Asuransi Artarindo

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

PT Asuransi Artarindo adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tanggal 31 Agustus 1978. Saham perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini dimiliki oleh PT Budiman Kencana Lestari sebesar 50 persen dan PT Suryahusada Investment sebesar 50 persen. 

Artarindo menghadirkan berbagai produk asuransi, di antaranya asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi pengangkutan, asuransi konstruksi, dan lainnya. Dalam menjalankan bisnis, Artarindo telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keunggulan dari asuransi Artarindo adalah pada varian produk yang luas. Selain itu, keuangan perusahaan menunjukkan kesehatan yang baik dengan rasio solvabilitas 503 persen pada tahun 2018, jauh di atas ketentuan pemerintah sebesar 120 persen, yang artinya perusahaan dapat membayar kewajibannya dengan baik.

Sayangnya, bengkel rekanan Artarindo terbatas pada pulau Jawa, Sumatera, dan Lampung. Bengkel rekanan resmi Artarindo juga hanya tersedia untuk merek Honda saja.

Asuransi Artarindo memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Artarindo berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dapat dipilih.

Asuransi Kendaraan Bermotor Artarindo
Asuransi Kendaraan Bermotor Artarindo
Produk asuransi yang memberikan uang pertanggungan terhadap risiko kerusakan kendaraan bermotor.
Asuransi Properti Artarindo
Asuransi Properti & Industrial All Risk
Produk asuransi yang menawarkan uang penggantian terhadap risiko kerusakan rumah dan aset bangunan lainnya.
Asuransi Properti Artarindo
Asuransi Kebongkaran
Produk asuransi yang menawarkan uang penggantian apabila terjadi kebongkaran/pencurian dengan kekerasan pada properti.
Asuransi Kebakaran Artarindo
Asuransi Kebakaran
Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap risiko kerusakan/kerugian harta benda akibat kebakaran.
Asuransi Konstruksi Artarindo
Asuransi Konstruksi
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kegagalan sebuah proyek.
Asuransi Pengangkutan Artarindo
Asuransi Pengangkutan
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan objek pertanggungan selama proses pengangkutan laut.
Asuransi Mesin Artarindo
Asuransi Pemasangan Mesin
Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap kegagalan proyek pemasangan mesin karena sebab yang tercantum dalam polis.
Asuransi Mesin Artarindo
Asuransi Peralatan Elektronik
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan peralatan elektronik akibat penyebab yang tercantum dalam polis.
Asuransi Mesin Artarindo
Asuransi Kerusakan Mesin
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mesin akibat risiko yang tercantum dalam polis.
Asuransi Kecelakaan Diri Artarindo
Asuransi Kecelakaan Diri
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kecelakaan diri.
Asuransi Uang Artarindo
Asuransi Penyimpanan Uang
Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap risiko kehilangan uang akibat tindak kekerasan selama penyimpanan.
Asuransi Uang Artarindo
Asuransi Pengiriman Uang
Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap risiko kehilangan uang akibat tindak kekerasan selama pengiriman.

Berbagai produk asuransi Artarindo yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Artarindo tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Artarindo. 

Pertanggungan asuransi Artarindo adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis.

Biar lebih jelas, mari simak apa saja pertanggungan atau manfaat asuransi Artarindo berdasarkan jenis produknya.

  • Asuransi kendaraan bermotor biasanya dibedakan menjadi asuransi Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Untuk asuransi Comprehensive akan memberikan pertanggungan dari segala risiko kerugian atau kehilangan sesuai dengan harga maksimal pertanggungan dikurangi dengan risiko sendiri. 

Sementara itu, asuransi TLO memberikan penggantian sesuai dengan harga maksimal pertanggungan dikurangi dengan risiko sendiri hanya untuk kehilangan atau kerusakan total di atas 75%.

Adapun penyebab kerugian yang dapat menimbulkan klaim asuransi kendaraan bermotor adalah kerusakan kendaraan bermotor, pencurian,tanggung jawab pihak ketiga yang berhubungan dengan kendaraan bermotor.

  • Asuransi properti memberikan manfaat uang penggantian kerugian terhadap aset rumah atau bangunan lain. Asuransi properti Artarindo terdiri dari dua polis, yaitu Asuransi Properti & Industrial All Risk dan Asuransi Kebongkaran. Asuransi Properti & Industrial All Risk menawarkan uang penggantian terhadap risiko kerusakan rumah dan aset bangunan lainnya. Sementara itu, Asuransi Kebongkaran menawarkan uang penggantian apabila terjadi kebongkaran/pencurian dengan kekerasan pada properti.
  • Asuransi kebakaran memberikan manfaat uang pertanggungan terhadap risiko kerusakan/kerugian harta benda akibat kebakaran.

 

  • Asuransi konstruksi memberikan manfaat uang penggantian terhadap risiko kegagalan proyek, seperti: proyek pembangunan jalan, jembatan, dermaga, mercusuar, perumahan, pertokoan, perkantoran, rumah sakit, akibat sebab yang tercantum dalam polis.

 

  • Asuransi pengangkutan memberikan manfaat uang penggantian terhadap risiko  kerusakan objek pertanggungan selama proses pengangkutan melalui laut. Adapun penyebab kerusakan yang ditanggung adalah bahaya-bahaya laut yang tercantum dalam polis.
  • Asuransi uang memberikan manfaat uang penggantian terhadap risiko kehilangan uang. Jenis asuransi ini terdiri dari dua polis, yaitu Asuransi Penyimpanan Uang dan Asuransi Pengiriman Uang. Asuransi Penyimpanan Uang memproteksi uang selama dalam penyimpanan, sementara Asuransi Pengiriman Uang memproteksi uang selama masa pengiriman dari satu tempat ke tempat lain.
  • Asuransi mesin memberikan manfaat uang penggantian bila terjadi kerusakan pada mesin yang dijamin. Asuransi mesin Artarindo terdiri dari tiga polis. Pertama, Asuransi Pemasangan Mesin yang menawarkan pertanggungan terhadap kegagalan proyek pemasangan mesin karena sebab yang tercantum dalam polis.

Kedua, Asuransi Peralatan Elektronik yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan peralatan elektronik akibat penyebab yang tercantum dalam polis.

Ketiga, Asuransi Kerusakan Mesin yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mesin akibat risiko yang tercantum dalam polis.

  • Asuransi kecelakaan diri memberikan proteksi kecelakaan diri yang mencakup biaya perawatan medis dan santunan kematian serta cacat tetap akibat kecelakaan.

Harga premi asuransi Artarindo didasarkan pada profil calon nasabah dan produk asuransi yang ditawarkan. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Lama perjalanan dan lokasi tujuan (untuk asuransi perjalanan).
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pada situs resmi Artarindo tidak disebutkan mengenai harga premi asuransi. Untuk mengetahui informasi premi, sila hubungi call center Artarindo, agen, atau broker terkait.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian asuransi kesehatan atau kecelakaan diri biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu cashless dan reimbursement. Metode penggantian asuransi jiwa dilakukan dengan dua metode, yaitu penggantian santunan tunai secara sekaligus dan berkala sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Penggantian asuransi kendaraan dilakukan berdasarkan jenis kerugian yang dialami disesuaikan dengan polis asuransi, biasanya berupa perbaikan secara cashless di bengkel rekanan. Penggantian asuransi umum lain, seperti asuransi perjalanan dan asuransi kerugian lainnya, dilakukan berdasarkan metode penggantian yang sudah disepakati dalam polis dengan syarat tertentu. 

Membeli asuransi Artarindo secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang Artarindo terdekat sekalipun. Anda dapat menghubungi call center Artarindo melalui nomor (021) 2598985 untuk mengetahui cara pembelian asuransi Artarindo secara online.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran premi asuransi Artarindo bergantung pada jenis produk asuransi yang Anda beli. Tidak ditemukan informasi mengenai cara pembayaran premi pada situs resmi Artarindo. Sila menghubungi call center Artarindo (021) 2598985, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis Anda.

Adapun cara klaim asuransi Artarindo dibedakan menjadi tiga metode, yaitu menggunakan klaim reimbursement rawat inap, uang santunan, dan cashless. Berikut penjelasan singkat mengenai cara klaim asuransi Artarindo. 

Klaim rawat inap

  • Unduh formulir klaim Artarindo melalui situs Artarindo.
  • Siapkan surat rekam media asli.
  • Surat keterangan dokter asli dan sudah ditandatangani dan stempel.
  • Tanda terima pembayaran.
  • Salinan pemeriksaan medis.
  • Salinan kartu identitas diri (KTP) tertanggung atau pemegang polis.
  • Serahkan ke pihak perusahaan asuransi Artarindo.

Klaim asuransi akibat meninggal dunia

  • Siapkan polis asuransi Artarindo yang asli.
  • Formulir klaim meninggal dunia.
  • Surat keterangan kematian lengkap dari pemerintah atau pihak berwenang setempat.
  • Surat keterangan dokter untuk klaim meninggal dunia.
  • Salinan catatan medis tertanggung.
  • Salinan identitas diri tertanggung, pemegang polis, dan ahli waris.
  • Surat berita acara dari pihak kepolisian apabila meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak Artarindo.
  • Bukti identitas ahli waris yang akan menerima uang pertanggungan.

Klaim asuransi kendaraan bermotor

  • Segera menghubungi Artarindo untuk melaporkan klaim melalui nomor (021) 25989835.
  • Menyiapkan laporan kerugian dan dokumen terkait, di antaranya:
    • Laporan kerugian termasuk kronologi kejadian.
    • Sertifikat polis.
    • SIM pengemudi saat kejadian.
    • KTP tertanggung.
    • STNK.
    • BPKB, faktur pembelian, blanko kuitansi, surat penyerahan kepemilikan, surat pemblokiran STNK, serta keterangan dari kepolisian (untuk kehilangan atau kerusakan total).
  • Perusahaan asuransi akan menganalisis dokumen tersebut dan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) untuk bengkel rekanan (apabila kerusakan sebagian).
  • Apabila terjadi kehilangan atau kerusakan total, perusahaan akan mengirimkan pembayaran uang pertanggungan.

Klaim asuransi umum lainnya

  • Segera menghubungi Artarindo untuk melaporkan klaim.
  • Mengirimkan formulir klaim serta dokumen pendukung lain yang diperlukan.
  • Artarindo akan memproses permohonan klaim Anda.
  • Apabila klaim Anda disetujui, Artarindo akan mengirimkan uang pertanggungan. 

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Artarindo, ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh, antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen atau broker Artarindo yang dulu menawarkan produk kepada Anda.
  • Datang langsung ke kantor cabang Artarindo dan ajukan penutupan.
  • Datang langsung ke kantor pusat Artarindo.
  • Hubungi call center Artarindo untuk mengajukan penutupan polis.

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi selengkapnya jika ingin berhenti asuransi Artarindo seperti berikut ini.

  1. Hubungi call center asuransi Artarindo melalui nomor (021) 25989835.
  2. Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
  3. Mengisi formulir dengan lengkap.
  4. Mengembalikan buku polis asuransi.
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan.
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi bila ada.
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  8. Cara berhenti asuransi Artarindo juga bisa dilakukan langsung lewat agen atau broker asuransi terkait. 

Yang pasti, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Kemudian, biasanya Anda akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo. Informasi lebih lengkap seputar cara penutupan polis, sila hubungi Artarindo, agen, atau broker terkait.

Asuransi Artarindo memiliki bengkel rekanan yang tersebar luas di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanan asuransi Artarindo.

DKI Jakarta

  • PT. Imora Motor (Honda Jakarta Center): Jalan Pangeran Jayakarta Nomor 50, Jakarta Pusat. Telepon: 021-629 2846.
  • Ivan Motor: Jalan Ancol Selatan II Nomor 42 Sunter Podomoro, Jakarta Utara 14350. Telepon: 658 34408.
  • Kurnia Motor: Jalan Kedoya Duri Raya Nomor 5A Jakarta Barat. Telepon: 021-580 6136.
  • Auto Click: Jalan Seha 1 Nomor 10 RT 006 RW 010 Kel. Grogol Selatan Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12220. Telepon: 021-726 4418.
  • Raperind: Jalan Raya Kalimalang Q/2D-E, Jakarta Timur 13450. Telepon: 021-8643594/95.

Jawa Barat

  • PD. Marga Jaya: Jalan MH Thamrin Nomor 8 Cikokol d/h (kebon Nanas),Tangerang. Telepon: 021-55753357-58.
  • Auto Glad Pekayon: Jalan Raya Pekayon Nomor 25 Jakasetia Bekasi Selatan 17147. Telepon: 22100777.
  • Makmur Jaya Motor 2: Jalan Raya Tajur Gang Pesantren Nomor 15A Bogor. Telepon: 0251-7557216, 08121107128.
  • Paint Auto Repair: Jalan Raya KSU Serab Nomor 1 Depok. Telepon: 294-441308.
  • Garuda Motor: Jalan Garuda Nomor 2 Bandung. Telepon: 022-6011153.
  • Prestige: Jalan Raya cimareme Nomor 202B. Telepon: 022-86121298.

Jawa Tengah & Yogyakarta

  • Honda Tugu: Jalan HOS Cokroaminoto 157A, Yogyakarta. Telepon: 0274-620408.
  • Honda Kusuma: Jalan Sebandaran Nomor 51, Semarang. Telepon: 024-3540728.
  • Honda Sumber Purwokerto: Jalan Suparjo Rustam Nomor 109 Sokaraja Banyumas. Telepon: 0281-6512666.
  • Honda Solo Baru: Jalan Raya Solo Baru, Solo. Telepon: 0271-626058.
  • New General: Jalan Magelang Km.9, Baru Mulungan, Yogyakarta. Telepon: 0274-867807.
  • Champion: Jalan Hasanudin G-19 Semarang. Telepon: 024-3511636.

Jawa Timur 

  • Sarana Cat Jemursari: Jalan Raya Jemursari Nomor 60, Surabaya. Telepon: 031-8481363.
  • Yuspeed: Jalan Raya Lontar Nomor 23-30. Telepon: 031-7430505.

Sumatera

  • New Pelangi Service: Jalan Perjuangan Nomor 102 Medan. Telepon: 061-4526083.
  • Leo Otomotif: Jalan Bilal Nomor 45/229 Medan. Telepon: 061-6641188.
  • Tri Tunggal: Jalan Sultan Agung Nomor 17B Way Halim – Bandar Lampung. Telepon: 0721-712188.
Informasi Umum

PT Asuransi Artarindo adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tanggal 31 Agustus 1978. Saham perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini dimiliki oleh PT Budiman Kencana Lestari sebesar 50 persen dan PT Suryahusada Investment sebesar 50 persen. 

Artarindo menghadirkan berbagai produk asuransi, di antaranya asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi pengangkutan, asuransi konstruksi, dan lainnya. Dalam menjalankan bisnis, Artarindo telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keunggulan dari asuransi Artarindo adalah pada varian produk yang luas. Selain itu, keuangan perusahaan menunjukkan kesehatan yang baik dengan rasio solvabilitas 503 persen pada tahun 2018, jauh di atas ketentuan pemerintah sebesar 120 persen, yang artinya perusahaan dapat membayar kewajibannya dengan baik.

Sayangnya, bengkel rekanan Artarindo terbatas pada pulau Jawa, Sumatera, dan Lampung. Bengkel rekanan resmi Artarindo juga hanya tersedia untuk merek Honda saja.

Polis Asuransi Artarindo

Asuransi Artarindo memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Artarindo berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dapat dipilih.

Asuransi Kendaraan Bermotor Artarindo
Asuransi Kendaraan Bermotor Artarindo
Produk asuransi yang memberikan uang pertanggungan terhadap risiko kerusakan kendaraan bermotor.
Asuransi Properti Artarindo
Asuransi Properti & Industrial All Risk
Produk asuransi yang menawarkan uang penggantian terhadap risiko kerusakan rumah dan aset bangunan lainnya.
Asuransi Properti Artarindo
Asuransi Kebongkaran
Produk asuransi yang menawarkan uang penggantian apabila terjadi kebongkaran/pencurian dengan kekerasan pada properti.
Asuransi Kebakaran Artarindo
Asuransi Kebakaran
Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap risiko kerusakan/kerugian harta benda akibat kebakaran.
Asuransi Konstruksi Artarindo
Asuransi Konstruksi
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kegagalan sebuah proyek.
Asuransi Pengangkutan Artarindo
Asuransi Pengangkutan
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan objek pertanggungan selama proses pengangkutan laut.
Asuransi Mesin Artarindo
Asuransi Pemasangan Mesin
Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap kegagalan proyek pemasangan mesin karena sebab yang tercantum dalam polis.
Asuransi Mesin Artarindo
Asuransi Peralatan Elektronik
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan peralatan elektronik akibat penyebab yang tercantum dalam polis.
Asuransi Mesin Artarindo
Asuransi Kerusakan Mesin
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mesin akibat risiko yang tercantum dalam polis.
Asuransi Kecelakaan Diri Artarindo
Asuransi Kecelakaan Diri
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kecelakaan diri.
Asuransi Uang Artarindo
Asuransi Penyimpanan Uang
Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap risiko kehilangan uang akibat tindak kekerasan selama penyimpanan.
Asuransi Uang Artarindo
Asuransi Pengiriman Uang
Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap risiko kehilangan uang akibat tindak kekerasan selama pengiriman.
Ulasan Produk Asuransi Artarindo

Berbagai produk asuransi Artarindo yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Artarindo tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Artarindo. 

Pertanggungan asuransi Artarindo adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis.

Biar lebih jelas, mari simak apa saja pertanggungan atau manfaat asuransi Artarindo berdasarkan jenis produknya.

  • Asuransi kendaraan bermotor biasanya dibedakan menjadi asuransi Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Untuk asuransi Comprehensive akan memberikan pertanggungan dari segala risiko kerugian atau kehilangan sesuai dengan harga maksimal pertanggungan dikurangi dengan risiko sendiri. 

Sementara itu, asuransi TLO memberikan penggantian sesuai dengan harga maksimal pertanggungan dikurangi dengan risiko sendiri hanya untuk kehilangan atau kerusakan total di atas 75%.

Adapun penyebab kerugian yang dapat menimbulkan klaim asuransi kendaraan bermotor adalah kerusakan kendaraan bermotor, pencurian,tanggung jawab pihak ketiga yang berhubungan dengan kendaraan bermotor.

  • Asuransi properti memberikan manfaat uang penggantian kerugian terhadap aset rumah atau bangunan lain. Asuransi properti Artarindo terdiri dari dua polis, yaitu Asuransi Properti & Industrial All Risk dan Asuransi Kebongkaran. Asuransi Properti & Industrial All Risk menawarkan uang penggantian terhadap risiko kerusakan rumah dan aset bangunan lainnya. Sementara itu, Asuransi Kebongkaran menawarkan uang penggantian apabila terjadi kebongkaran/pencurian dengan kekerasan pada properti.
  • Asuransi kebakaran memberikan manfaat uang pertanggungan terhadap risiko kerusakan/kerugian harta benda akibat kebakaran.

 

  • Asuransi konstruksi memberikan manfaat uang penggantian terhadap risiko kegagalan proyek, seperti: proyek pembangunan jalan, jembatan, dermaga, mercusuar, perumahan, pertokoan, perkantoran, rumah sakit, akibat sebab yang tercantum dalam polis.

 

  • Asuransi pengangkutan memberikan manfaat uang penggantian terhadap risiko  kerusakan objek pertanggungan selama proses pengangkutan melalui laut. Adapun penyebab kerusakan yang ditanggung adalah bahaya-bahaya laut yang tercantum dalam polis.
  • Asuransi uang memberikan manfaat uang penggantian terhadap risiko kehilangan uang. Jenis asuransi ini terdiri dari dua polis, yaitu Asuransi Penyimpanan Uang dan Asuransi Pengiriman Uang. Asuransi Penyimpanan Uang memproteksi uang selama dalam penyimpanan, sementara Asuransi Pengiriman Uang memproteksi uang selama masa pengiriman dari satu tempat ke tempat lain.
  • Asuransi mesin memberikan manfaat uang penggantian bila terjadi kerusakan pada mesin yang dijamin. Asuransi mesin Artarindo terdiri dari tiga polis. Pertama, Asuransi Pemasangan Mesin yang menawarkan pertanggungan terhadap kegagalan proyek pemasangan mesin karena sebab yang tercantum dalam polis.

Kedua, Asuransi Peralatan Elektronik yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan peralatan elektronik akibat penyebab yang tercantum dalam polis.

Ketiga, Asuransi Kerusakan Mesin yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mesin akibat risiko yang tercantum dalam polis.

  • Asuransi kecelakaan diri memberikan proteksi kecelakaan diri yang mencakup biaya perawatan medis dan santunan kematian serta cacat tetap akibat kecelakaan.

Harga premi asuransi Artarindo didasarkan pada profil calon nasabah dan produk asuransi yang ditawarkan. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Lama perjalanan dan lokasi tujuan (untuk asuransi perjalanan).
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pada situs resmi Artarindo tidak disebutkan mengenai harga premi asuransi. Untuk mengetahui informasi premi, sila hubungi call center Artarindo, agen, atau broker terkait.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian asuransi kesehatan atau kecelakaan diri biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu cashless dan reimbursement. Metode penggantian asuransi jiwa dilakukan dengan dua metode, yaitu penggantian santunan tunai secara sekaligus dan berkala sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Penggantian asuransi kendaraan dilakukan berdasarkan jenis kerugian yang dialami disesuaikan dengan polis asuransi, biasanya berupa perbaikan secara cashless di bengkel rekanan. Penggantian asuransi umum lain, seperti asuransi perjalanan dan asuransi kerugian lainnya, dilakukan berdasarkan metode penggantian yang sudah disepakati dalam polis dengan syarat tertentu. 

Membeli asuransi Artarindo secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang Artarindo terdekat sekalipun. Anda dapat menghubungi call center Artarindo melalui nomor (021) 2598985 untuk mengetahui cara pembelian asuransi Artarindo secara online.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran premi asuransi Artarindo bergantung pada jenis produk asuransi yang Anda beli. Tidak ditemukan informasi mengenai cara pembayaran premi pada situs resmi Artarindo. Sila menghubungi call center Artarindo (021) 2598985, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis Anda.

Adapun cara klaim asuransi Artarindo dibedakan menjadi tiga metode, yaitu menggunakan klaim reimbursement rawat inap, uang santunan, dan cashless. Berikut penjelasan singkat mengenai cara klaim asuransi Artarindo. 

Klaim rawat inap

  • Unduh formulir klaim Artarindo melalui situs Artarindo.
  • Siapkan surat rekam media asli.
  • Surat keterangan dokter asli dan sudah ditandatangani dan stempel.
  • Tanda terima pembayaran.
  • Salinan pemeriksaan medis.
  • Salinan kartu identitas diri (KTP) tertanggung atau pemegang polis.
  • Serahkan ke pihak perusahaan asuransi Artarindo.

Klaim asuransi akibat meninggal dunia

  • Siapkan polis asuransi Artarindo yang asli.
  • Formulir klaim meninggal dunia.
  • Surat keterangan kematian lengkap dari pemerintah atau pihak berwenang setempat.
  • Surat keterangan dokter untuk klaim meninggal dunia.
  • Salinan catatan medis tertanggung.
  • Salinan identitas diri tertanggung, pemegang polis, dan ahli waris.
  • Surat berita acara dari pihak kepolisian apabila meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak Artarindo.
  • Bukti identitas ahli waris yang akan menerima uang pertanggungan.

Klaim asuransi kendaraan bermotor

  • Segera menghubungi Artarindo untuk melaporkan klaim melalui nomor (021) 25989835.
  • Menyiapkan laporan kerugian dan dokumen terkait, di antaranya:
    • Laporan kerugian termasuk kronologi kejadian.
    • Sertifikat polis.
    • SIM pengemudi saat kejadian.
    • KTP tertanggung.
    • STNK.
    • BPKB, faktur pembelian, blanko kuitansi, surat penyerahan kepemilikan, surat pemblokiran STNK, serta keterangan dari kepolisian (untuk kehilangan atau kerusakan total).
  • Perusahaan asuransi akan menganalisis dokumen tersebut dan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) untuk bengkel rekanan (apabila kerusakan sebagian).
  • Apabila terjadi kehilangan atau kerusakan total, perusahaan akan mengirimkan pembayaran uang pertanggungan.

Klaim asuransi umum lainnya

  • Segera menghubungi Artarindo untuk melaporkan klaim.
  • Mengirimkan formulir klaim serta dokumen pendukung lain yang diperlukan.
  • Artarindo akan memproses permohonan klaim Anda.
  • Apabila klaim Anda disetujui, Artarindo akan mengirimkan uang pertanggungan. 

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Artarindo, ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh, antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen atau broker Artarindo yang dulu menawarkan produk kepada Anda.
  • Datang langsung ke kantor cabang Artarindo dan ajukan penutupan.
  • Datang langsung ke kantor pusat Artarindo.
  • Hubungi call center Artarindo untuk mengajukan penutupan polis.

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi selengkapnya jika ingin berhenti asuransi Artarindo seperti berikut ini.

  1. Hubungi call center asuransi Artarindo melalui nomor (021) 25989835.
  2. Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
  3. Mengisi formulir dengan lengkap.
  4. Mengembalikan buku polis asuransi.
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan.
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi bila ada.
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  8. Cara berhenti asuransi Artarindo juga bisa dilakukan langsung lewat agen atau broker asuransi terkait. 

Yang pasti, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Kemudian, biasanya Anda akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo. Informasi lebih lengkap seputar cara penutupan polis, sila hubungi Artarindo, agen, atau broker terkait.

Asuransi Artarindo memiliki bengkel rekanan yang tersebar luas di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanan asuransi Artarindo.

DKI Jakarta

  • PT. Imora Motor (Honda Jakarta Center): Jalan Pangeran Jayakarta Nomor 50, Jakarta Pusat. Telepon: 021-629 2846.
  • Ivan Motor: Jalan Ancol Selatan II Nomor 42 Sunter Podomoro, Jakarta Utara 14350. Telepon: 658 34408.
  • Kurnia Motor: Jalan Kedoya Duri Raya Nomor 5A Jakarta Barat. Telepon: 021-580 6136.
  • Auto Click: Jalan Seha 1 Nomor 10 RT 006 RW 010 Kel. Grogol Selatan Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12220. Telepon: 021-726 4418.
  • Raperind: Jalan Raya Kalimalang Q/2D-E, Jakarta Timur 13450. Telepon: 021-8643594/95.

Jawa Barat

  • PD. Marga Jaya: Jalan MH Thamrin Nomor 8 Cikokol d/h (kebon Nanas),Tangerang. Telepon: 021-55753357-58.
  • Auto Glad Pekayon: Jalan Raya Pekayon Nomor 25 Jakasetia Bekasi Selatan 17147. Telepon: 22100777.
  • Makmur Jaya Motor 2: Jalan Raya Tajur Gang Pesantren Nomor 15A Bogor. Telepon: 0251-7557216, 08121107128.
  • Paint Auto Repair: Jalan Raya KSU Serab Nomor 1 Depok. Telepon: 294-441308.
  • Garuda Motor: Jalan Garuda Nomor 2 Bandung. Telepon: 022-6011153.
  • Prestige: Jalan Raya cimareme Nomor 202B. Telepon: 022-86121298.

Jawa Tengah & Yogyakarta

  • Honda Tugu: Jalan HOS Cokroaminoto 157A, Yogyakarta. Telepon: 0274-620408.
  • Honda Kusuma: Jalan Sebandaran Nomor 51, Semarang. Telepon: 024-3540728.
  • Honda Sumber Purwokerto: Jalan Suparjo Rustam Nomor 109 Sokaraja Banyumas. Telepon: 0281-6512666.
  • Honda Solo Baru: Jalan Raya Solo Baru, Solo. Telepon: 0271-626058.
  • New General: Jalan Magelang Km.9, Baru Mulungan, Yogyakarta. Telepon: 0274-867807.
  • Champion: Jalan Hasanudin G-19 Semarang. Telepon: 024-3511636.

Jawa Timur 

  • Sarana Cat Jemursari: Jalan Raya Jemursari Nomor 60, Surabaya. Telepon: 031-8481363.
  • Yuspeed: Jalan Raya Lontar Nomor 23-30. Telepon: 031-7430505.

Sumatera

  • New Pelangi Service: Jalan Perjuangan Nomor 102 Medan. Telepon: 061-4526083.
  • Leo Otomotif: Jalan Bilal Nomor 45/229 Medan. Telepon: 061-6641188.
  • Tri Tunggal: Jalan Sultan Agung Nomor 17B Way Halim – Bandar Lampung. Telepon: 0721-712188.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal