Asuransi Allianz Bandung

5.0 / 5.0 (9.032 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
97 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
97 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
97 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
97 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
97 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
 

Sekilas tentang Allianz Bandung 

Allianz Bandung adalah perusahaan asuransi umum yang tersedia di wilayah Bandung. Allianz Group sendiri merupakan perusahaan asuransi dan manajemen aset asal Berlin, Jerman, yang telah berdiri sejak tahun 1890. 

Allianz Indonesia resmi mulai beroperasi sejak tahun 1989. Allianz Indonesia terbagi atas dua perusahaan dengan izin perasuransian yang berbeda, yaitu PT Asuransi Utama Indonesia yang berfokus pada asuransi umum dan PT Asuransi Allianz Life yang menawarkan produk asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun. 

Selain berfokus pada asuransi konvensional, Allianz Indonesia juga memiliki izin bisnis asuransi syariah. Produk-produk Allianz meliputi asuransi jiwa, asuransi perjalanan, asuransi pendidikan, asuransi kumpulan, hingga asuransi kesehatan. 

Hingga saat ini, Allianz Indonesia telah memiliki lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20 ribu tenaga penjualan untuk melayani 7 juta nasabahnya di Indonesia. 

 
 

Kantor Allianz Bandung

Allianz memiliki kantor pusat yang berlokasi di Jakarta. Namun, demi memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh nasabahnya, Allianz juga memiliki 23 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Bandung. 

Kantor Cabang dan Pemasaran Allianz Bandung

Wisma CIMB Niaga, 7th floor

Jl. Gatot Subroto No. 2,

Bandung 40262

Telepon: 1500 136 (AllianzCare), 1500 139 (AllianzCare Sharia)

Kantor Allianz Pusat 

Allianz Tower

Jl. HR. Rasuna Said

Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2

Jakarta 12980

Indonesia

Tel: +6221-2926 8888

Fax: +6221-2926 9090

Email : [email protected]

 

Call Center Allianz Bandung 

Demi memudahkan pelayanan terhadap nasabah, Allianz memiliki saluran call center yang terpusat. Nasabah dari berbagai penjuru Indonesia, termasuk di Bandung bisa langsung menghubungi layanan telepon atau email berikut ini untuk mendapatkan informasi seputar asuransi Allianz: 

 

Rekanan Allianz di Bandung 

Asuransi Allianz memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar luas di wilayah Bandung. Berikut adalah daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi Allianz yang dapat dimanfaatkan jika terjadi risiko gangguan kesehatan. 

Rumah Sakit Rekanan Asuransi Allianz 

  • Klinik Bandung Eye Center Jl. Sumatera No. 22 Bandung (0224) 214390. 
  • RS Gigi dan Mulut Maranatha Jl. Prof Drg. Soeria Soemantri No. 65 (022) 2005934. 
  • RS Advent Bandung Jl. Cihampelas No. 161 Bandung (022) 2034386. 
  • RS Bungsu Jl. Veteran No. 6 Bandung (022) 4231550. 
  • RS Hermina Arcamanik Jl. A H Nasution KM. 7 No. 50 Antapani (022) 87242525.
  • RS Hermina Pasteur Jl. Dr. Djundjunan No. 107 (022) 6072525. 
  • RS Immanuel Bandung Jl. Kopo No. 161 Bandung (022) 5201656. 
  • RS Karisma Cimareme Jl. Raya Cimareme No. 235 (022) 6866221. 
  • RS Khusus Bedah Halmahera Siaga Jl. RE. Martadinata No. 28 Bandung (022) 4206061. 
  • RS Khusus Ginjal NY. R. A Habibie Jl. Tubagus Ismail No. 46 (022) 2501985. 
  • RS Mata Bandung Eye Center Jl. Buah Batu No. 147 Bandung (0227) 3514682. 
  • RS Melinda 2 Jl. Dr. Cipto No. 1 Bandung (022) 4233777. 
  • RS Muhammadiyah Bandung Jl. KH Ahmad Dahlan No. 53 Bandung (022) 7301062. 
  • RS Santo Borromeus Jl. Ir H Juanda No. 100, Bandung (022) 2552000. 

Bengkel Rekanan Allianz Bandung 

Selain rumah sakit rekanan, Allianz juga memiliki bengkel umum rekanan yang siap memberikan pertanggungan kepada nasabah asuransi kendaraan Allianz. Berikut ini daftarnya: 

  • GARUDA MOTOR: Jl. Garuda No. 2, Bandung, 022-601674, 022-6001182, 6014550 
  • MEGAH JAYA: Jl. BKR No. 28, Bandung, 022-5227225, 022-5225970
  • NEO MEGAH JAYA: Jl. Laswi No 59, 022-7330760, 7330912, 022-7330766 
  • OTTO CEMERLANG: Jl. Komud. Supadio No. 30, Bandung, 022-6075838, 022-6031061 
  • LCC MOTOR: Jl. Jend. A. Yani No. 889, Bandung, 022-7202800, 022-7208384 
  • MOBIL ROBPER: Jl. Pasir Koja No. 223, Bandung, 022-6070064, 022-6001878
  • SAPPHIRE: Jl. Moh Toha No. 341, Bandung, 022-5205605, 5416299, 022-5205696
  • MENTARI CAHAYA UTAMA: Jl. Soekarno Hatta No. 250 B, 022- 543 1515, 022- 543 1511 / 543 1518 
  • KELVIN: Jl. Suryani Dalam 29-A, 022-6013672, 022-70821199
  • OTTO SERVICE: Jl. BKR No. 19-A Bandung, 022-5222974 / 081910252540 022-5222975
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi Allianz Bandung, baik informasi profil perusahaan, produk, cara klaim dan lain sebagainya.

Perusahaan Allianz didirikan oleh Carl von Thieme dan Wilhelm von Finck pada tanggal 5 Februari 1890 di Berlin, Jerman. Pada mulanya, Allianz berfokus pada jenis asuransi kendaraan dan kecelakaan diri saja, kemudian melakukan perluasan produk dengan menghadirkan asuransi aset di tahun 1920. Selang tiga tahun, Allianz berhasil menjadi pemimpin pasar asuransi jiwa di Jerman. 

Sebagai informasi tambahan, Allianz menjadi instansi pertama yang mempekerjakan perempuan. Sayangnya pada tahun 1945, Allianz Group harus mengalami kebangkrutan akibat jatuhnya perekonomian dunia pengaruh Perang Dunia II. Namun, perusahaan asuransi Jerman ini mampu bangkit dan kembali beroperasi di tahun 1959. 

Seiring perkembangannya, Allianz melakukan ekspansi di Asia dan resmi beroperasi di Indonesia tahun 1989 dengan nama PT Asuransi Utama Indonesia. Pada mulanya, Allianz Indonesia hanya berfokus pada asuransi umum saja. Di tahun 1996, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang menghadirkan layanan asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun. 

Baik PT Asuransi Utama Indonesia dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu indikator bahwa perusahaan asuransi itu terpercaya atau tidak bisa dilihat dari izin operasional atau izin usahanya. Jika perusahaan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maka segala operasionalnya telah mengacu pada ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Allianz sendiri telah memiliki izin usaha dari OJK sebagai bukti bahwa usaha tersebut legal dan terpercaya, dengan nomor izin 513/KM.071/1996.

Asuransi Allianz memiliki beberapa jenis produk asuransi berbasis konvensional maupun syariah dengan harga yang terjangkau. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan antara lain:

  • Asuransi Umum
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Dana Pensiun

Untuk mencari tahu berapa premi Asuransi Allianz, calon nasabah bisa mengakses laman resmi perusahaan, atau mendatangi langsung kantor Allianz Bandung yang terdapat di Wisma CIMB Niaga Jalan Gatot Subroto. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Melakukan pengecekan kini semakin mudah. Karena nasabah sudah tidak perlu lagi mendatangi kantor cabang Allianz atau menghubungi via telepon call center Allianz. Sekarang nasabah Allianz bisa dengan mudah melakukan pengecekan detil polis secara online dengan aplikasi eAZy Connect. Berikut ini layanan yang bisa dilakukan melalui eAZy Connect: 

  • Informasi umum tentang polis. 
  • Informasi tentang tertanggung.
  • Catatan pembayaran selama dua tahun belakangan. 
  • Informasi manfaat.
  • Informasi agen.
  • Informasi keuangan

Asuransi Allianz memiliki berbagai macam cara klaim yang bisa dilakukan oleh nasabahnya. Prosedur klaim tersebut harus disesuaikan dengan produk yang dimiliki oleh nasabah. Berikut ini caranya: 

Klaim Asuransi Jiwa Allianz 

  1. Melaporkan kepada agen atau perusahaan bahwa tertanggung meninggal dunia.
  2. Mengisi formulir klaim serta formulir surat keterangan dari dokter yang bisa didapatkan dari customer service Allianz.
  3. Lengkapi formulir klaim dan menyiapkan dokumen lain yang dibutuhkan.
  4. Menyerahkan formulir kepada Allianz.
  5. Allianz akan melakukan verifikasi data dari dokumen yang diserahkan.
  6. Bila data tidak lengkap, Allianz akan meminta nasabah melengkapi kembali dokumen yang dibutuhkan. Nasabah harus segera melengkapinya kembali.
  7. Bila data sudah lengkap, Allianz akan melakukan analisis terhadap klaim yang diajukan.
  8. Jika klaim disetujui, dana akan ditransfer sesuai dengan ketentuan dalam polis ke rekening ahli waris.
  9. Jika klaim ditolak, Allianz akan mengirimkan surat pemberitahuan penolakan klaim secara resmi kepada nasabah.

Klaim Asuransi Kesehatan Allianz 

  1. Bawa dan isi lengkap formulir Allianz saat berobat ke dokter atau rumah sakit.
  2. Mintalah surat rujukan, hasil pemeriksaan, penunjang diagnostik dan fisioterapi, diagnosa dokter, resume medis yang ditandatangani dan dicap dokter dan rumah sakit serta salinan resepnya.
  3. Mintalah bukti pembayaran rincian biaya obat, tindakan, dan lainnya dengan kuitansi asli.
  4. Anda juga bisa melakukan klaim melalui layanan Allianz eAZy Claim.
  5. Klaim semua dokumen klaim ke kantor pusat Allianz Jakarta ke bagian mailing room.
  6. Klaim analyst Allianz akan menganalisa dan memutuskan status klaim sesuai dengan polis asuransi Anda dan peraturan perusahaan.
  7. Klaim akan dibayarkan dalam waktu 7 hari kerja

Klaim Asuransi Kendaraan Allianz

  1. Laporkan klaim melalui Allianze Care 1500136 dan [email protected] 
  2. Survei lapangan, bengkel, servis satu hari.
  3. Allianz akan melakukan cek fisik dan pengambilan gambar mobil.
  4. Nasabah mengisi dan menandatangani laporan kecelakaan/kehilangan kendaraan bermotor.
  5. Melengkapi dan mengirimkan formulir klaim dan dokumen yang dibutuhkan.
  6. Allianz utama akan melakukan survei ke lokasi.
  7. Penerbitan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel/rekanan/penerbitan persetujuan klaim.
  8. Perbaikan mobil di bengkel rekanan (comprehensive)
  9. Pengambilan mobil.
  10. Untuk asuransi TLO, langkah setelah penerbitan klaim adalah terjadinya Kesepakatan.
  11. Kemudian klaim akan dibayar (TLO).

Agen asuransi Allianz Indonesia dikenal dengan nama Allianz Star Network (ASN). ASN adalah rekanan keagenan langsung dari PT Asuransi Allianz Indonesia yang menawarkan produk asuransi Allianz Life. Selain melalui agen, produk asuransi Allianz juga tersedia di beberapa marketplace atau broker asuransi di Indonesia. 

Asuransi Allianz juga terdaftar secara resmi di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Sehingga, untuk menjadi agen asuransi Allianz harus terlebih dahulu memiliki lisensi resmi dari AAJI dan AAUI. 

Perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi yang bekerja pada perusahaan asuransi. 

Sementara broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi perantara antara calon nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi. Tujuannya agar calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan serta anggarannya. 

Sederhananya, agen asuransi mewakili perusahaan asuransi sementara broker asuransi menempatkan diri sebagai pihak yang mewakili kepentingan calon nasabah asuransi. Tidak hanya itu saja, broker asuransi juga berfungsi untuk membantu nasabah dalam melakukan proses klaim hingga pengajuan berhenti dari polis asuransi. 

Lifepal adalah broker asuransi di Indonesia yang siap melayani dan membantu calon nasabah untuk mendapatkan produk asuransi sesuai kebutuhan serta anggaran. Sebagai teman andalan, Lifepal menyediakan layanan perbandingan produk asuransi terbaik dan termurah melalui situs web resmi Lifepal.co.id. Lifepal telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kantor Cabang dan Pemasaran Allianz di Bandung terletak di Wisma CIMB Niaga. Di kantor ini, calon nasabah maupun nasabah bisa bertanya-tanya seputar produk asuransi secara lengkap, juga melakukan beberapa pelayanan nasabah, seperti pengajuan klaim, atau pelaporan pengaduan. 

Kantor Cabang dan Pemasaran Allianz Bandung

Wisma CIMB Niaga, 7th floor

Jl. Gatot Subroto No. 2,

Bandung 40262

Telepon: 1500 136 (AllianzCare), 1500 139 (AllianzCare Sharia)

Mengacu pada beberapa fakta terkait wilayah Bandung, produk-produk asuransi dari Allianz dinilai penting dalam memberikan proteksi finansial atas kesejahteraan diri dan keamanan properti. Khususnya bagi warga yang sering bepergian. Berikut adalah beberapa alasan mengapa asuransi Allianz sangat dibutuhkan oleh warga Bandung. 

Akses Rumah Sakit di Bandung Terbatas

Perbandingan antara jumlah penduduk dengan akomodasi rumah sakit di Bandung menjadi salah satu alasan pentingnya memiliki asuransi Allianz. Mengacu pada data BPS pada tahun 2018, jumlah penduduk kota Bandung mencapai kurang lebih 2,5 juta orang, sementara hanya tersedia sekitar 21 jumlah rumah sakit dan 80 Puskesmas. Perbandingan ini dinilai cukup jauh jika disandingkan dengan jumlah rumah sakit di kota besar, seperti Jakarta, yang mencapai 187. 

Allianz memiliki jaringan rumah sakit rekanan yang tersebar luas sebagai solusi atas sulitnya mendapatkan akses kepada rumah sakit di Bandung. Namun tidak terbatas pada kota ini saja, nasabah dapat memanfaatkan jaringan rumah sakit Allianz di kota terdekat lainnya. 

Selain itu, Allianz juga memberikan manfaat dasar proteksi kesehatan 24 jam yang tersedia di seluruh dunia. Artinya, jika sering bepergian ke luar negeri baik untuk liburan maupun bekerja, nasabah tidak perlu membeli asuransi tambahan.

Angka Kejahatan Penipuan di Bandung Tinggi

Faktanya, kasus penipuan menjadi jenis kejahatan yang paling sering terjadi di kota Bandung. Pada tahun 2018, terdapat sekitar 769 kasus penipuan. Itu sebabnya, penting bagi warga Bandung untuk memiliki proteksi finansial melalui produk-produk asuransi kesehatan dan umum. 

Khususnya bagi usia pensiun yang umumnya hanya bergantung pada uang tabungan dan dana pensiun. Apabila dirugikan karena kasus penipuan, nasabah masih terproteksi secara finansial jika harus berobat karena serangan penyakit atau mengalami kerugian atas kehilangan properti.  

Angka Gaji Rata-Rata Karyawan Bandung 

Upah minimum Bandung pada tahun 2020 sesuai dengan persetujuan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, adalah Rp3.623.778. Mengacu pada angka UMP tersebut, produk asuransi yang dihadirkan oleh Allianz terbilang sangat terjangkau. 

Contohnya adalah produk asuransi jiwa mikro Allianz yang dinamakan Sekoci (Santunan Ekonomi untuk Keluarga Tercinta) yang bisa didapatkan dengan harga premi mulai dari Rp35 ribuan saja. Artinya jika mengacu pada upah minimum Bandung, maka daya beli masyarakat untuk mendapatkan proteksi dari produk asuransi mikro Allianz masih cukup tinggi. 

Jika dibandingkan dengan biaya hidup di Bandung yang harus ditanggung keluarga yang ditinggalkan, nilai manfaat Rp4 jutaan per bulan dari asuransi jiwa terbilang penting bagi masyarakat Bandung.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://lifepal.co.id/asuransi/allianz/
  • https://www.allianz.co.id/
  • https://www.allianz.com/en.html
  • https://bandungkota.bps.go.id/publication/2019/08/16/bd52ff3d885d75c04ddcfb17/kota-bandung-dalam-angka-2019.html
  • https://www.allianz.co.id/produk/Bank-jiwa-mikro/Sekoci/2019/Sekoci.pdf
Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan