Asuransi AIG

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
+62
 

Asuransi AIG

American International Group (AIG) adalah perusahaan asuransi multinasional yang didirikan tahun 1919 di Amerika Serikat. Nasabah AIG meliputi individu, perusahaan besar, dan multinasional. Perusahaan asuransi yang berkantor pusat di New York tersebut telah melayani 90 juta nasabah di lebih dari 80 negara. 

Kelebihan dan Kekurangan AIG versi Lifepal

  • (+) Perusahaan asuransi AIG adalah salah satu perusahaan asuransi global dengan pengalaman melayani nasabah di dunia lebih dari 100 tahun.
  • (+) Telah memenangkan berbagai penghargaan, misalnya Best Insurance Awards 2019 untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum dengan Ekuitas Rp300-500 miliar dari Media Asuransi dan Infobank Insurance Award 2018, peringkat Sangat Bagus untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum dengan Premi Bruto Rp250 miliar sampai Rp1 triliun.
  • (-) Kantor cabang AIG hanya tersedia di pulau Jawa. Jadi, nasabah yang berada di luar pulau Jawa bisa saja merasa kesulitan untuk mengurus keperluan asuransi. 
  • (-) AIG pernah memiliki produk asuransi jiwa, tetapi dihapuskan. Selain itu, AIG juga pernah memiliki izin usaha syariah yang izinnya dicabut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 
  • (-) Perusahaan holding, American International Group Inc., sempat collapse pada tahun 2008 akibat pengajuan klaim besar-besaran sebagai dampak krisis ekonomi. Perusahaan tersebut diselamatkan pemerintah Amerika Serikat hingga bangkit kembali.

Sekilas tentang AIG

Dilansir dari CNBC Indonesia, AIG sempat berada di peringkat 13 di jajaran perusahaan publik terbesar versi Forbes. Namun, perusahaan jatuh pada September 2008 dan peringkatnya turun ke urutan 245.

AIG kemudian mengeluarkan produk asuransi KPR dengan nilai belasan miliar dolar AS dan menerbitkan garansi terhadap gagal bayar investasi, utamanya  terhadap produk Collateral Debt Obligation (CDO). Selain itu, perusahaan juga menjamin produk jaminan gagal bayar yang laris di pasaran.

Pada tahun 2008 terjadi bubble KPR, maksudnya melambungnya harga properti karena kondisi ekonomi tertentu. Akhirnya, banyak nasabah AIG yang gagal bayar KPR, kemudian mengajukan klaim besar-besaran. Hal itu menyebabkan AIG harus menanggung kerugian sebesar US$ 25 miliar. 

Jika dibiarkan, kerugian AIG tersebut akan berdampak negatif pada berbagai sektor, akhirnya pemerintah AS memutuskan untuk menyelamatkan AIG dengan dana US$ 180 miliar. Kemudian, perusahaan perlahan bangkit kembali.

Pada tahun 1970, AIG masuk ke Indonesia dengan nama PT AIG Insurance Indonesia. Bermodalkan pengalaman global dan pengetahuan lokal, perusahaan asuransi AIG berhasil eksis hingga saat ini.  AIG Insurance Indonesia adalah perusahaan asuransi umum dengan produk asuransi yang lebih ditujukan bagi korporasi.

Awalnya, PT AIG Insurance Indonesia memiliki lini asuransi jiwa dengan nama merek AIG Life. Namun, kini produk tersebut telah dinonaktifkan, sehingga hanya melayani asuransi umum saja.

Asuransi AIG cocok bagi yang memiliki bisnis dan ingin mengasuransikan aktivitas bisnisnya. Asuransi AIG tersedia untuk berbagai sektor bisnis, mulai dari energi, kelautan, properti, hingga sektor finansial. 

Misalnya, terdapat produk asuransi Crime untuk bisnis di sektor keuangan. Asuransi tersebut akan memberikan biaya penggantian apabila terjadi kehilangan/kerugian uang atau aset lain perusahaan akibat penipuan atau ketidakjujuran karyawannya. Selain itu, ada juga produk Cyber Insurance yang akan melindungi bisnis dari kerugian akibat gugatan hukum atas penggunaan data pribadi untuk operasional perusahaan. 

Apabila bergerak di bidang marine, asuransi AIG menyediakan produk Marine Loss Control Engineering yang bakal memberikan ganti rugi atas kerugian atas risiko pengiriman, misalnya pengiriman yang tertunda. Untuk aset properti, dapat juga dilindungi dengan asuransi Property All Risk yang menjamin penggantian biaya apabila aset properti perusahaan mengalami kerusakan.

AIG tergabung dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP251A/KM.13/1991 pada tanggal 3 Agustus 1991. Pada tanggal 27 Desember 2012, izin tersebut diperbarui berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor: KEP-760/KM.10/2012.

AIG telah meraih berbagai penghargaan bergengsi. Berikut prestasi dan penghargaan yang ditorehkan oleh AIG, antara lain:

  • 2019: Best Insurance Awards untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum dengan Ekuitas Rp300-500 miliar dari Media Asuransi
  • 2018: Infobank Insurance Award, peringkat Sangat Bagus untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum dengan Premi Bruto Rp250 miliar sampai Rp1 triliun.
  • 2015: Gold Awards untuk Best Contact Center Operations dari Indonesia Contact Center Association (ICCA).

Laporan Keuangan Prudential

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi asuransi AIG.  Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 397 persen.
  • Jumlah aset: Rp1,192 triliun.
  • Ekuitas: Rp421,187 miliar.

Asuransi AIG memiliki rasio kesehatan yang baik jika dilihat dari rasio solvabilitasnya sebesar 397 persen di tahun 2018. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban maupun membayar utang jangka panjangnya. 

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen dan ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT AIG Insurance Indonesia. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi AIG, sila cek situs resmi aig.co.id. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Berita Terbaru AIG

Oktober 2019 - PT AIG Insurance Indonesia (AIG Insurance) saat ini fokus menggarap pasar asuransi komersial dan kumpulan. Pasalnya, segmen tersebut sedang berada pada iklim kondusif. Sektor yang berada pada kondisi positif adalah asuransi liabilitas dan asuransi finansial. Kendati begitu, masih ada sektor yang perkembangannya cenderung datar, yaitu asuransi properti dan asuransi kargo.
Oktober 2019 - AIG menawarkan produk asuransi Tanggung Gugat Lingkungan atau Environmental Liability (EIL). Produk tersebut ditujukan untuk perusahaan yang kegiatan operasionalnya berisiko memberikan dampak terhadap lingkungan sekitar, misalnya kebocoran pipa, polusi di sekitar kawasan pabrik, atau kelalaian dalam pengolahan limbah.

Dampak lingkungan tersebut dapat mempengaruhi masyarakat sekitar, juga mengurangi kualitas lingkungan hidup. Apabila risiko tersebut terjadi, perusahaan harus menanggung biaya pembersihan lingkungan, mendapat reputasi negatif, hingga mendapat tuntutan hukum.

EIL akan memberikan pertanggungan terhadap risiko tersebut. Adapun produk EIL terdiri dari Contractors Pollution Liability dan Polution Legal Liability. Manfaat yang diberikan di antaranya tanggung jawab pihak ketiga terhadap cedera badan dan kerusakan harta benda, pembersihan lingkungan, dan biaya pembelaan hukum.

 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi aig.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT AIG Insurance Indonesia.

Asuransi Casualty
Employers Liability
Produk asuransi yang menjamin biaya atas gugatan hukum terhadap perusahaan apabila karyawan mengalami cedera atau sakit karena pekerjaan.
Asuransi Casualty
Products Liability
Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari potensi kerugian akibat cedera atau kerusakan barang milik pihak ketiga karena produk yang dihasilkan oleh tertanggung.
Asuransi Casualty
Public Liability
Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari gugatan akibat operasi bisnis yang dijalankan tertanggung.
Asuransi Casualty
Oil and Gas Service Contractors in the ASEAN Region
Produk asuransi yang menjamin biaya kompensasi bila pihak ketiga mengalami cedera ketika kontraktor bekerja di darat atau laut.
Asuransi Casualty
Public and Product Liability Insurance For Hotel/Villa/Resort Business
Produk asuransi yang melindungi tertanggung sebagai pemilik hotel dari risiko tuntutan pihak ketiga.
Asuransi Casualty
Workmen Compensation
Produk asuransi yang menjamin biaya kompensasi apabila karyawan mengalami cedera, sakit, termasuk meninggal dunia karena pekerjaan.
Asuransi Energy
All Risks and Business Interruption
Produk asuransi yang menjamin biaya kerugian fisik yang tidak secara tidak sengaja, misalnya kerusakan aset dan kerugian bisnis.
Asuransi Energy
Contractor's All Risks and Erection All Risks
Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari seluruh risiko yang terjadi selama konstruksi berjalan.
Asuransi Financial Lines
Crime
Produk asuransi yang menjamin biaya kerugian yang terjadi akibat kasus penipuan dan atau ketidakjujuran karyawan.
Asuransi Financial Lines
Directors and Officers Liability
Produk asuransi yang menjamin risiko atas tanggung jawab yang dipegang oleh direktur dan manajer perusahaan.
Asuransi Financial Lines
Professional Indemnity
Produk asuransi yang menjamin penggantian kerugian profesional ketika melakukan kelalaian dalam memberikan jasa profesional.
Asuransi Financial Lines
Cyber Insurance
Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena risiko gugatan akibat perlindungan dan pengelolaan data pribadi serta hilangnya informasi perusahaan.
Asuransi Financial Lines
Financial Institutions
Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena risiko atas kegiatan keuangan perusahaan.
Asuransi Marine
Asuransi Pengangkutan Barang
Produk asuransi yang menjamin keamanan kargo atau pengangkutan barang.
Asuransi Marine
Inland Marine
Produk asuransi yang menjamin keamanan aset yang berpindah; dalam penyimpanan atau perjalanan.
Asuransi Marine
Asuransi Tanggung Gugat Marine
Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena rusaknya aset akibat pihak ketiga.
Asuransi Marine
Marine Loss Control Engineering
Produk asuransi yang tertanggung dari kerugian karena risiko perdagangan dan transportasi, misalnya pengiriman yang tertunda.
Asuransi Global Property
Property All Risk
Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian akibat kerusakan harta komersial karena segala penyebab.
Asuransi Global Property
Business Interuption
Produk asuransi yang melindungi tertanggung atas hilangnya keuntungan akibat kerusakan aset.
Asuransi Global Property
Machinery Breakdown
Produk asuransi yang menjamin biaya penggantian kerusakan mesin.
Asuransi Global Property
Terrorism and Sabotage
Produk asuransi yang menjamin biaya penggantian harta benda yang rusak akibat terorisme.
Asuransi Global Property
Contractor All Risk and Erection All Risk
Produk asuransi yang melindungi tertanggung sebagai pemilik bisnis dari kerugian pada saat pemasangan mesin
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi aig.co.id sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi AIG.

AIG menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi casualty, asuransi energy, asuransi financial lines, asuransi marine, dan asuransi global property. 

Berikut pilihan polis asuransi AIG yang bisa dipertimbangkan:

Asuransi Casualty

Produk asuransi casualty AIG terbagi menjadi beberapa jenis produk, yaitu:

  • Employers Liability: Produk asuransi yang menjamin biaya atas gugatan hukum terhadap perusahaan apabila karyawan mengalami cedera atau sakit karena pekerjaan.
  • Products Liability: Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari potensi kerugian akibat cedera atau kerusakan barang milik pihak ketiga karena produk yang dihasilkan oleh tertanggung.
  • Public Liability: Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari gugatan akibat operasi bisnis yang dijalankan tertanggung.
  • Oil and Gas Service Contractors in the ASEAN Region: Produk asuransi yang menjamin biaya kompensasi bila pihak ketiga mengalami cedera ketika kontraktor bekerja di darat atau laut.
  • Public and Product Liability Insurance For Hotel/Villa/Resort Business: Produk asuransi yang melindungi tertanggung sebagai pemilik hotel dari risiko tuntutan pihak ketiga.
  • Workmen Compensation: Produk asuransi yang menjamin biaya kompensasi apabila karyawan mengalami cedera, sakit, termasuk meninggal dunia karena pekerjaan.

Asuransi Energy

  • All Risks and Business Interruption: Produk asuransi yang menjamin biaya kerugian fisik yang tidak secara tidak sengaja, misalnya kerusakan aset dan kerugian bisnis. 
  • Contractor’s All Risks and Erection All Risks: Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari seluruh risiko yang terjadi selama konstruksi berjalan.

Asuransi Financial Lines

  • Crime: Produk asuransi yang menjamin biaya kerugian yang terjadi akibat kasus penipuan dan atau ketidakjujuran karyawan.
  • Directors and Officers Liability: Produk asuransi yang menjamin risiko atas tanggung jawab yang dipegang oleh direktur dan manajer perusahaan.
  • Professional Indemnity: Produk asuransi yang menjamin penggantian kerugian profesional ketika melakukan kelalaian dalam memberikan jasa profesional. 
  • Cyber Insurance: Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena risiko gugatan akibat perlindungan dan pengelolaan data pribadi serta hilangnya informasi perusahaan.
  • Financial Institutions: Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena risiko atas kegiatan keuangan perusahaan.

Asuransi Marine

  • Asuransi Pengangkutan Barang: Produk asuransi yang menjamin keamanan kargo atau pengangkutan barang. 
  • Inland Marine: Produk asuransi yang menjamin keamanan aset yang berpindah; dalam penyimpanan atau perjalanan.
  • Asuransi Tanggung Gugat Marine: Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena rusaknya aset akibat pihak ketiga. 
  • Marine Loss Control Engineering: Produk asuransi yang tertanggung dari kerugian karena risiko perdagangan dan transportasi, misalnya pengiriman yang tertunda.

Asuransi Global Property

  • Property All Risk: Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian akibat kerusakan harta komersial karena segala penyebab.
  • Business Interuption: Produk asuransi yang melindungi tertanggung atas hilangnya keuntungan akibat kerusakan aset.
  • Machinery Breakdown: Produk asuransi yang menjamin biaya penggantian kerusakan mesin.
  • Terrorism and Sabotage: Produk asuransi yang menjamin biaya penggantian harta benda yang rusak akibat terorisme.
  • Contractor All Risk and Erection All Risk: Produk asuransi yang melindungi tertanggung sebagai pemilik bisnis dari kerugian pada saat pemasangan mesin.

Cari tahu premi asuransi AIG dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi AIG bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center AIG (0800 124 8888), agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Cara klaim asuransi AIG disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Sila cek laman Klaim pada situs AIG.co.id untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari AIG.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini AIG. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara AIG dengan calon nasabah.

Tidak ada informasi terkait sistem keagenan asuransi AIG dalam situs resminya. Untuk mendapatkan produk asuransi AIG, dapat menghubungi call center AIG.

Layanan nasabah atau call center AIG dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim AIG dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre: Indonesia Stock Exchange (IDX) Lt.3, Jalan Jend. Sudirman, Senayan, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
  • AIG Call Center: 0800 124 8888
  • Email: [email protected]
  • Website: aig.co.id

Informasi mengenai daftar bengkel rekanan asuransi AIG tidak tersedia pada situs resminya. Namun, informasi tersebut bisa didapatkan dengan menghubungi call center AIG. 

AIG tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini adalah daftar alamat dan kontak kantor pusat dan cabang AIG.

Kantor Pusat AIG Indonesia:

Indonesia Stock Exchange (IDX) Lt.3, Jalan Jend. Sudirman, Senayan, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190 | Telepon: (021) 52914888.

Kantor Cabang AIG Indonesia:

  • Surabaya: Jalan Diponegoro 75, Surabaya 60264, Telepon 62 31 5620 433
  • Semarang: Jalan Depok No. 42B, Semarang 50133, Telepon  62 24 3517 331
  • Bali: Komplek Pertokoan Griya Alamanda No. 12A Jalan Cok Agung Tresna, Renon, Denpasar 80235, Bali, Telepon 62 361 8424 178
  • Bandung: Jalan Sunda No. 7B, Bandung 40261, Telepon 62 22 4233 005.
  • Medan: Uniplaza Building, Stock Exchange Fl – Lantai 2, Jalan MT Haryono No. A1, Medan 20231, Telepon 62 61 4155 299.
  • Yogyakarta: Komplek Inna Garuda Kavling 12, Jalan Malioboro No. 60, Yogyakarta 55213, Telepon: 62 274 558 427.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • Situs resmi AIG https://www.aig.co.id/bisnis/
  • https://www.cnbcindonesia.com/market/20191223134822-17-125233/skandal-jiwasraya-jangan-sampai-seperti-aig-bank-century/2
  • https://finansial.bisnis.com/read/20191001/215/1154399/bisnis-aig-insurance-ditopang-oleh-segmen-komersial
  • https://finansial.bisnis.com/read/20191018/215/1160570/aig-indonesia-lindungi-bisnis-dari-interupsi-pencemaran-lingkungan

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal