Allianz Surabaya

5.0 / 5.0 (9.105 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Sekilas tentang Allianz Surabaya  

Allianz Surabaya adalah bagian dari Allianz Group yang didirikan di Berlin, Jerman, pada 1890. Kini, grup perusahaan asuransi yang terdiri atas asuransi jiwa dan asuransi umum tersebut berkantor pusat di Munich, Jerman.

Di Indonesia, Allianz Group terdaftar sebagai perusahaan asuransi jiwa dengan nama PT Asuransi Allianz Life Indonesia dan perusahaan asuransi umum dengan nama PT Asuransi Allianz Utama Indonesia.

Ringkasan

  • Perusahaan memiliki customer service bernama Allianz Care yang mana kantor cabangnya tersebar di hampir seluruh kota Indonesia.
  • Produk asuransi cocok bagi warga Surabaya karena kota tersebut memiliki angka kecelakaan yang cukup tinggi, biaya rumah sakit cukup mahal, dan beberapa wilayah rawan banjir.
  • Produk asuransi Allianz cukup beragam, terdiri atas asuransi jiwa dan kesehatan dan asuransi umum dengan produk yang paling dikenal adalah asuransi mobil Allianz.

Sebagai asuransi jiwa yang terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Allianz Life menawarkan beragam produk asuransi seperti Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, dan Asuransi Syariah. Sementara, sebagai asuransi umum (kerugian) yang terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Allianz menawarkan produk seperti Asuransi Kendaraan Bermotor, Asuransi Bangunan, dan Asuransi Perjalanan.

Sejarah Allianz di Indonesia bermula pada tahun 1981 dengan membuka kantor perwakilan di Jakarta. Perusahaan yang pertama kali didirikan adalah PT Asuransi Allianz Utama Indonesia yang melayani jenis asuransi umum pada tahun 1989. Pada tahun 1996 Allianz Group mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang berfokus pada asuransi jiwa dan beberapa produk lainnya termasuk asuransi berbasis syariah.

 
 

Kantor Allianz Surabaya

Allianz Life Indonesia dan Allianz Utama memiliki kantor pusat yang berlokasi di Jakarta. Selain itu, Allianz juga memiliki 23 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Surabaya, Asuransi Allianz memiliki beberapa kantor cabang yaitu:

Kantor Pusat Allianz di Jakarta 

Allianz Tower

Jl. HR. Rasuna Said

Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2

Jakarta 12980

Indonesia

Tel: +6221-2926 8888

Fax: +6221-2926 9090

Email : [email protected]

Kantor Cabang Utama di Surabaya

Allianz Surabaya Basuki Rahmat

Gedung Graha Pacific

Jl. Basuki Rahmat No. 87-91

Surabaya 60271

AllianzCare: 1500 136

AllianzCare Sharia: 1500 139

Faksimili: (+6231) 5329237

Kantor Pemasaran Mandiri di Surabaya

Allianz Surabaya Pakuwon Center

Pakuwon Center Lantai 19 Unit OF 19-08

Jl Embong Malang Nomor 1, 3, 5, Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari

Kota Surabaya 60261

Telp: (031) 99245888/99246677

Allianz Surabaya Graha Pacific

Graha Pacific Lantai 3

Jl. Basuki Rahmat 87-91 60971

Telp: (031) 5474848/5474848

 

Call Center Allianz Surabaya

Demi memudahkan pelayanan terhadap nasabah, Allianz memiliki saluran call center yang terpusat. Nasabah dari berbagai penjuru Indonesia, termasuk di Surabaya bisa langsung menghubungi layanan telepon atau email berikut ini untuk mendapatkan informasi seputar asuransi Allianz: 

 

Rekanan Allianz Surabaya

Peningkatan pelayanan terhadap nasabah terus dikedepankan oleh Allianz. Salah satu caranya adalah dengan memperluas rekanan baik rumah sakit maupun bengkel yang siap memberikan pertanggungan kepada nasabah di manapun berada. 

Rumah Sakit Rekanan Allianz Surabaya

Terdapat sejumlah rekanan RS di Surabaya bagi pemilik asuransi Allianz. Untuk mengetahui daftar lengkap RS rekanan Allianz, Anda bisa mengeceknya melalui website resmi atau menghubungi kantor cabang Allianz di Surabaya. Berikut beberapa daftar RS rekanan Allianz:

  • RS Adi Husada Kapasari: Jl.Kapasari No.97-101, Surabaya. Telp: (031) 3764555
  • RS Adi Husada Undaan Wetan: Jl. Undaan Wetan No.40-41, Undaan, Surabaya. Telp: (031) 5321256
  • RS Al Irsyad Surabaya: Jl Khm Mansyur No 210-214 Surabaya, Jawa Timur. Telp: (031) 3531223
  • RS Darmo: Jl. Raya Darmo No. 90, Surabaya. Telp: (031) 5676253
  • RS Husada Utama Surabaya: Jl. Prof Dr Moestopo No 31-35, Surabaya. Telp:  (031) 5018335
  • RS Islam Surabaya: Jl. Jend. A. Yani No. 2-4, Surabaya. Telp:  (031) 8284505
  • RS Katolik St.Vincentius A Paulo (Rkz): Jl. Diponegoro No.51 Surabaya. Telp:  (031) 5677562
  • RS Manyar Medical Centre: Jl. Raya Manyar No.9, Surabaya. Telp: (0315) 999369
  • RS Mitra Keluarga Kenjeran: Jl Kenjeran 506 Surabaya. Telp: (031) 99000880
  • RS Mitra Keluarga Surabaya: Jl. Satelit Indah II, Darmo Satelit, Surabaya. Telp:  (031) 7345333
  • RS National Hospital: Jl Boulevard Famili Selatan, Kav 1, Surabaya. Telp: (031) 29757777 
  • RS Orthopedi & Traumatologi Surabaya: Emerald Mansion TX 10, Citraland, Surabaya. Telp: (0315) 7431299
  • RS Premier Surabaya: Jl. Nginden Intan Barat Blok B, Surabaya. Telp: (031) 5993211
  • RS Royal Surabaya: Jl Rungkut Industri I/I, Surabaya. Telp: (031) 3484111
  • RS Siloam Hospitals Surabaya: Jl. Gubeng No.70 Surabaya. 

Bengkel Rekanan Allianz Surabaya 

Terdapat sejumlah rekanan bengkel di Surabaya bagi pemilik asuransi Allianz. Untuk mengetahui daftar lengkap bengkel rekanan Allianz, Anda bisa mengeceknya melalui website resmi atau menghubungi kantor cabang Allianz di Surabaya. Berikut beberapa daftar bengkel Kota Surabaya:

  • Masagung: Jl. Kedungsari No.37 Surabaya. Telp: (031) 5322435
  • Ngagel Tama Motor: Jl. Bung Tomo No.11 Surabaya. Telp: (031) 5041455
  • Jimmy Speed Motor: Jl. Raya Jemursari 160 Surabaya. Telp: (031) 8494416
  • SIP (Speed Indo Pratama): Jl. Tenggilis Tengah 1/28 Surabaya. Telp: (031) 8496648/49
  • Monolith: Jl. Sidosermo II No.58 Surabaya. Telp: (031) 8475100
  • Sarana Cat: Jl. Jemursari 60 Surabaya. Telp: (031) 8481361
  • Yu Speed: Jl. Lontar 23-30 Surabaya. Telp: (031) 7458576
  • Figo Body Repair: Jl. Sambikerep (II) 12A Surabaya. Telp: (031) 7458609
  • Hutan Alam: Jl. Kenjeran 615 Surabaya. Telp: (031) 3893784
  • Mischan: Jl. Kalijudan No.254 Surabaya. Telp: (031) 3810404
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi Allianz Surabaya, baik informasi produk, profil perusahaan, cara klaim, dan lain sebagainya.

Allianz adalah salah satu perusahaan dengan manajemen aset terbesar di dunia. Markas atau kantor pusat Allianz Group berada di Munich, Jerman. Sejarah Allianz Group didirikan di Berlin pada tahun 1890 sebagai perusahaan asuransi yang menjamin atas kecelakaan dan transportasi pada masa perang dunia pertama.

Allianz memiliki kantor cabang di hampir 70 negara yang menjadikannya sebagai salah satu perusahaan asuransi global terbesar di dunia. Adapun nasabah Allianz terdiri dari perorangan dan perusahaan. Bahkan perusahaan-perusahaan yang menjadi nasabah Allianz merupakan perusahaan ternama. Sehingga premi yang diterima oleh Allianz cukup besar.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor Allianz berhasil meraih pendapatan bruto teratas di antara perusahaan asuransi lainnya dan masuk dalam kategori Perusahaan Fortune 500.

Sejarah Allianz di Indonesia bermula sejak tahun 1981 dengan membuka kantor perwakilan di Jakarta. Perusahaan yang pertama kali didirikan adalah PT Asuransi Allianz Utama Indonesia yang melayani jenis asuransi umum pada tahun 1989. Barulah pada tahun 1996 Allianz Group mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang berfokus pada asuransi jiwa dan beberapa produk lainnya termasuk basis asuransi syariah.

Salah satu indikator bahwa perusahaan asuransi itu terpercaya atau tidak bisa dilihat dari izin operasional atau izin usahanya. Jika perusahaan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maka segala operasionalnya telah mengacu pada ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Allianz sendiri telah memiliki izin usaha dari OJK sebagai bukti bahwa usaha tersebut legal dan terpercaya, dengan nomor izin 513/KM.071/1996.

Allianz memiliki beberapa jenis produk asuransi berbasis konvensional maupun syariah. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan antara lain:

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Syariah
  • Asuransi Kumpulan
  • Produk Bancassurance
  • Asuransi Kendaraan
  • Asuransi Bangunan
  • Asuransi Perjalanan
  • Asuransi Diri

Untuk mencari tahu berapa premi Asuransi Allianz, calon nasabah bisa mengakses laman resmi perusahaan, atau mendatangi langsung kantor Allianz Surabaya. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Kini, nasabah Allianz bisa dengan mudah melakukan pengecekan detil polis mereka secara online dengan aplikasi eAZy Connect. Berikut ini layanan-layanan yang bisa dilihat dengan eAZy Connect: 

  • Informasi umum tentang polis. 
  • Informasi tentang tertanggung.
  • Catatan pembayaran selama dua tahun belakangan. 
  • Informasi manfaat.
  • Informasi agen.
  • Informasi keuangan.

Asuransi Allianz memiliki berbagai macam cara klaim yang bisa dilakukan oleh nasabahnya. Prosedur klaim tersebut harus disesuaikan dengan produk yang dimiliki oleh nasabah. Berikut ini caranya: 

Klaim Asuransi Jiwa Allianz 

  1. Melaporkan kepada agen atau perusahaan bahwa tertanggung meninggal dunia.
  2. Mengisi formulir klaim serta formulir surat keterangan dari dokter yang bisa didapatkan dari customer service Allianz.
  3. Lengkapi formulir klaim dan menyiapkan dokumen lain yang dibutuhkan.
  4. Menyerahkan formulir kepada Allianz.
  5. Allianz akan melakukan verifikasi data dari dokumen yang diserahkan.
  6. Bila data tidak lengkap, Allianz akan meminta nasabah melengkapi kembali dokumen yang dibutuhkan. Nasabah harus segera melengkapinya kembali.
  7. Bila data sudah lengkap, Allianz akan melakukan analisis terhadap klaim yang diajukan.
  8. Jika klaim disetujui, dana akan ditransfer sesuai dengan ketentuan dalam polis ke rekening ahli waris.
  9. Jika klaim ditolak, Allianz akan mengirimkan surat pemberitahuan penolakan klaim secara resmi kepada nasabah.

Klaim Asuransi Kesehatan Allianz 

  1. Bawa dan isi lengkap formulir Allianz saat berobat ke dokter atau rumah sakit.
  2. Mintalah surat rujukan, hasil pemeriksaan, penunjang diagnostik dan fisioterapi, diagnosa dokter, resume medis yang ditandatangani dan dicap dokter dan rumah sakit serta salinan resepnya.
  3. Mintalah bukti pembayaran rincian biaya obat, tindakan, dan lainnya dengan kuitansi asli.
  4. Anda juga bisa melakukan klaim melalui layanan Allianz eAZy Claim.
  5. Klaim semua dokumen klaim ke kantor pusat Allianz Jakarta ke bagian mailing room.
  6. Claim analyst Allianz akan menganalisa dan memutuskan status klaim sesuai dengan polis asuransi Anda dan peraturan perusahaan.
  7. Klaim akan dibayarkan dalam waktu 7 hari kerja

Klaim Asuransi Kendaraan Allianz

  1. Laporkan klaim melalui Allianz Care 1500136 dan [email protected] 
  2. Survei lapangan, bengkel, servis satu hari.
  3. Allianz akan melakukan cek fisik dan pengambilan gambar mobil.
  4. Nasabah mengisi dan menandatangani laporan kecelakaan/kehilangan kendaraan bermotor.
  5. Melengkapi dan mengirimkan formulir klaim dan dokumen yang dibutuhkan.
  6. Allianz utama akan melakukan survei ke lokasi.
  7. Penerbitan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel/rekanan/penerbitan persetujuan klaim.
  8. Perbaikan mobil di bengkel rekanan (comprehensive)
  9. Pengambilan mobil.
  10. Untuk asuransi TLO, langkah setelah penerbitan klaim adalah terjadinya Kesepakatan.
  11. Kemudian klaim akan dibayar (TLO).

Agen asuransi Allianz biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Allianz. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Allianz dengan calon nasabah.

Sebagai bagian dari upaya memudahkan masyarakat mendapatkan akses kepada informasi terkait berbagai produk asuransi yang dimiliki asuransi Allianz, Allianz Star Network (ASN) hadir sebagai kanal distribusi keagenan PT Asuransi Allianz Life Indonesia secara resmi.

Setiap individu yang tergabung ke dalam ASN akan diperkenalkan kepada sistem bisnis Allianz sekaligus mendapatkan pelatihan demi bisa mengembangkan jaringan usaha pribadinya secara berkelanjutan. Dengan demikian, setiap agen diharapkan bisa meraih imbal hasil usaha yang dapat diandalkan juga.

Tidak hanya melalui agen, Lifepal sebagai broker asuransi tepercaya yang mendampingi calon nasabah dalam mendapatkan ulasan dan referensi produk-produk asuransi terbaik yang terjangkau dan sesuai kebutuhan, turut menjadi rekanan dalam memasarkan produk Asuransi Allianz.

Lifepal telah bekerja sama dengan Allianz dalam memasarkan produk perlindungan jiwa mikro dari Asuransi Allianz, yaitu Allianz Sekoci. 

Manfaat yang bisa didapatkan oleh nasabah melalui produk ini berupa pemberian santunan tunai jika nasabah mengalami kecelakaan yang berakibat cacat sehingga tidak bisa beraktivitas secara produktif seperti sedia kala. Selain itu, keluarga atau ahli waris nasabah juga bisa mendapatkan manfaat serupa jika nasabah meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan.

Allianz memiliki kantor cabang utama dan kantor pemasaran mandiri di Kota Surabaya. Berikut ini daftar alamat lengkap kantornya: 

Kantor Cabang Utama

Gedung Graha Pacific

Jl. Basuki Rahmat No. 87-91

Surabaya 60271

AllianzCare: 1500 136

AllianzCare Sharia: 1500 139

Faksimili: (+6231) 5329237

Kantor Pemasaran Mandiri

Pakuwon Center Lantai 19 Unit OF 19-08

Jl Embong Malang Nomor 1, 3, 5, Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari

Kota Surabaya 60261

Telp: (031) 99245888/99246677

Kantor Pemasaran Mandiri

Graha Pasifik Lantai 3

Jl. Basuki Rahmat 87-91 60971

Telp: (031) 5474848/5474848

Bagi nasabah asuransi kesehatan, Allianz memiliki beberapa layanan nasabah yang bisa mempermudah segala urusan nasabah terkait dengan polis yang dipegang. Berikut ini layanan yang bisa dipergunakan nasabah: 

  • Allianz eAZy Payment: fitur pembayaran premi secara online dengan memasukkan nomor polis, tanggal lahir dan akun email nasabah. Metode pembayaran tetap menggunakan kartu kredit atau kartu debit.
  • Allianz Hospital Assistant: layanan bagi nasabah yang menjalani rawat inap di rumah sakit rekanan Asuransi Allianz Life Indonesia. Setiap nasabah akan mendapatkan pendampingan sebelum, saat, dan sesudah menjalani rawat inap. Nasabah juga akan mendapatkan bantuan dalam keadaaan darurat dengan menelepon Allianz Care 1500136.
  • Layanan Allianz eAZy Med: layanan pemesanan dan pengantaran obat resep dokter bagi nasabah Asuransi Allianz Indonesia hanya melalui aplikasi HaloDoc dengan fitur ApotikAntar.
  • Allianz Gift: hadiah atau kejutan yang diberikan Allianz kepada nasabahnya.  
  • Customer Care: Nomor telepon (021)2926-8888; Nomor fax (021)2926-9090; Email [email protected]

Produk asuransi Allianz dibutuhkan warga Surabaya. Asuransi Allianz Life tentu dibutuhkan semua warga Surabaya, sedangkan produk asuransi umum dari Allianz Utama, khususnya asuransi kendaraan bermotor dibutuhkan mereka yang memiliki kendaraan. Berikut ini beberapa alasan Allianz dibutuhkan warga Surabaya.

Angka Kecelakaan Lalu Lintas Tinggi

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kota Pahlawan masih tinggi, hingga 1.191 kasus. Terbanyak dialami sepeda motor yang dikendarai usia produktif antara 16-30 tahun. Dari data ini, diketahui korban meninggal dunia mencapai 181 jiwa dan mengalami luka berat 176 orang.

Rawan Banjir

Kota Surabaya menjadi salah satu kota besar di Indonesia. Tak heran, pembangunan terus terjadi. Sayangnya, pembangunan kota berdampak terhadap risiko banjir. Pada awal 2019 saja, banjir terjadi di berbagai titik. Karena itu, produk Allianz Utama seperti Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Bangunan diperlukan untuk memberikan ganti rugi atas risiko banjir yang dialami warga Surabaya.

Biaya Rumah Sakit Mahal

Berdasarkan data Watson Global Medical Trend Survey Report 2018, kenaikan biaya rumah sakit (RS) di Indonesia mengalami kenaikan 12-18 persen setiap tahun. Begitupun di Surabaya. Persentase kenaikan tersebut tidak diikuti kenaikan penghasilan rata-rata warga Surabaya.

Karena itu, memiliki asuransi Allianz diperlukan untuk meng-cover kenaikan biaya tersebut jika suatu hari terjadi risiko yang tidak diinginkan. Warga Surabaya bisa membeli asuransi kesehatan Allianz yang terdiri atas beberapa jenis polis.

Sekadar informasi, biaya kamar di beberapa RS di Surabaya dipatok Rp250ribu-2,9 juta. Dengan upah minimum provinsi (UMP) 2020 yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebesar Rp1.768.777, tentunya perawatan di rumah sakit terbilang mahal, meskipun memilih kamar rawat inap kelas paling murah yaitu Rp250 ribu/malam.

Untuk sakit tipus saja, rawat inap bisa mencapai lima hari, berarti warga Surabaya membutuhkan Rp1,25 juta hanya untuk kamar. Tentu nilainya semakin besar dengan biaya kunjungan dokter, obat, dan lainnya. Dengan memiliki asuransi, masalah finansial ketika sakit tidak akan menghantui.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://surabaya.liputan6.com/read/4066926/data-surabaya-pelaku-kecelakaan-lalu-lintas-dominan-berumur-produktif
  • https://news.okezone.com/read/2019/02/01/519/2012208/surabaya-dikepung-banjir-puluhan-kendaraan-tenggelam
Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan