Jenis perbaikan di bengkel mobil bisa bermacam-macam, mulai dari perbaikan body dan sasis, mesin, sistem elektrik, onderstel, hingga pengecatan dan pengelasan mobil.
Mendatangi bengkel mobil adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan perawatan rutin kendaraan kesayangan. Namun, banyak yang merasa bingung akan dibawa kemana mobil tersebut saat tiba waktunya servis rutin.
Setidaknya, ada dua jenis pilihan bengkel mobil yang bisa Anda pilih, yaitu bengkel resmi dan bengkel umum (nonresmi).
Sebagaimana namanya, bengkel resmi merupakan milik dealer atau agen pemegang merek (APM) penjual mobil. Artinya, bengkel resmi hanya melayani kendaraan dengan merek yang mereka jual.
Bengkel resmi memiliki tenaga ahli kompeten karena telah diberikan pelatihan khusus sesuai bidangnya. Jenis-jenis montir di bengkel resmi biasanya meliputi montir perbaikan umum (general repair), mandor perbaikan umum (foreman general repair), dan penasihat layanan (service advisor).
Contoh bengkel mobil resmi misalnya:
Bengkel umum disebut tidak resmi karena tidak memiliki afiliasi dengan APM atau dealer mobil tertentu. Berbeda dengan bengkel resmi, bengkel umum sanggup melayani berbagai jenis perbaikan/perawatan dan modifikasi untuk beragam merek mobil.
Meski tidak resmi, bukan berarti bengkel umum tidak bagus. Malah banyak yang memilih bengkel umum karena biasanya mereka memiliki suku cadang yang beragam dan lokasinya yang mudah ditemukan.
Berikut ini contoh bengkel umum.
Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika melakukan servis di bengkel resmi, di antaranya:
Namun, bengkel resmi juga punya kekurangan terutama masalah tarifnya. Bukan lagi rahasia jika tarif perbaikan dan perawatan mobil di bengkel resmi lebih mahal dibandingkan bengkel umum. Untuk itu, jika ingin melakukan perbaikan di bengkel resmi, pastikan Anda punyaAsuransi Mobil
Meskipun pasti tidak memiliki ikatan kerjasama dengan merek kendaraan tertentu, bukan berarti bengkel umum itu tidak bagus, lho. Yuk kenali kelebihan bengkel umum sebagai berikut.
Namun, tidak ada jaminan teknisi di bengkel umum memang benar-benar ahli di bidangnya. Sebagian besar teknisi di bengkel nonresmi tidak diberikan sertifikat walaupun mereka benar-benar ahli, kecuali memang mereka pernah mengikuti pelatihan khusus sebelumnya.
Meski begitu, tidak sedikit juga bengkel umum memberikan kualitas tidak jauh berbeda dengan bengkel resmi.
Lantaran harga mobil bukanlah angka yang sedikit, maka ada perbaikan yang harus dilakukan agar kondisi kendaraan tetap layak digunakan.
Ada beberapa alasan yang membuat Anda harus rutin servis di bengkel mobil, antara lain:
Perbaikan mobil, baik mobil matic maupun manual sebenarnya tidak terlalu banyak berbeda. Yang terpenting, selalu ikuti petunjuk atau saran dari produsen mengenai kapan sebaiknya servis mobil.
Lalu, kapan sebaiknya kendaraan Anda mulai diservis? Nah, untuk mengetahuinya Anda harus mengenal dulu jenis-jenis servis mobil berkala.
Setelah itu, perbaikan mobil juga dilakukan sesuai permasalahan pada kendaraan. Berikut ini penjelasannya.
Pada saat mobil mencapai jarak 5.000 km ada beberapa komponen yang harus diganti. Masa 5.000 km atau kurang lebih selama 3-4 bulan, mobil juga harus mendapatkan perawatan berkala.
Biasanya komponen yang dicek hampir sama seperti 1.000 km. Bedanya di 5.000 km ini oli pada mesin mobil akan dianjurkan untuk diganti.
Selain itu, bagian kampas rem, sistem steering, hingga cairan yang ada pada mobil juga akan mendapatkan pengecekan. Termasuk pemeriksaan aksesoris penting lainnya pada mobil.
Pada saat melakukan ganti oli mesin, biasanya dibarengi dengan penggantian filter oli. Biasakan mengganti filter oli agar sirkulasi tetap terjaga.
Pihak bengkel biasanya akan melakukan pembersihan, pengecekan pada komponen yang ada di mesin pada saat melakukan servis di 10.000 km pertama.
Ada beberapa komponen yang wajib dicek, seperti oli-oli pada mesin. Dimulai dari oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling. Hal lainnya yang akan dilakukan meliputi:
Setelah mobil mencapai 10.000 km, maka servis berkala selanjutnya yang akan dikerjakan adalah di interval 15.000 km.
Item-item yang dilakukan pengecekan sama seperti saat servis berkala 5000 km yaitu, penggantian oli mesin kendaraan dan pengecekan baut kolong, fluida dan minyak-minyak, air radiator, suspensi (sama seperti servis 1000 km).
Selain itu lakukan juga pada servis kelipatan 15000 km, 25000 km, 45000 km dan seterusnya.
Pemilik mobil juga wajib melakukan servis berkala saat penggunaan mencapai usia 1 tahun. Umumnya, servis berkala ini sudah mencapai jarak tempuh 20.000 km.
Karena itu, servis biasanya cukup besar dan membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena komponen yang akan dicek dan dibersihkan juga semakin banyak.
Servis berkala 20.000 km dilakukan mulai dari pembersihan saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, dan penggantian busi.
Khusus terkait ban dan kaki-kaki mobil, servis mobil berkala 20.000 km mencakup balancing dan spooring, rotasi ban menyilang, hingga cek velg untuk menjaga keamanan berkendara.
Biasanya masa ini adalah masa terakhir saat gratis biaya jasa yang diberikan oleh pabrikan otomotif. Setelah mobil lebih dari 1 tahun, para pemilik biasanya akan membayar biaya jasa pada saat melakukan servis.
Jika dibutuhkan, Anda bisa meminta uji emisi di bengkel kapan saja untuk memastikan bahwa sistem pembakaran mobil kesayangan Anda tetap dalam keadaan baik.
Melakukan pemeriksaan uji emisi kini menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan bermotor sebagai bagian dari kebijakan pemerintah daerah. Tidak hanya terhadap mobil berbahan bakar bensin, namun untuk mobil bermesin diesel juga.
Tune up adalah bentuk perawatan mobil yang dijadwalkan secara rutin tiap satu tahun sekali untuk mempertahankan performa mobil.
Melakukan tune up ini bisa dilakukan di bengkel resmi maupun di bengkel umum.
Jenis servis tune up secara umum mencakup penggantian beberapa komponen pada mobil. Misalnya, filter udara harus diganti setidaknya satu tahun sekali. Tune up juga dapat diikuti dengan mengganti beberapa komponen penting pada mesin.
Seperti mengganti kabel busi, busi, dan filter bahan bakar. Termasuk juga pemeriksaan ac mobil dan penyetelan sensor oksigen pada mobil.
Ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan saat melakukan tune up pada mesin mobil. Seperti membersihkan injektor, membersihkan karburator, memakai cairan pembersih pada sistem bahan bakar, cek knalpot mobil, dan/atau memasukkan cairan pembersih pada tangki bahan bakar.
Pernah melihat kap mesin ngebul? Ya, itu ciri-ciri mobil yang mengalami overheating. Insiden ini terjadi karena kondisi temperatur mesin melebihi batas maksimalnya.
Idealnya, suhu mesin berada di antara 82 derajat celcius hingga 93 derajat celcius. Nah, suhu mobil di atas 100 derajat celcius dipastikan mengalami overheating.
Penyebabnya macam-macam. Bisa karena sistem pendinginan mesin tidak bekerja sempurna atau air radiator sudah habis. Bisa juga karena terlalu banyak aksesoris mobil yang tidak perlu.
Kalau mobil sudah diminta overhaul atau turun mesin, berarti kerusakannya sudah berat. Istilah itu juga berlaku jika montir mendiagnosis ada kerusakan di gearbox maupun gardan.
Overhaul adalah pekerjaan yang membuat montir mesti membelah atau menurunkan mesin mobil untuk mencari tahu kerusakan.
Namun yang perlu diperhatikan soal overhaul ini adalah tidak selalu semua komponen mesin mengalami kerusakan. Jadi Anda perlu menekankan kepada montir, bagian apa saja pada mesin yang harus diperbaiki.
Hal ini penting sebagaimana biaya turun mesin atau overhaul cenderung lebih mahal dan akan tergantung kepada komponen apa saja yang perlu diperbaiki.
Spooring atau wheel alignment mengarah pada perbaikan langsung pada kaki-kaki mobil, dalam hal ini roda.
Spooring adalah pekerjaan untuk menyelaraskan lagi sudut roda sesuai spesifikasi pabrikan. Lazimnya, pekerjaan ini sudah dilakukan secara komputerisasi.
Pekerjaan spooring ini membantu agar perputaran tapak roda menjadi sempurna lagi sehingga ban tak cepat aus, BBM lebih irit, dan mendeteksi jika ada masalah di kaki-kaki mobil.
Adapun komponen kaki-kaki mobil yang perlu diperhatikan adalah suspensi, bushing arm, bearing, ban, peer hingga velg mobil.
Sama seperti spooring, istilah ini juga terkait dengan roda. Nah, balancing ini merupakan pekerjaan untuk menyamakan lagi bobot ban mobil dan pelek.
Jika bobotnya tak seimbang, maka pada kecepatan tertentu bakal membuat kemudi bergetar sehingga mengemudi jauh dari rasa nyaman. Kalau setir sudah bergetar seperti itu, maka segeralah kunjungi bengkel mobil untuk melakukan balancing pada kaki-kaki mobil.
Body repair merupakan jenis perbaikan yang dilakukan untuk memperbaiki beberapa kerusakan seperti mobil lecet, mobil baret, tergores, atau bahkan penyok karena kecelakaan maupun penggunaan sehari-hari.
Salah satu jasa body repair adalah dempul mobil yakni memoles ulang lapisan kerangka mobil untuk meratakan permukaan yang penyok atau bergelombang.
Pemilik mobil terkadang juga menginginkan warna mobilnya fresh kembali. Hal itu bisa dilakukan dengan coating mobil yakni teknik menambahkan lapisan khusus pada cat mobil sehingga tampak kinclong dan bening.
Jika ingin lebih bersih luar dan dalam, pemilik kendaraan dapat mempetimbangkan jasa detailing mobil di bengkel body repair.
Ini merupakan teknik membersihkan mobil dari segala jenis kotoran seperti debu, kerak, maupun goresan dari body luar sampai ke jok mobil.
Ada pula ketok magic yakni teknik memperbaiki mobil penyok secara tradisional dengan peralatan yang juga sederhana.
Disebut magic karena biasanya, teknik service mobil yang satu ini dilakukan secara tertutup alias tidak boleh dilihat pemilik kendaraan.
Biaya jasa servis yang akan dikenakan oleh setiap merek dan dealer tentunya akan sangat berbeda. Selain itu, model kendaraan juga akan berpengaruh terhadap biaya servis.
Berikut ini rata-rata biaya servis bengkel sesuai dengan jenis bengkelnya.
Tarif perbaikan mobil di bengkel resmi ini bervariatif tergantung jenis kendaraan dan jenis perawatan.
Di bengkel resmi berlaku harga sesuai pengkategorian jenis kendaraan dan kilometer yang dikeluarkannya.
Misalnya, jika mobil telah mencapai 10.000 kilometer, estimasi biaya servisnya adalah Rp400.000 hingga Rp600.000. Sementara itu, servis jika mobil telah mencapai 40.000 kilometer, estimasi biayanya mulai dari Rp1 juta sampai Rp1,2 juta.
Untuk servis mobil saat mencapai 80.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp2,6 juta sampai Rp3 juta.
Jika bengkel resmi sesuai kilometer, maka di bengkel umum, harga servis ditentukan oleh hasil diagnosis dari teknisi yang mengerjakan.
Harganya pun bisa bervariasi dan biasanya lebih murah, dibandingkan bengkel resmi.
Misalnya untuk biaya tune-up dibanderol dengan harga sebesar Rp350.000. Namun bengkel di wilayah yang sama hanya Rp100.000.
Tarif tersebut berlaku untuk kendaraan, khususnya mobil bermesin 1.500 cc atau 2.500 cc untuk merek kendaraan apa saja.
Faktor lain yang menyebabkan mahal atau murahnya biaya servis adalah usia kendaraan. Umumnya lebih sulit mencari spare part mobil tua ketimbang mobil terbaru sehingga bisa saja membuat harganya jadi lebih mahal.
Saat servis mobil terkadang bisa melebihi anggaran yang sudah direncanakan. Biasanya, ada saja komponen yang menurut kita baik-baik saja, ternyata bengkel menyarankan untuk menggantinya. Alhasil, ongkos perbaikan jadi lebih mahal.
Nah, biar kejadian ini tidak terjadi pada Anda, yuk ikuti tips biar servis tetap murah berikut ini.
Perawatan mobil adalah salah satu faktor penting dari sebuah kendaraan karena cara ini mampu memperpanjang usia kendaraan tanpa menyebabkan masalah.
Sayangnya, memilih bengkel mobil ternyata tidak mudah. Apalagi saat ini ada banyak bengkel mobil yang tak sesuai dengan standar.
Untuk itu, Anda wajib memahami cara memilih bengkel mobil agar tidak terjebak dengan bengkel abal-abal.
Memilih bengkel sesuai lokasi dapat memudahkan Anda saat kendaraan mengalami kerusakan. Bayangkan jika saat mobil Anda mogok, lalu bengkel mobil jauh dari jangkauan? Pasti akan sulit membawanya.
Untuk itu, pastikan saat memilih bengkel mobil terbaik yang akan jadi langgananmu, lokasinya mudah untuk Anda jangkau, ya!
Untuk itu, pastikan saat memilih bengkel mobil terbaik yang akan jadi langgananmu, lokasinya mudah untuk Anda jangkau, ya!
Selain soal jarak, kualitas teknisi sangatlah penting saat memilih bengkel mobil terbaik. Teknisi yang baik biasanya bersertifikat dan memiliki pengetahuan yang detail mengenai mobil sehingga Anda tidak akan ragu mempercayakan kendaraan kepada mereka.
Jika masalahnya cukup spesifik, pertimbangkan untuk melakukan servis di bengkel spesialis seperti bengkel spesialis pintu mobil, spesialis AC mobil, audio mobil, maupun bengkel spesialis lampu mobil.
Di bengkel spesialis, para montir berpengalaman mengerjakan satu masalah selama bertahun-tahun sehingga sudah terlatih betul. Jadi, Anda bisa tenang saat menyerahkan kunci mobil kepada montir.
Jadi, usahakan Anda memilih bengkel yang sudah memiliki reputasi yang baik. Anda bisa mengetahui ini dengan melihat testimoni soal bengkel di internet, bertanya pada kenalan, atau bergabung di komunitas otomotif.
Saat memilih bengkel, memastikan ketersediaan suku cadang juga tidak kalah penting. Kalau mau aman, lebih baik utamakan bengkel resmi karena ketersediaan suku cadang mereka sudah dijamin lengkap dan original. Termasuk pilihan sarung jok orisinal dengan kualitas terbaik.
Tetapi, Anda juga bisa pilih bengkel umum yang besar dan punya cabang di mana-mana. Biasanya, bengkel jenis inii suku cadang mobil yang lengkap dan berbagai macam pilihannya. Sehingga Anda bisa memilih sendiri suku cadang tersebut sesuai dengan budget yang Anda miliki.
Setiap bengkel dengan teknisi terpercaya tentu mempunyai standar operasional yang jelas. Tidak hanya itu, Quality Control juga memegang peranan krusial terhadap sebuah bengkel mobil yang bagus.
Jika Anda memilih servis di bengkel yang dikerjakan dengan SOP dan QC yang berkualitas tinggi, maka mereka semakin akurat dalam mendiagnosis penyakit mobil yang Anda miliki.
Utamakan juga memilih bengkel dengan jam operasional yang lebih panjang atau bahkan 24 jam. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa datang langsung atau menghubungi mereka kapan saja.
Kerusakan atau gangguan yang menimpa mobil Anda bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, pastikan bahwa bengkel pilihan Anda memiliki kantor cabang yang tersebar luar dan masing-masing memiliki nomor kontak yang jelas.
Jadi jika Anda sedang berkendara ke luar kota tidak perlu merasa cemas karena bengkel andalan bisa dikunjungi di mana saja.
Kalau Anda punya polis asuransi mobil maka tak perlu khawatir saat memilih bengkel mobil. Cara termudah untuk menentukan bengkel terbaik, tentu dengan memilih rekanan asuransi. Sebab, biasanya perusahaan asuransi memilih bengkel yang dikenal memiliki reputasi yang baik untuk dijadikan rekanan.
Dengan memilih bengkel rekanan, maka proses perbaikan menjadi lebih mudah karena akan diurus dan ditangani oleh pihak asuransi. Sehingga proses pengerjaan di bengkel bisa lebih cepat.
Misalnya kerusakan body pada panel pintu, pihak asuransi sudah akan mengabari pihak bengkel untuk segera melakukan penanganan karena biaya sudah ditanggung.
Jangan lupa, bengkel rekanan yang bagus juga sebaiknya memiliki fasilitas perbaikan atau perawatan cat mobil. Jangan cemas, asuransi mobil pada umumnya turut menanggung biaya perbaikan cat mobil.
Bahkan, pada saat darurat, asuransi mobil juga bisa sangat membantu karena memiliki layanan derek mobil atau towing yang siap menjemput mobil kamu yang mogok.
Selain melakukan perawatan mobil secara berkala, jangan lupa untuk membayar pajak mobil tepat waktu, ya. Perpanjanglah STNK mobil sebelum melewati batas akhir yang telah ditentukan untuk menghindari denda.
Jangan malas karena saat ini, pelayanan pajak mobil di Samsat sudah sangat mudah diakses bahkan beberapa layanannya bisa dilakukan secara online.
Ada pula Samsat Keliling yang bisa melayani keperluan SIM mobil. Pemilik SIM A, SIM B, maupun SIM C dapat mengakses beberapa keperluan seperti perpanjang STNK, balik nama kendaraan, mengurus BPKB mobil hilang, serta layanan lain yang berhubungan dengan berkas mobil atau motor.
Kalau dipikir-pikir, memiliki mobil itu perlu banyak uang, ya. Mulai dari biaya servis rutin, pajak kendaraan sampai dana cadangan yang mesti kamu siapkan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan parah.
Karena itu, Anda sebaiknya memiliki asuransi mobil yang dapat meng-cover biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan, baik kecil maupun besar. Dengan begitu, kerugian finansial bisa ditekan jika risiko yang tak diinginkan terjadi.
Ada dua jenis bengkel mobil yaitu:
Layanan yang diberikan bengkel mobil sangat banyak. Sebut saja servis umum seperti servis rutin, pengecekan aki, pengecekan kondisi ban, servis mesin, serta pengecekan kaki-kaki mobil.
Pemilik mobil dianjurkan melakukan servis berkala tiap 10.000 km atau enam bulan.
Bengkel mobil online adalah layanan yang menawarkan jasa servis mobil panggilan atau jasa booking servis mobil di bengkel secara online. Lewat aplikasinya, Anda bisa menghubungi salah satu bengkel yang tersedia.
Estimasi biaya servis jika mobil telah mencapai 10.000 kilometer Rp400.000 hingga Rp600.000. Servis jika mobil telah mencapai 40.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp1 juta sampai Rp1,2 juta.
Servis mobil saat mencapai 80.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp2,6 juta sampai Rp3 juta.
Tune up: upaya untuk mengembalikan performa atau stamina mesin ke kondisi terbaiknya.
Keduanya memiliki perbedaan, antara lain apabila servis biasa maka kendaraan akan dilakukan pengecekan kondisinya.
Sementara jika melakukan tune up bertujuan untuk membuat kondisi komponen-komponen pada kendaraan dalam kondisi yang prima atau baru.
Biasanya untuk sekali melakukan tune up di bengkel umum, kira-kira harus menyiapkan biaya Rp350.000 hingga Rp500.000. Kisaran tersebut belum termasuk biaya penggantian sparepart atau komponen yang memang dianggap sudah tidak layak pakai yang bisa menjadi penyebab mobil mogok.
Biaya untuk mengganti kaki-kaki mobil ternyata tergantung dari mobil yang digunakan sebab setiap pabrikan dari Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat memiliki harga yang berbeda-beda. Sebagai gambaran, berikut ini biaya ganti kaki-kaki mobil.
Asuransi mobil adalah produk perlindungan finansial yang manfaatnya dapat menjamin nasabah dari tagihan perbaikan mobil yang terlalu mahal.
Asuransi mobil terbagi dua, yaitu asuransi all risk untuk jaminan menyeluruh dan asuransi TLO untuk jaminan kerusakan berat atau kehilangan.
Montir adalah tenaga ahli dalam bidang otomotif yang bertugas memperbaiki kerusakan pada permesinan mobil atau motor. Dia juga bertugas mempertahankan performa mesin kendaraan tetap berada pada titik optimal. Sebagian bengkel menawarkan montir panggilan yang bersedia datang ke rumah pelanggan.
Overheating: memanasnya mesin hingga mencapai suhu di atas kewajaran. Ditandai dengan keluarnya asap dari mesin.
Overhaul: turun mesin adalah penanganan mesin mobil berskala besar sebagaimana tingkat kerusakannya sudah parah. Mobil terpaksa harus menginap di bengkel untuk ditangani secara menyeluruh.
Spooring atau wheel alignment adalah penanganan untuk menyelaraskan sudut-sudut roda sesuai spesifikasi pabrikan kembali.
Balancing adalah penanganan untuk menyamakan bobot ban dan pelek kembali. Tanda-tandanya adalah kemudi yang bergetar saat mobil dibelokkan atau ketika mobil mencapai kecepatan tertentu.
Body repair adalah jenis perbaikan yang dilakukan pada bagian body kendaraan yang rusak karena kecelakaan maupun akibat penggunaan sehari.hari. Beberapa perbaikan yang termasuk dalam jenis layanan ini antara lain coating mobil, detailing, sampai mag welding untuk penyambungan komponen logam.
Paint Protection Film adalah salah satu jenis teknik perlindungan body mobil yang dilakukan dengan memberikan lapisan film di atas permukaan body. Cara kerja PPF mobil ini sangat mirip dengan proses laminating.
Tidak menemukan bengkel mobil yang sesuai dengan merk mobil Anda? Silahkan ubah pencarian atau lihat pilihan bengkel mobil lain untuk merk mobil populer berikut:
Tidak menemukan bengkel mobil yang sesuai dengan asuransi Anda? Silahkan ubah pencarian di atas atau lihat pilihan bengkel mobil berdasarkan asuransi berikut: