Asuransi Jasa Tania

3.5 / 5.0 (5.312 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
16 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
16 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
16 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
16 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
16 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Jasa Tania

PT Asuransi Jasa Tania Tbk adalah perusahaan asuransi umum. Perusahaan yang telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini didirikan pada 1979 di Bandung dengan nama PT Maskapai Asuransi Jasa Tania. Pada awal pendirian, asuransi yang populer dengan nama Jastan tersebut fokus melayani grup PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

Jasa Tania menyediakan asuransi terkait pertanian dan peternakan. Selain itu tersedia pula asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, asuransi kecelakaan, dan asuransi bisnis. Produk Jasa Tania cocok bagi calon nasabah yang membutuhkan proteksi atas aset berharga dan bisnis.

Ringkasan

  • Polis Asuransi Kendaraan Bermotor menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).
  • Polis Asuransi PAR & IAR menjamin ganti rugi kerusakan hingga kerugian bisnis.
  • Polis Asuransi Ternak mengganti biaya kerugian apabila ternak mati atau kabur (hilang).
  • Polis Asuransi Tanaman Perkebunan memberi dana pengganti jika hasil pertanian tanaman perkebunan mengalami gagal panen.
  • Memiliki kantor cabang cukup banyak yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
 
 

Daftar Polis Asuransi Jastan (Jasa Tania)

Pilihan polis Asuransi Jasa Tania terbilang lengkap. Perusahaan tak sekadar menawarkan polis yang umum dimiliki perusahaan asuransi kerugian. Jastan memiliki dua polis yang cukup unik yaitu asuransi pertanian dan asuransi peternakan. Berikut ulasan polis yang dimiliki Asuransi Jasa Tania.

Produk Standar
Asuransi Penyimpanan Uang

Polis ini memberikan pertanggungan sesuai Produk Standar Asuransi Penyimpanan Uang Indonesia (PSAPUI) yaitu jaminan ganti rugi atas kehilangan uang selama uang disimpan di dalam brankas atau tempat yang sesuai dengan ketentuan polis.

  • Pertanggungan ini menjamin kehilangan atas uang dari dalam tempat penyimpanan sebagai akibat tindakan pencurian yang dilakukan pihak lain, termasuk pencurian yang disertai dengan kekerasan/penodongan atau pengrusakan terhadap tempat penyimpanan tersebut.
  • Pertanggungan ini juga menjamin kerusakan atas tempat penyimpanan sebagai akibat tindakan pencurian atau usaha pencurian yang dilakukan pihak lain hingga Rp10 juta.
Produk Standar
Asuransi Pengiriman Uang

Polis yang memberikan pertanggungan ganti rugi atas kehilangan uang selama proses pengiriman di dalam negeri (Indonesia).

  • Menjamin kehilangan atas uang yang terjadi dalam masa pengiriman akibat tindakan pencurian yang didahului/disertai/diikuti kekerasan ataupun ancaman.
  • Menjamin kehilangan, kerusakan atau musnahnya uang sebagai akibat langsung dari kebakaran yang terjadi dalam masa pengiriman.
Produk Standar
Asuransi PAR & IAR

Polis asuransi Property All Risk (PAR) dan Industrial All Risk (IAR) memberikan jaminan ganti rugi atas kerugian harta benda baik properti pribadi maupun komersial seperti gudang untuk risiko yang tercantum dalam polis.

Aset yang djaminkan dalam polis ini adalah bangunan, mesin, barang dagangan, isi atau perabot, dan perlengkapan bangunan lainnya.

  • Penggantian kerusakan material
  • Penggantian gangguan usaha akibat kerusakan atau kehancuran tempat usaha.
Produk Standar
Asuransi Proyek Konstruksi

Polis yang memberikan pertanggungan yang memberikan proteksi atas kerugian dan atau kerusakan fisik proyek pembangunan serta kerugian yang dialami pihak ketiga akibat dari kerugian dan atau kerusakan fisik pada proyek tersebut.

  • Kerusakan material terhadap konstruksi proyek sipil akibat kegagalan atau kerugian atas kegagalan proyek pembangunan.
  • Mengganti biaya pembuangan puing akibat klaim.
  • Perluasan jaminan meliputi: biaya tambahan lembur, cedera badan/sakit karena kecelakaan oleh pihak ketiga, ganti rugi kerugian harta benda pihak ketiga.
Produk Standar
Asuransi Pengangkutan Barang

Polis yang memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman melalui jalur darat, laut, dan udara.

  • Pertanggungan atas kerugian dan kerusakan terhadap barang dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.
  • Menjamin seluruh kerugian akibat Gempa bumi, letusan gunung berapi atau petir, jatuhnya barang ke laut karena tersapu ombak, masuknya air laut, air danau, air sungai ke dalam palka, peti kemas, liftvan, atau tempat penimbunan barang di atas kapal.
  • Kerugian total (total loss) atas suatu paket barang yang terjadi selama pembongkaran/ pemuatan barang.
  • Kerugian akibat kebakaran atau peledakan, kapal kandas, terdampar, tenggelam atau terbalik, alat angkut darat tabrakan atau benturan, terbalik atau keluar rel, tabrakan kapal dengan kapal, tabrakan atau benturan kapal dengan benda-benda lain kecuali air, pembongkaran barang di pelabuhan darurat;
  • Kerugian atau kerusakan akibat pengorbanan untuk kerugian umum di laut (general average sacrifice) seperti jettison yaitu membuang barang ke laut untuk menyelamatkan kapal dari kandas (tenggelam).
Produk Standar
Asuransi Gempa Bumi

Polis yang memberikan jaminan ganti rugi atas bangunan dan harta benda yang diasuransikan dari risiko bencana alam.

  • Risiko gempa bumi.
  • Risiko letusan gunung berapi.
  • Kebakaran dan ledakan sebagai dampak gempa bumi atau letusan gunung berapi.
  • Risiko tsunami.
Produk Standar
Asuransi Kendaraan Bermotor

Polis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas kendaraan bermotor yang dijaminkan yaitu mobil, bus, truk, pick up, motor.

  • Pertanggungan kerusakan kendaraan akibat tabrakan, perbuatan jahat, pencurian, dan kebakaran.
  • Kerugian akibat kerusakan selama berada di atas kapal untuk penyeberangan.
  • Ganti rugi atas tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
  • Klausul kerugian total saja (jaminan perluasan).
  • Klausul tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga saja (jaminan perluasan).
  • Klausul tanggung jawab hukum terhadap penumpang (jaminan perluasan).
  • Klausul kecelakaan diri (jaminan perluasan).
  • Klausul bank (jaminan perluasan).
  • Klausul pembiayaan (jaminan perluasan).
  • Klausul kereta gandeng (jaminan perluasan).
  • Klausul huru-hara (jaminan perluasan).
  • Klausul huru-hara, terorisme, dan sabotase (jaminan perluasan).
  • Klausul gempa bumi, tsunami dan/atau letusan gunung berapi (jaminan perluasan).
  • Klausul angin topan, badai, hujan es, banjir, dan/atau tanah longsor (jaminan perluasan).
Produk Standar
Asuransi Kebakaran

Polis yang memberikan jaminan atas harta benda dari kerusakan atau kerugian yang disebabkan kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap. Pertanggungan polis ini sesuai Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

  • Jaminan ganti rugi harta benda akibat risiko kebakaran sesuai yang tercantum dalam polis (PSAKI).
Produk Pengembangan
JT Oto Mobil All Risk (Comprehensive)

Polis asuransi khusus mobil dengan perlindungan atau jaminan ganti rugi menyeluruh dari lecet hingga kerusakan parah.

  • Pertanggungan kerugian sebagian atau total akibat tabrakan, benturan, tergelincir, dan terbalik.
  • Pertanggungan kerugian sebagian atau total akibat banjir.
  • Pertanggungan kerugian sebagian atau total akibat pencurian.
  • Pertanggungan kerugian sebagian atau total akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian sebagian atau total selama penyeberangan dengan feri.
  • Pertanggungan kerugian sebagian atau total akibat kerusuhan perbuatan jahat, kerusuhan, penjarahan, pemogokan.
  • Pertanggungan kerugian sebagian atau total akibat tuntutan hukum pihak ketiga.
  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan kendaraan untuk pengemudi dan penumpang.
  • Santunan biaya perawatan medis akibat kecelakaan kendaraan.
  • Penggantian biaya derek.
Produk Pengembangan
JT Oto Mobil TLO

Polis asuransi khusus mobil dengan jaminan ganti rugi kerusakan minimal 75 persen atau kehilangan kendaraan.

  • Pertanggungan kerugian total akibat tabrakan, benturan, tergelincir, dan terbalik.
  • Pertanggungan kerugian total akibat banjir.
  • Pertanggungan kerugian total akibat pencurian.
  • Pertanggungan kerugian total akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian total selama penyeberangan dengan feri.
  • Pertanggungan kerugian total akibat kerusuhan perbuatan jahat, kerusuhan, penjarahan, pemogokan (kecuali terorisme dan sabotase).
  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan kendaraan untuk pengemudi (maksimal Rp5 juta) dan tujuh orang penumpang (maksimal masing-masing Rp10 juta).
  • Santunan biaya perawatan medis akibat kecelakaan kendaraan (maksimal Rp2,5 juta per kejadian).
  • Penggantian biaya derek maksimum 0,5 persen dari harga pertanggungan.
Produk Pengembangan
JT Griya

Polis asuransi yang menanggung kerugian atas kerusakan rumah tinggal dari berbagai risiko yang dijaminkan dalam polis.

  • Pertanggungan terhadap risiko kebakaran,sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap.
  • Pertanggungan terhadap risiko pencurian terhadap kekerasan.
  • Pertanggungan terhadap risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga, maksimum 10 persen dari nominal pertanggungan total.
  • Pertanggungan biaya pembersihan puing maksimum 5 persen dari total pertanggungan.
  • Pertanggungan terhadap risiko kerusuhan, penjarahan, pemogokan, sabotase, perbuatan jahat, dan lain-lain.
  • Pertanggungan terhadap risiko bencana alam.
  • Santunan kematian penghuni dan pembantu rumah tangga.
Produk Pengembangan
JT Care Mikro

Polis asuransi yang memberikan jaminan rawat medis akibat sakit maupun kecelakaan dengan santunan harian.

  • Pertanggungan terhadap biaya rawat inap akibat kecelakaan.
  • Pertanggungan terhadap biaya rawat inap akibat penyakit: usus buntu, alergi makan, bronchitis, kolera, demam berdarah, disentri, flu burung, gastroenteritis, panas tinggi, infeksi saluran kemih, kejang demam, keracunan, malaria, campak, tipes, cacar air, vertigo, radang tenggorokan, pneumonia.
  • Memberikan santunan harian berdasarkan plan dengan nominal antara Rp300-700 ribu.
Produk Pengembangan
JT Care Cash Plan

Polis asuransi yang memberikan jaminan santunan tunai untuk nasabah yang dirawat di rumah sakit.

  • Santunan tunai harian untuk rawat inap rumah sakit akibat usus buntu, alergi makan, bronchitis, kolera, demam berdarah, disentri, flu burung, gastroenteritis, panas tinggi, infeksi saluran kemih, kejang demam, keracunan, malaria, campak, tipes, cacar air, vertigo, radang tenggorokan, pneumonia.
Produk Pengembangan
Asuransi Tanaman Perkebunan

Asuransi Tanaman Perkebunan adalah polis asuransi yang menjamin ganti rugi apabila terjadi kerusakan pada tanaman perkebunan. Polis ini difokuskan pada perkebunan kelapa sawit.

  • Pertanggungan risiko kebakaran pada tanaman.
  • Pertanggungan risiko tanaman tersambar petir atau terkena ledakan.
  • Pertanggungan risiko tanaman kejatuhan pesawat terbang.
  • Pertanggungan risiko tanaman terserang hama penyakit yang tidak dikecualikan dalam polis.
Produk Pengembangan
Asuransi Ternak

Asuransi Ternak adalah polis asuransi yang menjamin hewan ternak dari berbagai risiko yang merugikan peternak.

  • Pertanggungan kematian ternak akibat penyakit, yakni jamur, virus, dan mikroba lainnya.
  • Pertanggungan kematian ternak akibat kecelakaan.
  • Pertanggungan kehilangan ternak yang disebabkan oleh pencurian.
  • Pertanggungan kehilangan ternak yang disebabkan oleh terlepas dari kandang karena tertabrak kendaraan, benturan pesawat terbang, dan kebakaran.
Produk Pengembangan
Jastan Trip

Polis asuransi untuk nasabah yang melakukan perjalanan domestik dan luar negeri untuk kebutuhan perjalanan wisata, bisnis, dan ibadah.

  • Meninggal dunia atau cacat tetap.
  • Biaya rawat inap di rumah sakit.
  • Santunan pemakaman.
  • Biaya repatriasi jenazah.
  • Kehilangan bagasi dan keterlambatan perjalanan (khusus untuk penggunaan kendaraan umum selain pesawat terbang).
  • Biaya penggunaan derek (khusus untuk penggunaan kendaraan pribadi).
 

Produk Asuransi Jasa Tania

Asuransi Jasa Tania menghadirkan berbagai produk asuransi umum (kerugian) yang terdiri atas dua kategori produk utama yaitu Produk Standar dan Produk Pengembangan. Dalam kategori Produk Standar tersedia beragam jenis asuransi umum termasuk asuransi kendaraan bermotor, asuransi uang, hingga asuransi properti.

Berikut produk Asuransi Jasa Tania.

1. Produk Standar

Produk Standar Asuransi Jasa Tania merupakan produk-produk asuransi umum (kerugian) yang ditujukan bagi nasabah individu dan korporasi. Tersedia delapan polis termasuk asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, dan asuransi pengangkutan barang.

2. Produk Pengembangan

Produk Asuransi Pengembangan Jasa Tania hanya terdiri atas beberapa polis yaitu JT Oto, JT Griya, Ternak, Tanaman Perkebunan, Askes JT Care Cash Plan, Askes JT Care Micro, dan Tanggung Gugat Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit.

 

Profil PT Asuransi Jasa Tania Tbk

Profil PT Asuransi Jasa Tania Tbk tidak terlepas dari beberapa dekade dan perubahan nama perusahaan. Semua dimulai ketika PT Maskapai Asuransi Jasa Tania didirikan di Bandung pada Juni 1979. Kegiatan operasional perusahaan sebatas PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I-XXIX.

Di tahun 1979, perusahaan hanya memiliki kantor cabang lima dan satu kantor perwakilan. Nama perusahaan berubah menjadi PT Asuransi Jasa Tania seiring perpindahan kantor pusat dari Bandung ke Jakarta.

Memasuki dekade 1990-an, perusahaan mulai memperluas layanan melalui produk dan kantor cabang serta perwakilan, totalnya sembilan kantor. Pada dekade ini, perusahaan juga telah memiliki layanan keuangan perbankan yang menyasar BUMN dan swasta.

Dekade 2000-an menjadi momen perubahan besar. Asuransi Jasa Tania go public dan resmi menjadi perusahaan terbuka pada 2003. Kantor cabang dan pemasaran bertambah menjadi 12 di lokasi berbeda-beda.

Sejak itu, perusahaan terus mengembangkan diri termasuk rebranding logo. Emiten berkode ASJT ini juga melebarkan sayap bisnis asuransi menyasar kendaraan bermotor, properti, peternakan, dan perkebunan.

Pada tahun 2015 perseroan melakukan aksi korporasi dengan memecah nilai nominal saham untuk menambah jumlah saham yang beredar (stock split). Jastan juga mengembangkan jaringan distribusi dengan memperluas cakupan pasar melalui 13 kantor cabang dan 10 kantor pemasaran.

Jasa Tania telah terdaftar dalam asosiasi yang berada di Indonesia, yaitu Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Perusahaan asuransi Jasa Tania telah mendapatkan izin usaha dari Kementerian Keuangan dengan nomor No. KEP-3104/MP/1979 dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Jasa Tania. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 270 persen.
  • Jumlah aset: Rp478,439 miliar.
  • Ekuitas: Rp219,626 miliar.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Jasa Tania mencapai 270 persen pada 2018 terbilang baik meski tidak fantastis. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Jastan, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Apa Itu Asuransi Jasa Tania?

Asuransi Jasa Tania adalah asuransi umum yang menawarkan berbagai jenis produk asuransi kerugian. Produk perusahaan yang disingkat Jastan ini terdiri atas dua kategori yaitu Produk Standar dan Produk Pengembangan.

Produk Asuransi Standar di antaranya Asuransi Kebakaran, Kendaraan Bermotor, Rekayasa, dan Pengangkutan Barang. Produk Pengembangan seperti Asuransi JT Oto, JT Griya, Ternak, Tanaman Perkebunan, Askes JT Care Cash Plan, Askes JT Care Micro, dan Tanggung Gugat Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit.

Apakah Asuransi Jasa Tania BUMN?

PT Asuransi Jasa Tania Tbk bukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada mulanya, kegiatan operasional perusahaan terbatas dalam melayani PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I-XXIX yaitu BUMN di sektor perkebunan.

Saham Asuransi Jasa Tania

Saham Asuransi Jasa Tania telah dijual ke publik pada 2003. Kala itu, emiten berkode ASJT ini melakukan penawaran saham perdana (IPO) sebanyak 50 juta lembar saham atau 16.67 persen dari 300 juta lembar saham perusahaan.

Harga yang ditawarkan Rp300 per lembar saham. Saham ASJT resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 29 Desember 2003.

Keunggulan Asuransi Jasa Tania

Asuransi Jasa Tania memiliki keunggulan dibandingkan perusahaan asuransi umum atau kerugian lain yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah ketersediaan polis Asuransi Ternak dan Asuransi Pertanian. Polis ini memberikan proteksi bagi peternak dan petani dari kerugian akibat gagal panen dan ternak yang mati.

Selain itu, asuransi ini juga memiliki pertanggungan utama lebih lengkap untuk beberapa polis asuransinya. Misalnya pertanggungan asuransi kendaraan yang sudah termasuk ganti rugi terhadap pihak ketiga (TPL).

Pemegang Saham Jasa Tania

Pemegang saham Jasa Tania saat ini antara lain:

  • Dana Pensiun Perkebunan dari seluruh PT Perkebunan Nusantara (Persero) 5% atau lebih.
  • Reksadana HPAM Premium 16,47%.
  • Publik (masyarakat umum) tidak ditemukan informasi mengenai persentase kepemilikan publik atas saham Jasa Tania.

Apakah Asuransi Jasa Tania Terdaftar di OJK?

Asuransi Jasa Tania telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor No. KEP-3104/MP/1979. Pada 1979, OJK belum berdiri dan industri perbankan dan lembaga keuangan non bank (LKNB) masih diawasi BAPEPAM-LK.

Asuransi Jasa Tania juga terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Apa yang Dimaksud Produk Pengembangan Asuransi Jasa Tania?

Produk Pengembangan Asuransi Jasa Tania adalah polis-polis ritel yang dijual lebih fokus. Contohnya polis Asuransi JT Oto Mobil, yang khusus memberikan jaminan ganti rugi pada mobil nasabah dari semua risiko (all risk) atau kehilangan (TLO).

Harga Premi Asuransi Jasa Tania

Cari tahu premi asuransi Jasa Tania dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Dilansir dari laman situs resmi Asuransi Jasa Tania, berikut harga premi masing-masing produk asuransi Jasa Tania:

  • JT Oto Mobil: N/A.
  • JT Griya: 0,15 persen dari harga pertanggungan.
  • JT Care Mikro: N/A.
  • JT Care Cash Plan: Nominal premi berdasarkan plan dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
  • Asuransi Tanaman Perkebunan: N/A.
  • Asuransi Ternak: N/A.
  • Asuransi Kecelakaan: N/A.
  • Asuransi Energi: N/A.
  • Asuransi Rekayasa: N/A.
  • Asuransi Alat Berat: N/A.
  • Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga: N/A.
  • Asuransi Marine: N/A.
  • Asuransi Miscellaneous: N/A.
  • Asuransi Kendaraan Bermotor: N/A.
  • Asuransi Kebakaran: N/A.
  • Asuransi Surety Bond: N/A.

Cara Mendapatkan Asuransi Jasa Tania secara Online

Membeli Asuransi Jasa Tania bisa dilakukan dengan tiga cara berdasarkan laman resmi perusahaan yaitu pembelian secara online, pembelian melalui telepon, dan mendatangi langsung kantor pusat atau cabang Asuransi Jasa Tania.

Pembelian secara online akan sangat praktis karena calon nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang terdekat sekalipun. Calon nasabah hanya perlu mengunjungi laman resmi Asuransi Jasa Tania di www.jastan.co.id dan pilih halaman produk.

Namun, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, calon nasabah mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Agen dan Broker Asuransi Jasa Tania

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi Jasa Tania. Agen asuransi biasanya 

adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Jasa Tania. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Jasa Tania dengan calon nasabah asuransi.

Jasa Tania memiliki sistem keagenan perorangan dengan nama Agen Retail Jastan. Agen Jasa Tania terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Account Officer, Account Supervisor, dan Account Manager. Untuk mendaftarkan diri menjadi agen asuransi Jasa Tania, silakan akses halaman Agen pada situs Jasa Tania.

Pembayaran Premi Asuransi Jasa Tania

Berikut ini cara pembayaran premi Asuransi Jasa Tania yang dijelaskan dalam situs resmi perusahaan.

  • Setiap premi terhutang harus sudah dibayar lunas dan secara nyata telah diterima seluruhnya oleh penanggung 1 (satu) jam setelah penerbitan tagihan pembayaran.
  • Pembayaran premi dapat dilakukan dengan cara transfer ke rekening penanggung yang ditampilkan pada aplikasi.
  • Penanggung dianggap telah menerima pembayaran premi pada saat premi bersangkutan sudah masuk ke rekening bank penanggung, atau
  • Apabila jumlah premi sebagaimana dimaksudkan di atas tidak dibayar sesuai cara dan dalam jangka waktu yang ditetapkan, Pertanggungan ini batal dengan sendirinya.
  • Pertanggungan mulai berlaku saat premi diterima sesuai poin 2 tersebut di atas.

Untuk informasi lebih jelas mengenai cara pembayaran premi kunjungi situs resmi perusahaan atau customer service PT Asuransi Jasa Tania Tbk.

Cara Klaim Asuransi Jasa Tania untuk Kendaraan Bermotor

Berikut ini prosedur klaim asuransi kendaraan bermotor Jasa Tania:

  • Melaporkan klaim melalui email atau faksimile ke Jasa Tania maksimal 5 hari setelah kejadian.
  • Mengisi formulir klaim.
  • Melengkapi dokumen sesuai dengan jenis kerugian yang dialami. Dokumen yang harus dilengkapi akan dijabarkan di bawah ini.

Dokumen klaim kerusakan sebagian:

  • KTP/SIM
  • Laporan kepolisian bila terkait tindak kejahatan.

Dokumen klaim kehilangan:

  • STNK dan BPKB asli
  • KTP/SIM
  • Surat keterangan dari polisi (bila terjadi tindak kejahatan).
  • Kunci dan duplikatnya.
  • Surat blokir STNK.
  • Dua lembar kuitansi kosong bermaterai 6000

Dokumen klaim kerusakan total:

  • STNK dan BPKB asli
  • KTP/SIM
  • Surat keterangan kecelakaan dari polisi
  • Kunci dan duplikatnya
  • Dua lembar kuitansi kosong bermaterai Rp6000.

Cara Klaim Asuransi Jasa Tania untuk Properti

Berikut ini prosedur klaim asuransi properti Jasa Tania.

  • Tertanggung melaporkan dalam waktu 3 hari kalender sejak tanggal kejadian.
  • Tertanggung mengisi formulir klaim.
  • Memberikan dokumen yang diperlukan yaitu:
  • Surat Tuntutan atau pemberitahuan dari tertanggung.
  •  Fotokopi polis.
  • Bukti pembayaran premi.
  • Surat Keterangan dari kepolisian.
  • Berita Acara yang menjelaskan kronologi kejadian.
  • Kuitansi asli dan fotokopi.
  • Penanggung melakukan validasi dan analisis klaim, jika klaim tidak valid maka tertanggung akan menerima surat penolakan.
  • Jika klaim valid, maka penanggung akan memberikan konfirmasi persetujuan klaim kepada tertanggung.
  • Penanggung melakukan pembayaran klaim dalam waktu yang ditentukan dalam polis, setelah klaim dinyatakan benar dan ada kesepakatan ganti rugi antara penanggung dan tertanggung.

Cara Klaim Asuransi Jasa Tania untuk Kesehatan

Berikut ini prosedur klaim Asuransi Kesehatan Jasa Tania.

  • Melakukan klaim ke pihak asuransi Jasa Tania paling lambat 10 hari setelah keluar dari rumah sakit. 
  • Mengisi formulir.
  • Menyampaikan dokumen pendukung klaim (sertifikat asuransi dan kuitansi rumah sakit)

Cara Klaim Asuransi Jasa Tania untuk Bisnis

Berikut ini prosedur klaim Asuransi Bisnis Jasa Tania.

  • Tertanggung melaporkan dalam waktu 3 hari kalender sejak tanggal kejadian.
  • Tertanggung mengisi formulir klaim.
  • Dokumen klaim yang diperlukan dari tertanggung:
  • Surat tuntutan/pemberitahuan dari tertanggung.
  • Fotokopi polis.
  • Bukti pembayaran premi.
  • Surat keterangan dari kepolisian.
  • Berita acara kronologi kejadian.
  • Kuitansi asli dan fotokopi.
  • Penanggung melakukan validasi dan analisa klaim, jika klaim tidak valid maka tertanggung akan menerima surat penolakan.
  • Jika klaim valid, maka penanggung akan memberikan konfirmasi persetujuan klaim kepada tertanggung.
  • Penanggung melakukan pembayaran klaim dalam waktu yang ditentukan dalam polis, setelah klaim dinyatakan benar dan ada kesepakatan ganti rugi antara penanggung dan tertanggung.

Bengkel Rekanan Asuransi Jasa Tania

Dalam situs resmi perusahaan Asuransi Jasa Tania tidak ditemukan informasi mengenai alamat bengkel rekanan. Nasabah yang ingin melakukan klaim asuransi kendaraan bermotor bisa menghubungi customer service Asuransi Jasa Tania.

Cara Berhenti Asuransi Kendaraan Bermotor Jasa Tania

Berikut ini prosedur penutupan atau berhenti asuransi kendaraan bermotor Jasa Tania.

  • Tertanggung mengisi SPPA (Surat Permintaan Penutupan Asuransi).
  • Tertanggung melengkapi dokumen yang dibutuhkan:
  • Nama tertanggung
  • Alamat tertanggung
  • Alamat lokasi pertanggungan
  • Detail kendaraan bermotor yang akan dipertanggungkan beserta harga pertanggungannya (merk kendaraan, jenis, tipe)
  • Nomor polisi, nomor rangka, nomor mesin, tahun pembuatan.
  • Penggunaan kendaraan bermotor, lokasi penggunaan.
  • Catatan kerugian yang pernah terjadi, bila ada beserta penyebabnya.
  • Penanggung melakukan analisis risiko.
  • Penanggung menerbitkan dan menyerahkan polis kepada tertanggung.
  • tertanggung membayar premi.
  • Jika tertanggung menghendaki adanya perubahan pada polis yang telah diterbitkan harus disertai permintaan tertulis dari tertanggung.

Cara Berhenti Asuransi Jasa Tania

Berikut ini cara berhenti atau tutup polis Asuransi Jasa Tania yang disadur berdasarkan situs resmi perusahaan:

  • Tertanggung mengisi SPPA (Surat Permintaan Penutupan Asuransi).
  • Tertanggung melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  • Penanggung melakukan analisis risiko.
  • Penanggung menerbitkan dan menyerahkan polis kepada tertanggung.
  • Tertanggung membayar premi.
  • Jika tertanggung menghendaki adanya perubahan pada polis yang telah diterbitkan harus disertai permintaan tertulis dari tertanggung.

Call Center Asuransi Jasa Tania dan Layanan

Layanan nasabah atau call center Jasa Tania dapat Anda capai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Jasa Tania, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre:  Gedung Agro Plaza Lt. 9, Jalan H. R. Rasuna Said Kav X2 No.1, RT.7/RW.4, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950
  • Jasa Tania Call Center: (021) 5262529
  • Faksimile: (021) 526 2539
  • Email: [email protected]
  • Situs resmi: jastan.co.id

Asuransi Jasa Tania Kantor Pusat Dan Kantor Cabang

Jasa Tania tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kantor pusat Asuransi Jasa Tania (Jastan) berada di Jakarta Pusat. Sementara kantor cabang tersebar di berbagai kota besar Indonesia.

Kantor Pusat PT Asuransi Jasa Tania

Gedung Agro Plaza Lt. 9

Jalan H. R. Rasuna Said Kav X2 No.1, RT.7/RW.4

Kuningan, Kecamatan Setiabudi

Kota Jakarta Selatan

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Telp.(021) 5262529

Faksimile: (021) 526 2539

Alamat Kantor Cabang Jasa Tania

  • PT Asuransi Jasa Tania Jakarta: Rukan Crown Palace Blok A 20-21: Jalan Prof. Dr. Soepomo SH, No. 231,Jakarta 12870 | Telp. (021) 83787361 – 63, Faksimile: (021) 83787360 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Jakarta Utara: Rukan Kelapa Gading Square Blok C No. 46, Jalan Raya Boulevard Barat (Mall OF Indonesia) Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240 | Telepon: (021) 45866973, 45869215 | Faksimile: (021) 45869221 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Medan: Jalan Kapt. Pattiimura No. 22 C, Medan 20153 | Telp. (061) 4152565, 4151155, Faksimile: (061) 4150932 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Bandar Lampung: Jalan Jendral Sudirman No. 82, Bandar Lampung 35127 | Telepon: (0721) 252274, Fax : (0721) 251938 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Bandung: Jalan Cihampelas No. 58 A, Bandung 40116 | Telepon: (022) 4202598, Faksimile: (022) 4224013 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Semarang: Jalan Pandanaran 2-6 Blok 4, Semarang 50134 | Telepon: (024) 8310170, 8411370, Faksimile: (024) 8415634 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Surabaya: Jalan Diponegoro No. 45, Surabaya 60241 | Telepon: (031) 5676002, 5671223, Fax (031) 5677645 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Makassar: Ruko Mirah Blok A No. 5: Jalan Pengayoman, Panakukang Mas, Makassar 90234 | Telepon: (0411) 448126, Faksimile: (0411) 432737 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Pekanbaru: Komp. Perkantoran Sudirman Raya Blok B No.4, Jalan Jenderal Sudirman, Simpang Tiga, Pekanbaru 28284 | Telepon: (0761) 36996, 34274, Faksimile: (0761) 37069 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Pontianak: Jalan Sultan Abdurrachman Blok E/211, Pontianak 78121 | Telepon: (0561) 767100, 741107, Faksimile: (0561) 741108 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Jambi: Jalan Slamet Riyadi No. 101, Broni, Telanaipura, Jambi 36121 | Telepon: (0741) 64555, Faksimile: (0741) 61635 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Palembang: Jalan Basuki Rahmat No. 2069 B, Kel. 20 Ilir, Kec. Kemuning | Telepon: (0711) 377593, Faksimile: (0711) 377593 | Email: [email protected]
  • PT Asuransi Jasa Tania Tangerang: Rukan Tangerang City Blok E/3, Jalan Jend. Sudirman No. 1, Cikokol | Telepon: (021) 29529250, Faksimile: (021) 29529251 | Email: [email protected]

Alamat Kantor Pemasaran Jasa Tania

  • Surakarta: Komplek Ruko Ronggowarsito, Jalan Ronggowarsito Blok E. No. 151, Surakarta 57131 | Telepon: (0271) 727672, Faksimile: (0271) 736026 | Email: [email protected]
  • Yogyakarta: Gedung Auditorium LPP Lt II, Jalan Urip Sumoharjo No.100, | Telepon: (0274) 586581, Faksimile: (0274) 586581 | Email: [email protected]
  • Banda Aceh: Jalan Teuku Hasan Dek No. 4 | Telepon: (0651) 635141, Faksimile: (0651) 635149 | Email: [email protected]
  • Kediri: Jalan Trunojoyo No. 26, Kediri | Telepon: (0354) 692122, Faksimile: (0354) 692124 | Email: [email protected]
  • Jember: Ruko Gatot Subroto Kav. N, Jalan Gatot Subroto, Jember | Telepon: (0331) 321386, Faksimile: (0331) 321356 | Email: [email protected]
  • Cirebon: Jalan Slamet Riyadi No. 17A, Cirebon | Telepon: (0231) 238969, Faksimile: (0231)238969 | Email: [email protected]
  • Balikpapan: Ruko Sentra Eropa Blok AB. No. 28, Komp. Balikpapan Baru, Jalan MT Haryono, Balikpapan 76114 | Telepon: (0542) 7204394, 7041916 Faksimile: (0542) 7204394 | Email: [email protected] 
  • Tuban: Jalan Pattimura, No. 13 | Telepon: (0356) 320662, Faksimile: (0356) 320662 | Email: [email protected]
  • Pematang Siantar:Jalan Ade Irma Suryani No. 46 B Lk.II, Kel. Melayu – Kec. Siantar Utara Telepon: (0622) 5893744 | Faksimile: (0622) 5893744 | Email: [email protected]
  • Muara Bungo: Jalan Durian Puntiluhur, Desa Palang Pantai, Kec. Bungo Dani, Jambi | Telepon: (0747) 321555, Faksimile: (0747) 321555 | Email: [email protected]

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • www.jastan.co.id
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/pendapatan-premi-bruto-asuransi-jasa-tania-astj-merosot-12-pada-kuartal-iii-2019
Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan