Asuransi Asei

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
+62
 

Asuransi Asei

PT Asuransi Asei Indonesia yang disingkat sebagai Asuransi Asei adalah perusahaan asuransi hasil transformasi dari PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) yang berfokus pada bidang asuransi umum dan jaminan. 

Kelebihan dan Kekurangan Asei versi Lifepal:

  • (+) Asuransi Asei memiliki cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia dengan total 15 kantor cabang. Dengan tersebar luasnya asuransi Asei tentu memudahkan nasabah dalam mendapatkan informasi asuransi Asei.
  • (+) Asuransi Asei memiliki jenis produk yang cukup unik dari asuransi umum lainnya karena asuransi Asei memiliki produk yang dikhususkan untuk kegiatan ekspor dan impor barang. 
  • (-)Informasi produk asuransi Asei yang tersedia pada situs resmi tidaklah lengkap, sehingga jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, calon nasabah harus menghubungi agen maupun call center.
  • (-) Meskipun termasuk asuransi BUMN yang memiliki pilihan produk beragam, asuransi Asei masih memiliki kekurangan pada sektor pelayanan nasabah. Sampai saat ini, asuransi Asei tidak memiliki layanan hotline 24 jam, aplikasi digital untuk nasabah, maupun pembelian produk asuransi secara online.

Sekilas tentang Asei

Pemerintah sebagai pemegang saham utama PT Asuransi Ekspor Indonesia, membagi perusahaan tersebut menjadi dua perusahaan utama, yakni PT Asei Reasuransi Indonesia yang berfokus pada pengembangan bisnis reasuransi dan  PT Asuransi Asei Indonesia yang memiliki fokus di bidang asuransi umum dan jaminan.

Hal ini menyebabkan tanggal berdiri asuransi Asei terbagi menjadi dua, yaitu secara legal (de jure), didirikan pada 9 Oktober 2014 dan secara de facto berdiri sejak tahun 1985 melalui PT Asuransi Ekspor Indonesia.

Tujuan didirikannya asuransi Asei adalah untuk mendorong peningkatan ekspor nonmigas sehingga produk asuransi Asei meliputi produk asuransi yang diperuntukkan untuk menanggung risiko para eksportir dan bank, termasuk risiko kegagalan pelunasan pembayaran ekspor, baik berupa asuransi kredit maupun asuransi ekspor.

PT Asuransi Asei Indonesia dalam hal ini adalah Asei Indonesia telah terdaftar sebagai perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Selain itu, PT Asuransi Asei Indonesia juga merupakan perusahaan yang izin usahanya telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-121/D.05/2014 tanggal 21 Oktober 2014.

Asuransi Asei telah menerima berbagai penghargaan. Berikut ini deretan prestasi dan penghargaan yang diterima oleh Asuransi Asei: Media Massa Cetak Terbaik 2019 dengan iklan Featured Product Asuransi Asei.; Mr. Zaafril Razief Amir, The Most Quick Minded Insurance CEO’ 2013, BUMN Company General Insurance Assets Rp200 Billions.; The Best of General Insurance BUMN Company Assets Rp200 Billions.; 1st for Good Corporate Governance, BUMN Company General Insurance Assets Rp200 Billions.; 1st for Corporate Communication, BUMN Company General Insurance Assets Rp200 Billions.

Laporan Keuangan Asuransi Asei

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Asei Indonesia membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 141 persen.
  • Jumah aset: Rp1,504 triliun.
  • Jumlah ekuitas: Rp438,884 miliar.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Asei Indonesia termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Asei Indonesia. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Asei, sila cek situs resmi asei.co.id. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Berita Terbaru Asei

Desember 2019 - PT Asuransi Asei Indonesia (Asei), kini mulai menggarap produk asuransi kredit tekfin. Saat ini asuransi Asei telah menangani kredit dari 10 tekfin yang bernilai ratusan miliar. Potensi bisnis asuransi kredit tersebut masih besar jika melihat pertumbuhan industri tekfin.

November 2019 - PT Asuransi Asei Indonesia melakukan kerja sama dalam penyaluran kredit konsumer Bank Riau Kepri. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Menara Bank Riau Kepri, Pekanbaru. Dengan sinergi ini, Asuransi Asei sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam kredit konsumer pada 20 kantor cabang serta 42 kantor cabang pembantu Bank Riau Kepri, dari kolaborasi dan dukungan 16 kantor cabang Asuransi Asei di Indonesia.

 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi asei.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Asei Indonesia.

Asuransi Ekspor
Asuransi Kredit Ekspor/Export Credit Insurance (ECI)
Produk asuransi bagi eksportir terhadap kemungkinan kerugian akibat tidak diterimanya pelunasan pembayaran dari importir/ bank penerbit L/C.
Asuransi Ekspor
Asuransi Pembiayaan Tagihan Ekspor/Export Bill Insurance (EBI)
Produk asuransi bagi bank yang mengambil alih tagihan ekspor nasabah eksportir terhadap wanprestasi dari pembeli di luar negeri yang disebabkan risiko komersial atau risiko politik.
Asuransi Kredit Perdagangan
Asuransi Kredit Perdagangan Domestik
Proteksi asuransi berupa ganti rugi terhadap risiko kerugian akibat tidak diterimanya pelunasan pembayaran dari pembeli domestik.
Asuransi Pembiayaan
Asuransi Pembiayaan Tagihan Domestik
Pertanggungan asuransi Asei kepada bank terhadap risiko komersial dalam transaksi pengambilalihan tagihan domestik untuk nasabah yang telah diberikan limit tagihan.
Asuransi Penjaminan
Asuransi Kredit
Proteksi yang diberikan kepada bank atau lembaga keuangan nonbank atas risiko kegagalan debitur dalam melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai.
Asuransi Penjaminan
Asuransi Penjaminan Kredit
Jaminan yang diberikan kepada bank atas risiko kegagalan debitur dalam melunasi pinjaman nontunai yang diberikan oleh bank.
Asuransi Suretyship
Suretyship Bond
Asuransi yang memberikan jaminan atas penawaran, pelaksanaan, uang muka, dan pemeliharaan.
Asuransi Suretyship
Custom Bond
Produk asuransi yang memberikan fasilitas pembebasan atau penundaan pungutan yang diberikan kepada bea dan cukai kepada importir.
Asuransi Suretyship
Kontrak Garansi Bank
Jaminan pemberian ganti rugi atas klaim pencairan garansi bank yang diajukan oleh obligee.
Asuransi Suretyship
Excise Bond
Jaminan penangguhan pembayaran cukai secara berkala.
Asuransi Suretyship
Payment Bond
Jaminan yang diberikan kepada obligee apabila prinsipal tidak melakukan pembayaran dalam waktu yang telah disepakati antara obligee dan prinsipal.
Asuransi Umum
Asuransi Harta Benda
Produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kerugian harta benda yang dipertanggungkan.
Asuransi Umum
Asuransi Rekayasa
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas risiko kehilangan atau kerusakan terhadap objek yang dipertanggungkan.
Asuransi Umum
Asuransi Pengangkutan Barang
Asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian barang yang diangkut dari satu tempat ke tempat lain baik.
Asuransi Umum
Asuransi Rangka Kapal
Asuransi yang memberikan jaminan atas segala rangka kapal, pembangunan kapal, dan tanggung jawab galangan kapal.
Asuransi Umum
Asuransi Aneka
Asuransi yang terdiri dari asuransi tanggung gugat, uang, kecelakaan diri, kebongkaran, advertising, moveable all risk, penerbangan, serta minyak dan gas bumi.
Asuransi Syariah
Asuransi Harta Benda Syariah
Produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kerugian harta benda yang dipertanggungkan dengan prinsip syariah.
Asuransi Syariah
Asuransi Rekayasa Syariah
Produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas risiko kehilangan atau kerusakan terhadap objek yang dipertanggungkan dengan prinsip syariah.
Asuransi Syariah
Asuransi Pengangkutan Barang Syariah
Asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian barang yang diangkut dari satu tempat ke tempat lain baik.
Asuransi Syariah
Asuransi Rangka Kapal Syariah
Asuransi yang memberikan jaminan atas segala rangka kapal, pembangunan kapal, dan tanggung jawab galangan kapal.
Asuransi Syariah
Asuransi Aneka Syariah
Asuransi yang menjamin tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga baik berupa cedera badan maupun kerusakan harta benda sehubungan dengan aktivitas pekerjaan atau bisnis yang dijalankan oleh tertanggung.
Asuransi Syariah
Asuransi Uang Syariah
Asuransi syariah yang memberikan jaminan atas kehilangan uang, emas atau yang bisa disetarakan dengan uang selama disimpan di dalam brankas, lemari besi, atau tempat penyimpanan lainnya.
Asuransi Syariah
Asuransi Kecelakaan Diri Syariah
Asuransi syariah yang memberikan jaminan terhadap risiko kematian, cacat tetap, dan biaya perawatan atau pengobatan yang disebabkan oleh kecelakaan.
Asuransi Syariah
Asuransi Kebongkaran Syariah
Asuransi syariah yang memberikan kerugian akibat dari pencurian yang pencurinya memasuki ruangan yang ditempati tertanggung.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi asei.co.id sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi Asei.

Asei menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi ekspor, kredit perdagangan, pembiayaan, penjaminan, suretyship, umum, dan asuransi syariah.

Berikut pilihan polis asuransi Asei yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Ekspor

  • Asuransi Kredit Ekspor/Export Credit Insurance (ECI): Produk asuransi bagi eksportir terhadap kemungkinan kerugian akibat tidak diterimanya pelunasan pembayaran dari importir/ bank penerbit L/C.
  • Asuransi Pembiayaan Tagihan Ekspor/Export Bill Insurance (EBI): Produk asuransi bagi bank yang mengambil alih tagihan ekspor nasabah eksportir terhadap wanprestasi dari pembeli di luar negeri yang disebabkan risiko komersial atau risiko politik.

Asuransi Kredit Perdagangan

  • Asuransi Kredit Perdagangan Domestik: Proteksi asuransi berupa ganti rugi terhadap risiko kerugian akibat tidak diterimanya pelunasan pembayaran dari pembeli domestik.

Asuransi Pembiayaan

  • Asuransi Pembiayaan Tagihan Domestik: Pertanggungan asuransi Asei kepada bank terhadap risiko komersial dalam transaksi pengambilalihan tagihan domestik untuk nasabah yang telah diberikan limit tagihan.

Asuransi Penjaminan

  • Asuransi Kredit: Proteksi yang diberikan kepada bank atau lembaga keuangan nonbank atas risiko kegagalan debitur dalam melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai.
  • Asuransi Penjaminan Kredit: Jaminan yang diberikan kepada bank atas risiko kegagalan debitur dalam melunasi pinjaman nontunai yang diberikan oleh bank.

Asuransi Suretyship

  • Suretyship Bond: Asuransi yang memberikan jaminan atas penawaran, pelaksanaan, uang muka, dan pemeliharaan.
  • Custom Bond: Produk asuransi yang memberikan fasilitas pembebasan atau penundaan pungutan yang diberikan kepada bea dan cukai kepada importir.
  • Kontrak Garansi Bank: Jaminan pemberian ganti rugi atas klaim pencairan garansi bank yang diajukan oleh obligee.
  • Excise Bond: Jaminan penangguhan pembayaran cukai secara berkala.
  • Payment Bond: Jaminan yang diberikan kepada obligee apabila prinsipal tidak melakukan pembayaran dalam waktu yang telah disepakati antara obligee dan prinsipal.

Asuransi Umum

  • Asuransi Harta Benda: Produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kerugian harta benda yang dipertanggungkan.
  • Asuransi Rekayasa: Produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas risiko kehilangan atau kerusakan terhadap objek yang dipertanggungkan.
  • Asuransi Pengangkutan Barang: Asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian barang yang diangkut dari satu tempat ke tempat lain baik.
  • Asuransi Rangka Kapal: Asuransi yang memberikan jaminan atas segala rangka kapal, pembangunan kapal, dan tanggung jawab galangan kapal.
  • Asuransi Aneka: Asuransi yang terdiri dari asuransi tanggung gugat, uang, kecelakaan diri, kebongkaran, advertising, moveable all risk, penerbangan, serta minyak dan gas bumi.

Asuransi Syariah

  • Asuransi Harta Benda Syariah: Produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kerugian harta benda yang dipertanggungkan dengan prinsip syariah.
  • Asuransi Rekayasa Syariah: Produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas risiko kehilangan atau kerusakan terhadap objek yang dipertanggungkan dengan prinsip syariah.
  • Asuransi Pengangkutan Barang Syariah: Asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian barang yang diangkut dari satu tempat ke tempat lain baik.
  • Asuransi Rangka Kapal Syariah: Asuransi yang memberikan jaminan atas segala rangka kapal, pembangunan kapal, dan tanggung jawab galangan kapal.
  • Asuransi Aneka: Asuransi yang menjamin tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga baik berupa cedera badan maupun kerusakan harta benda sehubungan dengan aktivitas pekerjaan atau bisnis yang dijalankan oleh tertanggung.
  • Asuransi Uang Syariah: Asuransi syariah yang memberikan jaminan atas kehilangan uang, emas atau yang bisa disetarakan dengan uang selama disimpan di dalam brankas, lemari besi, atau tempat penyimpanan lainnya.
  • Asuransi Kecelakaan Diri Syariah: Asuransi syariah yang memberikan jaminan terhadap risiko kematian, cacat tetap, dan biaya perawatan atau pengobatan yang disebabkan oleh kecelakaan.
  • Asuransi Kebongkaran Syariah: Asuransi syariah yang memberikan kerugian akibat dari pencurian yang pencurinya memasuki ruangan yang ditempati tertanggung.

Cari tahu premi asuransi Asei dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi Asei bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Silakan menghubungi call center Asei, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Cara klaim asuransi Asei disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Silakan cek laman resmi untuk menghubungi layanan call center Asei dan mencari tahu panduan klaim asuransi dari Asuransi Asei.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Tidak tersedia informasi sistem keagenan asuransi Asei dalam situs resminya. Untuk mendapatkan informasi tersebut, silakan menghubungi call center Asuransi Asei.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dalam memasarkan produk dari Asuransi Asei. Untuk mendapatkan referensi dari beragam perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia, calon nasabah dapat mengunjungi Lifepal. Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Layanan nasabah atau call center Asei dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Asei, dan sebagainya, silakan menghubungi layanan berikut.

  • Alamat Kantor Pusat: Gedung Menara Kadin Indonesia , Lantai 21, Jalan H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 2-3, Jakarta 12950
  • Nomor Telepon: 021 57903535
  • Faksimile: (021) 57904031, 57904032
  • Situs Resmi: www.asei.co.id
  • Email: [email protected]
  • Facebook: facebook.com/asuransi.asei.3

Pada situs resmi asuransi Asei tidak tersedia daftar rekanan bengkel maupun rumah sakit. Apabila ingin mengetahui daftar rekanan Asuransi Asei, silakan menghubungi call center Asei untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Asuransi Asei memiliki kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Adapun daftar beberapa lokasi kantor Asei sebagai berikut.

Alamat Kantor Pusat Asuransi Asei

Gedung Menara Kadin Indonesia

Lantai 21

Jalan H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 2-3, Jakarta 12950

(021) 57903535

Alamat Kantor Cabang Asuransi Asei

  • Asuransi Asei Bandung: eL Royale Hotel – Lantai 2, Jalan Merdeka No.2 Bandung 40111 – Telepon: (022) 8780 4700
  • Asuransi Asei Bekasi: Ruko Sinpasa Blok C No. 01, Jalan Boulevard Selatan – Summarecon Bekasi – Telepon: (021) 28519978
  • Asuransi Asei Denpasar Bali: Jalan Tantular Barat No. 15 A Denpasar Bali – Telepon: (0361) 3170204
  • Asuransi Asei Semarang: Graha ASEI, Jalan Indra Prasta No 25 Semarang 50131 – Telepon: (024) 3583187
  • Asuransi Asei Samarinda: Kompleks Ruko Grand Mahakam No. F-10, Jalan Siradj Salman, Kelurahan Air Hitam, Samarinda Ulu – Telepon: (0541) 6526657
  • Asuransi Asei Makassar: Jalan AP.  Pettarani, Komp. Rukan Bisnis Center, Blok E No. 1, Makassar – Telepon: (0411) 887788
  • Asuransi Asei Tangerang: Jalan Raya Serpong No.39/5817 WTC Matahari Serpong Tangerang Banten 15326 – Telepon: (021) 53166281
  • Asuransi Asei Manado: Ruko Mega Smart Blok I No. 7, Jalan Pierre Tendean Boulevard Manado – Telepon: (0431) 8881176
  • Asuransi Asei Malang: Komplek Pertokoan Jalan WR Supratman Kav C1 No.9 Malang 65122 – Telepon: (0341) 346888
  • Asuransi Asei Palembang: Komp. Taman Harapan Indah Blok B No. 6, Jalan Letda A. Rozak Palembang – Telepon: (0711) 5625010
  • Asuransi Asei Medan: Jalan Sei Serayu No. 117 Medan – Telepon: (061) 88802340
  • Asuransi Asei Yogyakarta: Jalan A.M. Sangaji No.79 Karangwaru, Tegalrejo Yogyakarta – Telepon: (0274) 550865
  • Asuransi Asei Surabaya: Jalan Raya Gubeng No. 3 Surabaya – Telepon: (031) 5042949
  • Asuransi Asei Pekanbaru: Komplek Perkantoran Grand Sudirman Blok A No.6, Jalan Datuk Setia Maharaja (d/h Jalan Parit indah) Pekanbaru – Telepon: (0761) 7891704
  • Asuransi Asei Sumatera Barat: Jalan Ratulangi No.5 Padang Sumatera Barat – Telepon: (0751) 8951188

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.asei.co.id/id/
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/lahan-bisnis-baru-asuransi-asei-mengkaver-penyaluran-kredit-dari-10-tekfin
  • https://sumatra.bisnis.com/read/20191105/534/1167046/asuransi-asei-teken-kerja-sama-dengan-bank-riau-kepri

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal