Asuransi FWD

5 / 5.0 (1.958 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
FLASHSALE
Diskon 10%
  • 2021-09-10-15.47.32
21 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi FWD Life: Daftar Produk & Premi Terbaik

FWD Life adalah perusahaan asuransi jiwa dikelola PT FWD Insurance Indonesia yang berfokus pada produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan unit link atau investasi. Salah satu produk unggulannya adalah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat polis dengan limit hingga Rp75 miliar.

Bandingkan FWD Life dengan asuransi kesehatan terbaik lainnya, premi mulai Rp50 ribuan per bulan di Lifepal. Yuk, cek secara online!

Pilihan Polis Terbaik Asuransi FWD

Polis Asuransi FWD Life Indonesia berfokus pada asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.  Simak daftar dan rangkuman polis Asuransi FWD Life selengkapnya:

Rangkuman Manfaat Polis Asuransi FWD

Produk FWD Life berfokus pada asuransi kesehatan dan jiwa. Agar lebih jelas, simak rangkuman daftar produk dan manfaat Asuransi FWD:

ProdukManfaat yang Diberikan
Asuransi KesehatanPertanggungan biaya rawat inap + pembedahan di rumah sakit
Asuransi JiwaSantunan meninggal dunia kepada ahli waris
Asuransi Penyakit KritisPertanggungan perawatan risiko penyakit kritis
Asuransi Kecelakaan DiriSantunan atas risiko kecelakaan dan cacat tetap 
Asuransi Unit LinkSantunan meninggal dunia + nilai tunai investasi 
Asuransi Jiwa SyariahSantunan meninggal dunia + nilai tunai investasi berbasis syariah

Tentang FWD Insurance

FWD singkatan dari PT Financial Wiramitra Danadyaksa. FWD Life Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa multinasional yang merupakan bagian dari FWD Group. Pada bulan Desember 2020 tahun lalu, PT FWD Life Indonesia resmi melakukan merger dengan PT FWD Insurance Indonesia. Artinya, semua polis yang berkaitan dengan FWD Life, kini sepenuhnya menjadi tanggung jawab FWD Insurance.

Produk yang dihadirkan FWD asuransi adalah mencakup asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi jiwa, asuransi unit link, asuransi kecelakaan diri, dan unit syariah. Perusahaan FWD Life sendiri didirikan pada tahun 2013 yang lalu oleh Pacific Century Group yang bermarkas di negara Hong Kong. Lini bisnis utamanya bergerak di bidang asuransi.

Dalam menimbang kesehatan keuangan perusahaan haruslah mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2020 yang dirilis pada situs resmi fwd.co.id. 

  • Rasio solvabilitas: 1103%
  • Jumlah aset: Rp13,444 triliun
  • Ekuitas: Rp5,620 triliun

Terlihat rasio solvabilitas FWD terhitung sangat baik dengan jumlah total 1103 persen. Artinya, nasabah mampu membayarkan klaim nasabah dengan baik. Namun jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 6,5 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat pada jumlah 1693 persen. [/accordion]

Layanan Nasabah Asuransi FWD 

Untuk mendapatkan informasi terkait produk, klaim, atau mengajukan keluhan dapat menghubungi layanan nasabah secara online melalui call center atau offline dengan mengunjungi kantor pusat/cabang FWD terdekat. Berikut informasi selengkapnya:

PT FWD Life Indonesia

Pacific Century Place Lantai 20,

Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Senayan, Jakarta 12190

FWD call center: (021) 1500391

Whatsapp atau SMS: 08111893910

Email: [email protected]

Website: www.fwd.co.id

Premi Asuransi FWD

Harga premi Asuransi FWD tentu berbeda-beda. Pada umumnya, besaran premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan)

Cara Klaim Asuransi FWD 

Untuk mengajukan klaim FWD, ada beberapa tahapan yang harus nasabah lakukan. Berikut penjelasan cara klaim Asuransi FWD:

Bagi polis yang dibeli sebelum tanggal 1 Desember 2020 atau melalui FWD Insurance pada periode pembelian setelah tanggal 1 Desember 2020, maka pengajuan klaim dapat dilakukan hanya melalui pengiriman pos.

Sementara untuk pemegang polis FWD Insurance (yang sebelumnya adalah PT Commonwealth Life) dengan periode pembelian polis sebelum 1 Desember 2020, dapat diajukan melalui pengiriman pos atau email di email [email protected]

Lama waktu pengajuan klaim adalah 14 hari kerja hingga dibayarkan. Untuk melihat status klaim dapat dilihat pad aplikasi FWD MAX, menghubungi layanan nasabah di 1500525 atau email ke [email protected]

Rekanan Asuransi FWD

FWD bekerja sama dengan rumah sakit dan layanan kesehatan yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Total ada sekitar 1.302 rekanan. Berikut daftar RS dan layanan kesehatan rekanannya.

Berita Terbaru FWD Insurance

Januari 2021 – Proses merger kedua perusahaan asuransi besar di Indonesia, PT FWD Life Indonesia (FWD Life) dan PT FWD Insurance Indonesia telah resmi diselesaikan. Kini gabungan kedua perusahaan tersebut dikenal sebagai PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance).

Diketahui pada tahun 2020, FWD Life mengakuisisi dan melakukan rebranding pada PT Commonwealth Life (PTCL) yang telah beroperasi sejak tahun 1993. Diharapkan dengan penggabungan kedua perusahaan asuransi ini akan memperkuat pondasi bagi FWD Insurance untuk melanjutkan operasional di Indonesia.

Review Asuransi FWD Life

Sebagai salah satu perusahaan asuransi yang terkemuka di Indonesia, FWD Life menawarkan produk-produk dengan manfaat pertanggungan lengkap dan menarik. Sebagai bahan pertimbangan, simak review dan testimoni Asuransi FWD Life dari Lifepal berikut ini:

(+) Pilihan polis limit tinggi, hingga Rp75 miliar per tahun

(+) Tersedia rekanan rumah sakit di seluruh dunia dan juga dapat memilih melakukan perawatan medis di luar wilayah pertanggungan

(+) Manfaat COB BPJS Kesehatan

(+) Terdapat polis asuransi jiwa yang menanggung seumur hidup atau hingga usia 100 tahun.

(+) Seluruh layanan berbasis digital, mudah diakses di mana saja dan kapan saja

Pertanyaan Seputar Asuransi FWD

Berikut pertanyaan seputar Asuransi FWD yang paling sering ditanyakan nasabah maupun calon nasabah.

Apa itu FWD?

Asuransi FWD adalah perusahaan investasi asuransi yang didirikan pada tahun 2013 yang lalu oleh Pacific Century Group yang bermarkas di negara Hong Kong. Lini bisnis utama FWD Group bergerak di bidang asuransi. Selain di Indonesia, FWD juga sudah beroperasi di negara lainnya seperti Makau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, Jepang dan Malaysia.

Asuransi FWD dari negara mana?

Asuransi FWD adalah perusahaan asuransi yang berasal dari Indonesia, namun perusahaan ini didirikan oleh sebuah perusahaan yang bermarkas di Hong Kong bernama Pacific Century Group.

FWD singkatan dari apa?

FWD singkatan dari PT Financial Wiramitra Danadyaksa. Sebelum menjadi PT Financial Wiramitra Danadyaksa, perusahaan tersebut bernama PT Asuransi Agrapana Aksata. FWD sendiri bisa dibilang pemain baru dalam industri asuransi jiwa di Indonesia. Sebagai pemain baru, perusahaan yang berdiri pada November 2012 ini memanfaatkan digital untuk menyasar calon nasabahnya.

Apa saja produk Asuransi FWD?

FWD Asuransi adalah perusahaan yang menawarkan berbagai produk asuransi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah, mulai asuransi jiwa, kesehatan, hingga penyakit kritis. Rincian produk Asuransi FWD dan manfaatnya dapat disimak pada tab Polis.

Asuransi FWD bagus tidak ya?

Bagus atau tidaknya produk asuransi sebenarnya tergantung dengan kebutuhan nasabah. Namun, bila Anda sedang mencari asuransi dengan premi murah dan perlindungan maksimal, mungkin FWD Asuransi adalah pilihan yang tepat. Selain itu, proses klaim Asuransi FWD juga sangat mudah dan cepat, serta bisa dilakukan melalui email.

Untuk bahan pertimbangan, Asuransi FWD review selengkapnya dapat disimak pada tab Review.

Apa itu Asuransi Kesehatan FWD?

Asuransi Kesehatan FWD merupakan produk asuransi dari FWD Life yang memberikan perlindungan kesehatan dengan berbagai manfaat, mulai rawat inap, rawat jalan, pembedahan, perawatan intensif (ICU), hingga gawat darurat dengan limit tahunan yang cukup tinggi yakni hingga Rp75 miliar.

Cek polis Asuransi FWD kesehatan lainnya sekarang di sini!

Apa itu Asuransi FWD Bebas Handal?

Asuransi FWD Bebas Handal adalah salah satu polis Asuransi Kesehatan FWD Life berbasis syariah yang memberikan manfaat pertanggungan rawat inap harian. Keunggulan polis ini adalah kontribusinya yang terjangkau, yakni mulai Rp75 ribu per bulan. Simak rangkuman manfaat pertangggungan Asuransi FWD Bebas Handal selengkapnya di tab Polis.

Apa itu Asuransi Jiwa FWD Life?

Asuransi Jiwa FWD Life memberikan manfaat pertangunggan atas risiko meninggal dunia akibat sebab penyakit ataupun kecelakaan, Salah satu keunggulan dari produk Asuransi Jiwa FWD Life adalah dapat menanggung seumur hidup atau hingga usia 100 tahun. Simak rangkuman manfaat pertangggungan Asuransi Jiwa FWD selengkapnya di tab Polis.

Apakah ada Asuransi FWD untuk melahirkan?

Produk Asuransi FWD untuk melahirkan hanya tersedia untuk karyawan perusahaan (employee benefits). Manfaat ini terdapat pada polis Bebas Sehat. Terkait klaim Asuransi FWD melahirkan sebaiknya diajukan dalam waktu 60 hari sejak tanggal perawatan.

Apakah ada Asuransi Kanker FWD?

Tersedia Asuransi Kanker FWD dengan FWD Cancer Protection untuk nasabah individu. Produk Asuransi Kanker FWD ini memberikan manfaat proteksi atas risiko kanker hingga 100 persen Uang Pertanggungan dengan premi terjangkau, yakni Rp10 ribu per bulan.

Apakah ada Asuransi FWD untuk gigi?

Produk Asuransi FWD untuk gigi hanya tersedia untuk karyawan perusahaan (employee benefits). Manfaat ini terdapat pada polis Bebas Sehat. Terkait klaim Asuransi FWD untuk gigi sebaiknya diajukan dalam waktu 60 hari sejak tanggal perawatan.

Apakah ada manfaat Asuransi FWD kacamata?

Manfaat Asuransi FWD kacamata hanya tersedia untuk karyawan perusahaan (employee benefits). Manfaat ini terdapat pada polis Bebas Sehat. Sama seperti produk asuransi karyawan lainnya, klaim Asuransi FWD kacamata sebaiknya diajukan dalam waktu 60 hari sejak tanggal perawatan.

Bagaimana cara menggunakan kartu Asuransi FWD?

Kartu asuransi FWD tak hanya tanda pengenal peserta, namun bisa digunakan untuk mendapatkan perawatan di lebih dari 1.000 rekanan rumah sakit FWD Life. Kartu Asuransi FWD dapat digunakan baik oleh nasabah individu maupun karyawan saat ingin melakukan klaim secara cashless.

Bagaimana cara pembayaran premi FWD?

Pembayaran premi FWD bergantung pada ketentuan yang tertulis dalam polis. FWD sendiri menyediakan beberapa metode pembayaran, baik itu untuk asuransi konvensional maupun syariah.  Lihat selengkapnya di tab Premi.

Bagaimana cara mengetahui limit Asuransi FWD?

Limit Asuransi FWD bisa diketahui lewat aplikasi FWD MAX. Dengan aplikasi tersebut, nasabah tak hanya bisa mengetahui limit Asuransi FWD saja, tapi juga informasi lain seputar cek polis FWD yang dimiliki, seperti premi, proses klaim, hingga transaksi secara real-time. Aplikasi FWD MAX bisa diunduh di App Store dan Google Play.

Selain itu bisa juga melalui layanan eServices FWD login di situs resmi perusahaan. Bagi pemilik polis FWD Insurance (yang sebelumnya adalah PT Commonwealth Life) dengan periode pembelian polis sebelum 1 Desember 2020 dapat melakukan layanan cek polis FWD login melalui situs resmi perusahaan.

Bagaimana metode penggantian biaya Asuransi FWD?

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan memberikan manfaat pertanggungan, baik dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian biaya Asuransi Kesehatan FWD dapat dilakukan dengan berbagai cara. Adapun fitur klaim yang disediakan oleh FWD adalah:

  • Proses klaim secara cashless. Metode pembayaran tidak dilakukan secara tunai alias menggunakan kartu anggota yang dapat digesek di semua rekanan klinik maupun rumah sakit rekanan FWD Indonesia.
  • Proses klaim reimbursement. Metode pembayaran ini dilakukan dengan menggunakan dana atau uang pribadi nasabah terlebih dahulu kemudian akan dilakukan penggantian dari FWD. Untuk sistem penggantian, peserta wajib menyertakan dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim reimbursement Asuransi FWD secara lengkap.
Bagaimana cara membeli Asuransi FWD secara online?

FWD Life adalah pionir dengan menjadi perusahaan berbasis digital yang membekali semua agennya dengan tablet. Anda yang tertarik dengan Asuransi FWD bisa bertemu agen di kantor langsung atau di 62 outlet Excelso di seluruh Indonesia.

Proses analisis membuat ilustrasi pun dilakukan secara cepat, hingga Anda bisa langsung mendapatkan perlindungan setelah melakukan pembayaran. Melalui FWD login di iFWD Liberate, Anda juga dapat membeli asuransi secara online yang mudah dan nyaman, kapan saja dan di mana saja.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Cek sekarang di sini, Anda bisa langsung mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan plus diskon 10 persen!

Bagaimana cara berhenti menjadi nasabah Asuransi FWD?

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apa pun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif, silakan hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui ketentuan mengenai ada atau tidaknya pengembalian premi.

Penutupan polis asuransi FWD Indonesia umumnya dilakukan dengan cara pengajuan klaim. Nasabah sebaiknya tidak berhenti dengan cara tidak lagi membayar polis karena akan dianggap menunggak pembayaran asuransi. Berikut tahapan menutup polis FWD Indonesia.

  • Menghubungi kantor cabang FWD Indonesia terdekat dan menjelaskan keinginan untuk memproses penutupan polis.
  • Mengisi dokumen pernyataan yang menerangkan penutupan polis tanpa paksaan dan berdasarkan inisiatif sendiri secara sadar. Sebaiknya, pahami juga isi dokumen dan minta penjelasan untuk denda dan hal lain yang ditimbulkan dari penutupan polis.
  • Lengkapi persyaratan seperti, surat pengajuan klaim, fotokopi sertifikat asuransi FWD dan kuitansi pembayaran premi, kartu identitas diri, dan lain sebagainya.
  • Menunggu sisa dana jika ada dana investasi atau lainnya yang tersisa.
  • Informasi lainnya terkait asuransi FWD Indonesia, nasabah dapat menghubungi call center FWD di nomor  021-1500391.
Berapa premi Asuransi FWD?

Cari tahu premi asuransi FWD dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait. Untuk prosedur pembayaran premi Asuransi FWD sila cek tab Premi.

Apa itu FWD Max?

FWD Max adalah layanan aplikasi dari FWD Life Indonesia yang memberikan one stop solution bagi para nasabah. Sebab tak hanya dapat digunakan untuk akses layanan FWD Asuransi seperti pembayaran premi, namun Anda juga bisa dapat meraih poin dengan membagikan artikel, mengikuti kuis, dan bahkan saat Anda ulang tahun.

Poin tersebut dapat Anda tukarkan dengan rewards dari ratusan merek ternama di Indonesia, mulai kuliner, jalan-jalan, shopping, hingga menonton film. Cukup unduh FWD Max di Google Play atau App Store.

Kapan FWD masuk ke Indonesia?

FWD Life berdiri di Indonesia pada tahun 2015 yang lalu dan memiliki kantor cabang utama di kawasan DKI Jakarta. Sebelum menggunakan nama FWD, perusahaan ini memiliki nama Asuransi Agrapana Aksata yang kemudian berubah nama menjadi Finansial Wiramitra Danadyaksa pada tahun 2013.

Barulah pada tahun 2015, perusahaan tersebut mengubah namanya kembali menjadi FWD dan menjadi bagian dari FWD Group. FWD Group sendiri juga memiliki lini usaha yang bergerak di bidang asuransi di negara Asia lainnya seperti Jepang, Thailand, Makau, Hong Kong, Malaysia. Filipina, dan juga Singapura.

Di kawasan Asia FWD sudah dikenal karena menjadi salah satu anak perusahaan dari Pacific Century Grup yang bermarkas di Hong Kong dan bergerak di bidang investasi.

Siapa Pemilik FWD?

FWD sendiri dimiliki oleh korporasi Pacific Century Group yang berdiri tahun 1993 yang lalu. Perusahaan ini berpusat di negara Hong Kong dan bergerak di beberapa sektor industri, mulai dari teknologi, media hingga infrastruktur.

Pacific Century Group dikepalai oleh Richard Li, seorang pebisnis sukses dari Hong Kong yang menjabat di posisi Chairman.

Di mana bisa mendapatkan Form FWD?

Form FWD biasanya digunakan untuk mengajukan klaim atau pembayaran premi. Form FWD dapat diunduh langsung di situs resmi perusahaan FWD Life.

Apakah ada Asuransi FWD AdMedika?

Pada situs resmi perusahaan tidak disebutkan atau mencantumkan mengenai kerjasama dengan AdMedika. Untuk informasi selengkapnya terkait Asuransi FWD AdMedika, sila hubungi no telp FWD Asuransi pada tab Layanan.

Apa yang terjadi bila nasabah telat membayar premi?

Apabila nasabah telat membayar premi asuransi sesuai periode yang telah ditentukan, maka status kepesertaan nasabah akan terancam untuk sementara waktu hingga proses administrasi berjalan kembali seperti semula. Kejadian ini tentunya berpotensi mengurangi manfaat yang bisa didapatkan nasabah.

Namun beberapa perusahaan asuransi menerapkan sanksi denda kepada nasabah yang telat membayar premi sesuai dengan ketentuan yang ada.

Apa yang harus dilakukan apabila nasabah telat membayar premi?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi call center atau nomor telepon Asuransi FWD. Untuk FWD Asuransi Kesehatan, Anda bisa menghubungi kontak berikut ini:

Call Center FWD

Customer Care Centre: Asuransi FWD Jakarta, Pacific Century Place Lantai 20, Jalan Jend. Sudirman Kav. 52-53 Senayan, Jakarta 12190.

FWD Call Center: (021) 1500391

Email: [email protected]

Whatsapp atau SMS: 08111893910

Setelah menghubungi nomor telepon Asuransi FWD di atas, Nasabah bisa mengikuti panduan yang telah diberikan oleh bagian customer service.

Agen dan broker Asuransi FWD

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi FWD. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini FWD Insurance. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Agen asuransi yang tergabung dalam perusahaan FWD Life Indonesia telah memenuhi syarat dan lulus ujian lisensi yang diselenggarakan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Hingga saat ini, agen asuransi FWD aktif berjumlah lebih dari 60 orang. Selain dari agen, Anda juga bisa mendapatkan Asuransi FWD melalui broker. Namun, pastikan bahwa broker yang Anda pilih sudah terdaftar secara resmi juga di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar lebih aman dalam setiap transaksinya.

Rumah sakit rekanan Asuransi FWD

Asuransi FWD telah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Adapun daftar selengkap Asuransi FWD rumah sakit rekanan dapat dilihat pada tab Rekanan.

Sumber dan Referensi

Semua ulasan di Lifepal.co.id merupakan kumpulan informasi yang dikutip langsung dari laman resmi perusahaan asuransi.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • fwd.co.id
  • ifwd.co.id
  • https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/akWVlPBb-fwd-life-digitalisasi-seluruh-proses-berasuransi
  • https://www.liputan6.com/on-off/read/4468611/fwd-life-indonesia-dan-fwd-insurance-indonesia-resmi-melebur