5 Asuransi Mobil Syariah Terbaik 2020 [Plus Tips Memilih]

asuransi mobil syariah

Asuransi mobil syariah adalah produk yang menjamin risiko kerugian finansial atas mobil dengan berlandaskan hukum syariat.

Risiko-risiko yang dimaksud meliputi kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas, bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kerusuhan.

Fakta-fakta pendukung pentingnya asuransi mobil

Penting atau tidaknya menjadi nasabah asuransi mobil bisa digambarkan melalui data yang disajikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO mencatat bahwa kecelakaan lalu lintas menjadi faktor penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia, setelah jantung koroner dan TBC.

Sejalan dengan itu, Kepolisian Negara Republik Indonesia juga mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas pada 2018 sebanyak 103.672 kasus, naik dari jumlah tahun 2017 sebanyak 101.022 kasus.

Fakta angka di atas memberikan gambaran bahwa insiden kecelakaan bukan perkara sederhana yang bisa diabaikan.

Tidak dipungkiri, tiap pengendara perlu memberi porsi perhatian lebih banyak dalam berkendara di jalanan.

Tidak hanya demi keselamatan jiwa sendiri dan penumpang, namun juga keamanan kendaraan itu sendiri.

Untuk mendapatkan konsultasi gratis terkait penawaran promo, dan pilihan asuransi mobil syariah terbaik sesuai spesifikasi mobil & kebutuhanmu, gunakan fitur bandingkan / konsultasi dari Lifepal.

Perlu diingat, kerugian yang menimpa korban kecelakaan bukan hanya kerugian jiwa, namun juga kerugian materi yang bisa saja membebani keluarga korban.

Persamaan dan perbedaan asuransi mobil syariah dan konvensional

Secara mandiri, asuransi syariah adalah produk perlindungan finansial yang sistem kerjanya berlandaskan kepada syariat. Pilihan produknya ada banyak, asuransi mobil adalah salah satunya.

Terlepas dari adanya kesamaan objek perlindungannya, asuransi mobil syariah berbeda dengan asuransi mobil konvensional.

Lantas apa yang menjadi persamaan dan perbedaan mendasar antara keduanya? Mari kita cari tahu di sini.

1. Persamaan asuransi mobil syariah dan konvensional

Secara umum, asuransi mobil konvensional dan syariah memiliki pola yang sama, terutama dalam hal layanan, premi, hingga rekan bengkelnya.

Perihal bengkel, sepanjang bengkel tersebut memiliki kemitraan dengan produk asuransi mobil konvensional, maka bengkel tersebut dapat melayani pemegang polis asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam juga.

Jenis perlindungan yang ditawarkan asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam pun sama dengan yang ditawarkan asuransi mobil konvensional.

Jenis dan perlindungan yang ditawarkan mencakup Total Loss Only (TLO) dan all risk (comprehensive).

  • Asuransi Total Loss Only atau TLO artinya perusahaan asuransi hanya memberikan ganti rugi terhadap kerusakan mobil di atas 75 persen. Misalnya, mobil rusak berat hingga tidak dapat digunakan atau hilang akibat dicuri.
  • Sedangkan perlindungan asuransi all risk atau comprehensive berarti ganti rugi yang diberikan menyeluruh, alias semua skala kerusakan yang menimpa kendaraan. Mulai dari timbulnya baret karena terserempet hingga kasus kehilangan akibat dicuri.

2. Perbedaan asuransi mobil syariah dan konvensional

Kini kita beranjak ke pembahasan perbedaan antara dua konsep asuransi mobil ini, konvensional dan syariah.

Asuransi konvensional menggunakan prinsip transaksi jual beli, di mana kedua pihak (perusahaan asuransi dan nasabah) mengharapkan untung. Sedangkan, asuransi syariah menerapkan prinsip tolong-menolong atau ta’awuni.

Prinsip ta’awuni ini berarti setiap nasabah asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam memberi kuasa kepada perusahaan penyedia produk asuransi untuk mengelola dana nasabah atau dana tabarru’ menggunakan akad wakalah bil ujrah.

Sebagai imbalannya, pengelola dana tabarru’ alias pihak perusahaan asuransi akan mendapat ujrah atau upah jasa.

Secara sederhana, dana tabarru’ yang dikelola pihak asuransi ini nantinya juga dipakai sebagai dana ganti rugi bagi nasabah yang mengalami insiden yang merugikan kendaraannya.

Artinya, dana ganti rugi asuransi yang didapat seorang nasabah berasal dari sejumlah nasabah lainnya.

Tentunya konsep asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam tunduk pada hukum Islam. Dengan begitu, penempatan dan alokasi dana tabarru’ pun tidak boleh bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Pengelolaan dana tidak boleh ada unsur perjudian, barang haram, seperti investasi dana di perusahaan minuman beralkohol.

Daftar asuransi mobil syariah terbaik 2020

Soal memilih produk asuransi mobil syariah yang terbaik belum tentu mudah sebagaimana ada banyak perusahaan asuransi syariah di Indonesia.

Pada prinsipnya, tiap produk asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam hampir sama. Yang membedakan hanyalah kualitas layanan dan kuantitas manfaat yang diberikan. 

Paling baik memang membandingkannya dari sisi apa saja layanannya, seluas apa jaringan yang dimiliki, dan apa kemudahan akses langsung ke perusahaan asuransi terutama saat mengajukan klaim asuransi. 

Nah, Lifepal merangkum lima produk asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam yang bisa jadi pertimbangan kamu.

Kelima produk ini kami sarikan dalam bentuk manfaat, layanan, jaringan dan premi yang ditawarkan. Mari kita ulas satu demi satu berikut ini.

  • Astra Buana Syariah
  • Takaful Umum
  • Otomate Syariah
  • Garda Oto Syariah
  • Autocilin Ikhlas

1. Astra Buana Syariah

Asuransi ini kini dikenal dengan Garda Oto Syariah dengan prinsip kaidah keislaman berdasarkan tolong-menolong. Produk asuransi ini terdapat skema no claim bonus atau bagi hasil jika nasabah tidak melakukan klaim.

Persentasenya bisa mencapai 50 persen, tapi persentase pastinya berdasarkan perhitungan keuntungan perusahaan.

Soal layanan, Garda Oto Syariah ini mengadopsi layanan yang diberikan asuransi konvensional dari sisi rate atau premi dan paket, bengkel dan jaringan layanan, serta fasilitas Garda Oto.

Penawaran, paket, dan simulasi asuransi Garda Oto Syariah berdasarkan pada data kendaraan ya, termasuk juga manfaat yang ingin didapat.

Sementara jenis asuransinya dibagi menjadi dua, yakni asuransi mobil all risk dan asuransi TLO. Kamu tinggal menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

2. Takaful Umum

Asuransi Takaful Umum memberikan perlindungan khusus untuk jenis kendaraan nonbus atau nontruk, bus, truk, pick-up, dan sepeda motor dengan penggunaan nonkomersial.

Ada dua jenis polis standar asuransi kendaraan yang dijaminkan, yakni tipe comprehensive atau meng-cover partial loss.

Selanjutnya, jenis total loss atau yang disebut dengan constructive total loss, yakni klaim yang disebabkan kecelakaan yang biaya perbaikannya sama dengan atau lebih tinggi dari 75 persen dari harga sebenarnya.

Risiko yang ditanggung pada produk ini mulai dari tabrakan, benturan, perbuatan jahat orang lain, pencurian, kebakaran akibat sambaran petir, kerusakan saat melakukan penyeberangan, hingga menanggung biaya derek.

Takaful memiliki bengkel rekanan di semua area, seperti Sumatera, Jabodetabek dan Banten, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Lokasi persisnya bisa ditemukan di website.

3. Otomate Syariah

Produk asuransi kendaraan bermotor dari Asuransi ACA. Asuransi Mobil All Risk Otomate Syariah memberikan jaminan perlindungan atau proteksi atas kerugian atau kerusakan serta musibah kehilangan kendaraan bermotor.

Disebut dengan asuransi otomate karena merupakan produk asuransi yang dikemas khusus dalam bentuk paket dan disertai beberapa fasilitas yang meliputi:

  • Mobil pengganti.
  • Perbaikan darurat.
  • Mobil derek, dan ambulans.

ACA Insurance menjamin akses layanan 24 jam perihal informasi polis, bengkel rekanan dan layanan ACA lainnya.

4. Garda Oto Syariah 

Perbedaan asuransi Garda Oto Syariah dengan konvensional terletak pada akad yang mana asuransi syariah mengikuti kaidah dan prinsip keislaman berdasarkan tolong menolong.

Asuransi Garda Oto Syariah ini juga memiliki skema no claim bonus dan bagi hasil jika pada periode sebelumnya customer tidak melakukan klaim. Bagi hasil dilakukan berdasarkan perhitungan keuntungan perusahaan yang kemudian di-share kepada nasabah.

Meski perbedaannya hanya pada kaidah dan akadnya, layanan Garda Oto Syariah dan Garda Oto konvensional tetap sama terkait rate premi asuransi dan paket, jaringan bengkel rekanan, layanan nasabah, serta fasilitas Garda Oto lainnya.

5. Autocilin Ikhlas

Asuransi mobil Autocillin Ikhlas adalah polis asuransi mobil syariah dari Adira Insurance.

Polis ini memberikan opsi modifikasi iuran premi asuransi kepada pelanggannya sesuai kebutuhan, apa pun produk yang dipilih, baik perlindungan comprehensive maupun Total Loss Only (TLO).

Tidak berhenti di situ, nasabah juga berpeluang mendapatkan bagi hasil di akhir periode apabila tidak ada pengajuan klaim asuransi.

Perlindungan dari asuransi mobil Autocillin Ikhlas mencakup:

  • Ganti rugi untuk pihak ketiga.
  • Santunan untuk kecelakaan pada diri nasabah.
  • Ganti rugi biaya pengobatan.
  • Ganti rugi kerusakan mobil akibat banjir, angin topan, gempa bumi.
  • Kerugian akibat aksi pemogokan dan kerusuhan.

Selanjutnya tinggal disesuaikan jika memang membutuhkan fitur atau tambahan seperti tambahan New for Old, Personal Effect hingga Car Rental.

Apa produk asuransi mobil syariah yang cocok denganmu?

Dari kelima rekomendasi asuransi mobil syariah di atas, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dan premi asuransi yang bervariasi sesuai produk yang akan dipilih.

Apakah sebenarnya kamu lebih membutuhkan perlindungan all risk atau Total Loss Only? Coba cari tahu di sini.

Nah sekarang pertanyaannya adalah berapa premi asuransi yang perlu dibayarkan tiap tahun untuk mendapatkan perlindungan yang diinginkan?

Yuk kita cari tahu dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut untuk mendapatkan kisarannya.

Cari tahu lebih banyak tentang ulasan-ulasan dan referensi asuransi mobil syariah terbaik di Indonesia sekaligus berkonsultasi secara gratis di Tanya Lifepal.

Tips memilih asuransi mobil syariah

Ada dua hal mendasar yang perlu diperhatikan saat kita ingin memanfaatkan produk asuransi mobil syariah yang terbaik sesuai kebutuhan, yaitu:

1. Pastikan penggunaan dana tabarru’ sesuai dengan syariat

Dana tabarru’ adalah uang yang dikumpulkan dan akan dimanfaatkan berdasarkan prinsip tolong-menolong atau sharing risk.

Nasabah asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam punya hak untuk mengetahui penggunaan dana tabarru’, termasuk bila dana tersebut diinvestasikan di perusahaan-perusahaan yang bertentangan dengan syariat.

2. Pastikan perusahaan asuransi syariah pilihanmu diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Dewan Pengawas Syariah atau DPS adalah instansi resmi yang mengawasi lembaga keuangan syariah, termasuk perusahaan penyedia produk asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam.

Cara membeli asuransi mobil syariah

Proses pengajuan asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam pada prinsipnya sama dengan pengajuan asuransi mobil konvensional.

Sebagai langkah awal, sebaiknya kita melakukan survei beberapa produk asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam sekaligus.

Bandingkan produk mana yang sesuai dengan alokasi dana pribadi dan pastikan pertanggungannya sesuai kebutuhan kita.

Setelah menentukan produk asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam yang terbaik, isi formulir pengajuan online dibawah ini:

Langkah selanjutnya, selesaikan pembayaran premi dengan berbagai fasilitas pembayaran yang disepakati.

Kalau kamu membutuhkan bantuan untuk mendapatkan asuransi mobil syariah, jangan ragu untuk berkonsultasi di Lifepal.

Memiliki mobil tentu bukan perkara yang murah sebagaimana harga beli dan perawatannya mahal. Tidak salah jika kita melindunginya atas segala risiko kerusakan yang bisa menimpa di keseharian.

Membeli produk asuransi mobil, terutama yang berbasis syariat, adalah langkah yang tepat bagi kita yang ingin melindungi harta secara aman sesuai ketentuan Islam.

Memiliki mobil tentu bukan perkara yang mudah.

Tidak salah jika kita melindunginya atas segala risiko kerusakan yang bisa menimpa kendaraan kita. 

Nah, membeli asuransi syariah adalah langkah yang tepat bagi kita yang ingin melindungi harta secara aman sesuai ketentuan syariat.

Alangkah baiknya, pemilik kendaraan memberi perlindungan asuransi terhadap mobilnya dari segala macam kerusakan agar lebih nyaman berkendara.

Apalagi ada jaminan penggantian unit baru juga apabila mobil mengalami kerusakan total.

Selain kecelakaan, risiko yang mengancam kendaraan pribadi juga termasuk begal atau pencurian. Apalagi di kota-kota besar, ancaman begal dan pencurian ini semakin nyata.

FAQ seputar asuransi mobil syariah

Kenapa lebih baik memilih asuransi mobil syariah?

Dengan memilih produk perlindungan finansial dari asuransi mobil syariah, maka dana dan sistem kerja yang digunakan telah dijamin terbebas dari riba dan tindakan yang dilarang dalam syariat.

Tiap perusahaan asuransi syariah yang resmi telah memiliki perwakilan dari Dewan Pengawas Syariah MUI untuk menjamin keamanan tersebut.

Apa perbedaan asuransi mobil syariah dan konvensional?

Asuransi konvensional menggunakan prinsip transaksi jual beli, di mana kedua pihak (perusahaan asuransi dan nasabah) mengharapkan untung. Sedangkan, asuransi syariah menerapkan prinsip tolong-menolong atau ta’awuni.

Perusahaan asuransi syariah yang akan mengelola dana nasabah atau dana tabarru’. Dana tabarru’ dipakai untuk ganti rugi bagi nasabah yang mengalami insiden yang merugikan kendaraannya.

Apa saja perusahaan asuransi mobil syariah?

  • Asuransi mobil syariah Astra Buana
  • Asuransi mobil syariah Takaful Umum
  • Asuransi mobil all risk Otomate Syariah
  • Asuransi mobil all risk Syariah Garda Oto
  • Asuransi mobil Autocilin Ikhlas

Bagaimana menentukan asuransi mobil syariah yang aman?

Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi mobil syariah yang aman, yaitu:

  1. Pastikan penggunaan dana tabarru’ tidak terlibat dalam bisnis yang bertentangan dengan syariat.
  2. Pastikan perusahaan asuransi syariah tersebut termasuk dalam daftar pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →