Asuransi ASABRI

Asuransi ASABRI

4.4 / 5.0 (12.808 Ulasan)
FLASHSALE
Diskon 10%
  • Promo_Page_jiwa1 (FIX)

Promo Asuransi dengan Premi Terbaik

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

PT ASABRI (Persero): Profil Perusahaan & Produk

PT ASABRI adalah perusahaan asuransi BUMN dengan layanan pinjaman kredit tabungan dan pensiun. Perusahaan asuransi ini sebenarnya di khususkan untuk Prajurit TNI, anggota Polri dan PNS Departemen Pertahanan Republik Indonesia.

Mulanya, para Prajurit TNI dan Pegawai Negeri Sipil Departemen Pertahanan Republik Indonesia merupakan peserta Taspen atau yang lebih dikenal dengan Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri. Dalam perjalanannya, kehadiran Prajurit TNI dan Anggota Polri dalam Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri memengaruhi keberadaan serta penyelenggaraan Taspen.

Sehingga lahirlah ASABRI pada tanggal 1 Agustus 1971. Dalam menyelenggarakan kegiatannya, asuransi ASABRI berpegang pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 1963. Untuk produk unggulan yang ditawarkan PT ASABRI adalah asuransi jiwa dengan manfaat santunan dan beasiswa lengkap.

Laporan Keuangan PT ASABRI

Kesanggupan perusahaan asuransi dalam membayarkan klaim nasabahnya dapat diketahui dari rasio solvabilitasnya. Makin tinggi rasio solvabilitas perusahaan asuransi, makin besar pula peluangnya menuntaskan kewajibannya tersebut. Itu sebabnya, supaya perusahaan asuransi tidak mengalami kegagalan dalam menuntaskan kewajibannya tersebut, OJK selaku pengawas menetapkan standar rasio solvabilitas sekurangnya di atas 120 persen.

Tidak hanya itu, OJK juga menetapkan batas minimal jumlah ekuitas dan jumlah aset perusahaan asuransi, yaitu di atas Rp100 miliar untuk ekuitas dan Rp150 miliar untuk aset. Jika mengacu pada penjelasan tadi, asuransi ASABRI pun memperlihatkan kinerja finansialnya lewat laporan keuangan tahun 2017. Berikut adalah rincian dana ASABRI:

  • Jumlah ekuitas: Rp1.186 triliun
  • Jumlah aset: Rp44,801 triliun 

Dari laporan keuangan dana ASABRI tersebut dapat disimpulkan bahwa perusahaan sebenarnya mampu melampaui dua indikator yang sudah ditetapkan oleh OJK. Sayangnya, laporan keuangan tadi kurang update dan tak dicantumkan berapa rasio solvabilitasnya sehingga tidak dapat dijadikan acuan dalam mengetahui sanggup atau tidaknya perusahaan dalam menuntaskan semua kewajibannya.

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi PT ASABRI

PT ASABRI (persero) diisi oleh orang-orang terbaik yang kompeten di bidangnya. Berikut adalah susunan jajaran manajemen PT ASABRI selengkapnya.

Dewan Komisaris

  • Komisaris utama atau independen : Fary Djemy Francis
  • Wakil komisaris utama : Ida Bagus Purwalaksana
  • Komisaris independen : I Nengah Putra Winata
  • Komisaris independen : Ari Dono Sukmanto
  • Komisaris : Rofyanto Kurniawan

Jajaran Direksi

  • Direktur utama : Wahyu Suparyono
  • Direktur SDM dan hukum : Sri Ainin Muktirizka
  • Direktur investasi : Jeffry Haryadi P. Manullang
  • Direktur keuangan dan manajemen risiko : Helmi Imam Satriyono

Berita Terbaru Asuransi ASABRI

MK Putuskan ASABRI Tidak Lebur ke BPJS Ketenagakerjaan

September 2021 – Dilansir dari Detik, Berdasarkan pasal 57 huruf e dan Pasal 65 ayat (1) Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 116, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5256) bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,

Sehingga MK memutuskan untuk tidak melebur ASABRI kedalam BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini sebagai upaya agar tidak terjadinya potensi kerugian hak-hak peserta program tabungan hari tua dan pembayaran pensiun yang telah dilakukan oleh persero sebelum dialihkan, khususnya berkaitan dengan nilai manfaat ASABRI sendiri.

ASABRI Terindikasi Kasus Korupsi

Januari 2020 – Dilansir dalam Kompas, Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menyebutkan bahwa perusahaan ASABRI bermasalah. Hal disebabkan ASABRI diduga terjerat kasus korupsi yang bahkan nilainya kasus ASABRI tidak kalah besar ketimbang kasus Jiwasraya, yaitu di atas Rp10 triliun. Hanya saja, belum ada kelanjutan dan komentar dari menteri BUMN yaitu Erick Thohir terkait kasus ASABRI bermasalah.

Pilihan Polis ASABRI Terbaik

Produk asuransi yang dihadirkan ASABRI meliputi jaminan kecelakaan kerja, tabungan hari tua, jaminan kematian, pensiun, pinjaman KPR, dan pinjaman polis. Simak ulasan masing-masing produk dan manfaat pertanggungan yang bisa diperoleh.

Rangkuman Produk dan Manfaat Asuransi ASABRI

Perusahaan memiliki deretan produk asuransi dan program finansial lainnya yang dimanfaatkan oleh kepentingan Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri. Berikut penjelasan produk Asuransi ASABRI selengkapnya.

ProdukManfaat
Asuransi JiwaSantunan meninggal dunia + beasiswa bagi anak tertanggung
Asuransi Kecelakaan DiriBiaya perawatan + santunan meninggal + beasiswa bagi anak tertanggung
Asuransi Hari TuaSantunan tunai + pertanggungan biaya pemakaman
Program PensiunJaminan uang pensiun setiap bulan + santunan tunai iuran pensiun
Program SosialPinjaman dana untuk peserta + biaya administrasi hanya Rp100 ribu
Program Pinjaman KPRPinjaman tanpa bunga untuk kredit kepemilikan rumah

Layanan Nasabah dan Call Center ASABRI

Layanan nasabah atau ASABRI call center dapat diakses melalui berbagai media. Atau, bila ingin lebih jelas, peserta juga mendatangi langsung kantor pusat/cabang perusahaan terdekat. Berikut informasi alamat ASABRI selengkapnya.

Kantor Pusat ASABRI Jakarta

Gedung Kantor Pusat PT. ASABRI (Persero)

Jalan Mayjen Sutoyo, No. 11

Telp: (021) 8094140

Call Center: 1500043

Email: [email protected]

Website: www.asabri.co.id

Alamat ASABRI Kantor Cabang

Kantor Cabang Bali dan Nusa Tenggara

  • ASABRI Denpasar  : Jalan Hang Tuah No.8 Kel. Renon Telepon: (0361) 238167
  • ASABRI Kupang : Jalan Jend. Soeharto No.110, Kel. Oepura Telepon: (0380) 8555133
  • ASABRI Mataram : Jalan Panji Tilar Negara No.97 B Kel. Kekalik Jaya Telepon: (0370) 636400

Kantor Cabang Indonesia Timur

  • PT ASABRI Kantor Cabang Ambon : Jalan dr. Kayadoe SK No. 20  Kel. Kudamati Telepon: (0911) 311353
  • PT ASABRI Kantor Cabang Jayapura : Jalan Raya Sentani Waena Jayapura Telepon: (0967) 571209
  • PT ASABRI Kantor Cabang Sorong :  Jalan Basuki Rahmat KM. 10,5  Kel. Klawuyuk Telepon: (0951) 325886
  • PT ASABRI Kantor Cabang Ternate : Jalan Raya Kayu Merah Ruko No. 1  Telepon: (0921) 3127853

Kantor Cabang Jawa

  • ASABRI Bandung : Jalan Citarum No. 6  Kel. Cihapit Telepon: (022) 7103177 
  • ASABRI Cirebon : Jalan DR. Sudarsono No. 10 Kel. Kesambi Telepon: ( 0231) 8336668
  • ASABRI Madiun : Jalan Jenderal Urip Sumoharjo No.108 Kel. Manguharjo Telepon: (0351)4472450
  • ASABRI Malang : Ruko Raden Intan Square Kav. 74/I Arjosari, Blimbing Kota Malang Jawa Timur Jalan Raden Intan, Kel. Arjosari Telepon: (0341) 412645
  • ASABRI Surabaya : Jalan Gayungan PTT No. 43  Kelurahan Gayungan, Kecamatan Gayungan, Surabaya

Harga Premi Asuransi ASABRI

Besaran harga premi asuransi sebenarnya tergantung polis yang diambil. Tapi untuk besaran premi yang harus dibayarkan peserta Asuransi ASABRI tidak dijelaskan dalam situs resmi perusahaan. Jadi, silakan menghubungi layanan call center ASABRI untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Sementara itu bagi Anda yang ingin membeli produk asuransi jiwa besaran uang pertanggungan (UP) akan berpengaruh dengan premi Anda. Untuk itu, yuk lakukan perhitungan besaran UP berdasarkan pengeluaran Anda menggunakan kalkulator Lifepal berikut ini!

Cara Klaim Asuransi ASABRI

Klaim Asuransi ASABRI dapat disesuaikan dengan produk atau program yang dipilih. Adapun jika ingin melakukan klaim asuransi jiwa, peserta dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

  • Segera laporkan tertanggung meninggal dunia tidak lebih dari 7 hari sejak kejadian
  • Kirimkan dokumen yang diperlukan, seperti formulir klaim, identitas, keterangan meninggal dunia, dan lain sebagainya
  • Pihak ASABRI akan melakukan verifikasi kebenaran data dan mencocokkan dengan ketentuan polis
  • Jika disetujui, santunan akan diberikan via transfer bank ke rekening ahli waris

Rekanan Rumah Sakit ASABRI

Di situs resmi perusahaan tidak dijelaskan seputar informasi terkait rumah sakit rekanan yang dapat dimanfaatkan oleh peserta. Untuk informasi lebih lanjut terkait rumah sakit rekanan perusahaan, silahkan menghubungi call center ASABRI di nomor 1500043. Atau Anda bisa mendatangi alamat ASABRI Jakarta sebagai kantor pusat maupun mencari cabang terdekat untuk mendapatkan informasi tersebut.

Pertanyaan Seputar Asuransi ASABRI

Selain informasi premi dan profil perusahaan, berikut sejumlah pertanyaan yang paling sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi ASABRI.

Apa itu Asuransi ASABRI?

PT ASABRI (Persero) adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang asuransi sosial dan pembayaran yang dikhususkan untuk Prajurit TNI, Anggota Polri, dan PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Siapa pemegang saham ASABRI?

ASABRI adalah perusahaan asuransi sosial yang merupakan salah satu bagian dari BUMN. Sehingga saham ASABRI 100 persen milik pemerintah Indonesia.

Apa perbedaan ASABRI dengan asuransi sosial lainnya?

Perbedaan ASABRI dengan asuransi sosial lainnya adalah pada sisi pembayaran khusus untuk Prajurit TNI, Anggota Polri, dan PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Sementara untuk TASPEN berfokus pada PNS dan pejabat negara. Jadi, dari hal tersebut bisa disimpulkan perbedaannya hanya pada fokusnya sendiri.

ASABRI singkatan dari apa?
Kepanjangan ASABRI adalah Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Perusahaan asuransi ini sebenarnya merupakan asuransi sosial yang dibentuk pemerintah. 
Apa tugas ASABRI?
Manfaat Asuransi ASABRI (Persero) adalah sebagai pengelola program asuransi sosial bagi Prajurit TNI, anggota Polri dan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terdiri dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemhan .
PT ASABRI memproduksi apa?
Perusahaan asuransi plat merah ini sebenarnya di khususkan untuk Prajurit TNI, anggota Polri dan PNS Departemen Pertahanan Republik Indonesia. Untuk produk unggulan yang ditawarkan ASABRI Asuransi adalah asuransi jiwa dengan manfaat santunan dan beasiswa lengkap.
Kapan ASABRI berdiri?

Perusahaan PT ASABRI sebenarnya berdiri tahun 1971 berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 1963.

Apa itu sptb ASABRI?

SPTB ASABRI adalah surat pernyataan tanda bukti diri. SPTB ASABRI inilah yang merupakan bukti bahwa Anda memenuhi persyaratan sebagai peserta ASABRI (Penerima Pensiun, Warakawuri/Janda/Duda) . Nantinya para peserta tersebut diwajibkan untuk mengirimkan sptb dua kali setahun yaitu pada bulan januari dan juli melalui tempat pengambilan pensiun (Kantor Bayar BANK/POS).

Anda bisa cek contoh formulir sptb ASABRI dengan mengakses situs resmi perusahaan atau silakan tab di sini!

Apa yang membedakan ASABRI dengan perusahaan asuransi lainnya?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perusahaan asuransi ini dikhususkan untuk para Prajurit TNI, Anggota Polri, dan PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Itulah yang membuat ASABRI berbeda dengan perusahaan asuransi lainnya.

Apakah ASABRI termasuk perusahaan BUMN?
PT ASABRI (Persero) adalah salah satu perusahaan perseroan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Indonesia. Seluruh kepemilikan saham ASABRI dimiliki oleh negara yang diwakili oleh Menteri Negara BUMN selaku Pemegang Saham (RUPS) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2003.
Bagaimana cara pembayaran premi ASABRI?
Dilihat dari situs resmi perusahaan tidak dijelaskan informasi perihal pembayaran premi Asuransi ASABRI. Setiap peserta asuransi tentunya dapat memanfaatkan deretan program yang ada dengan langsung mendapatkan potongan dari gaji atau uang pensiunan peserta.
Bagaimana cara ASABRI mengelola dana pensiun?
ASABRI hanya mengelola dana mengembangkan dana pensiun 4,75% dari gaji pokok, tunjangan istri, dan tunjangan anak. Ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertahanan Keamanan Nomor Skep/1216/M/X/1999 tertanggal 12 Oktober 1999 tentang Pengelolaan dan Penggunaan Iuran Dana Pensiun.
Berapa Uang Duka Wafat (UDW) yang diberikan ASABRI?
Besaran Uang Duka Wafat (UDW) atau santunan kematian ASABRI adalah 3 kali penerima pensiun apabila peserta telah memasuki masa pensiun. Atau, sebesar 3 kali gaji pokok terakhir.
Berapa harga premi ASABRI?
Harga premi asuransi bervariasi sesuai polis yang ingin diambil. Untuk mengetahui informasi seputar harga premi selengkapnya, silakan tab premi.
Siapa saja yang dapat memanfaatkan asuransi Ini?
Dalam praktiknya, asuransi sosial ini dapat dimanfaatkan oleh para Prajurit TNI, anggota Polri dan PNS Departemen Pertahanan Republik Indonesia. Program-program yang diberikan ASABRI memang bertujuan untuk sosial, sehingga tidak heran jika perusahaan jiwa ini bersifat sosial yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan undang-undang dan memberikan proteksi (perlindungan) finansial untuk kepentingan Prajurit TNI, anggota Polri dan PNS Kemhan.
Agen atau broker Asuransi ASABRI

Perusahaan saat ini tidak memiliki sistem keagenan maupun broker yang memperjual belikan produk ASABRI. Pasalnya, asuransi ini hanya diperuntukkan bagi Prajurit TNI, Anggota Polri, dan PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Perusahaan lain yang menyediakan asuransi sosial

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan produk asuransi sosial seperti ASABRI, di antaranya:

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial. Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.asabri.co.id
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%