Asuransi Capital Life

3.5 / 5.0 (5.210 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Capital Life

Capital Life atau PT Capital Life Indonesia adalah sebuah perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan PT Capital Financial Indonesia Tbk dan PT Bank Capital Indonesia Tbk yang berdiri pada tahun 2014.

Perusahaan memiliki produk asuransi khusus individu, kumpulan, dan dana pensiun. Produk unggulannya adalah asuransi individu, yang salah satu polisnya bisa memberikan manfaat investasi sekaligus. 

Ringkasan

  • Produk asuransi individu Capital Proteksi Plus bisa memberikan uang pertanggungan hingga Rp2 miliar. 
  • Tersedia produk asuransi unit link yang bisa memberikan manfaat asuransi jiwa dan investasi, seperti Capital Proteksi Link.
  • Perusahaan pernah meraih penghargaan Antony Japary – President Director CLI as The Best of The Best Indonesia Leader 2018-2019 ECONOMIC REVIEW Indonesia Leaders Award 2018-2019. Penghargaan tersebut membuktikan profesionalisme dan dedikasi terhadap nasabah.
  • Tersedia layanan pembelian dan klaim online sehingga nasabah tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan klaim.

Sejarah Capital Life

Perusahaan tergolong baru tetapi tidak kalah dengan perusahaan asuransi senior. Hal ini terbukti dari penghargaan yang diberikan oleh dua media independen, yaitu The Best Insurance 2016 dari Media Asuransi dan predikat Sangat Bagus dari Majalah Info Bank.

Pada awalnya, perusahaan hanya berfokus pada perlindungan jiwa. Namun per tahun 2017, asuransi tersebut mulai merambah produk asuransi berbalut investasi (unit link). Hingga Mei 2017, produk unit link berkontribusi sekitar 55 persen dari total pendapatan premi perusahaan.

Perusahaan telah terdaftar sebagai perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Perusahaan juga merupakan perusahaan yang izin usahanya telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasar Surat Izin Usaha nomor KEP-32/D.05/2014 tanggal 5 Mei 2014.

Pelayanan dan jasa yang diberikan dalam melindungi nasabahnya mengantarkan perusahaan menerima berbagai penghargaan. Berikut ini deretan prestasi dan penghargaan perusahaan.

2016-2017

  • Asuransi Berpredikat “SANGAT BAGUS” Atas Keuangan Selama Tahun 2015 di INFOBANK 17th Insurance Awards 2016
  • Best Life Insurance, Ekuitas Rp 100 Miliar - 150 Miliar di MEDIA ASURANSI Insurance Award 2016
  • Peringkat - 3 (Asuransi Jiwa) Asuransi Terbaik di Indonesia di ECONOMIC REVIEW 6th Indonesia Insurance Award 2017

2018

  • Asuransi Berpredikat “SANGAT BAGUS” Atas Keuangan Selama Tahun 2017 di INFOBANK 19th Insurance Awards 2018
  • Best Financial Performance, Category Asset Rp 5-10 Trillion di WARTA EKONOMI Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018
  • Life Insurance Company in Recognition of Outstanding Achievement In Top 20 Financial Institution 2018 di THE FINANCE Top 20 Financial Institutions 2018
  • Antony Japary - President Director CLI as The Best of The Best Indonesia Leader 2018-2019 ECONOMIC REVIEW Indonesia Leaders Award 2018-2019

2019

  • 1st - The Best Indonesia Sales & Marketing Award Life Insurance - Private Company, Asset > Rp 5 T di ECONOMIC REVIEW 3rd Indonesia Sales & Marketing 2019
  • Asuransi Terbaik 2019 Kategori Asuransi Jiwa Aset Di Atas Rp 5T - 10T di INVESTOR BEST INSURANCE AWARD 2019
  • Best Life Insurance 2019 Ekuitas Rp 1,25t - 4 T Di Media Asuransi Insurance Award 2019
  • Top 3 Financial Performance for Insurance Company with Assets Between 6-10 T di Warta Ekonomi Indonesia Best Insurance Award 2019

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Triwulan 4 tahun 2019 yang dirilis pada situs resmi perusahaan. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak:

  • Rasio solvabilitas: 300,33 persen
  • Jumlah aset: Rp 10,163 triliun
  • Jumlah ekuitas: Rp 1,736 triliun

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016).

Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan aset perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas perusahaan mencapai 300,33 persen di triwulan 4 tahun 2019 terbilang sangat baik. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

 
 

Daftar Produk Asuransi Capital Life 

Perusahaan menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi individu, kumpulan, dan DPLK. Berikut pilihan polis asuransi yang bisa dipertimbangkan:

1. Asuransi Individu

Pertanggungan yang diberikan pada jenis asuransi ini meliputi perlindungan jiwa berbalut investasi dengan manfaat pemberian santunan apabila tertanggung sakit atau mengalami kecelakaan. Salah satu keunggulan dari Asuransi Individu adalah bisa memberikan uang pertanggungan hingga maksimal Rp 2 miliar. Berikut ini polis yang bisa dijadikan pilihan:

  • Capital Proteksi Link
  • Capital Proteksi Plus
  • Capital Proteksi Link 3
  • Capital Proteksi
  • Capital Personal Accident
  • Capital Sakti

2. Asuransi Kumpulan

Pertanggungan yang diberikan pada jenis asuransi ini meliputi perlindungan jiwa kumpulan dengan manfaat pemberian santunan apabila tertanggung sakit atau mengalami kecelakaan. Besaran santunannya juga terbilang besar, yaitu 100 persen dari uang pertanggungan atau maksimal Rp 500 juta. Berikut daftar polis yang bisa dipilih di Asuransi Kumpulan:

  • Capital Personal Accident Group
  • Capital Proteksi Group
  • Capital Proteksi Kredit

3. DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan)

Solusi dana pensiun untuk para pemberi kerja dan juga karyawan. Program pensiun ini memiliki tujuan untuk memberikan imbalan pascakerja yang dibukukan pada rekening pemberi kerja. Jadi, pemegang polis tidak perlu terlalu khawatir lagi akan keuangan di masa depannya. 

  • Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP)
  • Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)
 

Polis & Manfaat Pertanggungan

Pertanggungan asuransi adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis. Agar lebih jelas, mari simak pertanggungan atau manfaat tiap polis asuransi berdasarkan jenis produknya.

Asuransi Individu

Capital Proteksi Link

Produk asuransi jiwa yang memberikan uang pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan.

  • Uang pertanggungan dengan nilai maksimal Rp100 juta.
  • Pemberian nilai polis apabila tertanggung masih hidup di akhir masa pertanggungan.
  • Pemberian uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Polis berakhir apabila masa kontrak telah jatuh tempo atau klaim telah dibayarkan.
Asuransi Individu

Capital Proteksi Plus

Produk asuransi yang mampu memberikan 150 persen uang pertanggungan dan tidak berubah selama masa kontrak.

  • 150 persen uang pertanggungan yang tidak akan berubah selama masa kontrak.
  • Maksimal uang pertanggungan yang mencapai Rp2 miliar.
  • Saldo investasi yang tetap dibayarkan ketika pemegang polis masih hidup di akhir kontrak.
  • Pemberian uang pertanggungan ditambah saldo investasi apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Polis berakhir apabila masa kontrak telah jatuh tempo atau klaim telah dibayarkan.
Asuransi Individu

Capital Proteksi Link 3

Produk asuransi yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia karena penyakit atau kecelakaan.

  • Uang pertanggungan lima kali premi berkala.
  • Pemberian 100 persen uang pertanggungan ditambah nilai polis apabila tertanggung meninggal dunia akibat penyakit atau kecelakaan.
  • Pemberian nilai polis apabila tertanggung masih hidup di akhir masa pertanggungan.
  • Polis berakhir apabila masa kontrak telah jatuh tempo atau klaim telah dibayarkan.
Asuransi Individu

Capital Proteksi

Produk asuransi jiwa berjangka bagi keluarga dengan berbagai manfaat, salah satunya uang pertanggungan mencapai 100 persen.

  • 100 persen uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia akibat apapun.
Asuransi Individu

Capital Personal Accident

Produk asuransi yang memberikan jaminan apabila terjadi risiko kecelakaan atau kematian.

  • 100 persen uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total atau sebagian akibat kecelakaan.
  • Santunan rawat inap di rumah sakit dengan maksimal 10 persen uang pertanggungan.
Asuransi Individu

Capital Sakti

Dirancang untuk memberikan perlindungan dengan pemberian sejumlah santunan kepada ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan maupun tidak.

  • Pemberian santunan Rp 5 juta kepada ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia secara alami.
  • Pemberian santunan Rp 30 juta kepada ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.
Asuransi Kumpulan

Capital Personal Accident Group

Produk asuransi jiwa kumpulan yang mampu mengatasi tiga risiko, kematian akibat kecelakaan, cacat akibat kecelakaan, dan perawatan akibat kecelakaan.

  • Maksimal uang pertanggungan Rp 500 juta.
  • Santunan kematian akibat kecelakaan 100 persen uang pertanggungan.
  • Santunan cacat tetap akibat kecelakaan 100 persen uang pertanggungan.
  • Santunan perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan 10 persen uang pertanggungan.
Asuransi Kumpulan

Capital Proteksi Group

Produk asuransi yang mampu menjamin perlindungan finansial apabila terjadi risiko meninggal dunia.

  • Pemberian 100 persen santunan kepada pihak yang ditunjuk apabila terjadi risiko meninggal dunia akibat sebab apapun.
Asuransi Kumpulan

Capital Proteksi Kredit

Dirancang untuk melindungi kepentingan nasabah dan pemberi kredit apabila debitur mengalami risiko meninggal dunia.

  • Pemberian 100 persen santunan kepada pihak yang ditunjuk apabila terjadi risiko meninggal dunia akibat sebab apapun dan selanjutnya pertanggungan berakhir.
DPLK

Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP)

Program pensiun yang bertujuan untuk memberikan imbalan pasca kerja yang dibukukan pada rekening pemberi kerja.

  • Sebagai pengurang pajak penghasilan badan (PPh 25) (bagi pemberi kerja)
  • Mempertahankan karyawan berkualitas. (bagi pemberi kerja)
  • Nilai tambah bagi pemberi kerja. (bagi pemberi kerja)
  • Solusi untuk masalah arus kas. (bagi pemberi kerja)
  • Jaminan ketika memasuki usia pensiun. (bagi karyawan)
  • Sebagai pengurang pajak penghasilan pribadi (PPh 21) (bagi karyawan)
  • Investasi maksimal. (bagi karyawan)
  • Pengelolaan dana terpisah dari kekayaan pemberi kerja. (bagi karyawan)
DPLK

Program Pensiun Iuran Paști (PPIP)

Program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun yang hasil pengembangannya dimanfaatkan sebagai dana pensiun.

  • Sebagai pengurang pajak penghasilan badan (PPh 25) (bagi pemberi kerja)
  • Mempertahankan karyawan berkualitas. (bagi pemberi kerja)
  • Nilai tambah bagi pemberi kerja. (bagi pemberi kerja)
  • Solusi untuk masalah arus kas. (bagi pemberi kerja)
  • Jaminan ketika memasuki usia pensiun. (bagi karyawan)
  • Sebagai pengurang pajak penghasilan pribadi (PPh 21) (bagi karyawan)
  • Investasi maksimal. (bagi karyawan)
  • Pengelolaan dana terpisah dari kekayaan pemberi kerja. (bagi karyawan)
 

Berita Terbaru Capital Life

Januari 2020 - Buntut dari gagal bayar asuransi Jiwasraya bisa mempengaruhi industri asuransi jiwa. Kasus ini bisa menurunkan kepercayaan masyarakat hingga optimisme pelaku industri. PT Capital Life Indonesia misalnya, hanya menargetkan pendapatan premi single digit sepanjang 2020. Direktur Utama Capital Life Antony Japari menyatakan target itu tidak terlepas dari dua kasus di industri asuransi jiwa.

Januari 2020 - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan setiap pelaku industri asuransi memiliki direktur kepatuhan. Hal ini tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 43 tahun 2019 tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik bagi Perusahaan Perasuransian. Adapun perusahaan terkait telah mengajukan nama direktur kepatuhan kepada OJK untuk melakukan fit and proper test. Direktur Utama Capital Life Antony Japari menyatakan direktur itu nantinya akan fokus menangani terkait legal, compliance, dan risk management.

Desember 2019 - Perusahaan PT Capital Life Indonesia optimistis di tahun 2020 mereka akan mampu meningkatkan pelayanan di seluruh wilayah di Indonesia. Pasalnya, kini cakupan perusahaan baru menjaring kota-kota besar seperti Jakarta, Solo, Bandung, Surabaya, dan Kupang.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi Capital Life, baik informasi premi, profil perusahaan, cara klaim dan lain sebagainya.

Perusahaan berdiri sejak tahun 2014 dengan nama PT Capital Life Indonesia. Perusahaan adalah bagian dari PT Capital Financial Indonesia Tbk dan afiliasi PT Bank Capital Indonesia Tbk yang telah lebih dulu fokus di dalam bidang industri jasa keuangan.

Perusahaan telah mengantongi izin operasi dari lembaga yang berwenang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin operasi KEP-32/D.05/2014.

Perusahaan dimiliki oleh PT Capital Financial Indonesia yang berafiliasi dengan PT Bank Capital Indonesia Tbk. Sebuah perusahaan yang telah lama berfokus di dalam bidang industri jasa keuangan.

Bank Capital atau PT Bank Capital yang berafiliasi dengan PT Capital Financial Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan salah satu pencetus lahirnya perusahaan asuransi ini. 

Bank Capital sendiri sudah tercatat di dalam Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2007. Kini Bank Capital telah memiliki sekitar 79 kantor operasional yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk Jogja, Solo, Surabaya, hingga Kupang.

Perusahaan memiliki empat orang berkompeten yang menduduki kursi dewan komisaris perusahaan. 

Hengky Setiono (Komisaris Utama)

Hengky Setiono memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri keuangan. Beberapa perusahaan perbankan pernah ia singgahi, di antaranya PT Bank Bahari dengan jabatan terakhir sebagai Pemimpin Cabang Pecenongan, Jakarta tahun 1991-1994, setelah itu berlanjut ke PT Bank Subentra Internasional dengan jabatan Treasury Division Head tahun 1994-1998. 

Dari Bank Subentra, Hengky kemudian pernah menjabat sebagai Assistant Marketing Manager di PT Niaga Asset Management dan sebagai pemimpin cabang di Bank Mayapada hingga tahun 2006. 

Setelah itu, Hengky memulai kariernya di PT Bank Capital Indonesia sejak tahun 2006 dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Bisnis. 

Sugiarto Ranoeseminto (Komisaris Independen) 

Sugiarto Ranoeseminto merupakan lulusan pendidikan Aktuaria ITB dan Diploma Matematika di Muenchen University. Karier profesionalnya pernah dihabiskan di PT Lippo Life Insurance dengan jabatan terakhir sebagai Managing Director (1983-2000). Berkat pengalamannya itulah ia diajak bergabung sebagai Komisaris Independen sejak tahun 2016. 

Meylina (Komisaris) 

Sebelum menjadi komisaris, Meylina pernah bekerja sebagai karyawan Divisi Kredit di Bank Jasa Arta dan Bank Mayapada. Dari situ kariernya terus menanjak dengan posisi tertinggi sebagai Kepala Seksi Kredit Korporasi dan Komersial di Bank Capital Indonesia. 

Bambang Indiarto (Komisaris Independen) 

Bambang Indiarto pernah bekerja di Bank Dagang Negara dan Bank Mandiri. Kinerjanya yang sangat baik membuat dirinya juga pernah memangku posisi strategis di beberapa perusahaan, salah satunya menjadi direksi di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, direktur di PT Staco Estika Sedaya Finance, dan kini menjadi Komisaris Independen.

Selain dewan komisaris yang berkompeten, perusahaan juga kini dipimpin oleh dewan direksi yang mumpuni di bidang asuransi. 

Antony Japari (Direktur Utama) 

Antony Japari memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang perusahaan asuransi jiwa. Ia pernah menjabat sebagai direktur di Sinar Mas Group, CT Corp, sampai Salim Group. Kesuksesannya tersebut dimulai dari nol saat menjajaki karier sebagai karyawan Management Trainee di salah satu bank swasta di Indonesia. 

Robin Winata (Direktur Bisnis)

Robin Winata memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di perusahaan asuransi dan perbankan. Ia mengawali karier di PT AIG Lippo sebagai Manager Bancassurance VIP Banking, kemudian berpindah ke OCBC NISP dan Bank Capital Indonesia. Robin juga pernah menduduki kursi Head of Distribution di Commonwealth Life sebelum akhirnya bergabung sebagai direksi. 

Julina Hasan (Direktur Keuangan)

Sama dengan Antony dan Robin, Julina juga memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang industri asuransi dan perbankan. Julina pernah menjabat sebagai General Manager & Accounting di PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG, sebelum akhirnya menjadi Direktur Keuangan.

Ada banyak indikator yang bisa menilai bahwa sebuah perusahaan asuransi bermasalah atau tidak. Sebagai calon nasabah Anda bisa dilihat dari waktu berdirinya, reputasinya, memiliki banyak rekanan yang berkualitas, dan rasio solvabilitas yang di atas 120 persen. 

Jika melihat dari indikator-indikator tersebut, perusahaan termasuk perusahaan asuransi yang bagus dan layak untuk dijadikan pilihan. Dari tahun berdirinya, Avrist sudah eksis di Indonesia dan melayani nasabah dari tahun 2014 tentunya dengan memiliki nomor izin operasi dari Otoritas Jasa Keuangan, dengan nomor KEP-32/D.05/2014.

Sementara itu, berbagai penghargaan berhasil mereka sabet setiap tahunnya, salah satunya Avrist General Insurance berhasil mendapatkan penghargaan Asuransi Terbaik 2019 Kategori Asuransi Jiwa Aset Di Atas Rp 5T – 10T di INVESTOR BEST INSURANCE AWARD 2019.

Berdasarkan indikator terakhir yaitu rasio solvabilitas yang sudah berada di atas 120 persen tepatnya di 300 persen. Rasio solvabilitas merupakan selisih antara jumlah aset yang dimiliki oleh perusahaan dikurangi jumlah liabilitas.

Berikut ini harga Nilai Aktiva Bersih perusahaan: 

NAMA FUND TANGGAL NAB HARGA UNIT (IDR)
Capital Link Money Market 27 Mei 2020 1.086,16
Capital Link Equity 27 Mei 2020 739,96
Capital Managed Fund 27 Mei 2020 1.143,13
Capital Link Fixed Income 27 Mei 2020 1.006,76

Nilai Aktiva Bersih merupakan total kekayaan bersih Reksa Dana yang berubah-ubah setiap hari. Total kekayaan bersih di sini artinya, nilai pasar pada setiap jenis aset investasi, bisa obligasi, saham, surat berharga pasar uang, deposito ditambah dividen, atau biaya operasional reksa dana. NAB akan berubah-ubah setiap harinya mengikuti periode perdagangan bursa. 

Pada tanggal 27 Mei 2020 harga produk unitlink Capital Managed Fund yang dikeluarkan oleh manajemen perusahaan adalah sekitar Rp 1.143.130.

Capital Sakti merupakan salah satu produk asuransi individu yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan kepada tertanggung dengan jaminan santunan kepada ahli waris apabila meninggal dunia.

Asuransi ini memiliki manfaat santunan meninggal dunia alami dan meninggal dunia karena kecelakaan. Jika tertanggung meninggal dunia secara alami, maka ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar Rp 5 juta, namun, bila meninggal karena kecelakaan, ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar Rp 30 juta. 

Adapun persyaratan untuk menjadi nasabah asuransi Capital Sakti adalah:

  • Membayar premi secara sekaligus yang harganya mulai dari Rp 50 ribu. 
  • Batas usia tertanggung mulai dari minimal 6 tahun sampai 64 tahun.
  • Batas usia kepesertaan pemegang polis mulai dari 18 tahun sampai 70 tahun.

PT Capital Financial Group juga memiliki anak perusahaan yaitu PT Capital Life Syariah. Perusahaan tersebut bergerak di sektor asuransi jiwa yang dijalankan berdasarkan prinsip syariat Islam. Perusahaan tersebut telah mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Nomor Operasional KEP-18/D.05/2017. 

Perusahaan ini memiliki visi menjadi perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terbaik dan terpercaya, serta mampu berkontribusi dalam meningkatkan industri asuransi jiwa syariah di Indonesia.

Perusahaan syariah Capital Life memiliki dua produk, yaitu produk asuransi syariah individu dan asuransi syariah kelompok. 

Asuransi Syariah Individu 

Produk ini memberikan perlindungan diri tetapi juga disertai dengan manfaat hasil investasi dengan nisbah bagi hasil.

  • Produk Calisa Berkah
  • Produk Capital Proteksi Berkah
  • Capital Proteksi Berkah Maksimal

Asuransi Syariah Kelompok 

Produk ini sangat cocok untuk sebuah perusahaan yang ingin memberikan perlindungan jiwa kepada karyawannya dengan manfaat pertanggungan meninggal dunia karena penyakit. 

  • Capital Amanah
  • Capital Hasanah
  • Capital Pembiayaan
  • Capital Ahsan

DPLK merupakan singkatan dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Ini merupakan badan hukum yang berfungsi mengelola dan menjalankan program yang bertujuan untuk menjanjikan manfaat pensiun kepada para nasabahnya. 

Manfaat pensiun sendiri dibayarkan secara berkala kepada nasabah yang telah memasuki usia pensiun sesuai dengan cara yang telah ditetapkan dalam peraturan Dana Pensiun. 

Perusahaan sendiri memiliki dua program dana pensiun, yaitu Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) dan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP). Keduanya memiliki pertanggungan yang sangat bermanfaat bagi perusahaan pengguna jasa ini, sekaligus bagi karyawannya. 

Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP)

Program pensiun yang bertujuan untuk memberikan imbalan pascakerja yang dibukukan pada rekening pemberi kerja. Adapun pertanggungan atau manfaat yang diberikan, di antaranya:

  • Manfaat bagi pemberi kerja, seperti:
    • Sebagai pengurang pajak penghasilan badan (PPh 25).
    • Mempertahankan karyawan berkualitas.
    • Nilai tambah bagi pemberi kerja.
    • Solusi untuk masalah arus kas.
  • Manfaat bagi karyawan, seperti:
    • Jaminan ketika memasuki usia pensiun.
    • Sebagai pengurang pajak penghasilan pribadi (PPh 21).
    • Investasi maksimal.
    • Pengelolaan dana terpisah dari kekayaan pemberi kerja.

Program Pensiun Iuran Paști (PPIP)

Program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun yang hasil pengembangannya dimanfaatkan sebagai dana pensiun. Adapun pertanggungan atau manfaat yang diberikan sama dengan manfaat pada PPUKP.

Siapa saja yang berhak untuk mendapatkan manfaat DPLK? 

  • Peserta dari program pensiun baik PPUKP maupun PPIP.
  • Janda atau Duda dari peserta program pensiun yang meninggal dunia dan telah terdaftar pada Dana Pensiun sebelum peserta program meninggal dunia atau pensiun. 
  • Semua anak sah dari peserta yang telah terdaftar pada program pensiun sebelum peserta meninggal atau pensiun.

Dilansir dari laman situs resmi perusahaan, berikut harga premi masing-masing produk asuransi perusahaan.

Asuransi Individu

  • Capital Proteksi Link: N/A.
  • Capital Proteksi Plus: N/A.
  • Capital Proteksi Link 3: N/A.
  • Capital Proteksi: Premi mulai dari Rp 500 ribu.
  • Capital Personal Accident: Premi mulai dari Rp 50 ribu.
  • Capital Sakti: Premi mulai dari Rp 50 ribu.

Asuransi Kumpulan

  • Capital Personal Accident Group: N/A.
  • Capital Proteksi Group: N/A.
  • Capital Proteksi Kredit: N/A.

DPLK

  • Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP): N/A.
  • Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP): N/A

Untuk mengetahui informasi premi lebih lengkap, sila hubungi call center Capital Life, agen, atau broker terkait.

Membeli asuransi secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang terdekat sekalipun. Anda dapat menghubungi call center melalui nomor (021) 22773898 untuk mengetahui cara pembelian asuransi secara online.

Anda juga dapat membuka situs resmi perusahaan melalui laman www.capitallife.co.id, berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti:

  • Kunjungi situs resmi perusahaan.
  • Pilih jenis produk yang diinginkan, antara asuransi individu, kumpulan, ataupun DPLK.
  • Pilih “Beli Online”.
  • Kemudian pilih agen asuransi online yang Anda inginkan.
  • Jika sudah, ikuti langkah-langkah yang tersedia.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran premi asuransi dilakukan secara sekaligus, yaitu di awal pembelian premi. Umumnya, metode yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran premi terdiri dari beberapa cara, antara lain.

  • Autodebet: dilakukan dengan mendebetkan langsung pembayaran dari kartu kredit maupun debit yang telah didaftarkan.
  • Virtual Account: pembayaran dilakukan dengan memasukkan nomor rekening virtual account perusahaan pada mesin ATM, internet banking, maupun di teller bank.
  • Setor tunai: nasabah datang ke kantor pusat atau cabang terdekat dan jelaskan maksud dan tujuan untuk membayarkan premi asuransi.

Cara klaim asuransi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu datang langsung ke kantor pusat atau cabang atau melakukan klaim secara online. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk klaim asuransi.

Cara Klaim Asuransi Capital Life secara Online

Cara klaim secara online dapat dilakukan dengan cara mengunjungi situs resmi perusahaan. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pilih “Klaim Online” yang berada pada halaman utama situs.
  • Lengkapi data yang diminta, mulai dari tipe produk, data diri, nomor polis, dan alasan melakukan klaim.
  • Jika sudah, pilih “Kirim”.
  • Selanjutnya pihak asuransi akan melakukan verifikasi data untuk memastikan klaim disetujui atau tidak.

Cara Klaim di Kantor Pusat Capital Life

Cara klaim dapat dilakukan dengan datang ke kantor pusat dan lengkapi dokumen-dokumen berikut ini.

  • Lengkapi formulir pengajuan klaim yang bisa didapatkan di situs resmi perusahaan.
  • Sertakan dokumen lainnya, seperti:
    • Polis asli.
    • Bukti pembayaran premi terakhir.
    • Kartu identitas tertanggung.
    • Rekam medis.
    • Kronologi kejadian apabila klaim kecelakaan.
    • Surat kematian apabila klaim meninggal dunia.
    • Dan dokumen lainnya.

Untuk informasi cara klaim lebih lanjut, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan melalui nomor (021) 22773898.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Metode penggantian asuransi dilakukan dengan dua metode, yaitu penggantian santunan tunai secara sekaligus dan berkala sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Jika tidak ingin melanjutkan menjadi nasabah, maka Anda harus segera melaporkan keinginan tersebut kepada pihak terkait. Berikut ini adalah tahapan umum untuk menutup polis asuransi.

  • Menghubungi layanan pelanggan perusahaan atau mendatangi kantor pusat dan cabang, kemudian jelaskan alasan penutupan polis.
  • Mengisi dokumen pernyataan yang menerangkan penutupan polis. 
  • Lengkapi persyaratan seperti, formulir penutupan polis, buku polis, kartu identitas, dan lain sebagainya.
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, seperti pajak dan administrasi bila ada.
  • Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi  layanan pelanggan melalui nomor (021) 22773898.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi pada umumnya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja untuk perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara asuransi dengan calon nasabah.

Tidak tersedia informasi sistem keagenan asuransi perusahaan dalam situs resminya. Untuk mendapatkan informasi tersebut, silakan menghubungi call center (021) 2277 3898.

Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk mendapatkan referensi mengenai berbagai produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia, calon nasabah bisa mengunjungi Lifepal.co.id dan berkonsultasi langsung dengan gratis.

Ada beberapa layanan yang diberikan kepada nasabah asuransi, di antaranya adalah:

  • Alamat Kantor Pusat: Menara Jamsostek, Gedung Menara Utara Lt.5, Jl. Gatot Subroto No. 38, Jakarta Selatan 12710
  • Layanan Pelanggan: 021-22773898
  • Faksimile: 021-22773897
  • Situs Resmi: capitallife.co.id
  • Email: [email protected]

Nasabah bisa menyalurkan aduannya secara tertulis maupun lisan. Untuk pengaduan secara tertulis bisa dilakukan melalui email [email protected], sedangkan untuk lisan bisa dilakukan dengan cara telepon ke 021-22773898, atau datang langsung ke kantor pusat Capital Life di Menara Jamsostek Lantai 5, Gatot Subroto, Jakarta Selatan. 

Saat menyampaikan aduan, baik tertulis maupun lisan, jangan lupa untuk menyertakan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan, 

  • Surat pengaduan yang menjelaskan pokok permasalahan aduan.
  • Salinan KTP pemegang polis.
  • Dokumen pendukung yang relevan dengan pokok permasalahan aduan. 

Pengaduan secara tertulis akan diproses maksimal 20 hari kerja terhitung semenjak dokumen persyaratannya sudah lengkap.

Situs resmi perusahaan tidak mencantumkan informasi mengenai daftar rumah sakit atau klinik rekanan yang menerima nasabah. Apabila Anda sudah menjadi nasabah, Anda bisa langsung menghubungi layanan pelanggan melalui 021-22773898 untuk mengetahui daftar klinik atau rumah sakit rekanan. 

Namun untuk keperluan medical check up, nasabah bisa melakukannya secara gratis di klinik-klinik Prodia terdekat. 

Berdasarkan informasi yang tercantum di situs resmi, sampai saat ini perusahaan belum memiliki kantor cabang dan hanya memiliki kantor di wilayah Jakarta. Adapun informasi lokasi kantor pusat perusahaan sebagai berikut:

Kantor Pusat Capital Life

Menara Jamsostek, Gedung Menara Utara Lt.5

Jl. Gatot Subroto No. 38, Jakarta Selatan 12710

Nomor Telepon: 021-22773899

Faksimile: 021-22773897

Penjualan dan Pemasaran

Nomor telepon: 021-22773899

Faksimile: 021-22773897

Semua ulasan di Lifepal.co.id merupakan kumpulan informasi yang dikutip langsung dari laman resmi perusahaan asuransi.

Materi dan isi ulasan ini adalah informasi yang ditulis secara umum berdasarkan laman resmi perusahaan asuransi yang disadur oleh tim penulis. Informasi tersebut tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran atau arahan yang diberikan profesional dalam bidang terkait. Pembaca laman diharapkan tidak hanya bergantung secara eksklusif pada informasi yang tersedia dalam situs ini untuk kebutuhan masing-masing pembaca.

Berikut ini daftar laman perusahaan asuransi yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.capitallife.co.id/ 
  • https://www.capitallife.co.id/fileuploadmaster/capitallife_3759LAPORANKEUANGANTriwulanIV2019.pdf
  • http://www.capitallifesyariah.co.id/pages/about/id/visi
  • https://money.kompas.com/read/2019/12/15/112100726/2020-capital-life-bakal-jangkau-seluruh-indonesia.
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis