Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Harta

3.5 / 5.0 (3.013 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Harta (Harta General Insurance)

PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk atau Asuransi Harta adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada 28 Mei 1982. Perusahaan mulai melayani nasabah secara komersial pada 1983.

Perusahaan yang telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini cukup lengkap dalam ketersedian polis. Emiten dengan kode AHAP ini memiliki asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, hingga asuransi perjalanan bagi nasabah individu maupun kumpulan (karyawan), dan komersial.

Ringkasan

  • Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Comprehensive (All Risk) memberikan manfaat utama lengkap termasuk ganti rugi akibat banjir.
  • Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) menjamin ganti rugi semua jenis bangunan dari individu hingga komersial.
  • Asuransi Kesehatan memiliki aplikasi online yaitu Mobile Access untuk informasi polis hingga klaim bagi nasabah kumpulan atau karyawan perusahaan.
  • Memiliki beragam produk asuransi umum (kerugian) seperti asuransi kendaraan, asuransi kebakaran, dan asuransi kecelakaan diri dengan total produk mencapai 22 jenis.

Sekilas tentang Asuransi Harta

Asuransi Harta merupakan salah satu pemain lama di industri asuransi umum nasional. Dengan begitu, kelayakan perusahaan untuk menjaminkan aset pribadi ataupun perusahaan tidak perlu diragukan lagi.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta juga telah memiliki kantor cabang dan kantor pemasaran. Adapun kantor cabang mereka terletak di Bandung dan Surabaya, sedangkan kantor pemasaran berlokasi di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Semarang, dan Medan.

Perusahaan terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Dalam operasional bisnis asuransi, Harta terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui izin usaha di bidang asuransi umum berdasarkan surat keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia No. C2-1325.HT.01.01.Th.82 tanggal 21 September 1982.

Legalitas Harta sebagai perusahaan asuransi kerugian yang beroperasi komersial sejak tahun 1983 diperkuat dengan Surat Izin Usaha dari Menteri Keuangan dengan nomor KEP-633/MD/1983 tanggal 11 Februari 1983.

Legalitas lain yang dimiliki, yaitu:

  • Surat Izin Emisi Saham atau menjadi perusahaan publik yaitu Surat Ketua Bapepam-LK No.SI – 128/SHM/MK.10/1990-30.7.1990.
  • Perubahan nama dengan SK Menteri Kehakiman No.C2-19056 HT.01.04.TH.98-9.10.1998.

Perusahaan telah mendapatkan beberapa penghargaan yang menjadi pengakuan atas kinerja keuangan. Berikut ini beberapa penghargaan perusahaan: Peringkat I kategori Marketing Perusahaan Asuransi Umum dan Publik dengan Aset Rp50-200 Miliar dari Indonesia Insurance Awards 2013; Peringkat I kategori Finance Perusahaan Asuransi Umum dan Publik dengan Aset Rp50-200 Miliar dari Indonesia Insurance Awards 2013; dan Peringkat II kategori Teknologi Informasi Perusahaan Asuransi Umum dan Publik dengan Aset Rp50-200 Miliar dari Indonesia Insurance Awards 2013.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi perusahaan. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Jumlah aset: Rp628,425 miliar
  • Ekuitas: Rp263,872 miliar

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan OJK (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Dalam laporan keuangan 2018, perusahaan menampilkan PDF buram dan terlihat kurang jelas. Perusahaan juga tidak mencantumkan rasio solvabilitas/pencapaian/RBC yang menjadi standar dalam menentukan kesehatan keuangan perusahaan.

Sekadar informasi, rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Regulator industri jasa keuangan dalam hal ini OJK menetapkan minimum rasio solvabilitas yaitu 120 persen.

 
 

Produk Asuransi Harta

Asuransi Harta sebagai perusahaan asuransi umum (kerugian) cukup lengkap menyediakan jenis produk bagi nasabah individu maupun bisnis. Berikut produk asuransi yang tersedia:

1. Asuransi Kendaraan Bermotor

Produk Asuransi Kendaraan Bermotor memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh (comprehensive/all risk) dan total loss only (TLO) bagi nasabah individu maupun korporasi (komersial). Dalam situs resmi perusahaan, Asuransi Kendaraan Bermotor hanya menjaminkan mobil atau kendaraan roda empat atau lebih termasuk sedan, jip, bus, truk, hingga tronton.

2. Asuransi Property/Industrial 

Produk Asuransi Properti memberikan jaminan ganti rugi atas kerugian atau kehilangan properti beserta harta benda akibat risiko yang dijaminkan. Dalam situs resmi perusahaan, kategori produk ini memberikan jaminan berdasarkan polis yang dipilih termasuk Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) dan Property All Risk (PAR) untuk bangunan pribadi hingga komersial.

3. Asuransi Kecelakaan Diri

Produk Asuransi Kecelakaan Diri memberikan jaminan biaya rumah sakit, santunan atau uang pertanggungan (UP) bagi nasabah yang mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia karena kecelakaan.

4. Asuransi Kesehatan

Produk Asuransi Kesehatan memberikan jaminan biaya rawat inap hingga pembedahan karena sakit atau kecelakaan. Tersedia jaminan tambahan seperti rawat jalan, melahirkan, kesehatan mata (kacamata), dan lainnya yang bisa disesuaikan calon nasabah.

5. Asuransi Uang

Produk Asuransi Uang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan uang kartal maupun giral dalam pengiriman atau penyimpanan di tempat aman seperti brankas. Penyebab kerugian yang dipertanggungkan sesuai dengan polis Asuransi Uang Harta Aman Pratama Tbk.

6. Asuransi Perjalanan

Produk Asuransi Perjalanan memberikan jaminan lengkap termasuk bagi nasabah yang melakukan perjalanan hingga kerugian barang bawaan dan ketidaknyamanan selama perjalanan. Semua jaminan ini tergantung pada polis dan manfaat tambahan yang dibeli nasabah.

7. Asuransi Pengangkutan

Produk Asuransi Pengangkutan memberikan jaminan ganti rugi atas barang atau aset sedang dikirim baik melalui jalur darat, laut, atau udara. Jaminan ganti rugi ini disesuaikan dengan polis yang dipilih nasabah.

8. Asuransi Proyek Konstruksi

Produk Asuransi Proyek Konstruksi memberikan jaminan ganti rugi atas proyek pembangunan dan peralatan (termasuk peralatan proyek dan mesin) dari risiko yang dijaminkan.

9. Asuransi Tanggung Gugat

Produk yang dikenal sebagai Liability Insurance ini memberikan jaminan pembayaran ganti rugi karena tertanggung secara hukum wajib membayar kerugian keuangan yang diderita pihak ketiga akibat adanya kelalaian yang dilakukan pihak tertanggung.

10. Asuransi Aneka

Produk Asuransi Aneka memberikan jaminan berdasarkan polis yang dibeli. Sayangnya, beberapa polis Asuransi Aneka masih dalam proses perizinan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Daftar Polis & Manfaat Pertanggungan

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi-harta.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang tersedia.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan Bermotor Comprehensive (All Risk)

Polis asuransi kendaraan bermotor ini memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh atas kendaraan yang dijaminkan dari berbagai risiko.

  • Perlindungan dari risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, hingga terperosok.
  • Perbuatan jahat seperti pencurian yang menyebabkan kendaraan rusak.
  • Kebakaran termasuk akibat benda lain yang berdekatan hingga sambaran petir.
  • Kerusakan akibat air (banjir).
  • Kerusakan selama kendaraan berada di atas kapal untuk penyebrangan.
Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan Bermotor Total Loss Only (TLO)

Polis asuransi kendaraan bermotor ini memberikan jaminan ganti rugi dengan kerusakan minimal 75 persen atau risiko kehilangan.

  • Kerusakan dan atau kerugian karena peristiwa yang disebutkan dalam jaminan komprehensif tetapi dengan nilai kerugian lebih dari 75 persen (kerusakan berat pada kendaraan).
  • Memberikan pertanggungan atas kehilangan kendaraan akibat pencurian di mana kendaraan tidak ditemukan dalam waktu 60 hari sejak terjadinya pencurian.
Asuransi Property/Industrial

Paket Property All Risk

Polis asuransi properti atau industri yang menjamin ganti rugi kerusakan akibat berbagai risiko yang dijaminkan. Aset yang dijaminkan termasuk bangunan pribadi, bangunan komersial, dan harta benda dalam bangunan.

  • Jaminan untuk bangunan Kelas I (bangunan dengan dinding, lantai, dan semua komponen penunjang serta penutup atap seluruhnya dan sepenuhnya dari bahan- bahan yang tidak mudah terbakar) dari risiko kebakaran akibat kebakaran, petir, kejatuhan pesawat, huru-hara, banjir, dan lain sebagainya.
  • Menjamin kerugian dari kejadian atau risiko tidak terduga dan tiba-tiba lainnya.
Asuransi Property/Industrial

Paket Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Polis asuransi standar kebakaran yang menjamin risiko kebakaran terhadap aset yang dijaminkan baik bangunan pribadi atau komersial.

  • Pertanggungan untuk segala jenis bangunan rumah tinggal, kantor, gudang, toko, pabrik dan lain-lain, perabotan/perlengkapan rumah tinggal hingga kantor, stok/persediaan barang dagangan serta mesin dari risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.
Asuransi Property/Industrial

Polis Standar Asuransi Gempa Bumi Indonesia (PSAGBI)

Polis khusus yang memberikan jaminan terhadap bangunan pribadi, komersial, beserta isinya dari risiko bencana alam yang tercantum dalam polis.

  • Segala jenis bangunan dari risiko gempa bumi, letusan gunung berapi, hingga Tsunami.
  • Perabotan/perlengkapan/mesin-mesin yang terdapat dalam bangunan dari risiko bencana alam.
  • Stok atau persediaan barang dagangan yang berada dalam bangunan yang diasuransikan dari risiko bencana alam.
Asuransi Property/Industrial

Polis Standar Asuransi Terorisme Sabotase Indonesia (PSATSI)

Polis khusus bangunan pribadi, komersial, dan harta benda yang menjamin risiko kejahatan pihak lain sesuai jaminan dalam polis PSATSI.

  • Segala jenis bangunan dari risiko terorisme, sabotase, hingga penjarahan.
  • Perabotan/perlengkapan/mesin-mesin yang terdapat dalam bangunan dari risiko terorisme, sabotase, hingga penjarahan.
  • Stok atau persediaan barang dagangan yang berada dalam bangunan yang diasuransikan dari risiko terorisme, sabotase, hingga penjarahan.
Asuransi Property/Industrial

Polis Standar Asuransi Proyek Konstruksi Indonesia (PSAPKI)

Polis yang memberikan jaminan menyeluruh atas risiko proyek konstruksi dari risiko kebakaran, terorisme, dan lainnya yang tercantum dalam polis.

  • Kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.
  • Risiko lainnya (bersifat accidental).
Asuransi Property/Industrial

Polis Standar Asuransi Kebongkaran Indonesia

Polis yang menjamin kerusakan dan kehilangan harta benda dan bangunan akibat tindakan kriminal pihak lain.

  • Jaminan atas hilangnya barang-barang/aset akibat pencurian yang didahului tindakan kekerasan/paksaan atau diikuti perusakan terhadap bangunan.
  • Jaminan penggantian atas rusaknya barang/bangunan akibat tindakan kekerasan tersebut.
Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri

Polis yang memberikan jaminan atas risiko kecelakaan bagi nasabah individu maupun kumpulan (karyawan) dari biaya pengobatan hingga santunan cacat total tetap atau meninggal dunia.

  • Santunan kematian akibat kecelakaan.
  • Santunan cacat total dan tetap akibat kecelakaan.
  • Biaya pengobatan maksimal 10 persen dari uang pertanggungan jiwa meninggal dunia dan cacat total dan tetap.
Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri Plus

Polis yang memberikan jaminan atas risiko kecelakaan bagi nasabah individu maupun kumpulan (karyawan) termasuk biaya rawat jalan dan rawat inap.

  • Uang santunan tunai 100 persen dari nilai pokok pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Uang santunan cacat total dan tetap akibat kecelakaan sesuai persentase yang tercantum di tabel manfaat.
  • Biaya rawat jalan, rawat inap, hingga pengobatan di rumah sakit atau klinik akibat kecelakaan.
Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan Harta HealthCare

Polis asuransi kesehatan nasabah yang memberikan pelayanan secara komprehensif dengan jaminan utama rawat inap serta perluasan jaminan antara lain rawat jalan, rawat gigi, bersalin, dan kacamata.

  • Jaminan manfaat berlaku di seluruh dunia selama 7 hari dan 24 jam (24/7).
  • Call Center 24 jam untuk konsultasi dan second opinion.
  • Jaringan Rumah Sakit yang luas untuk pelayanan Rawat Inap, Rawat Jalan dan Rawat Bersalin di seluruh Indonesia.
  • Banyak pilihan jenis plan dan manfaat yang dijamin.
  • Proses Klaim 7 hari kerja, akses laporan klaim yang transparan dan dilaporkan secara berkala.
  • Mobile Access, informasi kepesertaan melalui mobile phone sehingga memudahkan peserta mengetahui status klaimnya.
Asuransi Uang

Asuransi Penyimpanan Uang

Polis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan uang yang disimpan di tempat aman (sesuai standar dalam polis).

  • Pertanggungan atas hilangnya uang yang telah disimpan di brankas atas tindak pencurian.
  • Pertanggungan yang menjamin kerusakan tempat penyimpanan uang (brankas) atas usaha pencurian dengan nilai maksimal penggantian Rp10 juta.
Asuransi Uang

Asuransi Pengiriman Uang

Polis asuransi yang menjamin ganti rugi atas kehilangan uang kartal maupun giral saat pengiriman sejak uang dikeluarkan hingga tempat tujuan.

  • Jaminan penggantian atas kehilangan uang yang terjadi dalam masa pengiriman dari satu tempat ke tempat lain yang disebabkan pencurian.
  • Jaminan atas kehilangan, kerusakan, atau musnahnya uang dalam masa pengiriman akibat kebakaran.
Asuransi Perjalanan

Aman Perjalanan

Polis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas ketidaknyamanan selama perjalanan bagi domestik maupun internasional dengan tujuan wisata, bisnis, atau ibadah.

  • Biaya medis jika terjadi kecelakaan.
  • Biaya-biaya evakuasi.
  • Biaya-biaya repatriasi.
  • Santunan harian rumah sakit.
  • Santunan untuk perawatan kecelakaan diri.
  • Pembatalan perjalanan.
  • Pengurangan perjalanan.
  • Penundaan penerbangan.
  • Keterlambatan bagasi.
  • Kehilangan bagasi.
  • Pembajakan pesawat udara.
  • Tanggung jawab hukum.
  • Bantuan perjalanan selama 24 jam penuh.
Asuransi Pengangkutan

Polis Standar Asuransi Pengangkutan Barang Indonesia Jaminan Tiga

Polis yang disebut Marine Cargo ICC “C” ini memberikan pertanggungan atas kebakaran, kapal kandas, alat angkut terbalik, pembongkaran, tabrakan kapal, hingga Kondisi Jettison yaitu pembuangan barang ke laut demi menyelamatkan kondisi dari bahaya agar dapat melanjutkan perjalanan.

  • Kebakaran / peledakan.
  • Kapal terdampar / kandas.
  • Alat angkut di pelabuhan terbalik atau keluar rel.
  • Tabrakan Kapal atau benturan Kapal dengan object lain di laut (selain air).
  • Pembongkaran barang di pelabuhan darurat.
  • Kondisi General Average.
  • Kondisi Jettison (Pembuangan barang ke laut dalam upaya menyelamatkan kondisi bahaya agar dapat melanjutkan perjalanan kembali).
Asuransi Pengangkutan

Polis Standar Asuransi Pengangkutan Barang Indonesia Jaminan Dua

Polis yang disebut Marine Cargo ICC “B” ini memberikan semua jaminan yang dijamin dalam ICC “C” ditambahkan perlindungan dari risiko lain.

  • Semua jaminan yang dijamin dalam ICC “C”.
  • Washing overboard (naiknya ombak laut ke atas palka kapal yang menyebabkan tersapunya barang di atas kapal).
  • Musnahnya barang pada saat bongkar muat.
Asuransi Pengangkutan

Polis Standar Asuransi Pengangkutan Barang Indonesia Jaminan Satu

Polis yang disebut Marine Cargo ICC “A” ini menjamin semua risiko yang mungkin terjadi dalam proses pengangkutan barang kecuali untuk kondisi tertentu yang telah dikecualikan dalam polis.

  • Kebakaran atau ledakan.
  • Kapal kandas/tenggelam.
  • Alat angkut darat terbalik.
  • Tabrakan kapal dengan benda lain.
  • Pembongkaran barang di pelabuhan darurat.
  • Gempa bumi atau letusan gunung berapi.
  • Terkena petir.
  • Washing overboard.
  • Jettison (pembuangan barang demi menyelamatkan kapal).
Asuransi Proyek Konstruksi

Asuransi Contractor All Risk

Polis yang menjamin kerugian finansial karena kerusakan fisik yang bersifat tiba-tiba dan tidak terduga atas semua civil work, peralatan dan mesin-mesin yang dipasang dan peralatan konstruksi yang digunakan yang terjadi selama periode konstruksi, termasuk juga tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga (third party liability).

  • Perlindungan untuk pekerjaan (proyek) utama dari risiko kebakaran, bencana alam, sabotase, hingga kelalaian.
  • Perlindungan untuk pekerjaan sementara (persiapan) dari risiko kebakaran, bencana alam, sabotase, hingga kelalaian.
  • Perlindungan untuk bahan bangunan yang disuplai dari risiko kebakaran, bencana alam, sabotase, hingga kelalaian.
  • Jaminan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga.
  • Jaminan untuk alat-alat berat dan mesin-mesin untuk pelaksanaan pekerjaan dari risiko kebakaran, bencana alam, sabotase, hingga kelalaian.
Asuransi Proyek Konstruksi

Asuransi Mesin

Polis asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan mesin akibat aus atau kelalaian pekerja atas mesin proyek yang dijaminkan.

  • Jaminan atas mesin akibat kesalahan perencanaan.
  • Jaminan atas kesalahan pemasangan.
  • Jaminan atas kesalahan perbaikan.
  • Jaminan atas kesalahan pengecoran.
  • Jaminan atas kesalahan pengoperasian.
  • Jaminan atas kecerobohan.
  • Jaminan atas huru-hara.
  • Jaminan atas kesalahan penyambungan.
  • Jaminan atas kekurangan air pada boiler.
  • Jaminan atas peledakan.
  • Jaminan atas badai atau angin ribut.
Asuransi Proyek Konstruksi

Asuransi Mesin dan Peralatan Kontraktor

Polis ini masih dalam proses perizinan di OJK.

Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi Tanggung Gugat Hukum Komprehensif

Polis yang memberikan ganti rugi atas tuntutan hukum pihak ketiga termasuk cedera badan, kerugian operasional bisnis pihak ketiga, hingga biaya pembelaan.

  • Memberikan jaminan dasar berupa penggantian atas cedera badan dan cedera pribadi yang dialami orang lain atas operasional bisnis.
  • Memberikan ganti rugi atas kerusakan harta benda.
  • Memberikan jaminan atas tuntutan hukum dari pihak ketiga yang menderita kerugian, termasuk biaya yang dikeluarkan untuk pembelaan.
Asuransi Aneka

Asuransi Mikro

Manfaat atau pertanggungan dari asuransi mikro tergantung pada polis yang dimiliki. Berikut penjelasan singkat mengenai manfaat dari polis asuransi mikro milik Asuransi Harta.

  • Kosmik Warisanku: santunan meninggal karena kecelakaan Rp10 juta dan biaya pemakaman Rp500 ribu. Santunan meninggal karena sakit hanya mendapatkan biaya pemakaman Rp500 ribu.
  • Kosmik Rumahku: santunan atas kerugian bangunan Rp5 juta, uang santunan sebesar Rp5 juta jika peserta meninggal dunia.
  • Kosmik Stop Usaha: Santunan untuk memulai usaha Rp 3 juta jika usaha tertanggung terdampak risiko kebakaran hingga bencana alam.
Asuransi Aneka

Asuransi Reklame

Polis ini masih dalam proses perizinan di OJK.

Asuransi Aneka

Asuransi Hole in One

Polis ini masih dalam proses perizinan di OJK.

Asuransi Aneka

Asuransi Fidelity Guarantee

Polis ini masih dalam proses perizinan di OJK.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Harta, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Harta Aman Pratama Tbk adalah perusahaan publik yang bergerak dalam bidang asuransi umum (kerugian) yang didirikan pada 1982.

Perusahaan sebelumnya pernah bernama Asuransi Harapan Aman Pratama hingga 1999. Perusahaan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 1990 dan merupakan anak usaha dari Asuransi Central Asia.

Pengertian asuransi harta benda berbeda dari label perusahaan Asuransi Harta. Asuransi harta benda merupakan produk asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian pada harta benda yang dijaminkan dari risiko kebakaran, bencana alam, kerusuhan, atau kerusakan lainnya yang timbul dari suatu kejadian yang tiba-tiba.  

Keuntungan dan manfaat asuransi harta benda:

  • Memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan bangunan baik pribadi maupun komersial termasuk aset atau harta benda di dalamnya.
  • Selain itu, disediakan juga jaminan atas kerugian sebagai akibat terganggunya usaha (business interruption) yang disebabkan risiko dalam polis.

Asuransi Harta AdMedika adalah rekanan rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang melayani nasabah asuransi kesehatan Harta Aman Pratama. AdMedika sendiri bukan perusahaan asuransi melainkan perusahaan yang melayani administrasi nasabah perusahaan asuransi di rumah sakit.

Sayangnya tidak tersedia informasi mengenai rekanan rumah sakit di situs resmi perusahaan. Cari tahu mengenai informasi ini dengan menghubungi customer service terkait.

Perusahaan menyediakan produk asuransi kesehatan. Sayangnya, produk ini hanya tersedia satu polis yang ditujukan bagi nasabah kumpulan (karyawan) perusahaan.

Harga premi didasarkan pada aset yang ditanggungkan dan risikonya. Khusus asuransi kecelakaan diri, besaran premi disesuaikan dengan underwriting perusahaan asuransi. Berikut ini harga premi masing-masing produk asuransi yang telah disebutkan.

  • Asuransi Kendaraan Komprehensif (All Risks): tergantung jenis/tipe dan kondisi kendaraan (N/A).
  • Asuransi Kendaraan Total Loss Only (TLO): tergantung jenis/tipe dan kondisi kendaraan (N/A).
  • Asuransi Kebakaran Komprehensif (All Risks): tergantung lokasi dan persyaratan lain yang ditentukan perusahaan (N/A).
  • Paket Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI): tergantung lokasi dan persyaratan lain yang ditentukan perusahaan (N/A).
  • Asuransi Gempa Bumi: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Terorisme Sabotase: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Kecelakaan Diri: tergantung jenis pekerjaan dan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Kecelakaan Diri Plus: tergantung jenis pekerjaan dan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Pengangkutan Barang: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Proyek Konstruksi: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Pengiriman Uang: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Penyimpanan Uang: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Kebongkaran:ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Perjalanan: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Tanggung Gugat: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Mikro: Kosmik Warisanku (Rp30 ribu), Kosmik Rumahku (Rp50 ribu), dan Kosmik Stop Usaha (Rp50 ribu).
  • Asuransi Mesin: ditentukan underwriting perusahaan (N/A).
  • Asuransi Mesin dan Peralatan Kontraktor: Polis masih dalam proses perizinan di OJK.
  • Asuransi Reklame: Polis masih dalam proses perizinan di OJK.
  • Asuransi Hole in One: Polis masih dalam proses perizinan di OJK.
  • Asuransi Fidelity Guarantee: Polis masih dalam proses perizinan di OJK.

Membeli asuransi secara online lebih praktis karena nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang Harta terdekat. Dengan agen asuransi yang tersebar di sejumlah kota besar, cukup mudah bagi nasabah membeli asuransi melalui mereka.

Namun, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk Harta dengan asuransi lain melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Harta, tetapi juga produk sejenis dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah bisa mendapatkan asuransi terbaik sesuai kebutuhan dan tentunya harga premi paling ringan.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Harta. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Harta dengan calon nasabah.

Dalam situs resmi perusahaan tidak terdapat informasi mengenai keagenan asuransi. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi call center atau mendatangi langsung kantor pusat/pemasaran/cabang terdekat.

Klaim asuransi terdiri atas beberapa metode, tergantung jenis asuransi yang dimiliki. Klaim asuransi kendaraan tentu berbeda dengan klaim asuransi kebakaran ataupun kecelakaan diri. 

Prosedur klaim asuransi umum harus memperhatikan tiga hal berikut ini:

  • Batas waktu pelaporan klaim yaitu tidak lebih dari tiga hari kerja melalui telepon, faksimili, email, atau datang langsung ke kantor pusat, cabang, atau pemasaran.
  • Survei klaim yaitu pihak asuransi akan melakukan survei atau objek yang diasuransikan untuk mendapatkan informasi akurat.
  • Risiko sendiri (own risk) yaitu sejumlah nominal tertentu yang harus ditanggung nasabah untuk setiap klaim, tergantung jenis asuransinya.

Selain itu waktu pengajuan klaim berbeda-beda tergantung pada hal-hal berikut ini:

  1. Jenis polis asuransi yang diajukan klaim.
  2. Level kerugian dan kesulitan dalam penanganan. Semakin sulit, ada kemungkinan klaim semakin lama.
  3. Kelengkapan dokumen pendukung klaim.
  4. Proses survei atau investigasi atas klaim yang diajukan (bila dibutuhkan).
  5. Proses analisa dari pihak ketiga (loss adjuster).
  6. Proses permintaan persetujuan klaim.
  7. Negosiasi dalam pembayaran klaim.

Berikut ini prosedur klaim Asuransi Kebakaran/Properti:

  • Menyiapkan kwitansi asli pembayaran premi dan polis asuransi asli.
  • Mengisi formulir klaim kebakaran.
  • Menguraikan kejadian dalam berita acara.
  • Surat keterangan dari kepala desa/lurah dan kepolisian.
  • Surat tuntutan kerugian secara rinci dan lengkap tentang penyebab kerugian/kerusakan.
  • Penawaran dari minimal dua kontraktor untuk membangun kembali properti yang rusak.
  • Khusus klaim stok: memberikan keterangan dan bukti relevan serta wajar sesuai yang diminta perusahaan asuransi.
  • Melengkapi dokumen pelengkap bila diminta yaitu denah, kwitansi pembelian (invoice/struk/kartu stok barang di gudang), hasil laboratorium kriminal, serta dokumen lain.
  • Mengirim semua dokumen ke kantor pusat melalui pos/faksimili/email.
  • Perusahaan asuransi akan memeriksa klaim yang diajukan.
  • Maksimal 14 hari kerja, perusahaan asuransi akan mengirim dana untuk renovasi atau menyampaikan surat penolakan jika klaim yang diajukan terbukti tidak sesuai syarat klaim.

Terdapat tiga cara klaim asuransi kendaraan berdasarkan jenis klaim dan lokasi kejadian. Berikut penjelasannya.

Klaim kerugian komprehensif (all risks)

  • Mengunduh dan mengisi formulir laporan kerugian serta kronologis kejadian.
  • Menyiapkan fotokopi polis, BPKB, STNK, SIM, serta KTP.
  • Mengirim formulir dan dokumen yang dibutuhkan ke pihak asuransi melalui email, faksimili, atau mendatangi langsung. Nasabah juga bisa langsung menghubungi asuransi melalui telepon.
  • Pihak asuransi akan mendatangi Anda dan mengecek bagian kendaraan yang akan diklaim dan menandainya.
  • Anda akan diarahkan untuk membawa mobil ke bengkel rekanan terdekat dan perbaikan kendaraan akan dilakukan hingga waktu yang ditentukan pihak bengkel.

Klaim kerugian total (TLO)

  • Melaporkan kejadian ke perusahaan asuransi.
  • Mengunduh dan mengisi formulir laporan kerugian berikut kronologis kejadian.
  • Menyiapkan dokumen asli berupa polis, BPKB, STNK, faktur pembelian, blanko kwitansi, buku kir (untuk kendaraan wajib kir), bukti pemblokiran STNK (klaim kehilangan), dan dokumen asli lain yang dibutuhkan.
  • Surat keterangan dari Kepolisian Daerah (Polda) untuk kehilangan akibat pencurian.
  • Kunci kendaraan asli, duplikat, dan triplikat (jika ada).
  • Mengirim semua dokumen ke pihak asuransi.
  • Menunggu pemeriksaan dokumen klaim maksimal 14 hari.
  • Penggantian klaim berupa uang akan diberikan setelah 60 hari pasca kejadian pencurian, kendaraan tidak ditemukan.

Klaim di luar kota dan tidak ada cabang Harta

  • Melaporkan kejadian melalui telepon, email, atau faksimile.
  • Membuat surat laporan ke Kepolisian Sektor (Polsek) setempat apabila kerugian atau kerusakan melibatkan pihak ketiga atau dalam hal klaim sebagian (all risks).
  • Mendokumentasikan kerusakan dengan foto.
  • Membuat estimasi biaya perbaikan.
  • Menyiapkan surat tuntutan dari pihak ketiga (jika ada).
  • Dokumen lain yang relevan dan diminta penanggung sehubungan penyelesaian klaim.
  • Setelah semua dokumen lengkap, kirim melalui pos, email, atau faksimile.
  • Menunggu proses pemeriksaan dokumen.
  • Jika klaim diterima, maksimal 14 hari kerja dana klaim dicairkan ke rekening peserta asuransi.

Jika terdapat kondisi klaim atau penyelesaian yang kurang jelas, maka proses penyelesaian klaim kembali pada klausul dalam polis asuransi. Dalam hal klaim jika diperkirakan atau dinyatakan “Complicated”, maka pihak asuransi akan menunjuk pihak lain sebagai independent adjuster untuk menilai kewajiban ganti rugi.

Berikut ini prosedur klaim asuransi kecelakaan diri berdasarkan jenis klaim yang diajukan nasabah:

Klaim kecelakaan diri untuk perawatan di rumah sakit

  • Melaporkan kejadian ke pihak asuransi.
  • Mendatangi rumah sakit dan melakukan perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan.
  • Peserta atau tertanggung membayar terlebih dahulu perawatan yang dilakukan.
  • Mengisi formulir klaim yang juga tersedia untuk diisi dokter yang merawat tertanggung.
  • Mengirim formulir klaim dan dokumen yang dibutuhkan ke pihak asuransi.
  • Menunggu pihak asuransi memeriksa dokumen dan jika disetujui, klaim reimbursement atas perawatan akan cair maksimal 14 hari kerja.

Klaim kecelakaan diri menyebabkan cacat total dan tetap

  • Melaporkan kejadian kepada pihak asuransi.
  • Mengunduh formulir dan diisi oleh pihak keluarga untuk formulir tertanggung.
  • Dokter mengisi formulir untuk formulir keterangan dokter atau rumah sakit.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  • Mengirim formulir klaim dan dokumen yang dibutuhkan ke pihak asuransi.
  • Klaim yang disetujui akan cair dalam waktu maksimal 14 hari kerja.

Sekadar informasi, persentase klaim cacat total dan tetap tergantung pada bagian tubuh yaitu berkisar 5-10 persen dari uang pertanggungan (manfaat meninggal dunia).

Klaim kecelakaan diri menyebabkan kematian

  • Ahli waris menghubungi pihak asuransi.
  • Mengunduh formulir klaim ahli waris.
  • Menyiapkan dokumen seperti polis, kartu identitas, kartu keluarga, surat keterangan kepolisian setempat yang menyatakan tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Menyiapkan akta kematian dari rumah sakit.
  • Mengirim formulir dan semua dokumen yang dibutuhkan dan diminta ke perusahaan asuransi.
  • Klaim akan dipelajari dan ahli waris menunggu maksimal 14 hari kerja untuk pencairan uang pertanggungan.

Sebagai salah satu perusahaan asuransi umum yang populer dengan asuransi kendaraan, Harta memiliki bengkel rekanan di berbagai kota yang siap membantu klaim nasabah. Untuk informasi lengkap bengkel rekanan Harta, silakan kunjungi situs resmi perusahaan.

Jabodetabek

  • Karyakita Putra Sejahtera (M): Jalan Gunung Sahari Raya No.17, Jakarta Pusat. Telepon: (021) 6253378
  • Ivan Motor (M): Jalan Ancol Selatan 2 No.42, Jakarta Utara. Telepon: (021) 65834408
  • Cindy Mobil (M): Gang Tolo No.18, Srengseng, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 5867311
  • Auto Master 2 (M): Jalan Bina Marga 22, Ceger, Taman Mini, Jakarta Timur. Telepon: (021) 8444305
  • Anugrah Sentosa Motor (M): Jalan Kemandoran VIII No.10, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 5347044
  • PT. Jaya Satria Metalindo: Jalan Raya Tapos No.307, Cibinong, Kab Bogor, Bogor. Telp: (021) 8753551
  • PT Kebayoran Jaya Indah Utama: Jalan Raya Lemah Abang KM.59 Cikarang, Bekasi. Telp: (021) 89143000
  • Asco Body Repair: Jalan Alternatif Cibubur Km.77 No.7, Nagreg, Cileungsi. Telp: 085892748518

Bandung

  • Prambanan Motor Abadi: Jalan Moh Toha No.86, Bandung. Telp: (022) 5200113
  • Sapphire body & Paint: Jalan Moh Toha, Ciseureuh, Kec. Regol. Telp: (022) 5205695
  • Bonti: Jalan Holis No.222 Kel.Caringin, Bandung Kulon. Telp : (022) 6034090

Karawang

  • Artha Gemilang Motor: Jalan Surotokunto No.209 Rawabagus, Karawang Timur. Telp: (0267) 8633772
  • Prambanan: Jalan Baru Dusun Maja Timur, Desa Margasari. Telp: 081222300729 

Medan

  • New Pelangi Service: Jalan Perjuangan No.102, Medan Perjuangan. Telp: (061) 4526083
  • New Top Speed: Jalan Krakatau No.182, Medan. Telp: (061) 6611762
  • Mulia Abadi Rezeki Selalu: Jalan Bilal ujung No.276. Telp: (061) 6621484
  • Katamso Service: Jalan Brigjen Katamso No.561, Medan Maimun. Telp: (061) 7861333
  • Kreatif Abadi Sentosa: Jalan Sei Batang No.35, Medan Sunggal. Telp: (061) 4514049

Semarang

  • Autofix Semarang: Jalan Majapahit No.129B. Telp: (024) 6701701
  • Tejo Motor: Jalan Fatmawati, Pedurungan kidul No.82. Telp: (024) 6711001
  • Bintang Utama: Jalan Wolter Monginsidi No.45. Telp: (024) 6710415
  • Titanium: Jalan Puspowarno Tengah No.3-5. Telp: (024) 7613386
  • Sinergi Hasta Auto: Jalan Setiabudi Raya No.120 Semarang. Telp: (024) 76405053

Solo

  • Nitro 1 Service: Jalan Dr Radjiman No.452. Telp: (0271) 724940
  • Mandiri Jaya Inti Sejahtera: Jalan Ciu Telukan, Sukoharjo. Telp: (0271) 623293
  • Mitra Kerja Mobilindo: Jalan Adi Sucipto No.6 Blulukan. Telp: (0271) 7653555

Surabaya

  • Best Color: Jalan Raya Lontar 19 (48A). Telp: (031) 7413000
  • Friend’s: Jalan Sidosermo Airdas V F–103. Telp: (031) 8410879
  • Ngagel Tama: Jalan Bung Tomo No.11. Telp: (031) 5041455
  • Safari Utama: Jalan Ahmad Yani N0.36-38. Telp: (031) 8280822
  • UD Bajoel: Jalan Gunung Anyar Sawah No.19. Telp: (031) 87854523

Memiliki produk asuransi kesehatan, Harta dalam situs resminya belum mencantumkan rumah sakit dan rekanan untuk tertanggung atau peserta yang membeli asuransi kecelakaan. Namun, peserta bisa mendatangi rumah sakit terdekat jika mengalami kecelakaan untuk menjalani perawatan, baik rawat jalan maupun rawat inap. Setelah itu, peserta bisa mengajukan klaim reimbursement atas biaya perawatan yang telah dikeluarkan. Klaim yang dibayarkan disesuaikan dengan yang tercantum di buku polis.

Layanan nasabah atau call center Harta dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim, dan sebagainya, silakan hubungi kontak berikut.

Call Center Harta

  • Kantor pusat: Jalan Balikpapan Raya No.9, Jakarta pusat 10130
  • Nomor Telepon: (021) 6348760/3845678
  • Faksimile: (021) 63864480/3451352
  • Email : [email protected]
  • Website: www.asuransi-harta.co.id

Asuransi  Harta tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Hingga kini, perusahaan memiliki kantor pusat di Jakarta Pusat dan sejumlah kantor cabang di wilayah Tangerang, Bandung, Surabaya, dan lain-lain.

Kantor Pusat Asuransi Harta

PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk

Jalan Balikpapan Raya No.9, Jakarta 10130  

No.Telp : (021) 6348760 (Hunting), (021) 3845678 (Hunting)

Fax: (021) 63864480, (021) 3451352

Homepage: www.asuransi-harta.co.id

Email: [email protected]

Alamat Kantor Cabang Asuransi Harta

  • Asuransi Harta Tangerang: Ruko Sutera Niaga 1 No. 9, Jalan Raya Serpong, Tangerang. Telepon: (021) 53127629, (021) 22353435, (021) 22353437.
  • Asuransi Harta Bandung: Jalan Jend. A Yani No. 246, Bandung 40271. Telepon: (022) 87243376, (022) 87243377.
  • Asuransi Harta Surabaya: Jalan Raya Ngagel No. 133 Blok I, Surabaya. Telepon: (031) 99005666.
  • Asuransi Harta Semarang: Jalan Tentara Pelajar No. 55D, Semarang. Telepon: (024) 76423856, 08882500140, 08882500120.
  • Asuransi Harta Medan: Jalan Abdullah Lubis, No. 2, Simpang Jalan SEI, Batang Serangan, Kec Medan Baru. Telepon: (061) 4561427, (061) 4576227.
  • Asuransi Harta Solo: Jalan Dr. Rajiman No. 376C Surakarta. Telepon: (0271) 712055, (0271) 712505.
  • Asuransi Harta Karawang: Cluster Karawang Green Village QG No. 03, Karawang, Jawa Barat. Telepon: (0267) 8633028, (0267) 5432081

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • asuransi-harta.co.id
  • https://market.bisnis.com/read/20190924/7/1151905/ini-10-saham-top-losers-pada-24-september-2019-ahap-paling-anjlok
Avatar
Penulis Hanifah Nurul Eks jurnalis bidang moneter, keuangan, dan gaya hidup yang memberikan pencerahan finansial lewat tulisan sederhana. Lihat profile penulis