5 Asuransi Mobil Terbaik dan Besaran Premi Berdasarkan Aturan OJK

Asuransi Mobil

Asuransi mobil terbaik bukanlah hal yang langka lagi di Indonesia, khususnya di perkotaan. Kepedulian masyarakat akan risiko yang bakal terjadi terhadap tunggangan mereka semakin meningkat. 

Jadi kalau dulu mungkin hanya asuransi jiwa saja yang dipikirkan, kini asuransi untuk kendaraan juga penting. Hal ini tentu demi melindungi kondisi finansial semata. 

Tanpa asuransi, kalau ada hal-hal buruk terjadi dengan kendaraanmu, otomatis kamu harus menanggung kerugiannya sendiri. Tapi, dengan asuransi, beban bakal ringan karena semua kerugian juga ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Buat kamu yang berencana untuk memilih asuransi mobil terbaik, simak dulu ulasan singkat mengenai jenis asuransi dan berapa besaran preminya yang harus dibayarkan. 

Apa itu asuransi mobil? 

Asuransi Mobil
Asuransi kendaraan (Ilustrasi by Pixabay).

Asuransi adalah sebuah perjanjian resmi yang menjamin pihak perusahaan asuransi bakal membantu kamu atas segala risiko yang terjadi terhadap diri atau barang-barang yang kamu asuransikan. 

Artinya, asuransi untuk mobil berguna untuk melindungi mobil kamu dari risiko-risiko buruk, seperti hilang, kecelakaan, atau rusak. Bagaimana bentuk perlindungannya? Mereka bakal membantu kamu secara finansial dalam menanggung kerugian akibat risiko tersebut. 

Mengenai besaran uang yang diberikan dan risiko apa saja yang dicover, bergantung dari polis atau perjanjian yang dipilih. Selain itu, besaran premi bulanan atau tahunan yang harus kamu bayarkan ke perusahaan asuransi juga tergantung dari polis yang kamu pilih. 

Kelebihan menggunakan asuransi mobil

Asuransi Mobil
Form asuransi kendaraan (Pixabay).

1. Meminimalisir kerugian 

Mobil adalah kendaraan yang terbilang mahal, kalau terjadi kerusakan atau kecelakaan, otomatis biaya perbaikannya juga mahal. Nah kalau mendaftarkannya ke asuransi, kamu gak perlu menanggung semuanya sendirian. Karena sesuai perjanjian, sebagian atau bahkan seluruh kerugiannya bakal dibayarkan oleh perusahaan asuransi. 

2. Memberikan ketenangan 

Perasaan was-was pasti bakal selalu ada kalau kita memiliki barang mahal, was-was karena barang tersebut rusak atau bahkan hilang. 

Mobil yang kamu miliki juga berisiko mengalami kerusakan akibat kecelakaan hingga risiko kehilangan. Dengan mendaftarkannya ke asuransi, kamu bisa sedikit lebih tenang bila hal tersebut terjadi. Karena kamu yakin segala risiko itu bisa teratasi dengan cepat oleh perusahaan asuransi. 

3. Meminimalisir dari masalah hukum 

Sebuah kecelakaan kendaraan, tentu ada penyebabnya, entah itu dari pihak satu atau pihak dua. Jika kamu menggunakan asuransi kendaraan, kamu bisa meminimalisir tuntutan hukum apabila kesalahan cenderung berada di kamu. Tapi, bukan berarti kamu terbebas dari hukum sepenuhnya ya! 

4. Kamu bakal mendapatkan mobil pengganti saat mobil dalam perbaikan 

Saat mobilmu sedang diperbaiki karena kecelakaan, kamu harus rela tidak menggunakan mobil selama perbaikan tersebut selesai. Hal ini otomatis bisa mengganggu kamu yang biasanya mengandalkan mobil untuk mobilitas sehari-hari. 

Namun, kalau kamu mendaftarkannya ke perusahaan asuransi, kamu bakal mendapatkan mobil pengganti sementara. 

5. Biaya medis juga ikut ditanggung 

Beberapa asuransi mobil terbaik ternyata juga memberikan kompensasi biaya perawatan medis lho! Hal ini tentu berlaku jika kamu mengalami kecelakaan di dalam mobil yang diasuransikan, lalu mengalami luka-luka serius. 

Kekurangannya menggunakan asuransi mobil 

Asuransi Mobil
Tabrakan kendaraan roda empat (Pixabay).

1. Tetap membayar uang perbaikan secara sebagian meski setiap bulannya sudah membayar premi

Bagi sebagian orang, mendaftarkan mobilnya ke asuransi justru malah menambah beban pengeluaran mereka. Pertama, setiap bulannya kamu diharuskan untuk membayar premi, yang jumlahnya tergantung dari jenis asuransinya. Kedua, saat perbaikan kamu juga diharuskan untuk tetap menanggung biayanya meskipun sebagian sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Ada kecelakaan atau tidak ada, kamu tetap diharuskan untuk membayar premi setiap bulannya. Seandainya dalam satu tahun itu tidak ada kerusakan yang kamu klaim, premi tersebut menjadi tidak bermanfaat. 

2. Kontrak yang panjang dan ketidakjelasan layanan 

Kontrak asuransi kendaraan biasanya berlangsung sangat lama, paling singkat hanya 1 tahun. Artinya, kamu diharuskan untuk membayarkan premi selama satu tahun penuh dan jika telat, akan didenda. 

Selain itu, banyak dari masyarakat yang merasa tertipu dengan layanan asuransi. Mereka main asal mendaftar saja tanpa mengetahui lebih rinci terkait risiko apa saja yang ditanggung dan tidak. 

Tentu bukan sepenuhnya salah nasabah asuransi, tapi juga pihak perusahaan yang kadang kurang jelas terkait layanan yang mereka tawarkan. Hal ini mungkin karena perusahaan tersebut terlalu berfokus pada jumlah nasabah, tanpa memperdulikan kepuasan pelanggan. 

Sebagai konsumen tentu kamu harus berhati-hati terhadap surat perjanjiannya, karena perusahaan asuransi juga berusaha membuat perjanjian yang berisikan agar mereka tidak melakukan ganti rugi untuk kondisi-kondisi tertentu.

Jenis asuransi mobil 

Asuransi Mobil
Petugas asuransi tengah mengevaluasi kendaraan yang akan direparasi (Shutterstock).

Sebelum memilih asuransi kendaraan yang terbaik, ada baiknya kamu mengetahui dulu jenis asuransi yang ada. Asuransi kendaraan terdiri dari dua jenis, yaitu all risk, dan total loss only (TLO). 

1. Asuransi mobil all risk 

Sesuai namanya, asuransi jenis ini siap menanggung segala jenis risiko yang mobilmu alami, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga risiko kehilangan. Karena banyak yang ditanggung, otomatis biaya preminya lebih mahal ketimbang yang jenis TLO. 

2. Total loss only (TLO) 

Total loss only hanya bisa menanggung kerusakan yang berat hingga risiko kehilangan. Syarat kerusakan yang bisa diklaim harus lebih dari 75 persen, di bawah itu, kamu harus menanggungnya sendiri. 

Layanan klaimnya yang lebih sempit ketimbang all risk, membuat asuransi jenis TLO ini lebih murah. 

Besaran premi asuransi berdasarkan peraturan OJK 

Klaim asuransi kendaraan
Ada dua asuransi kendaraan: Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive

Soal besaran preminya, masing-masing perusahaan asuransi berhak untuk menentukan sendiri, tapi Otoritas Jasa Keuangan telah mengatur batas minimal dan maksimalnya. Peraturan tersebut tertuang di dalam Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Di dalam aturan tersebut, penetapan tarif harus didasarkan pada harga kendaraan, dan juga wilayah. Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya, Wilayah II meliputi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, sementara Wilayah III meliputi semua daerah diluar wilayah I dan II. 

Berikut ini batasan premi asuransi yang harus dibayarkan untuk kendaraan nonbus dan nontruk per tahunnya. 

1. Asuransi all risk

Harga Mobil Wilayah I Wilayah II Wilayah III
Batas bawah Batas atas Batas bawah Batas atas Batas bawah Batas atas
Rp 0-125.000.000 3,82% 4,20% 3,26% 3,59% 2,53% 2,78%
>Rp 125.000.000-200.000.000 2,67% 2,94% 2,47% 2,72% 2,69% 2,96%
>Rp 200.000.000-400.000.000 2,18% 2,40% 2,08% 2,29% 1,79% 1,97%
>Rp 400.000.000-800.000.000 1,20% 1,32% 1,20% 1,32% 1,14% 1,25%
>Rp 800.000.000 1,05% 1,16% 1,05% 1,16% 1,05% 1,16%

Dari tabel di atas kita bisa mensimulasikan berapa kira-kira besaran premi yang harus dibayarkan per tahunnya. Misalnya, kamu tinggal di Jakarta memiliki mobil yang harganya Rp 150 juta. Maka besaran premi yang harus dibayarkan per tahunnya minimal harus 2,47 persen dan maksimal 2,72 persen dari harga mobil. 

Artinya, kamu besaran premi all risk yang harus dibayarkan berkisar antara Rp 3.705.000 sampai dengan Rp 4.080.000.

2. Asuransi TLO 

Harga Mobil Wilayah I Wilayah II Wilayah III
Batas bawah Batas atas Batas bawah Batas atas Batas bawah Batas atas
Rp 0-125.000.000 0,47% 0,56% 0,65% 0,78% 0,51% 0,56%
>Rp 125.000.000-200.000.000 0,63% 0,69% 0,44% 0,53% 0,44% 0,48%
>Rp 200.000.000-400.000.000 0,41% 0,46% 0,38% 0,42% 0,29% 0,35%
>Rp 400.000.000-800.000.000 0,25% 0,30% 0,25% 0,30% 0,23% 0,27%
>Rp 800.000.000 0,20% 0,24% 0,20% 0,24% 0,20% 0,24%

Rekomendasi asuransi mobil terbaik

Asuransi Mobil
Mekanisme asuransi kendaraan (Shutterstock).

1. Asuransi mobil terbaik dari Autocillin

Asuransi kendaraan yang bisa diandalkan pertama adalah Autocillin dari Adira Insurance. Ada dua jenis asuransi yang disediakan, yaitu all risk dan TLO. Keduanya tentu memiliki kelebihan yang bisa langsung dirasakan oleh pemilik kendaraan. 

Salah satu contohnya, di dalam layanan all risk, mereka bersedia untuk menanggung biaya perbaikan kerusakan mobil yang diakibatkan oleh kerusuhan sampai bencana alam. Jadi kalau tiba-tiba mobil kamu yang terparkir di luar ruangan terkena timpukan batu gara-gara tawuran, atau lenyap karena longsor, Autocillin siap menanggungnya. 

Selain itu, mereka juga gak sembarangan ngasih bengkel rekanan yang ecek-ecek, karena semua bengkelnya berani memberikan garansi selama enam bulan terhitung sejak diperbaiki terhadap segala jenis perbaikan maupun garansi keaslian spare part

2. Asuransi mobil Sinarmas 

Asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh Sinarmas lebih luas ketimbang Autocillin, karena di Sinarmas gak cuma ada jenis perlindungan all risk dan TLO saja, tetapi juga ada TPL. 

Nah pada bingung kan apa itu TPL? TPL adalah singkatan dari third party liability. Artinya, perusahaan tidak hanya menanggung kerusakan mobil maupun kondisi fisikmu ketika kecelakaan, tetapi juga bersedia menanggung risiko yang dialami oleh pihak ketiga. 

Misalnya kamu mengalami kecelakaan, lalu ada satu orang mengalami luka-luka dalam insiden tersebut. Pihak tersebut tidak terima dan menggugat kamu untuk menanggung biaya pengobatannya. Kalau kamu mendaftarkan diri di TPL, biaya pengobatannya itu juga akan ikut ditanggung oleh Sinarmas. 

3. Asuransi mobil Garda Oto 

Kamu bisa memilih all risk atau TLO di asuransi Garda Oto. Kelebihannya, dua jenis asuransi tersebut sudah termasuk dengan layanan TPL. 

Selain itu mereka juga memiliki jaminan pengobatan, untuk pengemudi maupun penumpang, yang besarannya mencapai 10 persen dari jaminan kematian. 

4. Asuransi mobil ACA

ACA menyediakan dua program asuransi kendaraan, pertama ada Comprehensive (gabungan) dan Otomate. Comprehensive sama dengan layanan asuransi all risk pada umumnya, yaitu menyediakan perbaikan mobil dengan segala kondisi kerusakan, dan juga penggantian mobil apabila mobil hilang. 

Sementara Otomate, sama saja dengan Comprehensive, cuma kelebihannya, mereka siap untuk memberikan mobil pengganti apabila masa perbaikan mobilmu melebihi 48 jam. Meski mobil di bengkel, kamu tetap bisa bepergian kemana saja dengan nyaman! 

5. Asuransi mobil terbaik Toyota, Auto2000

Buat para pemilik kendaraan Toyota terbaru, sepertinya tidak perlu repot-repot lagi mencari asuransi mana yang terbaik. Pasalnya setiap pembelian unit baru dan resmi di Toyota, mobil tersebut sudah terdaftar asuransi Auto2000. 

Manfaat yang didapat pun sangat memadai. Contohnya, apabila bodi mobil lecet, atau penyok akibat kecelakaan, bodi bisa dengan cepat kembali mulus seperti semula. Proses klaimnya juga diyakini sangat cepat dan mudah. 

Tips memilih asuransi mobil terbaik yang tepat 

Asuransi Mobil
Car Insurance (Shutterstock).

Agar tidak salah pilih, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak memilih asuransi mobil terbaik, 

  • Pastikan perusahaan asuransi tersebut telah lama berdiri dan memiliki reputasi yang baik.
  • Risk Based Capital (RBC) di atas 120 persen. RBC ini menunjukkan kesehatan keuangan perusahaan asuransi. Semakin besar, tentu semakin baik kondisi finansialnya. 
  • Preminya terjangkau buat kantong pribadimu. Kalau keuangan pas-pasan, jangan memaksakan mengikuti asuransi mobil terbaik dengan premi mahal. 
  • Memiliki banyak rekanan bengkel yang berkualitas. 
  • Layanan yang diberikan memadai 

Itulah sekilas tentang asuransi mobil terbaik yang wajib kamu ketahui. Semoga bisa memberikan referensi buat kamu yang pengin menentukan jenis dan perusahaan asuransi mana yang terbaik.  (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →