Bintang Yogyakarta

3.5 / 5.0 (9.092 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
25 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
25 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
25 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
25 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
25 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Sekilas tentang Asuransi Bintang Yogyakarta 

Asuransi Bintang Yogyakarta adalah PT Asuransi Bintang Tbk yang memberikan pelayanan asuransi umum (kerugian) di Yogyakarta. Perusahaan didirikan pada tahun 1995 dengan nama PT Maskapai Asuransi Bintang.

Asuransi Bintang terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu pelopor asuransi umum swasta ini memiliki empat kategori produk yaitu Asuransi Personal, Asuransi Bisnis, Asuransi Kesehatan, dan Asuransi Syariah.

Bagi warga Yogyakarta yang ingin memiliki asuransi kendaraan bermotor, properti, hingga kesehatan, bisa memilih Asuransi Bintang. Sebab, Bintang memiliki kantor cabang di kota tersebut. Selain kelengkapan produk dan polis, Asuransi Bintang juga menawarkan beberapa kemudahan dalam membeli polis hingga klaim.

 
 

Alamat Kantor Asuransi Bintang Yogyakarta 

Asuransi Bintang memiliki kantor cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Berikut ini alamat lengkap Asuransi Bintang Yogyakarta: 

Alamat Asuransi Bintang Yogyakarta

Jalan Dr. Sutomo 47 A Yogyakarta 55211,

Kel. Bausasran, Kec. Danurejan

Telepon: (0274) 586559, 548745

Fax: (0274) 588344

Melalui kantor cabang tersebut, calon nasabah maupun nasabah bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap seputar produk, polis, cara klaim Asuransi Bintang.

 

Nomor Telepon Asuransi Bintang Yogyakarta

Asuransi Bintang Yogyakarta bisa diraih melalui sambungan telepon di (0274) 586559 atau (024) 548745. Selain itu, nasabah juga bisa menghubungi Asuransi Bintang melalui layanan contact center yang terpusat di: 

  • Layanan Live Chat yang bisa diakses langsung di situs resmi.
  • Customer Care Center: Jl. RS Fatmawati No.32, Jakarta 12430
  • Call Center: 1500481 (24 jam)
  • SMS Center: (+62) 838 888 4581
  • Email: [email protected]
  • Fax: (021) 7656 287, (021) 7590 2555
  • Website: asuransibintang.com
  • Instagram: instagram.com/asuransibintang/
  • Facebook: facebook.com/asuransibintangtbk
  • Twitter: twitter.com/asuransibintang
 

Rumah Sakit dan Bengkel Rekanan 

Demi meningkatkan pelayanan terhadap nasabah yang ada di Yogyakarta, Asuransi Bintang memiliki beberapa bengkel dan rumah sakit rekanan yang bisa dijadikan tempat rujukan nasabahnya. Rumah sakit dan bengkel rekanan ini siap memberikan pelayanan dan pertanggungan sesuai dengan polis yang dimiliki nasabah. 

Rumah Sakit/Klinik Rekanan Asuransi Bintang

Terdapat sejumlah rumah sakit/klinik rekanan Asuransi Bintang di Yogyakarta. Untuk dapat mengetahui daftar lengkapnya, sila kunjungi website resmi Asuransi Bintang atau kantor cabang. Berikut ini beberapa rekanan Asuransi Bintang:

  • Prodia Mangkubumi Yogyakarta, Jalan Pangeran Mangkubumi No. 50 Yogyakarta 55232, Telp : 0274-580675/515818|
  • Lab Prodia Yogyakarta, Jalan Bintaran Kulon No. 28 Yogyakarta 55151, Telp : 0274-373271/375273|
  • RSI Yogyakarta PDHI, Jalan Solo Km. 12,5 Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Telp : (0274) 498000

Bengkel Rekanan Asuransi Bintang

Berikut ini daftar bengkel rekanan Asuransi Bintang yang tersedia di Yogyakarta berdasarkan website resmi perusahaan: 

  • Anugerah Motor (Dealer Honda)*: Jalan Janti No.91 Karangjambe Banguntapan Bantul. Telp: (0274) 488508, 489191
  • ATLANTA: Jalan Kebon Agung No.8 Yogyakarta. Telp: (0274) 4530453
  • Auto Mobilindo: Jalan Kabupaten Km. 3 Mayangan Sleman, Yogyakarta. Telp: (0274) 6412968
  • C Maestro: Jalan Imogiri Timur km.7 Yogyakarta. Telp: (0274) 4396699
  • Daihatsu (Astra International)* Daihatsu Jogja. Telp: (0274) 868074
  • Grand Star: Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7.8 Yogyakarta. Telp: (0274) 867755, 867766
  • New General Motor: Jl Baru Mulungan Kel.Sendangadi , Kec. Mlati Sleman. Telp: (0274) 867807, 0811267676
  • Monaco: Jalan Magelang Km.5 No.165 Yogyakarta. Telp: (0274) 560585
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Bintang Yogyakarta, baik informasi profil perusahaan, produk asuransi, cara klaim dan lain sebagainya.

Apa itu PT Asuransi Bintang?

Asuransi Bintang berdiri pada tanggal 17 Maret 1955 dengan nama awal PT Maskapai Asuransi Bintang. Pada tahun 1992, nama tersebut berubah menjadi PT Asuransi Bintang Tbk. Yang mana sahamnya telah tercatat di Bursa sejak tahun 1989.

Asuransi Bintang sendiri berfokus pada produk-produk asuransi umum, seperti asuransi kesehatan, asuransi harta benda, dan asuransi kendaraan bermotor. 

Salah satu pencapaian terbesar Asuransi Bintang adalah menyelesaikan pembayaran klaim atas kejadian terorisme yang menimpa JW Marriot pada tahun 2009. Bintang sendiri memang senantiasa mengedepankan layanan terbaik dan inovasi.

Produk Asuransi Bintang Yogyakarta

Asuransi Bintang memiliki beberapa jenis produk asuransi umum berbasis konvensional maupun syariah. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan antara lain:

  • Asuransi Personal
  • Asuransi Bisnis
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Syariah

Harga Premi Asuransi Bintang Yogyakarta

Harga premi Asuransi Bintang berbeda-beda antara masing-masing produk dan polisnya. Berikut ini harga preminya bila dilihat dari situs resmi Asuransi Bintang: 

  • Asuransi Kecelakaan Diri: mulai dari Rp116 ribu/tahun 
  • Asuransi Mobil: n/a
  • Asuransi Rumah Tinggal: n/a
  • Asuransi Kebakaran dan Harta Benda: n/a
  • Asuransi Kecelakaan Diri: n/a
  • Asuransi Pengangkutan: n/a
  • Asuransi Rekayasa: n/a
  • Asuransi Terorisme dan Sabotase: n/a
  • Asuransi Kendaraan Bermotor: n/a
  • Asuransi Kesehatan: mulai dari Rp1 jutaan/tahun
  • Asuransi Syariah: n/a

Cara Cek Polis Asuransi Bintang

Untuk melakukan pengecekan terhadap polis, nasabah bisa langsung mengunjungi situs resmi Asuransi Bintang, lalu memasukkan nomor polisnya. Berikut ini tahapannya: 

  1. Buka situs Asuransi Bintang di http://www.asuransibintang.com/id.
  2. Lalu pilih menu ‘Layanan Nasabah’.
  3. Pilih ‘Cek Polis’.
  4. Masukkan nomor polis ke kotak yang disediakan.

Cara Klaim Asuransi Bintang Yogyakarta

Cara melakukan klaim polis pada Asuransi Bintang berbeda-beda tergantung dari polis yang dimiliki nasabah. Berikut ini cara klaim asuransi kesehatan, kendaraan, dan non-kendaraan: 

Klaim asuransi kesehatan 

  • Buat laporan klaim dengan mendatangi Kantor Cabang Asuransi Bintang Yogyakarta. 
  • Pengisian  formulir klaim lengkap dengan tanda tangan dokter yang melakukan perawatan.
  • Berikan bukti medis dari dokter atau rumah sakit yang merawat.
  • Siapkan salinan kartu identitas dan polis. 
  • Kuitansi asli dari dokter atau rumah sakit. 
  • Salinan resep dan obat. 
  • Serahkan dokumen-dokumen tersebut ke petugas Asuransi Bintang. 

Klaim kendaraan bermotor

  • Buat laporan klaim dengan menghubungi Claim Center PT Asuransi Bintang Tbk. melalui telepon, faksimili, surat, email, atau datang langsung ke Kantor Cabang Asuransi Bintang Yogyakarta.
  • Ikuti petunjuk dan arahan dari staff klaim.
  • Isi dan lengkapi dokumen yang diminta dengan mengunduh formulir di situs resmi.
  • Klaim center akan mengirimkan tim survei ke lokasi untuk selanjutnya dilakukan penunjukan bengkel rekanan.
  • Kemudian, tertanggung dapat memilih bengkel rekanan atau Claim Center melakukan penunjukan bengkel sesuai hasil survei kendaraan.
  • Bengkel akan berkoordinasi dengan Claim Center meliputi kelengkapan dokumen estimasi perbaikan.
  • Proses pengerjaan atau perbaikan sesuai hasil survey dan penggantian sparepart bila diperlukan.
  • Serah terima kendaraan setelah biaya resiko lunas.

Klaim non-kendaraan bermotor

  • Laporan klaim ke pihak asuransi dengan cara menghubungi call center atau datang langsung ke Kantor Cabang Asuransi Bintang Yogyakarta. 
  • Asuransi melakukan pemeriksaan awal, seperti premi, dokumen polis, dan validasi laporan.
  • Pihak asuransi melakukan survei klaim dan melakukan pemeriksaan dokumen.
  • Pihak asuransi menerima dokumen pendukung meliputi survei report, adjuster report, dari independent surveyor/adjuster.
  • Pihak asuransi melakukan permintaan dokumen pendukung klaim.
  • Kemudian, pengiriman surat persetujuan atau penolakan klaim.
  • Pihak asuransi menerima konfirmasi dari tertanggung (letter of discharges dan dokumen final).
  • Terakhir, pihak asuransi akan melakukan pembayaran klaim.

Layanan Nasabah Asuransi Bintang

Nasabah bisa melakukan proses tanya jawab atau pengaduan seputar produk Asuransi Bintang melalui berbagai media. Berikut ini daftar layanan nasabah yang bisa dipilih: 

  • Layanan Live Chat yang bisa diakses langsung di situs resmi.
  • Customer Care Center: Jl. RS Fatmawati No.32, Jakarta 12430
  • Call Center: 1500481 (24 jam)
  • SMS Center: (+62) 838 888 4581
  • Email: [email protected]
  • Faksimile: (021) 7656 287, (021) 7590 2555
  • Website: asuransibintang.com
  • Instagram: instagram.com/asuransibintang/
  • Facebook: facebook.com/asuransibintangtbk
  • Twitter: twitter.com/asuransibintang

Agen Asuransi Bintang Yogyakarta

Asuransi Bintang memiliki dua kelompok agen yaitu individu dan perusahaan. Jaringan agen Asuransi Bintang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia dan siap memberikan informasi hingga pelayanan kepada calon nasabah.

Seperti agen asuransi lainnya, agen Asuransi Bintang harus memiliki lisensi dari AAUI sebelum menawarkan produk Asuransi Bintang kepada calon nasabah. Bagi yang tertarik menjadi agen Asuransi Bintang, bisa menghubungi atau mendatangi langsung kantor pusat atau cabang terdekat.

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon agen Asuransi Bintang:

  • Mengisi dan menandatangani buku perjanjian kerja sama keagenan di atas materai 6000.
  • Mengisi formulir keagenanan.
  • Melampirkan fotokopi KTP.
  • Melampirkan fotokopi NPWP.
  • Melampirkan fotokopi buku tabungan.
  • Melampirkan foto berwarna ukuran 3×4.
  • Melampirkan fotokopi KK.

Selain melalui mitra atau agen, calon nasabah dapat menghubungi broker asuransi. Broker asuransi adalah pihak perantara antara calon nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi. Dengan demikian, calon nasabah asuransi dapat membandingkan produk asuransi terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Broker memposisikan diri sebagai orang atau perusahaan yang mewakili kepentingan pihak calon nasabah asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu nasabah asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi tersebut.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia. Bandingkan produk asuransi terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal adalah marketplace asuransi nomor satu di Indonesia yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengapa Warga Jogja Butuh Asuransi Bintang?

Asuransi Bintang menarik untuk dimiliki warga Yogyakarta. Terutama bagi warga yang memiliki kendaraan bermotor. Terdapat beberapa alasan mengapa produk Asuransi Bintang cukup tepat bagi masyarakat di Kota Pelajar tersebut. Berikut ulasannya.

Kota Termacet Keempat di Indonesia

Riset Inrix pada tahun 2017 menempatkan Kota Gudeg ini sebagai kota termacet keempat di Indonesia. Pengendara menghabiskan 45 jam di jalan pada jam sibuk sepanjang 2017 karena kemacetan. Kondisi ini tidak lepas dari peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang tidak diiringi penambahan ruas jalan.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta di tahun 2017, terdapat peningkatan signifikan jumlah kendaraan bermotor di kota tersebut. Kendaraan roda empat pada tahun 2017 sebanyak 56.647 unit naik 344 persen dari tahun sebelumnya yaitu 12.746 unit. Sementara, kendaraan roda dua jumlahnya mencapai 222.915 unit atau naik 211 persen dari tahun 2016 sebanyak 71.566 unit.

Berdasarkan data tersebut, kebutuhan asuransi mobil Yogyakarta cukup tinggi. Pasalnya, biaya perbaikan mobil jauh lebih tinggi dibandingkan motor. Selain itu, mobil lebih mudah tergores atau penyok akibat keteledoran pengendara sendiri atau pihak ketiga.

Kecelakaan lalu lintas juga menjadi risiko lainnya bagi pengendara mobil sebagai dampak tingkat kemacetan dan kepadatan kendaraan bermotor tinggi. Dengan memiliki asuransi mobil Bintang di Yogyakarta, pengendara akan merasa lebih aman dalam berkendara karena berbagai risiko termasuk kerusakan mobil, tanggung jawab terhadap pihak ketiga (TPL), ataupun biaya perawatan akibat kecelakaan bisa ditanggung perusahaan asuransi mobil.

Biaya RS Melambung, UMP Terendah

Berdasarkan data Watson Global Medical Trend Survey Report 2018, kenaikan biaya rumah sakit (RS) di Indonesia mengalami kenaikan 12-18 persen setiap tahun. Begitupun di Yogyakarta. Persentase kenaikan tersebut tidak diikuti kenaikan penghasilan rata-rata warga Yogyakarta yang menjadi provinsi dengan upah minimum provinsi (UMP) terendah di Indonesia.

Berdasarkan fakta ini, memiliki proteksi kesehatan dari Asuransi Bintang akan sangat membantu finansial masyarakat Yogyakarta.

Sekadar informasi, UMP Yogyakarta tahun 2020 ditetapkan naik 8,51 persen atau menjadi Rp.1.704.608 dari sebelumnya sekitar Rp1,5 juta. Persentase kenaikan UMP ini jauh lebih kecil dari persentase kenaikan biaya RS. Itu sebabnya, memiliki produk asuransi kesehatan Bintang menjadi pilihan tepat bagi warga Yogyakarta.

Frekuensi Musibah Kebakaran Tinggi

Data Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta menunjukkan bahwa dalam kurun waktu Januari-September 2019 telah terjadi 50 peristiwa kebakaran. Rata-rata enam musibah kebakaran setiap bulan. Namun, jumlah tersebut meningkat pada musim kemarau menjadi 12 kasus per bulan sejak Agustus 2019.

Berdasarkan data tersebut, asuransi kebakaran (properti) baik bagi individu maupun bisnis diperlukan. Tidak hanya memberikan ganti rugi atas bangunan, warga Yogyakarta bisa membeli polis harta benda dari Asuransi Bintang untuk memproteksi aset berharganya seperti isi rumah/bangunan.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.asuransibintang.com/
  • https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/21/131800365/naik-ini-rincian-umk-2020-di-yogyakarta?page=all
  • https://jogja.tribunnews.com/2019/10/14/50-kasus-kebakaran-telah-terjadi-di-kota-yogyakarta
Penulis Hanifah Nurul Eks jurnalis bidang moneter, keuangan, dan gaya hidup yang memberikan pencerahan finansial lewat tulisan sederhana. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan