Asuransi Berdikari

3.5 / 5.0 (5.318 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cashback 10%
Diskon 25%*
  • ACA_43_1_D
42 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Berdikari: Daftar Produk & Profil Perusahaan

Asuransi Berdikari atau PT Berdikari Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang menghadirkan pilihan polis konvensional dan syariah. Berbagai macam produk asuransi yang ditawarkan, mulai asuransi mobil, asuransi kecelakaan, asuransi uang, hingga asuransi rangka kapal. Simak ulasan polis dan premi perusahaan selengkapnya!

*Syarat dan ketentuan berlaku

Pilihan Polis Asuransi Berdikari

Berdikari memberikan berbagai pilihan asuransi umum, mulai dari pengangkutan hingga kendaraan. Berikut ulasan dari masing-masing produknya:

Rangkuman Manfaat Polis Asuransi Berdikari

Berikut adalah rangkuman manfaat polis dari Asuransi Berdikari yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan:

ProdukManfaat Diberikan
Asuransi MobilPerlindungan finansial kepada pemilik kendaraan bermotor terhadap risiko kerugian baik kesalahan sendiri maupun tuntutan pihak ketiga.
Asuransi Kecelakaan DiriSantunan meninggal dunia + cacat tetap/sementara + serta penggantian biaya pengobatan yang diakibatkan oleh kecelakaan.
Asuransi KebakaranGanti rugi atas risiko kerugian pada bangunan yang diakibatkan karena risiko kebakaran + kejatuhan pesawat terbang + sambaran petir + ledakan + asap.
Asuransi RekayasaGanti rugi atas risiko kerugian yang mungkin terjadi selama pembangunan, mesin-mesin industri, instalasi peralatan elektronik.
Asuransi PengangkutanGanti rugi atas risiko yang mengancam barang yang diangkut melalui alat transportasi darat, laut, dan udara.
Asuransi Rangka KapalJaminan pada pemilik kapal atas risiko kerugian, tuntutan, kecelakaan, tabrakan, dan kerusakan pada kapal serta awak kapal.
Asuransi UangGanti rugi atas risiko kerugian dan kehilangan atas uang yang dipertanggungkan pada saat pengiriman ataupun di tempat penyimpanan.
Asuransi BondingGanti rugi atas risiko kerugian yang diderita oleh pemilik proyek (obligee) yang disebabkan oleh pihak pelaksana proyek (principal).
Asuransi Personal Accident (PA+)Santunan terhadap risiko kematian, cacat tetap, dan biaya perawatan atau pengobatan yang disebabkan oleh kecelakaan.
Asuransi AnekaProduk asuransi yang yang terdiri dari beberapa jenis asuransi lain.

Keuntungan Beli Asuransi Berdikari di Lifepal

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila membeli Asuransi Berdikari di Lifepal. Apa aja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kontribusi (Premi) Ringan

Jika Anda membeli Asuransi Berdikari di Lifepal, Anda akan mendapatkan harga kontribusi paling ringan. Pasalnya, di Lifepal selalu ada promo menarik yang membuat harga kontribusi Asuransi Berdikari jauh lebih ringan dibandingkan di tempat lain.

2. Bantuan Klaim Secara Online

Tak hanya mendapatkan kontribusi yang ringan, di Lifepal Anda juga akan mendapatkan bantuan jika klaim yang Anda ajukan ditolak oleh perusahaan asuransi. Tim Lifepal akan memastikan Anda mendapatkan manfaat asuransi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama. Berikut informasi bantuan Tim Lifepal.

PT Lifepal Technologies Indonesia

Jl. Benda No. 92 RT5/RW4, RT.2/RW.4,

Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Jakarta,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560

Email: [email protected]

WhatsApp: 0823-3003-0027 

Phone: 021-3111-6121

3. Tersedia Fitur Perbandingan 

Di Lifepal, Anda tidak hanya sekadar membeli asuransi saja. Tapi juga bisa membandingkan beragam polis dan kontribusi (premi) dari berbagai perusahaan yang berbeda. Dengan adanya fitur ini, Anda pun bisa mendapatkan asuransi dengan manfaat terbaik dan premi termurah.

Cara Beli Asuransi Berdikari di Lifepal

Beli Asuransi Berdikari kini sangat mudah dan cepat melalui Lifepal! Berikut langkah-langkahnya:

Layanan Nasabah Asuransi Berdikari

Informasi mengenai produk, premi, dan lain sebagainya, bisa didapatkan dengan mengakses layanan nasabah atau call center yang sudah disediakan oleh Berdikari Insurance. Atau, bisa juga dengan mendatangi langsung kantor pusat atau cabang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Berikut informasi selengkapnya:

Alamat Kantor Pusat PT Berdikari Insurance

Jl. Medan Merdeka Barat No. 1, 

Jakarta 11010 – Indonesia

Berdikari call center:(021) 3440266 / (021) 3841339

Waktu layanan call center : Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.00

Fax: (021) 3440586

Email: [email protected]

Website: www.berdikariinsurance.com

Sekilas Tentang Asuransi Berdikari

PT Berdikari Insurance (Persero) atau lebih dikenal dengan sebutan Asuransi Berdikari merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berfokus pada bisnis asuransi umum konvensional dan syariah. Jika dilihat dari sejarahnya, Asuransi Berdikari telah beberapa kali berganti nama, pernah menjadi PT PP Berdikari, kemudian Asuransi Timur Jauh, hingga menjadi PT PP Berdikari. 

Produk asuransi yang dimiliki terbilang lengkap, ada asuransi pengangkutan, kendaraan, asuransi kebakaran, sampai asuransi kecelakaan diri yang siap menanggung segala risiko yang diakibatkan karena kecelakaan. 

Saat ini Asuransi Berdikari belum bekerjasama dengan Lifepal. Namun ada lebih dari 500 polis asuransi terbaik lainnya yang bisa Anda bandingkan, bahkan Anda juga dapat menikmati diskon hingga 25%!

Pertanyaan Seputar Asuransi Berdikari

Berikut sejumlah pertanyaan yang cukup sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi Berdikari.

Apa itu Asuransi Berdikari?

Asuransi Berdikari mulanya adalah sebuah perusahaan asuransi swasta dengan nama PT Asuransi Timur Jauh. Asuransi Timur Jauh telah berdiri sejak tahun 1953 di Indonesia. Namun, pada tahun 1968, PT Asuransi Timur Jauh dibeli atau diambil alih kepemilikannya oleh perusahaan BUMN PT PP Berdikari. 

Semenjak diakuisisi itu, PT Asuransi Timur Jauh kemudian berubah nama menjadi PT Berdikari Insurance. Saat ini, Asuransi Berdikari memiliki 16 kantor cabang dan 9 kantor pemasaran yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Apa saja produk Asuransi Berdikari?

Asuransi Berdikari memiliki 10 produk asuransi unggulan yang cocok untuk kebutuhan individu hingga korporat. Penjelasan selengkapnya sila cek tab Polis.

Apakah Asuransi Berdikasi pernah tersandung kasus?

Asuransi Berdikari sempat diterpa beberapa kasus. Pertama adalah kasus pada tahun 2010 silam, di mana Asuransi Berdikari dianggap gagal membayar klaim PT Kaltim Daya Mandiri. PT Kaltim Daya Mandiri sebagai nasabah saat itu mengajukan klaim atas kerusakan gas turbin generator mereka. Namun sayangnya, uang klaim senilai Rp38 miliar tersebut tidak dibayarkan dengan mulus oleh Asuransi Berdikari.

Selain itu pada Juli 2017, PT Berdikari Insurance juga dilaporkan oleh PT Trans Mikael ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena menunggak pembayaran klaim. PT Trans Mikael sendiri mengajukan permohonan klaim sejak Desember 2016. Berdikari kemudian menjanjikan untuk membayarnya secara bertahap, namun tidak kunjung dibayarkan. Hingga akhirnya pada tahun 2017 Asuransi Berdikari berhasil melunasi klaim tersebut sebesar Rp900 miliar.

Siapa pemilik Saham Berdikari?

Kepemilikan saham Asuransi Berdikari bisa dilihat dari laporan keuangan yang mereka umumkan di situs resminya. Di kolom kepemilikan perusahaan dipegang oleh dua perusahaan, yaitu PT Berdikari (Persero) dan PT Tehate Putra Tunggal. 

PT Berdikari sendiri merupakan sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang peternakan ayam. Sementara PT Tehate Putra Tunggal adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang konstruksi.

Siapa saja jajaran direksi Asuransi Berdikari?

Dilihat dari situs resminya perusahaan, dewan direksi Berdikari diisi oleh tiga orang yang berkompeten di bidang asuransi. Berikut daftar sosok yang memimpin Asuransi Berdikari:

  • Direktur Utama: JS Simatupang
  • Direktur Operasional: Budi Santoso
  • Direktur Keuangan & Umum: Edwina Regina
Berapa harga premi Asuransi Berdikari?

Asuransi Berdikari tidak mencantumkan harga premi dari masing-masing produk di situs resmi mereka. Namun biasanya, harga premi produk asuransi didasarkan pada profil calon nasabah dan produk asuransi yang ditawarkan.

Untuk mengetahui informasi premi, calon nasabah bisa menghubungi call center Berdikari di (021)  3440266/ 3841339. atau, bisa juga mendatangi langsung kantor pusat atau kantor pemasarannya di kota-kota terdekat. 

Bagaimana cara membeli Asuransi Berdikari?

Asuransi Berdikari tidak mencantumkan cara pembelian di website mereka dan tidak ada metode pembelian secara online. Untuk pembelian produk-produk Asuransi Berdikari, calon nasabah bisa langsung mendatangi kantor pusat perusahaan yang ada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, atau mendatangi kantor cabang di kota-kota terdekat. 

Selain mendatangi secara langsung, calon nasabah juga bisa melakukan pembelian dengan cara menghubungi langsung ke call center Berdikari di nomor (021) 3440266/ (021) 3841339.

Bagaimana cara pembayaran premi Asuransi Berdikari?

Seperti halnya pembelian, cara pembayaran premi Asuransi Berdikari juga tidak tersedia di situs resmi perusahaan. Maka dari itu, untuk mengetahui bagaimana metode pembayarannya, nasabah bisa langsung mendatangi kantor pusat Asuransi Berdikari yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, atau mendatangi kantor cabang di kota-kota terdekat. 

Tidak hanya itu, nasabah juga bisa menanyakan terkait cara pembayaran melalui call center yang sudah disediakan oleh perusahaan. 

Bagaimana cara klaim Asuransi Berdikari ?

Klaim Asuransi Berdikari pun tidak tercantum di website resmi perusahaan. Untuk mengetahui cara dan prosedur klaimnya, silahkan datang langsung ke kantor pusat atau cabang terdekat. Atau, menghubungi call center Berdikari di nomor (021) 3440266 / (021) 3841339.

Bagaimana cara berhenti menjadi nasabah Asuransi Berdikari?

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Berdikari, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen yang pernah menawarkan produk Berdikari pada Anda
  • Datang langsung ke kantor cabang dan ajukan penutupan
  • Datang langsung ke kantor pusat
  • Menghubungi call center untuk mengajukan penutupan polis

Jika Anda berhenti dengan cara menghubungi call center perusahaan, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Hubungi call center asuransi Berdikari di nomor (021) 3440266 / (021) 3841339
  2. Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender
  3. Mengisi formulir dengan lengkap
  4. Mengembalikan buku polis asuransi
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi (bila ada)
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja

Perlu diketahui, penutupan polis ini biasanya akan dikenakan biaya atau potongan tertentu apabila dilakukan sebelum jatuh tempo. Jadi, pastikan Anda telah menyiapkan dana untuk membayar potongan tersebut.

Bengkel rekanan Asuransi Berdikari

Asuransi Berdikari tidak mencantumkan informasi mengenai bengkel rekanannya. Sehingga, untuk mendapatkan informasi tersebut, nasabah harus menghubungi terlebih dahulu call center Berdikari di nomor (021) 3440266 / (021) 3841339.

Agen dan broker Asuransi Berdikari

Ada perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili sebuah perusahaan asuransi, dalam hal ini adalah Berdikari Insurance. Sayangnya, Berdikari Insurance tidak mencantumkan informasi mengenai sistem keagenan dalam situs resminya. Untuk mengetahui informasi mengenai keagenan yang dimiliki Asuransi Berdikari, calon nasabah dapat menghubungi call center perusahaan.

Sementara, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah. Lifepal adalah broker asuransi online terpercaya yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lifepal dapat memberikan bantuan kepada calon nasabah untuk mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://berdikariinsurance.com/
  • https://katadata.co.id/berita/2019/08/14/mengenal-berdikari-bumn-yang-impor-ribuan-ton-daging-dari-brasil
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/berdikari-insurance-lunasi-klaim-trans-mikael
Chat Bantuan