Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Aspan

3.5 / 5.0 (6.062 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi ASPAN

Aspan adalah brand asuransi umum yang dikelola oleh PT Asuransi Purna Artanugraha. Perusahaan tersebut didirikan pada tanggal 10 Juni 1991.

Asuransi Aspan menawarkan berbagai jenis produk untuk segmen korporasi, yaitu asuransi pengangkutan, asuransi penyimpanan uang, asuransi kredit, asuransi kebakaran, asuransi pesawat terbang, asuransi aneka, asuransi kendaraan bermotor, dan asuransi surety bond. Keunggulan dari brand asuransi ini adalah memiliki varian produk luas sehingga bisa menyediakan kebutuhan berbagai industri bisnis.

Ringkasan

  • Polis asuransi Marine Hull tidak hanya memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan fisik kapal, tetapi juga tuntutan hukum pihak ketiga terhadap nasabah pemilik usaha.
  • Polis Asuransi Pembangunan Kapal memberikan ganti rugi apabila terjadi kerugian selama proses pembangunan kapal. Produk ini cukup jarang ditemukan pada merek asuransi umum lainnya.
  • Memiliki 20 kantor di kota-kota besar di Indonesia, sehingga asuransi Aspan dapat dengan mudah diakses oleh perusahaan yang beroperasi di daerah luar Jakarta.

Sejarah Aspan

PT Asuransi Purna Artanugraha semula dibangun atas inisiasi Yayasan Kesehatan Pensiunan PELNI (YKPP) dan Dana Pensiunan PELNI (DPP) untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya serta meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan.

Produk pertama yang ditawarkan Aspan adalah asuransi Marine Hull dan Personal Accident untuk penumpang PELNI.

Perusahaan melakukan pengembangan pemasaran dengan upaya peningkatan hasil pendapatan kantor cabang dan pengembangan segmen lainnya dalam kegiatan asuransi. Hingga kini, Aspan memiliki satu kantor pusat di Jakarta dan 26 kantor cabang di berbagai wilayah Indonesia.

Aspan telah terdaftar dalam asosiasi yang berada di Indonesia, yaitu Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Perusahaan asuransi Aspan telah mendapatkan izin usaha dari Kementerian Keuangan RI dengan No.155/10/1.13/1992 pada tanggal 23 Mei 1992 dengan kegiatan usaha di bidang Asuransi Kerugian.

Aspan telah terdaftar dalam asosiasi yang berada di Indonesia, yaitu Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Perusahaan asuransi Aspan telah mendapatkan izin usaha dari Kementerian Keuangan RI dengan No.155/10/1.13/1992 pada tanggal 23 Mei 1992 dengan kegiatan usaha di bidang Asuransi Kerugian.

Aspan telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di Indonesia, antara lain:

  • 2015: Infobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2014.
  • 2012: Ideku Group Insurance Awards - Perusahaan Asuransi Terunggul dalam Marine Insurance & Personal Accident 2012.
  • 2012: Infobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2011.
  • 2010: Media Asuransi Insurance Awards - Perusahaan Asuransi Umum Terbaik 2010.
  • 2010: Infobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2009.
  • 2009:nfobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2009.
  • 2007: Infobank Insurance Awards - Nominasi Perusahaan Asuransi Umum Terbaik.
  • 2006: Infobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2005.
  • 2006: Infobank Insurance Golden Trophy - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2001-2005.
  • 2005: Infobank Insurance Golden Trophy - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2001-2004.
  • 2005: Infobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2004.
  • 2004: Infobank Insurance Golden Trophy - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 1999-2003.
  • 2004: Infobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2003.
  • 2003: Infobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2002.
  • 2002: Infobank Insurance Awards - Asuransi dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja tahun 2001.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Purna Artanugraha membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 135 persen.
  • Jumlah aset: Rp547,088 miliar.
  • Ekuitas: Rp149,469 miliar.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Purna Artanugraha termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 
 

Daftar Produk Asuransi Aspan

Asuransi Aspan memiliki banyak produk yang ditawarkan, yaitu:

1. Asuransi Rangka Kapal

Aspan memiliki produk untuk memproteksi rangka kapal jika hilang atau rusak. Selain itu, asuransi juga menanggung biaya penyelamatan kapal yang tenggelam sehingga cocok bagi nasabah yang memiliki usaha terkait dengan penggunaan kapal. 

2. Asuransi Rekayasa

Asuransi Rekayasa dari Aspan terdiri dari dua jenis produk: Contractors’ All Risks (CAR) dan Erections’ All Risks (EAR). Fungsi dari asuransi rekayasa adalah untuk memproteksi proses pembangunan proyek konstruksi dan pemasangan mesinnya. Selain itu produk ini juga menanggung risiko biaya tuntutan pihak ketiga yang dirugikan dengan adanya operasional proyek.

3. Asuransi Penyimpanan Uang

Asuransi penyimpanan uang dari Aspan cocok bagi segala jenis perusahaan karena akan memberikan ganti rugi jika perusahaan mengalami kerugian akibat penggelapan uang atau pencurian. 

4. Asuransi Pengangkutan

Bagi usaha yang bergerak di bidang ekspor-impor ataupun jasa kargo, asuransi pengangkutan dari Aspan bisa membantu mereka untuk memitigasi risiko kerugian yang terjadi selama proses pengangkutan. Polis ini berlaku untuk pengangkutan melalui jalur laut. 

5. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri bakal memberikan kompensasi jika terjadi kejadian tak terduga yang menimbulkan kerugian fisik pada tertanggung. Dalam usaha, biasanya produk ini digunakan untuk menjamin kesehatan pekerja yang memiliki aktivitas berbahaya. Sehingga, perusahaan mengasuransikan mereka.

6. Asuransi Kredit

Asuransi kredit dari Aspan bernama Aspan Kreatif. Produk ini bermanfaat untuk pemberi pinjaman kredit seperti bank, di mana jika peminjam kredit meninggal dunia, maka asuransi akan melunasi sisa utang yang belum lunas. Sehingga, rasio non-performing loan (NPL) bank bisa lebih rendah.

7. Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran dari Aspan penting untuk menjaga aset properti usaha dari kebakaran, ledakan, hingga sambaran petir. Umumnya produk ini digunakan untuk menjamin aset penting seperti gudang, pabrik, atau bahkan perkantoran.

8. Asuransi Pesawat Terbang

Asuransi pesawat terbang cocok bagi perusahaan yang memiliki pesawat terbang dan ingin mengasuransikannya jika terjadi kerusakan. Seperti yang kita ketahui bahwa biaya perbaikan pesawat terbang tidaklah murah, oleh sebab itu diperlukan produk asuransi untuk menjamin risiko tersebut.

9. Asuransi Aneka

Asuransi aneka Aspan terdiri dari asuransi uang dalam lemari besi, asuransi kapal, asuransi peralatan elektronik, asuransi kebongkaran, uang dalam perjalanan, asuransi tanggung gugat, serta hole in one. Produk ini tersedia untuk menyesuaikan kebutuhan setiap nasabah.

10. Asuransi Kendaraan Bermotor

Produk ini cocok bagi perusahaan yang memiliki aset kendaraan bermotor banyak atau bernilai tinggi. Pasalnya, asuransi kendaraan bermotor dari Aspan akan memproteksi kendaraan dari risiko kerugian akibat bencana alam atau tindakan jahat orang lain.

11. Asuransi Surety Bond

Asuransi Surety Bond menjamin penggantian kerugian terhadap risiko wanprestasi dalam sebuah perjanjian. Biasanya asuransi ini digunakan untuk melindungi kontrak antara pemilik proyek dengan kontraktor sebagai jaminan bahwa kontraktor melaksanakan kewajibannya dengan baik.

 

Daftar Polis Asuransi Aspan

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi aspan.co.id, berikut beberapa pilihan polis asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Purna Artanugraha.

Asuransi Rangka Kapal

Marine Hull

Produk asuransi ini menjamin potensi kerugian akibat kerusakan rangka kapal dengan pertanggungan tanggung jawab hukum dan kerusakan kapal karena suatu hal yang ditanggung dalam polis.

  • Biaya penggantian kerugian akibat tuntutan hukum pihak ketiga.
  • Biaya penggantian kerugian apabila kapal terbakar, tenggelam, tertabrak.
Asuransi Rekayasa

Contractors’ All Risk

Produk asuransi Contractors’ All Risk menjamin pertanggungan risiko kerugian selama proyek konstruksi dengan manfaat yang tercantum dalam polis, 

  • Biaya kerugian akibat petir, kebakaran, ledakan, gempa bumi, pencurian, dan banjir.
Asuransi Rekayasa

Erection All Risk

Produk asuransi Erection All Risk menjamin pertanggungan terhadap risiko kerugian selama pemasangan mesin dengan manfaat yang tercantum dalam polis.

  • Biaya kerugian atas kerusakan mesin akibat petir, kebakaran, ledakan, gempa bumi, pencurian, dan banjir.
Asuransi Penyimpanan Uang

Asuransi Uang

Produk asuransi uang adalah produk yang menawarkan perlindungan terhadap hilangnya uang selama berada di dalam penyimpanan maupun saat di perjalanan.

  • Uang penggantian sejumlah uang yang dijamin akibat penggelapan uang/surat berharga atau pencurian oleh orang yang ditugaskan menyimpan.
Asuransi Pengangkutan

Marine Cargo Policy

Produk asuransi marine ini memberikan penggantian terhadap kerugian selama barang diangkut oleh kapal kargo dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Uang penggantian atas kerugian akibat kebakaran, kapal kandas, tenggelam, tabrakan dengan kapal, masuknya air ke dalam alat angkut, alat angkut darat terbalik, dan lain-lain.
Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri

Produk asuransi kecelakaan diri adalah produk yang menjamin biaya perawatan medis akibat kecelakaan, atau kejadian yang tak diinginkan dan mendadak.

  • Santunan meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan.
  • Biaya pengobatan tertanggung akibat kecelakaan.
Asuransi Kredit

Aspan Kreatif

Produk asuransi yang menjamin pertanggungan kerugian bank apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajiban membayar utang dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Uang penggantian untuk tertanggung (pihak bank) apabila penerima kredit mengalami gagal bayar.
Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran

Produk asuransi kebakaran adalah produk yang menjamin risiko kerugian pada aset properti atau rumah milik nasabah asuransi akibat kebakaran dan sebab lainnya.

  • Uang pertanggungan atas rusaknya harta benda akibat ledakan, petir, kebakaran, asap, dan kejatuhan pesawat terbang.
Asuransi Pesawat Terbang

Asuransi Pesawat Terbang

Produk asuransi pesawat terbang adalah produk yang memberikan jaminan terhadap kerusakan pesawat terbang dengan pertanggungan yang tercantum di dalam polis.

  • Biaya penggantian atas kerusakan/kehilangan pesawat terbang.
  • Biaya penyelamatan pesawat akibat benturan ketika mendarat.
Asuransi Aneka

Uang Dalam Lemari Besi

Produk asuransi uang dalam lemari besi adalah produk yang memberikan jaminan terhadap uang selama berada di dalam lemari besi dengan pertanggungan yang tercantum dalam polis.

  • Uang penggantian apabila uang yang diasuransikan rusak/hilang ketika disimpan di dalam lemari besi.
Asuransi Aneka

Asuransi Pembangunan Kapal

Produk asuransi pembangunan kapal adalah produk yang memberikan perlindungan selama pembangungan kapal terhadap berbagai risiko yang tertulis dalam polis.

  • Uang penggantian apabila terjadi kerugian pada saat pembangunan kapal.
Asuransi Aneka

Asuransi Kerusakan Mesin

Produk asuransi kerusakan mesin adalah produk yang memberikan pertanggungan atas kerusakan mesin dengan pertanggungan sebagai berikut. 

  • Uang penggantian apabila terjadi kerugian atas kerusakan mesin.

 

Asuransi Aneka

Asuransi Kebongkaran

Produk asuransi ini memberikan pertanggungan terhadap risiko selama pembongkaran dengan pertanggungan sebagai berikut. 

 

Asuransi Aneka

Uang dalam Perjalanan

Produk asuransi ini memberikan jaminan terhadap uang selama berada di dalam perjalanan dengan pertanggungan sebagai berikut. 

Asuransi Aneka

Asuransi Tanggung Gugat

Produk asuransi ini memberikan pertanggungan biaya terhadap tanggung jawab hukum pihak ketiga dengan pertanggungan sebagai berikut. 

  • Biaya pertanggungan atas tanggung jawab hukum pihak ketiga.

 

Asuransi Aneka

Hole In One

Produk asuransi ini menjamin penyelenggara permainan golf apabila peserta golf melakukan hole in one dengan pertanggungan sebagai berikut. 

Asuransi Kendaraan Bermotor

Comprehensive

Produk asuransi ini menjamin seluruh kerusakan sebagian atau total pada kendaraan bermotor dengan pertanggungan sebagai berikut. 

  • Uang pertanggungan perbaikan bila kendaraan bermotor mengalami benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir.
  • Uang pertanggungan bila kendaraan bermotor dicuri atau rusak akibat perbuatan jahat orang lain.
  • Biaya untuk tanggung jawab hukum pihak ketiga.
Asuransi Kendaraan Bermotor

Total Loss Only

Produk asuransi ini hanya menjamin kerusakan total atau kehilangan pada kendaraan bermotor dengan pertanggungan sebagai berikut. 

  • Uang pertanggungan bila kendaraan bermotor dicuri.
  • Uang pertanggungan bila kendaraan bermotor mengalami kerusakan di atas 75 persen akibat benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir.
Asuransi Surety Bond Aspan

Surety Bond

Produk asuransi ini menjamin kemangkiran dalam sebuah perjanjian dengan pertanggungan sebagai berikut. 

 

Berita Terbaru Aspan

Januari 2020 - PT Asuransi Purna Artanugraha (Aspan) bekerja sama dengan Pengurus Pusat Indonesian National Ferry Owners Association (DPP INFA). Bentuk kerja sama tersebut adalah asuransi yang menanggung risiko kerugian pengangkut terhadap penumpang, kendaraan bermotor, dan barang di atas kendaraan bermotor yang diangkut oleh ferry.
November 2019 - PT Asuransi Purna Artanugraha (Aspan) membayarkan klaim asuransi Contractors’ All Risks (CAR) kepada PT Adhi Karya (Persero) dengan klaim kerugian akibat gempa di palu.
November 2019 - PT Asuransi Purna Artanugraha (Aspan) membayar klaim untuk Construction All Risk sebesar Rp19 miliar ke PT Adhi Karya (Persero) QQ PT Minarta Dutahutama (KSO). Klaim tersebut timbul akibat kerugian gempa bumi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada tanggal 29 September 2019.

Gempa itu menyebabkan saluran primer milik Tertanggung yang berlokasi di Perumnas Balaroa, Petobo dan Jono-oge rusak parah dan mengalami kerugian. Kerusakan terjadi pada saluran irigasi utama Gumbasa yang tersebar di 48 titik lokasi, saluran irigasi sekunder yang tersebar di 11 titik lokasi, serta saluran irigasi tersier yang tersebar di enam titik lokasi.

Juni 2019 - PT Asuransi Purna Artanugraha (Aspan) meluncurkan layanan daftar asuransi melalui platform digital messaging Whatsapp. Sehingga dalam waktu singkat e-polis sudah dapat diterima oleh nasabah secara online.
Februari 2017 - PT Asuransi Aspan akan menyiapkan investasi pada instrumen obligasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada segmen infrastruktur untuk memenuhi ketentuan minimum Surat Berharga Negara (SBN). Untuk meningkatkan porsi investasi obligasi BUMN di bidang infrastruktur, Aspan akan mengalihkan investasi dari instrumen deposito yang tahun lalu porsinya masih sebesar 70 persen.
 

Tanya Jawab

Profil PT Aspan: Aspan Insurance adalah brand asuransi umum yang dikelola oleh PT Asuransi Purna Artanugraha. Nama Aspan adalah singkatan dari PT Asuransi Purna Artanugraha. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 10 Juni 1991. 

Latar belakang pendirian Aspan bermula dari keinginan Yayasan Kesehatan Pensiunan PELNI (YKPP) dan Dana Pensiunan PELNI (DPP) untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya serta meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan.

Asuransi Aspan bagus bagi yang sedang mencari asuransi untuk keperluan korporasi. Pasalnya, dibandingkan dengan asuransi umum lainnya, Aspan menawarkan produk yang beragam untuk berbagai industri. 

Aspan bisa menanggung kepentingan keuangan perusahaan lewat asuransi kredit; melindungi aset perusahaan dengan asuransi properti, kendaraan bermotor, penyimpanan uang, dan kebakaran; memitigasi risiko operasional dengan asuransi rangka kapal, pengangkutan, rekayasa; serta melindungi perusahaan dari tanggung jawab pihak ketiga dengan asuransi kecelakaan.

Kinerja keuangan Aspan pada tahun 2018 belum menunjukkan prestasi yang signifikan. Pasalnya, rasio solvabilitas perusahaan hanya berhasil mencapai 135 persen, sedikit di atas ketentuan pemerintah yaitu sebesar 120 persen. Sebagai catatan, rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam membayar utang jangka panjang (termasuk klaim). Artinya, Aspan hanya mampu membayar utangnya sebesar 1,3 kali lipat. Meskipun cukup, namun angka tersebut masih jauh di atas kemampuan perusahaan umum lain yang bisa mencapai 500 persen. 

Terlepas dari angka kinerja keuangan tersebut, asuransi Aspan bisa kami katakan aman karena jika melihat pemberitaan di media, Aspan ternyata mampu membayar klaim dalam jumlah besar seperti klaim kerugian Rp19 miliar pada saat gempa di Palu tahun 2019.

Berikut ini adalah daftar manajemen asuransi Aspan yang mungkin perlu agar kita bisa melakukan riset tentang seberapa kuatnya tim pengelola asuransi umum ini.

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama: Sudarsono
  • Komisaris Independen: Makna Hermana
  • Komisaris Independen: Nasrudin
  • Komisaris: Capt. Daniel Ecbert Bangonan

Dewan Direksi

  • Direktur Utama Aspan: Febri Wibawa Parsa Sihombing
  • Wakil Direktur Utama: Subiyantoro
  • Direktur Teknik: Marihot Simanjuntak
  • Direktur Keuangan: Maryatmi

Kepala Divisi

  • Deputy Director of Marketing: Jisman M Lubis
  • National Sales Head: Ahmad Zarkasyi
  • Development & Marketing or Financial Institution: Abdul Haris
  • Key Account Marketing: Dewi Nurhasanah
  • Development & Marketing II Non-Financial Institution: Endang Titisari
  • Corporate Secretary: Ade Rifaldi
  • Information Technology: Mulyadi Rahardjo
  • Compliance & Risk Management: Joko Heri Wibowo
  • General Underwriting: Tiur Maida
  • Financial Line Underwriting: Hermanto
  • Claim: Bayu Kristianto
  • Finance & Accounting: Rochmaddin Lubis
  • Human Resources, General Affair, Office of Strategic Management: Arjun Sitorus

Cari tahu premi asuransi Aspan dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pembayaran premi asuransi Aspan bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center Aspan, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Berikut cara mengajukan klaim asuransi Aspan.

Klaim asuransi kendaraan bermotor

  1. Segera melaporkan klaim kepada asuransi Aspan begitu terjadi kejadian klaim.
  2. Untuk lokasi di Jakarta, hubungi kontak berikut.

Layanan Klaim Kendaraan Bermotor :

Jl. Iskandar Muda No. 28 A

Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Telp : (021) 270 82547

Email : [email protected]

  1. Untuk yang berada di luar Jakarta, silakan hubungi langsung Kantor Cabang Aspan yang menerbitkan polis. 
  2. Waktu pelaporan klaim maksimal 3 x 24 jam setelah terjadinya kejadian klaim. 
  3. Siapkan dokumen yang diperlukan, yaitu dokumen polis, surat keterangan dari Kepolisian, STNK, SIM pengemudi, formulir klaim, kronologi kejadian, dan lain-lain.

Klaim asuransi non kendaraan bermotor

  1. Segera melaporkan klaim kepada asuransi Aspan begitu terjadi kejadian klaim.
  2. Waktu pelaporan klaim maksimal 3 x 24 jam setelah terjadinya kejadian klaim. 
  3. Laporan bisa disampaikan melalui email, telepon, fax, surat, atau langsung ke alamat berikut.
  1. Asuransi Aspan

Kantor Pusat (Divisi Klaim)

Wisma Bumiputera, Lantai 16

Jl. Jend. Sudirman Kav.75, Setiabudi, Jakarta Selatan 12910

Telepon : 021-5255070 Fax : 021-5224547

Email   : [email protected]

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Tidak tersedia informasi mengenai sistem keagenan Aspan pada situs resmi aspan.co.id. Untuk mendapatkan informasi tersebut, silakan menghubungi call center Aspan.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Layanan nasabah atau call center Aspan dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Aspan, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre:  Wisma Bumiputera Lt.16 Jalan Jenderal Sudirman Kav.75 Jakarta Selatan 12910.
  • Aspan Call Center: (021) 527 6851.
  • Email: [email protected]
  • Situs resmi: aspan.co.id.

Bengkel rekanan asuransi Aspan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Berikut daftar beberapa bengkel rekanan perusahaan asuransi Aspan.

DKI Jakarta & Jawa Barat

  • Mandiri Motor: Jalan Serdang Baru XII No.7 Kemayoran Jakarta Pusat. Telepon: (021) 4266583.
  • Gunadaya Motor: Jalan H. Thamrin S No. 37, Sunter Jaya. Telepon: (021) 6522102.
  • May Car: Jalan Jend. Ahmad Yani No. 73. Telepon: (021)8570431.
  • New Beringin Motor: Jalan Panjang No. 10, Samping Tol-Kebon Jeruk. Telepon: (021) 53651616.
  • Gema Mitra Abadi: Jalan Tanjung Barat Raya No.145 B Jak- Selatan. Telepon: (021) 78833906.
  • Handy Jaya Motor: Jalan Kartini Raya No.50 Pancoran Mas,Depok. Telepon: (021) 77204060.
  • Tara Motor: Jalan Bintara Jaya No 15, Bekasi. Telepon: 021-818744067.
  • Marga Jaya: Jalan MH. Thamrin No. 8 Kebon Nanas. Telepon: (021) 55753357 / (021) 55753359.
  • Star Auto Care: Jalan Holis No.433, Bandung. Telepon: (022) 5414402.

Jawa Tengah

  • Nitro 1: Jalan Dr. Radjiman No. 452 A, Solo. Telepon: (0271) 724940.
  • Dion Pratama: Jalan Supriyadi No. 58A, Semarang. Telepon: (024) 6732034.

Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali

  • Bajoel: Jalan Gunung Anyar Tambak Utara No. 19, Surabaya. Telepon: (031) 87854523.
  • Putra Wijaya Motor: Jalan Sorangan No. 88, Yogyakarta. Telepon: (0271) 4539157/8.
  • Panji Wijaya: Jalan Pendidikan IV No. 42, Siderkaya, Denpasar, Bali. Telepon: (0361) 727986.

Sumatera

  • Padang Auto: Jl Padang By Pass Km 6, Pasar Ambacang, Kuraji, Padang. Telepon: (0751) 778988.
  • 87 Express Body & Paint: Jalan Sei Batang Hari No. 124, Medan. Telepon: (061) 4563565.
  • Raflesia: JL. Wijaya Kusuma No 25 RT XI Kel. Peturuman, 00000 Bengkulu. Telepon: (0736) 22757.
  • Sumantri Jalan Seduduk Putih No. 22, Ilir – Palembang. Telepon: (0711) 821561.
  • Permaisuri: Jalan Abdul Muis No, 118 B, Lampung Bpk. Dicky S. Telepon: (0721) 773310.
  • Aneka Cat: Jalan T. Iskandar, Kota Bandar Aceh. Telepon: (0651) 7559116.
  • Bintang Utama: Jalan Soekarno Hatta No. 401, Pekanbaru. Telepon: 082385798028.
  • Gat Motor: Jalan Yunus Sanis No. 39A, Kebon Handil Simpang Surya, Jambi. Telepon: (0741) 7157999 / 081212930494.

Sulawesi

  • Giswa Mandiri: Jalan Abu Bakar Lamboga No. 7, Makassar. Telepon: (0411) 426377.
  • Faisal Auto Service: Jalan Sultan Hasanuddin No. 185, Gowa. Telepon: (0411) 860208.
  • Wahyu Motor: Jalan Tunggal Dalam, Wua-wua, Kendari. Telepon: (0411) 3138532.
  • Gameli Auto: Jalan Pinang Matindas Kota Manado. Telepon: (0431) 847357.
  • Orion Auto Repair: BTN Merdeka Non Blok F No. 17 Palopo. Telepon: 085299636773.

Kalimantan

  • GP Auto: Jalan Terminal Induk, Sei Garam – Singkawang Utara. Telepon: (0562) 4643966.
  • Mitra Abadi Motor: JL. Jend. A. Yani KM. 8, NO. 22 SEB. Pasar Manarap – BJM. Telepon: (0511) 428 1842 / 0851 0024 5003 / 0851 0041 0024.
  • Universal Motor: JL. Merdeka, Adonis Samad, Palangkaraya. Telepon: (0536) 4260749 / 0812 8355 1227.
  • Astra Daihatsu: JL. Ir. H. Juanda No. 88, Samarinda. Telepon: (0541) 766682 / 0813 4709 4713.

Untuk daftar bengkel rekanan lebih lengkap, silakan mengunjungi situs resmi aspan.co.id. 

Kantor cabang Aspan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berikut alamat lengkap kantor pusat asuransi Aspan dan kantor cabangnya.

Kantor Pusat Aspan

Wisma Bumiputera Lt.16 Jalan Jenderal Sudirman Kav.75 Jakarta Selatan 12910

Telp. (021) 798-6167.

Alamat Kantor Cabang Aspan

  • Jakarta: Gedung Pemuda Lt. 2 Jalan Pemuda No. 66, Jakarta Timur 13220. Telepon: (021) 4706 005.
  • Jakarta: Jalan Iskandar Muda No. 28 A Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 270 82547.
  • Bekasi: Ruko Sinpasa Commercial Blok SC No. 016 Summarecon Bekasi, Kel. Marga Mulya. Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi. Telepon: (021) 2945 0547.
  • Cilegon: Komp. Ruko Mahkota Mas Blok. C1 No. 02 Jalan Raya Serang, Cilegon Banten 42423. Telepon: (0254) 387 252.
  • Bandung: Jalan Karawitan No. 54, Kel. Turangga Buah Batu, Kota Bandung. Telepon: (022) 7351 1960.
  • Solo: Jalan Gatot Subroto No. 238B, Seraten – Solo. Telepon :(0271) 653 166.
  • Yogyakarta: Jalan Mawar No. 28A, Baciro Yogyakarta 55225. Telepon:(0274) 581 847.
  • Semarang: Komplek Metro Plaza Blok B-20, Peterongan Semarang. Telepon: (024) 6716 510.
  • Surabaya: Jalan Raya Darmo, Ruko Darmo Square, Blok B – 12. Telepon: (031) 5677 303.
  • Banda Aceh: Jl. Tgk. Imuem Lueng Bata No. 7E Lamseupeng Banda Aceh. Telepon: (0651) 31204
  • Medan: Jl. Iskandar Muda No. 75A Kel. Babura Kec. Medan Baru. Telepon: (061)4150009
  • Pekanbaru: Jl. Arifin Ahmad Komplek Platinum, Bisnis Center No. 30. Telepon: (0761)567004
  • Pontianak: Jl. Perdana Komp. Pertokoan Perdana Square Blok C-20. Telepon: 0561 8171790
  • Palangkaraya: Jl.G. Obos Raya No.79 Rt. 004/Rt. 002 Kel. Menteng Kec. Jekan Raya. Telepon: 0563 4260556
  • Banjarmasin: Jl. A. Yani KM. 4.5, Banjarmasin. Telepon: 0511 3250567
  • Balikpapan: Jl. MT. Haryono komplek ruko bukit damai indah IV/03 keluraha sungai nangka kecamatan balikpapan selatan, kota balikpapan. Telepon: +62 542 870 9291
  • Manado: Jl. Laksda John Lie, Ruko Mega Smart 3 No. 18 Kawasan Megamas Kel. Titiwungen Selatan Kec. Sario. Telepon: 0431 842264
  • Makassar: Jl. Pelita Raya, Ruko Blok A5 No. 5 Kel. Buakana Kec. Rappocini Kota Makassar, Sulawesi Selatan . Telepon: 902220411 4674275
  • Denpasar: Jl. Merdeka Raya No. 15. Telepon: (0361)474748

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://aspan.co.id/
  • http://www.pefindo.com/index.php/fileman/file?file=SiaranPers/2019-02-13-ASPA-id.pdf
  • https://finansial.bisnis.com/read/20191108/215/1168557/aspan-bayarkan-klaim-asuransi-rp19-miliar-untuk-kerusakan-irigasi-akibat-gempa-palu
  • https://indopos.co.id/read/2020/01/02/214446/tingkatkan-layanan-asuransi-penyeberangan-asuransi-aspan-jalin-kerja-sama-dengan-dpp-infa/