Kuliner Petak Sembilan: Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima

Mau mencicipi makanan khas peranakan enak emang gak mesti pergi ke restoran dengan label bintang lima. Kuliner Petak Sembilan Glodok di Jakarta Barat gak kalah enak lho sama  restoran-restoran mahal di Jakarta.

Ketika kamu mendatangi kawasan Petak Sembilan yang terpikirkan pasti daerah China Town ya kan? Nah, kalau udah mikirnya kawasan China Town yang pasti gak jauh-jauh yang namanya makanan.

Melancong ke sudut-sudut kota Jakarta emang menarik banget nih apalagi buat kamu yang pengin mencicipi kuliner Petak Sembilan. Di sini kamu bakal menemukan banyak banget tukang jualan makanan khas peranakan yang jualan.

Mulai yang kaki lima sampai menemukan tukang jualan berkeliling menawarkan makanan khas peranakan. Di Petak Sembilan Glodok kamu pasti bakal menemukan yang namanya surga makanan.

Di sini yang namanya makanan Chinese baik yang halal maupun gak halal ada kok. Coba deh datang pas pagi menjelang makan siang atau siang menjelang sore, nah di sana bakal banyak banget yang jualan makanan.

Baca juga: Gak Asal Manis dan Tersedia Saat Imlek, Ini Makna Kue Keranjang Lho!

Mau tahu apa aja kuliner Petak Sembilan yang mesti kamu cobain? Buat makan di sini emang kamu gak perlu mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah seperti makan di restoran bintang lima.

Cukup di bawah Rp 100 ribu kamu udah bisa mencoba makanan khas peranakan yang pastinya jarang banget kamu temui di Jakarta. Ya, kalaupun ada juga ga seenak seperti di Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat.

Pengin tahu apa aja? Yuk, kita intip berikut ini kuliner  khas Petak Sembilan yang ada di Jakarta Barat.

1. Choipan

Choipan (sebelah kiri) merupakan makanan khas peranakan yang enak banget dan mesti kamu coba saat datang ke Glodok, (Winda Destiana/MoneySmart.id).

Nah, buat kamu yang emang udah gak asing lagi dengan makanan ini pasti bakal suka banget nih. Ya, Choipan namanya, makanan ini emang bakal sering kamu jumpai di toko-toko kue khas makanan khas peranakan.

Choipan yang terlihat seperti pangsit ini emang punya rasa enak banget lho. Berbahan dasar tepung beras dan irisan bengkoang plus ebi kering ini emang gurih banget.

Baca juga: Bisnis Musiman Saat Imlek yang Legendaris dan Datangkan Banyak Untung

Penampilannya yang mirip siomay, Choipan ini rasanya gurih karena ada irisan bengkoang yang diracik dengan menggunakan bahan-bahan seperti bawang putih, ebi dan minyak wijen.

Kalau kamu ke daerah Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat, dirimu bakal menemukan makanan ini. Harganya cukup murah kok cuma Rp 15 ribu per porsi.

2. Kuchai

Choipan, Kuchai, Cing Chong Fan dan Kopi Es Tak Kie emang udah paling enak buat kamu cobain saat ke Petak Sembilan, (Winda Destiana/MoneySmart.id).

Buat kamu yang penasaran dengan rasa Kuchai yang gak lain makanan khas peranakan China ini mesti datang ke kawasan Petak Sembilang Glodok. Di sini kamu bakal menemui pedagang yang berkeliling menawarkan Kuchai ini.

Penampilan Kuchai emang lebih mirip dengan Choipan. Rasanya yang gurih dengan isi daun kuchai plus saos sambal khas oriental ini emang enak banget.

Baca juga: Merayakan Imlek Gak Mesti Jauh-jauh ke Luar Negeri di Indonesia Aja Cukup

Bentuknya yang bulat mirip Dim Sum dan Choipan ini, Kuchai tentunya memiliki rasa yang beda, rasa pahit sedikit keluar dari daun kuchai saat kamu menggigit si Kuchai ini.

Cukup dengan uang Rp 15 ribu kamu udah bisa makan enak nih. Tapi jangan manja ya, kalau mau hunting kuliner di Petak Sembilan ini kamu mau gak mau mesti makan dalam keadaan berdiri.

3. Cing Chong Fan

Cing Chong Fan salah satu kuliner enak di kawasan Petak Sembilan Glodok, (Mahardian Prawira Bhisma/MoneySmart.id).

Cing Chong Fan salah satu kuliner khas peranakan yang terdapat di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Bentuknya yang putih dan panjang menyerupai Kwe tiau ini, Cing Chong Fan terbuat dari tepung beras rasanya emang terbilang hambar. Namun, jangan salah kalau Cing Chong Fan ini punya kawan-kawannya lho. 

Bentuknya yang panjang dan tipis ini memiliki tekstur kenyal banget saat kamu makan di dalam mulut. Udah gitu, saat kamu makan Cing Chong Fan ini emang gak cuma si Cing Chong Fan aja, ada pendampingnya juga lho seperti Siomay, Bakso Goreng dan Tahu Goreng yang gurih banget rasanya. 

Nanti Cing Chong Fan yang panjang dan tipis itu bakal dipotong-potong lalu ditambahkan dengan pendampingnya dan diguyur dengan kecap asin serta taburan bawang goreng. Si abang nanti juga menyediakan saos khas oriental yang dijamin menambah rasa si Cing Chong Fan ini semakin sedep!

Kamu bakal menemukan pedagang Cing Chong Fan yang menggunakan sepeda di kawasan Petak Sembilan ini. Di belakang sepeda penjual Cing Chong Fan ini nanti persis terdapat semacam box yang terbuat dari besi. Buat menikmati seporsi Cing Chong Fan kamu cukup mengeluarkan uang Rp 15 ribu aja lho.

4. Bakmi Tak Kie

Bakmi Ayam di Kopi Es Tak Kie ini enak banget lho, (Winda Destiana/MoneySmart.id).

Buat kamu yang udah sering banget ke kawasan Glodok pasti udah gak asing lagi dengan yang namanya Bakmi Tak Kie. Buat menikmati bakmi ayam dengan rasa yang gurih, kamu mesti berdesak-desakan nih menelusuri gang-gang kecil buat duduk manis di kedai Bakmi Tak Kie yang legendaris ini.

Di Bakmi Tak Kie ini yang spesial itu Bakmi Ayamnya sama Es Kopi Tak Kie Susu. Wah! Ini sih dijamin bikin perut kamu penuh banget sih. Buat makan di Bakmi Tak Kie ini, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 50 ribu buat seporsi Bakmi Ayam dan Es Kopi Susu Tak Kie.

Nah, buat makan enak emang gak mesti duduk manis di dalam ruangan dingin apalagi dengan restoran yang melabeli dirinya restoran bintang lima. Kalau kamu doyan kulineran bisa banget nih hunting makanan di Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat.

Di sini kamu bakal menemukan yang namanya surga makanan. Segala makanan berat hingga ringan juga ada lho di sini.

Reporter: Winda Destiana & Mahardian Prawira Bhisma

Editor: Mahardian Prawira Bhisma

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →