Dapatkan Promo Asuransi Mobil Jakarta dengan Premi Terbaik

Dapatkan Promo Asuransi Mobil Jakarta dengan Premi Terbaik

5 / 5.0 (5.903 Ulasan)
50 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku

Asuransi Mobil Jakarta

Asuransi mobil Jakarta adalah produk asuransi kendaraan yang manfaatnya sesuai dengan kebutuhan dan risiko nasabah domisili  Jakarta. Perlu dipahami bahwa Jakarta merupakan salah satu kota dengan jumlah penggunaan kendaraan pribadi yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, tentu tingkat kecelakaan juga cukup tinggi sehingga asuransi mobil menjadi kebutuhan utama khususnya untuk pemilik kendaraan pribadi.

Nah, ada banyak pilihan asuransi mobil yang menanggung kerugian atau kerusakan mobil yang umum terjadi pada pemilik kendaraan di Jakarta! Yuk, lihat pilihan polis asuransi mobil Jakarta terbaik dengan premi mulai Rp38 ribu secara online di Lifepal!

*syarat dan ketentuan berlaku

Lebih lanjut Tentang Asuransi Mobil di Jakarta

Itulah sebabnya dengan memiliki asuransi mobil Jakarta, tentu Anda dapat meminimalisir tingkat kerugian finansial yang bakal diderita. Mulai terbebas dari biaya perbaikan kerusakan pada mobil atau penggantian kendaraan yang hilang.

Tingginya kebutuhan akan asuransi mobil Jakarta pun direspon baik oleh berbagai perusahaan asuransi. Terbukti dengan banyaknya perusahaan asuransi umum yang tersedia dan dapat diakses dengan mudah di Jakarta, baik kantor pusat maupun kantor cabang. Selain itu, tersedia juga fasilitas bengkel rekanan dan mobil derek yang tersedia di berbagai wilayah Jakarta.

Hingga saat ini kurang lebih terdapat 76 perusahaan asuransi umum yang menyediakan polis asuransi mobil di Jakarta. Berikut adalah beberapa daftar perusahaan asuransi di Jakarta

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil Jakarta 

Jakarta termasuk kota dengan tingkat mobilitas yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, pemilik jumlah mobil di Kota Jakarta semakin hari juga kian bertambah. Sehingga risiko terjadi berbagai risiko selama melakukan perjalanan cukuplah tinggi.

Sehingga akan lebih baik pemilik kendaraan di Jakarta memiliki asuransi mobil. Selain itu, asuransi mobil Jakarta juga sangat penting dimiliki khususnya untuk Anda yang mengajukan kredit mobil baru atau mobil bekas. Dengan begitu pengajuan kredit Anda akan dipermudah. Berikut ini keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki proteksi asuransi mobil Jakarta:

1. Investasi Perawatan Mobil

Tanpa disadari memberikan proteksi pada kendaraan kesayangan Anda juga meningkatkan harga jual mobil. Hal ini disebabkan, ketika memiliki asuransi kendaraan Anda akan lebih terawat dan terhindar dari kerusakan-kerusakan yang dapat mempengaruhi harga jual mobil. Karena itu, asuransi bisa jadi investasi di kemudian hari jika ingin kembali menjual mobil ataupun upgrade ke type terbaru mobil Anda.

2. Perlindungan Finansial

Risiko kerugian pada kendaraan tentu tidak dapat diprediksi terjadi kapan dan di mana saja. Sehingga dengan memiliki asuransi mobil Jakarta Anda tidak perlu panik ketika terjadi kerusakan. Sebab biaya perbaikan kerusakan ringan sampai berat akan ditanggung asuransi, sehingga Anda tidak perlu mengorbankan tabungan atau dana investasi untuk ke biaya bengkel. 

3. Memberikan Rasa Ketenangan

Memiliki asuransi mobil Jakarta juga akan memberikan Anda rasa ketenangan. Mengingat Jakarta adalah kota dengan tingkat kepadatan kendaraan dan mobilitas penduduk yang cukup tinggi. Artinya risiko terjadi kerusakan pada mobil kesayangan juga semakin lebih besar. Karena itu, dengan memiliki asuransi, setidaknya Anda bisa lebih tenang dalam berkendara dan mengatur keuangan setiap bulannya. Sebab ketika terjadi kerusakan akan dicover oleh asuransi.

Pilihan Polis Asuransi Mobil Jakarta

Jenis asuransi mobil Jakarta umumnya terdiri dari asuransi all risk dan asuransi total loss only (TLO). Pelajari kedua pilihan polis asuransi paling umum berikut ini sebagai pertimbangan Anda.

Asuransi Mobil All Risk adalah salah satu jenis polis yang memberikan ganti rugi  terhadap segala jenis kerusakan mobil, mulai dari yang kecil sampai yang parah. Selain itu, produk ini juga menanggung risiko kehilangan mobil.

Asuransi Mobil TLO adalah salah satu jenis polis yang memberikan ganti rugi  terhadap kerusakan mobil total atau biaya perbaikannya melebihi 75% dari harga mobil saat ini. Contohnya, kehilangan mobil akibat pencurian, terperosok, dan kerugian total lainnya.

Pilihan Perluasan Manfaat Asuransi Mobil Jakarta

Tidak hanya menyediakan polis asuransi mobil all risk Jakarta maupun TLO, Anda sebagai nasabah juga memilih perluasan manfaat. Perluasan manfaat pertanggungan atau rider akan membantu nasabah terlindungi dari berbagai risiko yang lebih lengkap. Berikut pilihannya jenis perluasan manfaatnya:

  • Risiko kerusakan akibat banjir termasuk angin topan.
  • Risiko kerusakan akibat huru hara dan kerusuhan.
  • Risiko kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami.
  • Risiko tuntutan biaya penggantian dari pihak ketiga.
  • Proteksi terhadap penumpang dari risiko kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Adapun tarif jaminan perluasan berdasarkan surat edaran OJK adalah sebagai berikut ini:

  • Banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, huru hara dan kerusuhan (SRCC), terorisme dan sabotase 0,05-0,035% dengan risiko sendiri 10% dari nilai klaim (minimal Rp500 ribu/kejadian).
  • TPL untuk kendaraan penumpang dan sepeda motor: uang pertanggungan (UP) hingga Rp25 juta 1%, UP Rp25-50 juta 0,5%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.
  • TPL (kendaraan niaga, truk, dan bus): UP Rp25 juta 1,50%, UP Rp25-50 juta 0,75%, UP Rp50-100 juta 0,375%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.
  • Kecelakaan diri penumpang: pengemudi 0,50% dari UP kecelakaan, penumpang 0,10% dari UP kecelakaan untuk setiap tempat duduk penumpang.
  • TPL terhadap penumpang: UP Rp25 juta 0,50%, UP Rp25-50 juta 0,25%, UP Rp500-100 juta 0,125%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.

Harga Premi Asuransi Mobil Jakarta

Besaran harga premi asuransi mobil sebenarnya di tentukan dari usia kendaran, wilayah, polis dan manfaat pertanggungan yang diambil. Namun Anda harus tahu, biaya premi asuransi juga sudah diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Pada peraturan rate asuransi mobil OJK tersebut, premi yang ditetapkan bergantung pada wilayah mana dan harga mobil nasabah. Untuk itu berikut ini adalah beberapa kategori wilayah dan rate harga premi berdasarkan ketentuan OJK:

Kategori Wilayah Biaya Asuransi Mobil

  • Wilayah I (Sumatera dan Kepuluan di sekitarnya)
  • Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten)
  • Wilayah III (Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah I dan II)

Kategori Harga Mobil

  • Kategori 1, yaitu Rp0 – 125 juta
  • Kategori 2, yaitu lebih dari Rp125 – 200 juta
  • Kategori 3, yaitu lebih dari Rp200 – 400 juta
  • Kategori 4, yaitu lebih dari Rp400 – 800 juta
  • Kategori 5, yaitu lebih dari Rp800 juta

Anda masih penasaran tentang besaran premi asuransi mobil kesayangan? Yuk lakukan simulasi perhitungannya menggunakan kalkulator asuransi mobil Lifepal berikut ini!

Contoh Simulasi Perhitungan Asuransi Mobil Jakarta

Perhitungan harga premi asuransi mobil di Jakarta sangat sederhana dan Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan agen asuransi. Anda bisa cek sendiri harga preminya menggunakan kalkulator asuransi mobil Lifepal di atas!

Selain itu, supaya Anda bisa lebih paham mengenai besaran premi asuransi mobil di Jakarta all risk maupun TLO, sinmak simulasi perhitungannya berikut ini:

Perhitungan Pertanggungan Asuransi All Risk (comprehensive) di Jakarta

Menurut surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017, adapun penetapan premi asuransi mobil Jakarta bisa dilihat pada rincian berikut:

  • Harga mobil kategori 1 yaitu hingga Rp125 juta antara 3,26%-3,59%
  • Harga mobil kategori 2 Rp125-200 juta antara 2,47%-2,72%
  • Harga mobil kategori 3 Rp200-400 juta antara 2,08%-2,29%
  • Harga mobil kategori 4 Rp400-800 juta antara 1,20%-1,32%
  • Harga mobil kategori 5 yaitu lebih dari Rp800 juta antara 1,05%-1,16%

Contoh:

Mobil dengan harga Rp150 juta di Jakarta. Berdasarkan rincian di atas, berarti mobil Anda termasuk kategori 2 wilayah II karena berada di angka Rp125 juta sampai Rp200 juta. Berikut simulasi harga premi asuransi mobil Jakarta:

Batas bawah kategori 2 x harga mobil

2,47 % x Rp150.000.000 = Rp3.705.000

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan premi yang harus dibayarkan adalah Rp3.705.000 per tahun.

Perhitungan Pertanggungan Asuransi Total Loss Only (TLO) di Jakarta

Berdasarkan surat edaran OJK yang sama, berikut adalah rincian persentase premi asuransi total loss only di wilayah Jakarta yang dapat Anda ketahui.

  • Harga mobil kategori 1 yaitu hingga Rp125 juta antara 0,65%-0,78%
  • Harga mobil kategori 2 Rp125-200 juta antara 0,44%-0,53%
  • Harga mobil kategori 3 Rp200-400 juta antara 0,38%-0,42%
  • Harga mobil kategori 4 Rp400-800 juta antara 0,25%-0,30%
  • Harga mobil kategori 5 yaitu lebih dari Rp800 juta antara 0,20%-0,24%

Contoh:

Setelah melihat rincian dari asuransi TLO, berikut simulasi premi asuransi mobil yang harus dibayarkan untuk mobil dengan harga pasar Rp150 juta di Jakarta.

Batas bawah kategori 2 x harga mobil

0,44% x Rp150.000.000 = Rp660.000

Dari perhitungan asuransi di atas, maka premi yang harus Anda bayarkan untuk asuransi mobil perlindungan TLO adalah Rp660.000 per tahun.

Cara Klaim Asuransi Mobil Jakarta

Prosedur klaim asuransi mobil umumnya akan disesuaikan dengan kejadian dan polis yang dimiliki. Berikut ini adalah prosedur klaim secara umum.

  • Laporkan kejadian yang Anda alami pada perusahaan asuransi paling lambat 5 x 24 jam
  • Siapkan dokumen dan formulir klaim. Kemudian kirim pada alamat perusahaan asuransi terkait
  • Pihak asuransi akan melakukan survei untuk menganalisa kerugian yang dialami
  • Jika klaim disetujui, maka nasabah akan mendapatkan ganti rugi sesuai ketentuan polis
Dokumen Klaim Asuransi Mobil
  • Dokumen polis asuransi, lampiran/endorsement
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Formulir klaim yang sudah diisi lengkap
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • BPKB kendaraan mobil
  • Kartu identitas (KTP) tertanggung
  • LKKB (Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor)
  • Laporan kerugian termasuk kronologi kecelakaan
  • Surat keterangan hilang apabila terjadi pencurian
  • Surat tuntutan pihak ketiga apabila melibatkan pihak ketiga

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil Jakarta

Asuransi mobil terbaik di Jakarta ditentukan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan calon nasabah maupun nasabah aktif ketika mencari asuransi mobil Jakarta.

Sekilas Tentang Asuransi Mobil Jakarta

Asuransi mobil sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting di Jakarta. Terlebih kini jumlah kendaraan pribadi di Jakarta terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data statistik transportasi DKI Jakarta tahun 2018, jumlah kendaraan pribadi di Jakarta sudah mencapai angka 3,9 juta unit untuk mobil dan 14,7 juta unit untuk motor.

Semakin tinggi jumlah kendaraan tersebut tentunya semakin besar pula risiko kemacetan terjadi. Apabila kemacetan terjadi, maka peluang mobil tersenggol, baret, maupun body penyok akan semakin besar. Risiko tersebut tentu belum termasuk kerusakan atau kehilangan yang terjadi akibat pencurian ataupun perampokan.

Solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerusakan maupun kerugian yang dapat terjadi akibat risiko-risiko tersebut adalah dengan memiliki asuransi mobil terbaik di Jakarta. Saat ini, sudah banyak pilihan akan asuransi mobil Jakarta yang dapat memberikan manfaat atau pertanggungan yang dapat disesuaikan baik dengan kebutuhan maupun kemampuan finansial Anda.

Mengapa Harus Memiliki Asuransi Mobil Jakarta?

Ada beberapa alasan Anda harus memiliki asuransi mobil di Jakarta. Mari simak alasannya wajib punya asuransi mobil Jakarta berikut ini.

  • Tingginya angka kecelakaan: Berdasarkan data yang tercatat di Polda Metro Jaya tahun 2018, terdapat 524 korban jiwa dan 804 korban korban luka berat akibat kecelakaan. Kecelakaan tersebut tentunya menimbulkan kerugian materiil, seperti pada tahun 2018 kerugian tersebut mencapai lebih dari Rp13 miliar. Dengan demikian jika diratakan, maka kemungkinan dalam setahun terdapat satu sampai dua kecelakaan setiap harinya.
  • Tingginya pencurian kendaraan bermotor: Kasus pencurian kendaraan bermotor terutama curanmor masih menjadi kasus yang menyita perhatian warga Jakarta. Berdasarkan data yang tercatat di Polda Metro Jaya, pada tahun 2018 jumlah pencurian kendaraan bermotor mencapai 1226 kasus. Dengan kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat menjadi daerah yang dianggap paling rawan pencurian kendaraan bermotor sepanjang 2018, yaitu mencapai 97 kasus.
  • Kondisi lingkungan dan kelalaian manusia: Banyak faktor yang bisa menyebabkan kendaraan mengalami kerusakan, seperti kelalaian manusia, kondisi jalan yang rusak, kebakaran, dan faktor manusia, seperti terjadi terorisme, sabotase, serta kerusuhan. Faktor cuaca dan bencana alam seperti banjir, gempa bumi, hujan disertai badai pun juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada kendaraan.

Dengan tingginya risiko-risiko di atas, tentu membuat asuransi mobil di Jakarta menjadi hal yang sangat mendasar untuk dimiliki. Dengan memiliki asuransi mobil Jakarta, maka Anda akan mendapatkan perlindungan yang tepat dan perluasan manfaat yang tidak hanya menanggung kerusakan tetapi juga manfaat santunan jika penumpang mengalami cedera, cacat, hingga meninggal dunia.

Keuntungan Membeli Asuransi Mobil di Jakarta

Jakarta menjadi kota dengan tingkat risiko tinggi akan kecelakaan maupun tidak kejahatan. Itulah sebabnya ketika Anda memiliki asuransi di Jakarta khususnya kendaraan akan banyak sekali keuntungan yang didapat. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • Ganti rugi kerugian atas risiko tertentu : Yang artinya ketika terjadi kerusakan, misalnya saja baret, lecet, penyok dan lain-lain Anda bisa melakukan klaim atas polis yang dimiliki. Sehingga risiko kerugian finansial bisa diminimalisir.
  • Perlindungan kendaraan yang masimal : Jakarta menjadi salah satu kota dengan tingkat mobilitas tinggi juga berbagai risiko kejahatan yang mungkin saja bisa Anda alami. Dengan membeli asuransi Jakarta khususnya kendaraan, Anda akan terlindungi dari risiko biaya perawatan sampai dengan kecelakaan yang bisa mengganggu kesehatan finansial.
  • Investasi perawatan : Memiliki asuransi mobil artinya Anda juga membuat kendaraan lebih terawat dari berbagai risiko. Itu artinya ketika Anda ingin menjual kembali kendaraan tersebut harganya juga bisa lebih tinggi.
Cek Harga Premi Asuransi Mobil Jakarta

Estimasi asuransi mobil Jakarta dalam hal biaya bisa dengan mudah Anda prediksi. Silakan tab premi untuk mengatahui detail informasi cara perhitungan asuransi mobil bulanan.

Apa itu OR asuransi mobil?

OR asuransi atau own risk adalah sejumlah biaya yang harus nasabah keluarkan ketika mengajukan klaim. Biasanya own risk ada jika nasabah mengambil asuransi mobil all risk. Untuk biaya OR asuransi mobil sendiri umumnya berkisar Rp300 ribuan per klaim.

Perluasan Asuransi Mobil di Jakarta

Perluasan asuransi mobil di Jakarta adalah jaminan proteksi tambahan berupa beberapa jenis risiko yang belum di-cover oleh manfaat utama produk asuransi mobil di wilayah Jakarta yang ada. Anda bisa tab polis untuk mengetahui apa saja jenis asuransi tambahan dan kisaran biayanya.

Seperti apa isi UU Asuransi 2014?

Undang-undang asuransi tahun 2014 (UU Asuransi Nomor 40 Tahun 2014) merupakan pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992. Isi dari UU Asuransi ini mengatur tentang beberapa hal sebagai berikut:

  • Tentang ketentuan umum mengenai asuransi jiwa, kesehatan, umum dan lain-lain
  • Ruang lingkup usaha perasuransian
  • Bentuk badan hukum dan kepemilikan perusahaan perasuransian
  • Tentang perizinan usaha
  • Tentang tata kelola usaha perasuransian berbentuk koperasi dan usaha bersama
  • Tentang peningkatan kapasitas asuransi, asuransi syariah, reasuransi, dan reasuransi syariah dalam negeri
  • Tentang program asuransi wajib
  • Tentang perubahan kepemilikan, penggabungan, dan peleburan
  • Tentang pembubaran, likuidasi, dan kepailitan
  • Tentang perlindungan pemegang polis, tertanggung, atau peserta
  • Tentang profesi penyedia jasa bagi perusahaan perasuransian
  • Tentang pengaturan dan pengawasan
  • Tentang asosiasi usaha perasuransian
  • Tentang sanksi administratif
  •  Tentang ketentuan pidana
  • Tentang ketentuan peralihan
Cara Membeli Asuransi Mobil Jakarta secara Online

Membeli asuransi mobil Jakarta tentunya dapat dilakukan secara online, cara ini terbilang cukup efektif sebab Anda tidak perlu datang langsung untuk mendapat penawaran terbaik. Membeli secara online pun akan membuat Anda lebih leluasa membandingkan produk asuransi mobil dari satu perusahaan asuransi dengan perusahaan yang lain.

Selain dapat dibeli kapan dan di mana saja, metode pembayaran atas asuransi mobil Jakarta yang dibeli pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan syarat asuransi mobil berikut ini

  • Info dan identitas kendaraan. 
  • Identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy (pdf) atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan.
  • Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital akan dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik. 

Selain membeli langsung melalui situs resmi, Anda juga bisa melakukan pembelian asuransi mobil di Lifepal. Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kendaraan baik asuransi mobil dan asuransi motor terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Apakah bisa membeli asuransi untuk mobil bekas?

Asuransi untuk mobil bekas tentu saja bisa dibeli. Namun, perlindungan yang bisa dipilih tentu berbeda dengan asuransi untuk kendaraan mobil baru. Untuk kendaraan baru, kita bisa memilih antara asuransi mobil all risk (comprehensif) atau asuransi TLO. Sedangkan asuransi mobil lama atau bekas biasanya hanya asuransi mobil TLO saja.

Namun ini juga tergantung merek dan usia mobil serta kebijakan penyedia asuransi.

Bagaimana cara cek asuransi mobil online di Lifepal?

Cara cek asuransi mobil murah yang bagus dan tepat untuk Anda sekarang bisa dilakukan secara online di Lifepal. Bandingkan dan lihat rekomendasi produk asuransi mobil terbaik secara online dengan mengisi formulir di atas!

Pelayanan Asuransi Mobil di Kota Lain di Indonesia Selain Jakarta

Daftar asuransi mobil di Indonesia, tidak hanya kota besar seperti Jakarta, berbagai kota lainnya juga telah memiliki asuransi mobil terbaik masing-masing. Berikut informasi mengenai pelayanan asuransi mobil di berbagai kota dan daerah di Indonesia.

Dapatkan Promo