Asuransi Adira Medicillin

Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Medicillin

Medicillin adalah produk asuransi kesehatan unggulan milik PT Asuransi Adira Dinamika. Polis ini dapat menjadi benefit jaminan kesehatan yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Program ini adalah kerja sama Adira dengan Human Resource Departement (HRD) perusahaan klien untuk menjamin kesehatan karyawannya. 

Kelebihan dan Kekurangan produk Garda Medika versi Lifepal:

  • (+) Salah satu produk asuransi kesehatan karyawan terlengkap yang hadir di Indonesia dengan manfaat dasar berupa rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, persalinan, kacamata, dan medical check up. Fasilitas medical check up cukup jarang dijumpai pada manfaat dasar asuransi lain, oleh sebab itu memiliki fasilitas tersebut bisa dibilang sebagai keunggulan Medicillin.
  • (+) Tersedia lebih dari 855 rekanan rumah sakit (RS) yang tersebar di Indonesia,  sehingga pemegang polis lebih leluasa apabila terjadi kebutuhan klaim perawatan kesehatan.
  • (+) Salah satu keunggulan yang menonjol dari produk asuransi ini adalah pelayanan melalui aplikasi Medicillin App. Melalui aplikasi tersebut, nasabah bisa mendapatkan informasi seputar polis, asisten kesehatan, nomor penting, informasi rumah sakit rekanan Medicillin, hingga fitur untuk keadaan darurat.
  • (+) Tersedia metode cashless untuk klaim rawat inap dan beberapa manfaat lainnya.
  • (-) Tidak tersedia manfaat penyakit kritis.
  • (-) Hanya tersedia produk untuk karyawan perusahaan.
  • (-) Medicillin tidak melayani metode pembayaran cashless untuk klaim rawat jalan, rawat gigi, dan pemeriksaan kehamilan. Sehingga nasabah perlu membayar terlebih dahulu biaya rumah sakit, kemudian Medicillin akan melakukan reimburse.

Produk Asuransi Kesehatan Karyawan Terlengkap

Manfaat yang diberikan oleh Medicillin di antaranya rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, persalinan, medical check up, dan kacamata. Nasabah juga bisa mengikuti kegiatan kesehatan yang sering diadakan oleh tim Adira di lokasi kantor nasabah, misalnya Mini Medical Check Up.

Hingga saat ini, jaringan provider rekanan yang dimiliki oleh Medicillin berjumlah 855 provider, dan akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan nasabah Medicillin. Selain asuransi kesehatan Medicillin, Adira juga menyediakan asuransi mobil, asuransi motor Adira, asuransi rawat inap, asuransi perjalanan, dan unit syariah Adira.

Sebagai informasi, PT Asuransi Adira Dinamika memiliki reputasi yang baik, dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang telah diraih. Salah satunya adalah Best General Insurance untuk kategori ekuitas Rp1,5 triliun ke atas dari majalah Media Asuransi. Selain itu, perusahaan juga meraih predikat Sangat Bagus untuk kategori perusahaan asuransi umum dengan premi bruto Rp 1-2,5 triliun di luar asuransi syariah dari majalah Infobank.

Saat ini, Lifepal telah bekerja sama dengan PT Asuransi Adira Dinamika untuk beberapa pilihan produk seperti asuransi mobil Adira, hospital cash plan, dan asuransi mikro. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Medicillin dari Adira, kunjungi situs resmi medicillin.com.

Di Lifepal tersedia beragam produk asuransi kesehatan lain baik untuk individu maupun kumpulan (karyawan). Kunjungi situs atau hubungi Lifepal untuk konsultasi gratis dan mendapatkan proteksi terbaik.

 

PT Asuransi Adira Dinamika memiliki beberapa pilihan produk selain asuransi kesehatan. Berikut ini ulasan singkat dari setiap produk Asuransi Adira.

Asuransi Mobil Adira
Asuransi Motor Adira
Asuransi Perjalanan Adira
Asuransi Kecelakaan Adira
Asuransi Kerugian Adira
 

Asuransi Medicillin memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Medicillin berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dapat dipilih.

 

Jenis Manfaat Keterangan
Manfaat Utama
    • Rawat Inap
    • Rawat Jalan
    • Rawat Gigi
    • Persalinan
  • Medical Check Up
  • Kacamata
Manfaat Tambahan
    • Mini Medical Check Up: Medicillin memfasilitasi kegiatan cek kesehatan di perusahaan nasabah untuk karyawan peserta asuransi.
  • Health Campaign: kampanye mengenai kesehatan di perusahaan nasabah asuransi.
    • Special Program for Employee with Hypertension (Medical Corner, Happy Corner, SMS Caring): kegiatan cek kesehatan dan penyampaian informasi kesehatan khusus untuk karyawan perusahaan pemegang polis yang memiliki penyakit darah tinggi.
  • Reward Program: program pemberian hadiah untuk karyawan perusahaan klien. 

 

Asuransi Medicillin menawarkan pertanggungan kesehatan berkelompok. Produk ini memberikan manfaat sesuai yang tertera di dalam polis. Berikut ini dijelaskan beberapa manfaat pertanggungan Medicillin sebagai pertimbangan Anda untuk memilih polis yang tepat.

  • Medicillin memberikan santunan rawat inap, yaitu tertanggung bisa melakukan klaim atas biaya rawat inap akibat menderita penyakit.
  • Tertanggung mendapatkan manfaat rawat jalan, juga termasuk di dalamnya biaya rawat gigi, persalinan, medical check up, dan kacamata.

Selain itu, Medicillin bekerja sama dengan Human Resource Development (HRD) perusahaan pelanggan memiliki asuransi kesehatan tambahan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran karyawan untuk hidup sehat. Adapun manfaat tambahan tersebut berupa:

  • Mini Medical Check Up: Medicillin memfasilitasi kegiatan cek kesehatan di perusahaan nasabah untuk karyawan peserta asuransi.
  • Health Campaign: kampanye mengenai kesehatan di perusahaan nasabah asuransi.
  • Special Program for Employee with Hypertension (Medical Corner, Happy Corner, SMS Caring): kegiatan cek kesehatan dan penyampaian informasi kesehatan khusus untuk karyawan perusahaan pemegang polis yang memiliki penyakit darah tinggi.
  • Reward Program: program pemberian hadiah untuk karyawan perusahaan klien. 

Produk asuransi Medicillin memberikan pertanggungan berupa santunan rawat jalan dan rawat inap. Namun, ada beberapa pengecualian dalam mendapatkan klaim yang perlu diketahui. Berikut ini pengecualian dalam pengajuan klaim perawatan medis Medicillin:

  • Perawatan yang terjadi akibat perilaku melukai diri sendiri, termasuk percobaan bunuh diri.
  • Pemeriksaan laboratorium atau pengobatan yang tidak dibutuhkan secara medis.
  • Pengobatan stres, depresi, kecemasan, atau kelainan jiwa. 
  • Pengobatan yang berhubungan dengan Acquired Immune Deficiency Syndrom (AIDS), baik itu penyebab, gejala, atau akibat dari AIDS.

Untuk membeli polis atau mendaftar asuransi Medicillin, harus memenuhi persyaratan umum yang ditetapkan perusahaan asuransi. Berikut persyaratan yang wajib dipenuhi calon nasabah Medicillin:

  • Tertanggung berusia minimal enam bulan dan maksimal 54 tahun.
  • Durasi masa tunggu polis adalah 30 hari sejak awal periode polis, kecuali untuk kasus kecelakaan. Selama masa tunggu tersebut, hal-hal yang dijamin dalam polis belum berlaku. 
  • Pertanggungan berlaku di seluruh Indonesia, maupun di luar negeri.
  • Metode klaim dapat dengan cara reimbursement atau provider (cashless).
  • Polis akan berhenti berlaku bila tertanggung meninggal dunia atau dikenakan hukum penjara, jangka waktu dalam ketentuan polis sudah habis, dan bila tertanggung atau penanggung membatalkan polis. 
  • Perusahaan yang ingin mendaftarkan karyawan pada asuransi Medicillin minimal memiliki 100 orang karyawan. 

Apabila ingin berlangganan asuransi Medicillin, sila datangi kantor pusat atau cabang Adira, atau hubungi perusahaan lewat telepon di 1500456.

Kemudian, jika masih ingin membandingkan produk asuransi kesehatan lainnya, silahkan menghubungi Lifepal. Melalui situs marketplace asuransi Lifepal, tidak hanya membandingkan produk asuransi Medicillin saja, tetapi juga bisa membandingkan produk asuransi dari perusahaan lain. Dengan begitu, calon nasabah bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Asuransi Medicillin adalah produk asuransi kesehatan kelompok yang menyasar perusahaan. Harga premi yang nantinya akan dikenakan kepada perusahaan adalah berdasarkan kesepakatan antara pihak Adira dan perusahaan klien. 

Apabila nasabah adalah karyawan dari perusahaan klien, tidak perlu mengeluarkan biaya premi karena biasanya perusahaan memotong pendapatan secara otomatis untuk membayar premi.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Ada beberapa metode penggantian biaya asuransi Medicillin. Bergantung pada produk asuransi Medicillin yang digunakan.

  • Reimbursement adalah metode penggantian yang mengharuskan tertanggung membayarkan tagihan perawatan kesehatannya. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut. 
  • Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan dengan menggunakan kartu saja. Untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit atau klinik, biasanya tertanggung dapat menggesekkan kartu (swipe card) atau cukup menunjukkan kartu (show card).

Produk asuransi Medicillin  bisa didapatkan melalui tenaga pemasar atau agen asuransi Adira Insurance yang terdaftar di AAUI. Atau, sila buka situs resmi medicillin dan hubungi call center Adira untuk mengetahui cara pembelian asuransi secara online.

Atau, jika ingin lebih berimbang, dapat membandingkan produk dan polis asuransi kesehatan terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, tidak hanya bisa membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, akan mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran premi asuransi Medicillin bergantung pada jenis produk asuransi yang dibeli. Terdapat beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan. Nasabah dapat melakukan pembayaran dengan autodebet atau transfer melalui bank. 

Cara klaim asuransi Medicillin disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Sila cek laman Klaim pada situs asuransiadira.com untuk mengisi formulir klaim asuransi Medicillin. Pihak Adira Insurance akan segera menghubungi perihal kelanjutan proses klaim.

Apabila nasabah mengajukan klaim untuk rawat inap dan melahirkan, ada dua metode yang dapat dilakukan, yaitu melalui sistem provider dan reimbursement. 

Berikut ini tata cara bila ingin mengklaim lewat metode provider untuk biaya rawat inap dan melahirkan.

  • Tertanggung langsung masuk ke RS Provider dengan menunjukkan kartu keanggotaan asuransi yang asli.
  • Petugas akan mencocokkan kartu anggota asuransi Medicillin dengan KTP tertanggung. 
  • Tertanggung diharapkan memilih kamar yang sesuai dengan rencana masing-masing untuk menghindari kelebihan biaya tagihan.
  • Saat keluar dari RS Provider, tertanggung wajib mengisi formulir klaim dan menandatangani perincian biaya. 
  • Total biaya perawatan akan dihitung oleh Adira Insurance dan disesuaikan dengan kelas kamar dalam polis.
  • Biaya-biaya yang tidak dijamin oleh polis langsung dibayarkan di tempat oleh tertanggung.

Untuk klaim asuransi rawat jalan, metode pembayaran yang digunakan hanya reimbursement. Berikut dokumen yang perlu dilengkapi tertanggung:

  • Formulir asuransi rawat jalan yang telah diisi dan ditandatangani dengan lampiran fotokopi kartu tertanggung. 
  • Kuitansi asli dari transaksi biaya konsultasi dokter.
  • Kuitansi asli dari transaksi biaya pembelian obat-obatan.
  • Kopi resep obat-obatan yang ditulis dokter.
  • Surat rujukan dari dokter bila diperlukan pemeriksaan lanjut, misalnya cek darah, x-ray, dan lain-lain.
  • Dokumen penunjang lainnya.

Untuk klaim asuransi rawat jalan, metode pembayaran yang digunakan hanya reimbursement. Berikut dokumen yang perlu dilengkapi tertanggung:

  • Formulir klaim asuransi rawat jalan, diisi dan ditandatangani.
  • Kuitansi asli untuk biaya dokter yang merawat dengan menuliskan usia kandungan.
  • Kuitansi asli untuk biaya obat-obatan yang diresepkan dokter.
  • Kopi resep obat dari dokter.
  • Dokumen pendukung lainnya, misalnya hasil lab.

Untuk klaim asuransi rawat jalan, metode pembayaran yang digunakan hanya reimbursement. Berikut dokumen yang perlu dilengkapi tertanggung:

  • Formulir klaim asuransi rawat jalan, diisi, dan ditandatangani.
  • Kuitansi asli untuk biaya konsultasi dengan dokter gigi.
  • Kuitansi asli untuk biaya pembelian obat yang diresepkan dokter.
  • Kopi resep obat-obatan dari dokter.
  • Foto rontgen gigi bila diperlukan secara medis. 
  • Dokumen pendukung lainnya.

Untuk klaim asuransi rawat jalan, metode pembayaran yang digunakan hanya reimbursement. Berikut dokumen yang perlu dilengkapi tertanggung:

  • Formulir klaim asuransi rawat jalan, diisi dan ditandatangani.
  • Kuitansi asli untuk biaya konsultasi dokter. 
  • Dokumen penunjang lainnya. 

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • Situs resmi https://medicillin.com/