Asuransi Askrindo Semarang

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
+62
 

Askrindo Semarang adalah layanan asuransi umum PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) yang berlokasi di wilayah Semarang. Askrindo adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfokus pada produk asuransi kredit. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 6 April 1971.

Askrindo memiliki visi untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam menuju visi tersebut, Askrindo berperan sebagai penyedia jaminan atas kredit UMKM ke perbankan.

Askrindo merupakan perusahaan induk dari PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional Re) yang bergerak di bidang jasa asuransi. Sementara itu, Askrindo sendiri  dikenal sebagai perusahaan asuransi umum yang menghadirkan berbagai produk asuransi seperti asuransi kebakaran, asuransi properti, asuransi kecelakaan, asuransi perjalanan, dan berbagai produk asuransi lain.

Agen dan Broker Askrindo

Askrindo memasarkan produknya melalui agen asuransi yang dikelola oleh anak perusahaannya, yaitu PT Askrindo Mitra Utama (AMU). Saat ini, AMU telah memiliki 60 kantor yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi. 

Sementara itu, broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi. Dengan demikian, calon nasabah asuransi dapat membandingkan produk asuransi terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon nasabah asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu nasabah asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi tersebut.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia. Bandingkan produk asuransi terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal adalah marketplace asuransi nomor satu di Indonesia yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo tidak menyebutkan rumah sakit rekanan dalam lama situs resminya. Untuk informasi terkait rumah sakit rekanan Askrindo dapat menghubungi perusahaan melalui call center nomor 1500405.

Komplek Rukan Pemuda Mas (DP Mall)

Blok A Kav. B1

Jl. Pemuda No. 150

Semarang 50132 - Jawa Tengah

Telp: (024) 3581001

Fax: (024) 3585466

 

Askrindo memiliki beberapa jenis produk asuransi umum. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan antara lain:

  • Asuransi Kecelakaan Diri
  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Konstruksi
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Asuransi Pengangkutan Barang
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Uang
  • Asuransi Kerusakan Mesin
  • Asuransi Perjalanan
  • Asuransi Custom Bond
  • Asuransi Kredit
  • Asuransi Surety Bond
 

Semarang adalah salah satu kota yang padat penduduk. Menurut data BPS, ibukota provinsi Jawa Tengah ini memiliki 1,786 juta penduduk pada tahun 2018, naik 1,6 persen sejak tahun 2016. 

Penyebabnya adalah daya tarik Semarang sebagai kota metropolitan. Adanya akses pendidikan dan pekerjaan yang baik menarik minat masyarakat daerah lain untuk tinggal di sana.

Selain itu, pembangunan kawasan industri di Semarang terus berjalan. Berdasarkan data BPS tahun 2018, terdapat 135 perusahaan yang utamanya bergerak di industri makanan, industri furniture, dan industri karet. Ketiga sektor tersebut telah menyumbang 21,5 ribu tenaga kerja. Sementara itu, total serapan tenaga kerja dari semua sektor mencapai 84,6 ribu dari 307 perusahaan.

Sayangnya, perkembangan tersebut tidak dibarengi dengan penyediaan infrastruktur perumahan dan transportasi yang memadai. Hal itu kemudian menimbulkan serangkaian masalah sebagai berikut.

Kepadatan penduduk juga menimbulkan kebutuhan transportasi yang tinggi. Fasilitas transportasi umum cenderung kurang nyaman karena sering berhenti lama untuk menunggu penumpang.

Dengan murahnya kredit kendaraan, masyarakat akhirnya lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor (mobil dan motor). Apalagi kebanyakan dari mereka tinggal agak jauh dari pusat aktivitas kota karena harga tanah di pusat semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan kemacetan dan peningkatan kecelakaan lalu lintas.

Berdasarkan data BPS, jumlah kendaraan bermotor di Jawa Tengah mencapai 15.076.860 kendaraan. Sebanyak 1.032.864 di antaranya adalah mobil penumpang dan 13.244.195 berupa sepeda motor.

Dilansir dari Detik, terjadi peningkatan kecelakaan lalu lintas di wilayah Jawa Tengah sebesar 45 persen. Pada periode Januari-September tahun 2019 kasus kecelakaan di Jawa Tengah mencapai 19.261 kejadian, naik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu 13.270 kasus. 

Kecelakaan merupakan salah satu penyebab orang di usia produktif meninggal. Pasalnya, sebanyak 9-10 orang meninggal dunia akibat kecelakaan di Jawa Tengah. 

Oleh sebab itu, warga Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah membutuhkan asuransi yang bisa menanggung risiko kecelakaan. Askrindo memiliki produk Asuransi Kecelakaan Diri yang akan memberikan manfaat berupa santunan meninggal dunia atau cacat total akibat kecelakaan.

Berdasarkan laporan Solopos, terdapat 9.922 kasus tindak pidana kriminal yang terjadi di Jawa Tengah. Kasus kejahatan paling banyak adalah pencurian (1.722 kasus), disusul dengan pencurian kendaraan bermotor (1.464 kasus), penyalahgunaan narkoba (1.397 kasus), pembakaran (704 kasus), dan penipuan (740 kasus).

Sementara itu, pengungkapan kasus oleh kepolisian menurun secara persentase, dari 73 persen tahun 2018 menjadi 65 persen tahun 2019. 

Melihat banyaknya kasus pencurian dan pembakaran, tentu asuransi properti dan asuransi kendaraan Askrindo sangat penting untuk dimiliki warga Semarang. Asuransi Property All Risk menawarkan pertanggungan kerugian akibat kebakaran dan pencurian terhadap aset properti. Selain itu, terdapat juga pilihan asuransi Surety Bond untuk mengantisipasi risiko penipuan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://lifepal.co.id/asuransi/askrindo/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kota_di_Indonesia_menurut_jumlah_penduduk
  • https://semarangkota.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ODI5YWI1OGMzYjU5MzkwNGRmNzM5MWVj&xzmn=aHR0cHM6Ly9zZW1hcmFuZ2tvdGEuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMjAvMDEvMDMvODI5YWI1OGMzYjU5MzkwNGRmNzM5MWVjL3N0YXRpc3Rpay1kYWVyYWgta290YS1zZW1hcmFuZy0yMDE5Lmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMC0wMS0wNyAxNDoyNzozMA%3D%3D
  • https://jateng.bps.go.id/statictable/2019/10/09/1693/banyaknya-kendaraan-bermotor-yang-diregistrasi-pada-kepolisian-daerah-jawa-tengah-menurut-jenis-kendaraan-di-provinsi-jawa-tengah-2017.html
  • https://planologiku.wordpress.com/2017/02/20/kota-semarang-dan-permasalahannya/
  • https://www.solopos.com/2019-polda-jateng-ungkap-6-453-kasus-kriminal-1039169
  • https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4749393/angka-kecelakaan-lalu-lintas-di-jateng-tahun-ini-meningkat-45
  • https://jateng.bps.go.id/statictable/2019/10/09/1693/banyaknya-kendaraan-bermotor-yang-diregistrasi-pada-kepolisian-daerah-jawa-tengah-menurut-jenis-kendaraan-di-provinsi-jawa-tengah-2017.html
  • https://askrindomitrautama.co.id/perusahaan/

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal