Asuransi Artha Graha

3.5 / 5.0 (5.380 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cashback 10%
Diskon 25%*
  • ACA_43_1_D
64 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Artha Graha: Ulasan Produk & Premi

Asuransi Artha Graha adalah perusahaan asuransi umum yang hadir dengan pilihan produk asuransi mobil, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi perjalanan, dan masih banyak lagi. Sebagai perusahaan asuransi umum yang telah berdiri cukup lama, Artha Graha unggul dengan pilihan asuransi mobil yang memberikan manfaat polis lengkap.

Tertarik dengan polisnya? Bandingkan Asuransi Artha Graha dengan 50+ perusahaan asuransi mobil terbaik lainnya di Indonesia secara online dan dapatkan promo diskon hingga 25 persen dengan mengisi formulir di atas!

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pilihan Polis Asuransi Artha Graha

Produk Asuransi Artha Graha lebih terfokus pada asuransi umum. Meski begitu, perusahaan juga menyediakan asuransi kesehatan dan kecelakaan diri yang bisa dipilih nasabahnya. Berikut daftar polis yang dihadirkannya:

Rangkuman Produk Asuransi Artha Graha

Berikut rangkuman produk Asuransi Artha Graha beserta manfaat yang diberikannya.
ProdukManfaat
Asuransi KendaraanGanti rugi atas risiko kerugian sebagian atau total yang terjadi pada kendaraan (mobil & motor)
Asuransi KesehatanPertanggungan biaya perawatan kesehatan rawat inap + rawat jalan + perawatan gigi + melahirkan + kacamata
Asuransi KecelakaanSantunan meninggal dunia dan cacat tetap total akibat kecelakaan
Asuransi PerjalananGanti rugi atas risiko kerugian + ketidaknyamanan selama melakukan perjalanan
Asuransi KebakaranGanti rugi atas risiko kerusakan properti / bangunan akibat kebakaran
Asuransi PengangkutanGanti rugi atas risiko kerusakan + kehilangan barang selama proses pengangkutan
Asuransi Rangka KapalGanti rugi atas risiko kerusakan kapal selama proses ekspedisi
Asuransi Alat BeratGanti rugi atas risiko kerusakan pada alat berat selama proyek berlangsung
Asuransi MesinGanti rugi atas kerusakan mesin + kecelakaan kerja selama proyek berlangsung
Asuransi KonstruksiGanti rugi atas risiko tuntutan pihak ketiga akibat cedera tubuh + kerusakan alat + mesin selama konstruksi berlangsung
Asuransi UangGanti rugi atas risiko kerusakan/ kehilangan uang tunai + cek + giro + barang berharga lainnya
Asuransi KebongkaranGanti rugi atas risiko kerugian/ pencurian barang yang diasuransikan
Asuransi Tanggung GugatGanti rugi atas risiko tuntutan hukum pihak ketiga akibat kecelakaan kerja + kerusakan mesin
Asuransi PenjaminanGanti rugi jika kontraktor proyek gagal menjalankan tanggung jawabnya

Sekilas Tentang Asuransi Artha Graha

PT Arthagraha General Insurance (AGGI) atau yang dikenal dengan Asuransi Artha Graha adalah sebuah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tahun 1964. Selama beroperasi, perusahaan telah beberapa kali melakukan penggantian nama. Awalnya, perusahaan berdiri dengan nama PT Maskapai Asuransi Tjahjana, lima tahun kemudian perusahaan tersebut diakusisi oleh grup perusahaan yang bergerak di jasa keuangan, Artha Graha. Sejak saat itu, perusahaan dikenal sebagai PT Arthagraha General Insurance (AGGI) atau asuransi Arthagraha.

PT Arthagraha General Insurance telah terdaftar secara resmi dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP-5634/MD/1986 tertanggal 29 Maret 1986.

Sepanjang perjalanannya selama puluhan tahun, AGGI mampu meraih kategori perusahaan asuransi dengan Kinerja Keuangan “Sangat Bagus” oleh Infobank Insurance Award hingga 14 tahun berturut-turut.

Untuk dapat mengukur kesehatan keuangan perusahaan asuransi haruslah mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2019 yang dirilis pada situs resmi AGGI. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 230%
  • Jumlah ekuitas: Rp215,842 miliar
  • Jumlah aset: Rp404,938 miliar

Rasio solvabilitas (RBC) AGGI yang mencapai 230 persen di tahun 2019 terbilang cukup baik dan artinya memiliki kemampuan untuk membayarkan klaim hingga hampir dua kali lipat dari ketentuan pemerintah. Hanya saja, jika dibandingkan tahun sebelumnya terjadi penurunan RBC hingga 8 persen.

Meski begitu, terjadi peningkatan pada pos keuangan lainnya, yaitu ekuitas yang meningkat hingga 7,40 persen dan aset meningkat 6,79 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa AGGI memiliki keuangan perusahaan yang cukup sehat.

Layanan Nasabah & Call Center Asuransi Artha Graha

Demi memudahkan nasabahnya mendapatkan informasi terkait produk, premi, klaim, pengaduan, dan lain sebagainya, Asuransi Artha Graha telah menyediakan layanan call center yang dapat diakses dengan berbagai media. Tak hanya itu, Asuransi Artha Graha juga sudah menempatkan kantor pusat dan cabang untuk nasabah yang ingin mendapatkan informasi secara langsung. Berikut informasi lengkapnya:

Alamat Kantor Pusat PT Arthagraha General Insurance

Artha Graha Building Lantai 3

Kawasan Niaga Terpadu Sudirman (SCBD)

Jalan. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta Selatan 12190 – Indonesia

Call center Arthagraha General Insurance: (021) 515 2808

Fax: (021) 515 2809

Email: [email protected]

Website: www.aggi.co.id

Cara Klaim Asuransi Artha Graha

Proses klaim Asuransi Artha Graha terbagi menjadi dua metode, yaitu reimbursement dan cashless. Berikut penjelasan keduanya.

  • Metode Reimbursement: Metode ini mengharuskan nasabah membayar biaya kesehatan terlebih dahulu, kemudian akan digantikan oleh perusahaan asuransi sesuai perjanjian yang tertera pada polis.
  • Metode Cashless: Metode ini membuat nasabah bisa langsung mendapatkan perawatan medis hanya dengan memperlihatkan kartu asuransi kepada pihak rumah sakit. Dengan kata lain, nasabah tidak perlu membayar biaya apa pun selama menjalani perawatan medis.

Rumah Sakit Rekanan Asuransi Artha Graha

Berikut daftar rumah sakit rekanan Asuransi Artha Graha. 

Pertanyaan Seputar Asuransi Artha Graha

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Artha Graha.

Apa itu Asuransi Artha Graha? 

Asuransi Artha Graha (Arthagraha General Insurance) adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan Artha Graha Group.

Apa itu Artha Graha Peduli Vaksin?

Artha Graha Peduli (AGP) Vaksin adalah program vaksinasi yang dilangsungkan oleh Asuransi Artha Graha terhadap lebih dari 70 ribu warga di empat lokasi. Adapun target yang ditetapkan mencapai seribu orang per hari. Untuk masyarakat Jakarta dapat mengunjungi kawasan SCBD di eks Live Space Lot 8. Artha Graha Peduli Vaksin dilakukan setiap hari Senin – Jumat hingga 10 sampai 1 siang.

Berapa harga premi Asuransi Artha Graha? 

Untuk mengetahui besaran premi Asuransi Artha Graha, nasabah bisa mengakses situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker terkait asuransi. 

Biasanya, besaran premi Asuransi Artha Graha bisa berbeda-beda, ini dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan)
Bagaimana cara pembayaran premi Asuransi Artha Graha? 

Pembayaran premi Asuransi Artha Graha bergantung pada polis yang nasabah pilih. Sila menghubungi call center Artha Graha, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi yang tertera dalam polis.

Bagaimana cara klaim Asuransi Artha Graha? 

Klaim Asuransi Artha Graha terbagi menjadi dua metode, yaitu reimbursement dan cashless. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai kedua metode klaim tersebut, sila klik tab Klaim.

Rumah sakit rekanan Asuransi Artha Graha

Asuransi Artha Graha telah menjalin kerja sama dengan rumah sakit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengetahui daftar rumah sakit rekanannya, sila cek di tab Rekanan.

Agen dan broker Asuransi Artha Graha

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Arthagraha General Insurance. Hanya saja, Arthagraha General Insurance tidak mencantumkan informasi mengenai keagenan perusahaan asuransi dalam situs resminya. 

Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Asuransi Artha Graha dengan calon nasabah. Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sayangnya sampai saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan Arthagraha General Insurance.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.aggi.co.id/
Chat Bantuan