Asuransi AIG

3.5 / 5.0 (4.436 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Harga Premi
TERMURAH
  • Promo Asuransi Karyawan Dekstop_Desktop
92 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi AIG Indonesia: Produk, Manfaat, & Premi

AIG Indonesia adalah perusahaan asuransi umum (kerugian) yang menghadirkan berbagai produk khusus untuk segmen korporasi, mulai dari asuransi kerugian, liabilitas, hingga sektor finansial. Karena itu, produknya sangat cocok untukĀ  Anda yang sedang mencari asuransi karyawan untuk perusahaan.

Sedang mencari asuranis karyawan yang tepat untuk perusahaan Anda? Lihat rekomendasi dan ulasan polis asuransi karyawan terbaik yang tersedia di Lifepal!

Pilihan Polis Asuransi AIG

Sebagai perusahaan asuransi multinasional, AIG Indonesia menghadirkan beragam produk terbaiknya. Mulai dari asuransi casualty, energy, hingga global property. Berikut daftar polis asuransi serta manfaatnya yang dapat Anda pertimbangkan.

Rangkuman Produk Asuransi AIG

ProdukManfaat
Asuransi CasualtyGanti rugi jika nasabah harus membayar biaya tanggung jawab akibat cedera atau kerugian harta benda pihak ketiga
Asuransi EnergyMengakomodasi keperluan asuransi selama proses konstruksi
Asuransi Financial LinesPertanggungan atas risiko aktivitas keuangan dalam usaha. Seperti penipuan + tuntutan penyalahgunaan data pribadi
Asuransi MarineJaminan penggantian atas risiko kerugian selama pengiriman kargo
Asuransi Global PropertyGanti rugi atas risiko kerugian pada properti dan risiko bisnis lainnya

Sekilas Tentang Asuransi AIG

American International Group (AIG) adalah perusahaan asuransi umum multinasional dari Amerika Serikat yang hadir di Indonesia di bawah naungan PT AIG Insurance Indonesia. Produk yang dihadirkan AIG antara lain asuransi tanggung jawab pihak ketiga, asuransi pengiriman, asuransi properti, dan asuransi finansial untuk berbagai segmen bisnis.Ā 

AIG Indonesia sendiri sudah beberapa kali melakukan perubahan nama, mulai dari tahun Asuransi Lippo Jiwa Sakti (1989), hingga menjadi AIG Life (2009). Hingga saat ini, AIG Lippo telah diakuisisi oleh AIA Financial Group.

Sementara untuk perusahaan asuransi umum yang dulu masih menggunakan nama American International Underwriters Limited (AIU), telah mengubah namanya menjadi PT Chartis Insurance Indonesia sampai tahun 2012. Di tahun 2013, perusahaan kembali mengubah nama menjadi PT. AIG Insurance Indonesia hingga saat ini.

Layanan Nasabah &Ā Call Center Asuransi AIG

Informasi terkait produk, premi, klaim, dan keluhan, bisa ditanyakan melalui call center AIG Indonesia. Selain itu, nasabah juga bisa mendatangi langsung kantor pusat / cabang AIG Indonesia yang tersebar di beberapa kota. Berikut informasi lengkapnya:

Alamat Kantor Pusat PT AIG Insurance Indonesia

Indonesia Stock Exchange (IDX), Lt. 3

Jl. Jend. Sudirman, Senayan; RT.5/RW.3

Senayan, Kec. Kby. Baru,

Jakarta Selatan, 12190

Call Center: 0800 124 8888

Email: [email protected]

Website: www.aig.co.id

Bantuan darurat: (021) 2188 9021

Cara Klaim Asuransi AIG

Karena Asuransi AIG berfokus pada produk asuransi umum korporasi, maka prosedur klaim yang diterapkan juga terbilang lebih rumit sebab nilai ganti ruginya juga cukup tinggi. Itu sebabnya, klaim dengan nilai besar, biasanya perusahaan asuransi akan menetapkanĀ loss adjuster.

Loss adjuster berfungsi untuk memberikan penilaian atas klaim ganti rugi yang diajukan nasabah sesuai dengan persyaratan polis. Cara klaim dapat dilakukan dengan menghubungi perusahaan asuransi terkait sesegera mungkin setelah terjadi kerugian.Ā 

Berita Terbaru Asuransi AIG

Pertanyaan Seputar Asuransi AIG

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi AIG.

Apa itu Asuransi AIG?

Asuransi AIG adalah perusahaan asuransi umum (kerugian) yang berada di bawah bendera PT AIG Insurance Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat ini menawarkan berbagai jenis produk untuk segmen korporasi, mulai dari asuransi liabilitas, asuransi marine, asuransi kerugian, asuransi untuk sektor finansial, hingga asuransi properti.Ā 

Apakah Asuransi AIG tidak lagi sediakan produk komersial?

Sejak tanggal 1 Desember 2016, AIG sudah tidak lagi menyediakan produk asuransi ritel atau individual, tetapi lebih fokus pada asuransi yang menyasar segmen korporasi. Adapun produk yang tidak lagi tersedia adalah asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, PLUS, dan extend warranty.Ā 

Namun, apabila nasabah produk asuransi individual AIG masih memiliki sisa masa asuransi, perusahaan tetap akan melayani sampai sisa masa berlaku polis habis.

Apakah Asuransi AIG bagus?

AIG dapat dikatakan bagus karena memiliki tim yang besar dengan jaringan global. Selain itu, reputasinya sebagai perusahaan multinasional tidak perlu dipertanyakan lagi.Ā 

Kesehatan keuangan cabang perusahaan di Indonesia pun sangat positif dengan rasio solvabilitas 397 persen, yang mana di atas ketentuan pemerintah, yaitu 120 persen. Artinya, AIG mampu membayar utang jangka panjangnya sebanyak hampir tiga kali lipat dari yang seharusnya. Angka tersebut juga didukung dengan jumlah aset yang cukup besar, yaitu Rp1,192 triliun.Ā 

Selain itu, varian produknya juga sangat cocok untuk bisnis dengan kuantitas besar dan skala industri, misalnya pabrik, pengiriman kargo, manufaktur, dan lain-lain. Produk yang tersedia bisa menanggung kerugian harta benda juga risiko tanggung gugat hukum akibat aktivitas bisnis.

Apakah Asuransi AIG bermasalah?

Meskipun pada tahun 2016, sektor individual AIG sempat tutup dan diisukan bangkrut, namun perusahaan tetap mencatatkan rekam jejak yang positif.Ā 

Dari perspektif kesehatan keuangan tahun 2018, perusahaan mencatatkan kinerja positif dengan rasio solvabilitas jauh di atas batas minimal pemerintah. Sementara itu, reputasinya di media nasional pun baik-baik saja. Sehingga, dapat disimpulkan AIG tidak bermasalah.

Berapa harga premi Asuransi AIG?

Cari tahu premi asuransi AIG dengan mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Biasanya, besaran premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan)
Bagaimana cara pembayaran premi Asuransi AIG?

Pembayaran premi Asuransi AIG dapat dikirim ke rekening BCA dan Citibank. Berikut caranya:

Untuk mata uang Rupiah
BCA: 458 300 985 2
Nama Rekening: PT AIG Insurance Indonesia

Citibank: 010 265 001 8
Nama Rekening: PT AIG Insurance Indonesia

Untuk mata uang US Dolar
BCA: 458 370 089 0
Kode SWIFT: CENAIDJA
Nama Rekening: PT AIG Insurance Indonesia

Citibank: 010 265 051 4
Kode SWIFT: CITIIDJX
Nama Rekening: PT AIG Insurance Indonesia

Setelah melakukan pembayaran, kirimkan detailnya serta bukti transfer ke email [email protected] dengan subjek: ā€œ[Nama Produsen atau Tertanggung] ā€“ detail pembayaran polis tanggalĀ  [DD/MM/YYYY]ā€.

Berikut informasi pembayaran premi yang harus dilampirkan:

  • Insured Name
  • Nomor Polis
  • Certificate Number
  • Placing Slip Number
  • Currency
  • Amount
  • Policy Effective Date
  • Policy Expired Date
  • Line of BusinessĀ 

Tiga hari sejak pembayaran premi diterima, maka perusahaan akan membukukan pembayaran (pada hari yang sama, atau 2-3 hari untuk transfer dari bank berbeda).Ā 

Hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Apabila tidak membayar dengan mata uang sesuai polis, maka konversikan dengan kurs jual harian Bank Indonesia.Ā 
  • Perusahaan akan mengirimkan surat pengingat untuk membayar premi serta surat pembatalan untuk polis jika premi yang sudah melewati periode jatuh tempo pembayaran yang telah disepakati dalam polis.Ā 
  • Supaya tidak mendapat surat pengingat pembayaran premi dan surat pembatalan polis, nasabah harus segera merujuk ke Statement of Account bulanan serta melunasi premi sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi [email protected] atau telepon ke 0800 124 8888.
Bagaimana cara berhenti menjadi nasabah Asuransi AIG?

Untuk berhenti menjadi nasabah AIG, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Menghubungi agen asuransi atau perusahaan langsung untuk menyatakan keinginan untuk berhenti asuransi
  • Datang langsung ke kantor pusat/cabang perusahaan untuk mengajukan penutupan polis
  • Menghubungi lewat call center perusahaan

Persiapkan juga dokumen terkait seperti polis asuransi dan identitas perusahaan. Biasanya, pihak AIG akan mengenakan biaya penutupan polis sesuai dengan ketentuan.

Seperti apa jajaran direksi AIG?

Berikut sosok orang yang mengisi kursi direksi AIG Indonesia:

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris: Scott Matthew Spaven

Komisaris Independen: Natalia PP Soebagjo

Komisaris Independen: Franciskus Antonius Alijoyo

Dewan Direksi

Presiden Direktur: Robert E Logie

Direktur: Gevi Q Wulandari

Direktur: Michael John Morris

Agen dan broker AIG

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini AIG Indonesia. Sementara broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Tidak ada informasi terkait sistem keagenan asuransi dalam situs resminya. Untuk mendapatkan produk asuransi, dapat menghubungi call center AIG atau mendatangi kantor cabang AIG terdekat.

Bengkel rekanan AIG

Informasi mengenai bengkel rekanan Asuransi AIG tidak tersedia pada situs resminya. Namun, informasi tersebut bisa didapatkan dengan menghubungi call center AIG, cek daftar lengkapnya di tab Layanan.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.aig.co.id/bisnis/
Chat Bantuan