Asuransi Berdikari

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
+62
 

Asuransi Berdikari

PT Berdikari Insurance (Persero) atau lebih populer dengan sebutan Asuransi Berdikari merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berfokus pada bisnis asuransi umum konvensional dan asuransi syariah. Jika dilihat dari sejarahnya, Asuransi Berdikari telah beberapa kali berganti nama. 

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Berdikari versi Lifepal

  • (+) Asuransi Berdikari memiliki pengalaman selama lebih dari 30 tahun dalam pasar asuransi umum di Indonesia. 
  • (+) Asuransi Berdikari memiliki kantor cabang yang tersebar luas di wilayah Indonesia.  
  • (+) Asuransi Berdikari tidak menyediakan layanan aplikasi yang dapat memudahkan nasabahnya dalam mengakses informasi terkait klaim, polis, dan bengkel rekanan asuransi. 
  • (-) Informasi terkait bengkel rekanan tidak dicantumkan dalam situs resminya. 
  • (-) Asuransi Berdikari minim penghargaan dan prestasi.

Sekilas tentang Asuransi Berdikari

Asuransi Berdikari semula didirikan tahun 1986 dengan nama PT PP Berdikari yang mengambil alih kepemilikan PT Asuransi Timur Jauh (Berdiri Tahun 1953). Setelah itu, PT PP Berdikari resmi menjadi BUMN sesuai dengan peraturan pemerintah No.22/200 sejak tanggal 7 April 2000 dan mengganti namanya menjadi PT Berdikari (Persero) yang menjadi pemegang tunggal kepemilikan saham PT Berdikari Insurance.

Sayangnya pada tahun 2010, Asuransi Berdikari diterpa isu tidak sedap yang dianggap gagal membayar klaim PT Kaltim Daya Mandiri senilai Rp38 miliar. Selain itu pada Juli 2017, PT Berdikari Insurance dilaporkan oleh PT Trans Mikael karena menunggak pembayaran klaim selama dua tahun. Hingga akhirnya pada tahun 2017 Asuransi Berdikari berhasil melunasi klaim tersebut sebesar Rp900 miliar.

Asuransi Berdikari sangat bagi nasabah yang memiliki usaha di Indonesia. Sebab, pilihan produk asuransi umum yang ditawarkan oleh perusahaan sangatlah lengkap. Mulai dari asuransi kebakaran, asuransi kendaraan bermotor, hingga asuransi kecelakaan diri

Terkait pilihan asuransi kecelakaan diri, produk ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu asuransi kecelakaan diri dan asuransi personal accident (PA+). Perbedaannya, asuransi personal accident (PA+) memiliki manfaat yang lebih lengkap dibandingkan dengan kecelakaan diri. 

PT Berdikari Insurance telah terdaftar di OJK sebagai perusahaan asuransi umum dengan nomor izin KEP-282/KM.17/2000 Tanggal 11 Agustus 2000. Selain itu, Berdikari juga adalah anggota resmi dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).
Sebagai perusahaan asuransi umum yang memberikan proteksi terhadap beberapa polis asuransi, Asuransi Berdikari tercatat baru saja membayarkan klaimnya sebesar Rp900 miliar kepada PT Trans Mikael yang tertunggak selama dua tahun. Secara tidak langsung hal tersebut membuktikan bahwa jika dilihat dari sisi kekuatan finansial, Asuransi Berdikari sanggup menunaikan kewajibannya sebagai penanggung untuk memenuhi klaim dari nasabah.

Laporan Keuangan Asuransi Berdikari Konvensional

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Berdikari Insurance (Persero) membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 482 persen.
  • Jumlah ekuitas: Rp312,822 miliar
  • Jumlah aset: Rp396,219 miliar. 

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Berdikari Insurance (Persero) termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Berdikari Insurance (Persero). Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Berdikari, silakan cek situs resmi berdikariinsurance.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Tidak tersedia berita terbaru PT Berdikari Insurance (Persero) dalam kurun waktu 2018-2020. Untuk mengetahui informasi produk asuransi terbaru bisa menghubungi call center Asuransi Berdikari.

 

 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi berdikariinsurance.com, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Berdikari Insurance. 

Asuransi Umum
Asuransi Pengangkutan
Produk asuransi yang memberikan proteksi finansial lengkap terhadap risiko yang mengancam barang yang diangkut melalui alat transportasi darat, laut, dan udara.
Asuransi Umum
Asuransi Rangka Kapal
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial kepada pemilik kapal atas risiko tuntutan pihak ketiga, kerugian harta benda milik pihak ketiga, luka badan awak kapal sendiri dan kapal lain yang bertabrakan, kerusakan kargo, biaya penarikan kapal hingga biaya hukum pencemaran laut yang disebabkan pada pengoperasian kapal.
Asuransi Umum
Asuransi Uang
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial atas risiko kerugian dan kehilangan atas uang yang dipertanggungkan pada saat pengiriman ataupun di tempat penyimpanan.
Asuransi Umum
Asuransi Kebakaran
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial terhadap kerugian yang diakibatkan karena risiko kebakaran, kejatuhan pesawat terbang, sambaran petir, ledakan dan asap dengan objek pertanggungan berupa bangunan.
Asuransi Umum
Asuransi Kendaraan Bermotor
Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial kepada pemilik kendaraan bermotor terhadap risiko kerugian baik kesalahan sendiri maupun tuntutan pihak ketiga.
Asuransi Umum
Asuransi Rekayasa
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial terhadap kerugian yang mungkin terjadi selama pembangunan, mesin-mesin industri, instalasi peralatan elektronik.
Asuransi Umum
Asuransi Kecelakaan Diri
Produk asuransi yang memberikan santunan kepada nasabah jika terjadi risiko meninggal dunia, cacat tetap/sementara, serta penggantian biaya pengobatan yang diakibatkan oleh kecelakaan.
Asuransi Umum
Asuransi Bonding
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial terhadap risiko kerugian terhadap pemilik proyek yang disebabkan oleh pelaksana proyek karena gagal/wanprestasi dalam melakukan kewajibannya.
Asuransi Umum
Asuransi Personal Accident (PA+)
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial perlindungan terhadap risiko kecelakaan, cacat tetap, dan biaya perawatan akibat kecelakaan.
Asuransi Umum
Asuransi Aneka
Produk asuransi yang ditawarkan mencakup asuransi kecelakaan diri, asuransi kebongkaran rumah, asuransi tanggung gugat, asuransi papan reklame, serta asuransi hole in one.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi berdikariinsurance.com sebagai pertimbangan untuk memilih Asuransi Berdikari.

Cari tahu premi asuransi Berdikari dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi Asuransi Berdikari bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center Berdikari, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis. 

Cara klaim Asuransi Berdikari disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Silakan cek pada situs berdikariinsurance.com untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari Asuransi Berdikari.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Asuransi Berdikari tidak mencantumkan informasi mengenai keagenan perusahaan asuransi dalam situs resminya. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai keagenan yang dimiliki asuransi Berdikari, calon nasabah dapat mengunjungi berdikariinsurance.com.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Namun pada saat ini, Lifepal belum bekerja sama dalam memasarkan produk asuransi dari Asuransi Berdikari. Untuk mendapatkan referensi terkait produk perlindungan dari perusahaan asuransi lainnya yang serupa dengan produk dari asuransi Berdikari, calon nasabah dapat mengunjungi Lifepal dan sekaligus berkonsultasi secara gratis.

Layanan nasabah atau call center Asuransi Berdikari dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Asuransi Berdikari, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

Call Center Asuransi Berdikari 

  • Customer Care Centre: Jl. Medan Merdeka Barat No. 1, Jakarta 10110
  • Berdikari Call Center: (021)  3440266/ 3841339
  • Waktu Layanan Customer Service : Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Email:  [email protected]
  • Situs resmi: berdikariinsurance.com

Asuransi Berdikari tidak menjelaskan informasi mengenai bengkel rekanan di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi ini, nasabah dapat menghubungi call center Asuransi Berdikari melalui sambungan (021) 3440266 / 3841339. 

Asuransi Berdikari memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di wilayah Indonesia. Hingga tahun 2018, Berdikari berkantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang di wilayah lainnya.

Alamat Kantor Pusat Berdikari 

PT BERDIKARI INSURANCE

Jl. Medan Merdeka Barat No. 1, 

PO BOX 3709, 

Jakarta 11010 – Indonesia

Telp:(021) 3440266 / 3841339

Faks: (021) 3440586

Email: [email protected]

www.berdikariinsurance.com

Alamat kantor cabang Asuransi Berdikari

  • House Of Brawijaya Jl. Guntur Raya No. 2A, Setiabudi, Jakarta Selatan Telepon:/Fax : 021.8310488
  • Jl. Thamrin Boulevard Unit RTE/G/E 19 Jakarta 10230 Telepon: (021) 299496269 Faksimile: (021) 29932580 
  • Jl. Kawi No.20, Jakarta Selatan Telepon:/Fax: 021.70793652
  • Jl. Pasirkaliki No, 17A Telepon: (022) 6074613 Faksimile: (022) 6043350
  • Jl. Veteran No. 73 EF Telepon: (0711) 361788 – 352218 Faksimile: (0711) 374190
  • Komp. Perkantoran Jumatan Jl. Suari B/51 Telepon: (024) 3545092 – 3543821 Faksimile: (024) 3543820
  • Jl. Guru Patimpus No.1 K Telepon: (061) 4153538 – 4156468 Faksimile: (061) 4156295
  • Jl.Perak Barat No. 91 Telepon: (031) 3541881 – 3541416 Faksimile: (031) 3520999
  • Jl. Jend. Sudirman No. 229 Telepon: (0761) 38748/ 31918
  • Ruko Business Centre III Blok A.12 Jln. A Pangeran Pettarani Telepon: (0411) 437044 Faksimile: (0411) 437033
  • Komp. Jodoh Square Blok A No. 12 Jl. Raja Ali Haji Sei Jodoh 29432 Telepon: (0788) 459740 – 457937 Faksimile: (0788) 453739
  • Jl. Veteran No. 36 Telepon: (0751) 26885 Faksimile: (0751) 34066
  • Jl. Jend. Sudirman Komp. Balikpapan Permai Blok J2 No. 14, Balikpapan – 76112 Telepon: (0542) 733477 Faksimile: (0542) 749479
  • Jl. Laksamana Malahayati No. 62 Telepon: (0721) 482636 – 486104 Faksimile: (0721) 482636
  • Jl. Teuku Umar No. 23 Telepon: (0361) 225475 – 238449 Faksimile: (0361) 226833
  • Jl. Ahmad Yani No. 129 Telepon: (0511) 3252046 – 3265517 Faksimile: (0511) 3250906
  • Jl. Letjend Suprapto No. 79 Sumber – Solo Telepon: (0271) 731953 Faksimile: (0271) 732447 
  • Jl. Toar 49 – Beringin Wenang Beringin Wenang – Manado Telepon: & Faksimile: (0431) 864086
  • Jl.Perintis Kemerdekaan No. 1 Telepon: (0380) 822839 – 824228 Faksimile: (0380) 823230
  • Komp. Pondok Cilegon Indah Blok KK2 No. 10 Jl. Raya Serang, Cilegon Telepon: (0254) 396494 Faksimile: (0254) 398193
  • Jl. Transito Dalam Wasi Manokwari Barat Papua Barat
  • Jl. Brawijaya No. 175 Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Kediri
  • Jl. Mayjen Panjaitan Kav. Malang

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://berdikariinsurance.com/

 

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal