Asuransi Bumiputera Syariah

1.8 / 5.0 (14.937 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Bumiputera Syariah

PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera merupakan salah satu perusahaan asuransi yang bermula dari Unit Usaha Syariah (USS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Perusahan asuransi ini dibentuk pada 2002 silam dengan seiring perkembangan dan pertumbuhan bisnis akhirnya Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera memikirkan bagaimana caranya meningkatkan untuk memberikan pelayanan kepada khalayak luas yang memerlukan proteksi bagi individu maupun kumpulan berupa sederetan produk asuransi.

Ringkasan

  • (+) Memiliki 50 kantor pemasaran syariah  di 39 kota dan didukung lebih dari 3.000 tenaga pemasaran yang profesional. 
  • (+) Asuransi Bumiputera Syariah mewarisi tradisi perusahaan asuransi dengan memiliki pengalaman sampai 105 tahun.
  • (+) Asuransi Bumiputera Syariah menyediakan polis untuk calon peserta yang akan menunaikan ibadah Haji.
  • (+) Biaya kontribusi mulai dari Rp250 ribu dan dapat dibayarkan dalam tahunan, semester, triwulan, dan bulanan. 
  • (+) Memiliki sederetan polis untuk perlindungan jiwa bagi calon peserta yang memerlukan asuransi baik individu maupun kumpulan
  • (-) Tidak tersedia polis wakaf untuk calon peserta asuransi.

  • The Best Islamic Life Insurance Full Fledge in Risk Management - 2019 oleh Karim Award 2019.
  • Merek Bisnis Terpercaya dalam Bidang Asuransi Jiwa 2019.
  • The Best Trusted Insurance Company In Service & Customer Satisfaction Of The Year 2019.
  • The Best Reliable Insurance Company Of The Year 2019
  • Peringkat 3 Unit Link Awards 2018 oleh Infobank.
  • Peringkat 1 Digital Brand Asuransi Jiwa Syariah 2018 oleh Infobank.
  • Piagam Museum Rekor - Dunia Indonesia (MURI) 2017.
  • Islamic Finance Quality Award & Islamic Financial Award 2015.
  • Peringkat 3 The Best Risk Management Islamic Life Insurance 2014.
  • Peringkat 1 The Best Risk Management Islamic LIfe Insurance 2013.
  • Peringkat 2 The Most Expansive Insurance Islamic Life Insurance 2013.
  • Peringkat 2 Investment Islamic Life Insurance 2011.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis oleh situs resmi perusahaan Asuransi Bumiputera Syariah. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Jumlah aset: Rp 891,253 miliar
  • Tingkat Solvabilitas Dana Tabarru': 159,91 persen
  • Solvabilitas Dana Perusahaan: 118,39 persen
  • Ekuitas: Rp891,253 miliar

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Dana Perusahaan Asuransi Bumiputera Syariah mencapai 118,39 persen di 2018 terbilang sangat baik. Namun untuk Tingkat Solvabilitas Dana Tabarru' berada di angka 159,91 persen. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Namun untuk total aset Asuransi Bumiputera Syariah sebesar Rp891 miliar dan mencapai dengan yang ditetapkan oleh OJK yakni Rp150 miliar.

 
 

Daftar Polis Asuransi Bumiputera Syariah 

Seperti mengutip dari situs resmi perusahaan Asuransi Bumiputera Syariah, perusahaan yang berdiri pada 2002 silam, memiliki sederetan polis asuransi jiwa. Bagi calon peserta yang ingin memanfaatkan kegunaan dan manfaat dari deretan polis asuransi Bumiputera Syariah, berikut ulasannya. 

Asuransi Jiwa Individu 

Produk pertama yang disajikan oleh Asuransi Bumiputera Syariah adalah sederetan polis untuk keperluan proteksi individu atau perorangan. Produk yang diberi nama Asuransi Jiwa Individu tentunya memiliki manfaat perlindungan bagi peserta perorangan. 

Mitra Iqra Plus 

✓ Memberikan investasi dana tabarru’ dengan komposisi 70 persen dana tabarru’s dan perusahaan 30 persen. ✓ Mengatur dana pendidikan anak secara teratur. ✓ Mendapatkan hasil investasi dan pengembangan dana kontribusi. ✓ Adanya sistem bagi hasil.

Mitra BP-Link Syariah

✓ Ahli waris akan mendapatkan atau menerima santunan 100 persen MA dan nilai saldo investasi. ✓ Asuransi jiwa yang fleksibel. ✓ Asuransi jiwa syariah yang memberikan manfaat rawat inap. ✓ Asuransi jiwa yang memberikan pengobatan 53 penyakit kritis (critical illness). ✓ Biaya kontribusi reguler yang terjangkau Rp250 ribu per bulan.

Mitra Mabrur Plus

✓ Peserta mendapatkan atau memperoleh Saldo Dana Investasi sampai akhir masa asuransi. ✓ Peserta yang meninggal dalam masa asuransi penerima manfaat menerima santunan. ✓ Penerima manfaat akan mendapatkan santunan sebesar manfaat asuransi dan saldo dana investasi pemegang polis. ✓ Apabila peserta mengundurkan diri sebelum masa akhir asuransi menerima Saldo Dana Investasi.

AJSB Assalam Family 

✓ Peserta yang meninggal dalam masa asuransi maka penerima manfaat menerima santunan. ✓ Besaran santunan didapatkan penerima manfaat dibayarkan sesuai plan yang dipilih. 

Asuransi Jiwa Group

Asuransi Jiwa Group merupakan produk asuransi besutan Bumiputera Syariah diperuntukkan peserta kumpulan. Berikut deretan polis Asuransi Jiwa Group yang bisa dijadikan referensi proteksi diri dengan syariat syariah.

Mitra Ekawarsa

✓ Peserta yang meninggal dalam masa asuransi akan mendapatkan manfaat. ✓ Penerima manfaat dari peserta menerima santunan sebesar manfaat asuransi dan keikutsertaan asuransi berakhir. 

Mitra Perlindungan Kecelakaan Diri

✓ Peserta yang meninggal dunia dalam masa asuransi mendapatkan manfaat berupa santunan. ✓ Santunan bagi penerima manfaat sebesar masa asuransi dan keikutsertaan asuransi berakhir. ✓ Peserta yang mengalami kecelakaan dan cacat total mendapatkan santunan. ✓ Peserta yang mengalami kecelakaan dalam masa asuransi dan menjalani rawat inap akan mendapatkan penggantian biaya dokter atau rumah sakit sebesar 10 persen. 

 

Mitra Ta’awun Pembiayaan Manfaat Tetap

✓ Peserta meninggal dunia dalam masa asuransi mendapatkan manfaat bagi penerima manfaat. ✓ Penerima manfaat akan mendapatkan santunan asuransi sebesar pokok pembiayaan awal serta keikutsertaan asuransi berakhir.

Mitra Ta’awun Pembiayaan Manfaat Menurun Proporsional

✓ Mendapatkan perlindungan jiwa ketika mengalami kecelakaan. ✓ Peserta yang mengalami kecelakaan akan mendapatkan manfaat berupa santunan bagi penerima manfaat. ✓ Penerima manfaat akan dibayarkan santunan asuransi sebesar sisa pokok pembiayaan yang menurun. ✓ Penerima manfaat berupa santunan juga dibayarkan secara proporsional  dan keikutsertaan asuransi berakhir.

Mitra Ta’awun Pembiayaan Manfaat Menurun Majemuk

✓ Peserta yang meninggal dunia maka penerima manfaat akan dibayarkan santunan. ✓ Besaran santunan yang didapatkan oleh penerima manfaat sebesar sisa pokok pembiayaan yang menurun secara majemuk. 

Bancassurance

Produk asuransi yang satu ini juga memberikan manfaat bagi calon peserta atau peserta terdaftar di Asuransi Bumiputera Syariah. Produk asuransi syariah yang bekerjasama dengan sederetan Bank Syariah ini tentunya akan melindungi peserta dengan asuransi jiwa. 

✓ Peserta yang terdaftar di polis Mitra Ta’awun Pembiayaan Manfaat Tetap dijamin kelangsungannya dengan Bank Syariah. ✓ Peserta Mitra Ta’awun Pembiayaan Manfaat Menurun Proporsional juga dijamin kelangsungan polis asuransinya oleh Bank Syariah. ✓ Peserta yang terdaftar di Mitra Ta’awun Pembiayaan Manfaat Menurun Majemuk dijamin kelangsungan polisnya oleh Bank Syariah.

 

September - 2019 PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera membukukan pendapatan premi sebesar Rp62,66 miliar pada Juni 2018. Sementara rasio solvabilitas dana tabarru dari perusahaan asuransi ini mencapai 244,46 persen dan dana peserta 103,26 persen.

Untuk diketahui, solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua kewajibannya. Solvabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk melunasi seluruh utang yang ada dengan menggunakan seluruh aset yang dimilikinya.

Rasio solvabilitas asuransi merupakan pengukuran tingkat keamanan finansial atau kesehatan atau perusahaan asuransi. Semakin besar rasio solvabilitas sebuah perusahaan asuransi, semakin sehat kondisi finansial perusahaan tersebut seperti dikutip dari Dream.co.id.

 

Perusahaan asuransi Bumiputera Syariah merupakan salah satu Unit Usaha Syariah (UUS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Dengan kegigihannya untuk memberikan pelayanan asuransi kepada masyarakat, Bumiputera pun menelurkan unit usaha yang diberi nama Asuransi Bumiputera Syariah. 

PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera akhirnya resmi memberikan pelayanan kepada masyarakat yang memerlukan proteksi diri berupa asuransi jiwa pada 5 September 2016 silam. Resmi mengantongi izin usaha di bidang asuransi jiwa dengan prinsip syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asuransi Bumiputera Syariah akhirnya siaga memberikan pelayanan proteksi berupa asuransi jiwa. 

Sampai saat ini, PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera telah memiliki  50 kantor pemasaran di 39 kota yang tersebar di Indonesia. Banyaknya kantor pemasaran artinya memudahkan para calon peserta atau peserta terdaftar untuk mendapatkan informasi jelas seputar produk asuransi syariah besutan Bumiputera Syariah.

Seperti diketahui Bumiputera Syariah merupakan unit usaha Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Kabar bangkrut Bumiputera Syariah terkuak lantaran adanya pemberitaan yang menyebutkan bahwa induk usaha Asuransi Bumiputera Syariah, PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB), tengah mengalami kesulitan dalam pencairan klaim asuransi. 

Namun, hal tersebut tidak memiliki dampak pada pembayaran klaim para peserta Asuransi Bumiputera Syariah seperti megutip dari Republika.co.id, Kamis, (12/9/2019). 

Seperti mengutip dari Dream.co.id, (2/9/2019), Bumiputera Syariah raup pendapatan premi sebesar Rp62 miliar. Di tengah kabar tak sedap soal Bumiputera Syariah, perusahaan asuransi jiwa dengan syariat syariah ini membukukan pendapatan premi sebesar Rp62,66 miliar pada Juni 2018. 

Sedangkan untuk rasio solvabilitas dana tabarru dari perusahaan asuransi ini mencapai 244,46 persen dan dana peserta 103,26 persen.

Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah adalah salah satu produk asuransi jiwa yang dimiliki oleh Asuransi Bumiputera Syariah yang tidak lain adalah Unit Usaha Syariah (UUS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Unit Usaha Syariah AJB Bumiputera 1912 menjadi entisitas bisnis yang berdiri sendiri sebagai PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera. 

Asuransi syariah sendiri adalah proteksi yang memberikan jaminan biaya kesehatan, santunan serta ganti rugi berdasarkan prinsip syariat atau hukum Islam. Hukum Islam pada asuransi syariah mengatur prinsip tolong-menolong (Tabarru’). 

Sedangkan Asuransi jiwa Bumiputera adalah salah satu produk asuransi jiwa yang dimiliki oleh Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Asuransi Jiwa Bumiputera memberikan jenis proteksi baik untuk individu maupun kumpulan. 

Asuransi Bumiputera atau Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 berdiri pertama kali pada 12 Februari 1912. Perusahaan ini didirikan oleh Tiga Serangkai, yakni M. Ng. Dwidjosewojo, MKH Soebroto, dan M. Adimodjo dengan nama Onderlinge Levensverzeking Maatschappij PGHB. Asuransi Jiwa Bumiputera adalah perusahaan asuransi konvensional yang ada di Indonesia.

Penulis Mahardian Prawira Lihat profile penulis