisa langsung berinteraksi langsung dengan calon pembeli atau pelanggan tetap.

3. Menggunakan digital marketing

Memanfaatkan digital marketing untuk mempromosikan usaha bisa membuat bisnismu lancar. Sangat penting sih menggunakan jasa agency untuk menggunakan digital marketing ini.

Di sini kamu gak perlu bingung mesti gimana demi menjalankan usaha mu agar tetap moncer dan laku keras.

4. Mobile friendly

Tingginya pengguna ponsel pintar saat ini memang sudah jelas bakal membuat pebisnis mendapatkan pelanggan dari pengguna smartphone. Karena itu, yang namanya strategi pemasaran bisnis mu mesti menggunakan tampilan mobile friendly.

Dengan begitu, harus memiliki design website yang sangat menarik dan friendly untuk user.

5. Manfaatkan aplikasi

Selain kekuatan media sosial, sekarang juga banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan langkah berbisnis. Karena itu, di zaman serbadigital sebaiknya gunakan aplikasi untuk semakin membantu bisnis.

Dengan cara ini, calon pembeli bakal mudah mendapatkan produk yang dijual.

6. Inovasi

Ini juga penting nih buat yang menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang ini. Inovasi merupakan kunci utama yang mantul banget buat pengusaha dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis.

Misalnya, bikin promosi semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik melihat toko jualanmu.

7. Berikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan

Ini juga sangat penting sih bagi kamu yang menjalankan bisnis di era digital sekarang ini. Memberikan pelayanan yang baik salah satu cara strategi bisnis yang mantul banget di era digital.

Pasalnya, bergerak di era yang serbacanggih, mulai merespons pelanggan hingga menyediakan barang. Karena itu, wajib memberikan pelayanan yang baik bagi calon pembeli maupun pelanggan tetapmu.

Itulah beberapa strategi bisnis yang diterapkan oleh Uniqlo untuk terus mengembangkan bisnisnya hingga sebesar saat ini. Selain itu, bagaimana menjalankan strategi bisnis di era digital seperti saat ini.

Semoga saja bisa memberikan inspirasi buat kamu yang tengah merintis bisnis khususnya di dunia fesyen. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →