Asuransi Jiwa Bumiputera

1.8 / 5.0 (5.612 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
FLASHSALE
Diskon 10%
  • Promo_Page_jiwa1 (FIX)
81 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Jiwa Bumiputera: Premi Murah & Manfaat Terbaik

Asuransi Jiwa Bumiputera adalah produk asuransi jiwa yang dimiliki Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Asuransi Jiwa Bumiputera menghadirkan beragam produk untuk tertanggung individu maupun kumpulan (karyawan). Hanya saja, Asuransi Bumiputera sedang menghadapi serangkaian masalah penundaan pembayaran yang membuat izinnya ditarik oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga untuk saat ini, Asuransi Jiwa Bumiputera kurang direkomendasikan bagi calon nasabah.

Jika sedang mencari produk asuransi jiwa terbaik dapat lihat rekomendasi dari berbagai pilihan brand asuransi dengan premi mulai Rp55 ribuan per bulan tersedia di Lifepal!

Pilihan Polis Asuransi Jiwa Bumiputera

Asuransi Jiwa Bumiputera memiliki enam polis yang ditujukan untuk nasabah individu dan kumpulan. Dua polis individu dan empat polis kumpulan. Berikut penjelasan mengenai polis dan manfaatnya.

Rangkuman Manfaat Asuransi Jiwa Bumiputera

Produk

Manfaat

Asuransi Jiwa Individu
Mitra BeasiswaDana Kelangsungan Belajar (DKB) + Dana Beasiswa Anak + Santunan meninggal dunia + manfaat pembebasan kewajiban premi 
Mitra Proteksi MandiriManfaat pengembalian premi + santunan meninggal dunia + manfaat pembebasan kewajiban premi 
Asuransi Jiwa Kumpulan
Asuransi KreditSantunan meninggal dunia sebesar pinjaman tertanggung kepada lembaga keuangan
Asuransi EkawaktuSantunan meninggal dunia
Asuransi KecelakaanSantunan kecelakaan
Asuransi IdamanSantunan meninggal dunia

Cara Klaim Asuransi Jiwa Bumiputera

Cara melakukan klaim polis pada asuransi jiwa Bumiputera terbagi menjadi dua cara, yaitu klaim asuransi individu dan klaim asuransi kumpulan. Berikut penjelasan mengenai cara klaim keduanya:

Pertanyaan Seputar Asuransi Jiwa Bumiputera

Berikut pertanyaan yang sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi Jiwa Bumiputera.

Seperti apa metode penggantian biaya Asuransi Jiwa Bumiputera?

Secara umum, ada tiga metode penggantian biaya asuransi jiwa. Tertanggung maupun ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan yang sudah dijanjikan di dalam kontrak atau polis asuransi. 

Jika tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total, maka ada tiga cara penggantian biaya yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi jiwa, simak penjelasan berikut ini.

Sebagai contoh seorang tertanggung memiliki nilai uang pertanggungan sebesar Rp100 juta.

  • Pembayaran sekaligus (lump sum). Pada saat klaim, ahli waris tertanggung akan mendapatkan bayaran Rp100 juta sekaligus.
  • Pembayaran bulanan. Pada saat klaim, ahli waris akan mendapatkan Rp100 juta dalam jangka waktu 100 bulan ke depan. Artinya setiap bulan ahli waris akan mendapatkan Rp1 juta, sebagai ilustrasi.
  • Pembayaran gabungan atau campuran antara pembayaran sekaligus dan bulanan. Pada saat klaim, ahli waris akan mendapatkan 50 persen dari uang pertanggungan sebesar Rp50 juta sekaligus. Sisanya akan dibayarkan oleh perusahaan sebesar Rp50 juta untuk 50 bulan ke depan atau periode dan nilai yang sudah disepakati dalam polis asuransi. 

Selain santunan tunai, terdapat metode penggantian reimbursement atau cashless apabila tertanggung juga memiliki rider (manfaat tambahan) berupa asuransi kesehatan.

Penting diingat, sebelum memilih asuransi jiwa, calon nasabah harus memastikan bagaimana cara perusahaan asuransi membayarkan uang pertanggungan jika ada klaim dari nasabah. 

Siapakah pemilik AJB Bumiputera?

Asuransi AJB Bumiputera atau PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 adalah  perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang berbentuk badan hukum usaha bersama alias mutual.

Kepemilikannya sendiri dimiliki oleh pemegang polis, dioperasikan untuk kepentingan pemegang polis, dan dibangun berdasarkan tiga pilar, yaitu mutualisme, idealisme, serta profesionalisme.

Apakah AJB Bumiputera bangkrut?

Walau sempat mengalami kasus gagal bayar, namun Bumiputera tidak bisa dikatakan bangkrut. Sebaliknya, perusahaan justru berupaya untuk menyelamatkan keberlangsungan dirinya. Beberapa cara pun dilakukan oleh Bumiputera, mulai dari menjual aset, menerbitkan produk baru, hingga manajemen aset.

Berapa harga premi Asuransi Jiwa Bumiputera?

Harga premi Asuransi Jiwa Bumiputera tentu berbeda-beda tiap produknya. Perbedaan besaran premi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Usia masuk tertanggung
  • Masa perlindungan
  • Jenis kelamin
  • Gaya hidup
  • Penyakit bawaan
  • Jenis perlindungan
  • Perluasan manfaat yang diinginkan

Untuk informasi lebih lengkap mengenai harga premi Asuransi Jiwa Bumiputera, silakan menghubungi Halo Bumiputera di 08041001912.

Bagaimana cara membeli Asuransi Jiwa Bumiputera secara online?

Membeli Asuransi Jiwa Bumiputera secara online tentunya akan sangat praktis. Sebab, calon nasabah tidak perlu lagi mendatangi kantor cabang terdekat sekalipun. Nasabah hanya perlu menghubungi call center Bumiputera untuk mengetahui cara pembelian asuransi secara online.

Atau, jika ingin lebih berimbang, lakukan perbandingan produk dan polis asuransi jiwa terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, calon nasabah mendapatkan proteksi terbaik dan premi paling ringan.

Bagaimana cara melakukan pembayaran premi Asuransi Jiwa Bumiputera?

Pembayaran premi Asuransi Jiwa Bumiputera dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Autodebet: Dilakukan dengan mendebetkan langsung pembayaran dari kartu kredit maupun debit yang telah Anda didaftarkan.
  • Virtual Account: Pembayaran dilakukandengan memasukkan nomor rekening virtual account Asuransi Bumiputera pada mesin ATM, internet banking, maupun setoran tunai di teller bank.
  • Setor tunai: Nasabah datang ke kantor asuransi Bumiputera pusat atau cabang terdekat Bumiputera dan jelaskan maksud dan tujuan untuk membayarkan premi asuransi.
Bagaimana cara mengajukan klaim Asuransi Jiwa Bumiputera?

Informasi mengenai prosedur klaim Asuransi Jiwa Bumiputera bisa dicek pada tab Klaim.

Bagaimana cara cek polis Bumiputera?

Dilansir dari situs resmi perusahaan, berikut cara mengecek polis Bumiputera yang bisa nasabah ikuti.

1. Info Premi
Ketik: BP (spasi) NOMOR POLIS (spasi) PREMI
Contoh: BP 123456789 PREMI, kirim ke 0811881912

2. Info Nilai Tunai
Ketik: BP (spasi) NOMOR POLIS (spasi) NT
Contoh: BP 123456789 NT, kirim ke 0811881912

3. Info Pinjaman Polis
Ketik: BP (spasi) NOMOR POLIS (spasi) PJPOL
Contoh: BP 123456789 PJPOL, kirim ke 0811881912

4. Info Lain
Ketik: BP (spasi) NOMOR POLIS (spasi) TANYA (spasi) PERTANYAAN ANDA
Contoh: BP 123456789 TANYA DI MANA ALAMAT KANTOR
CABANG SOLO? kirim ke 0811881912

Penting untuk diketahui, layanan informasi ini hanya diperuntukkan untuk nasabah yang terdaftar tahun 2007 ke atas saja. Bila nasabah di bawah 2007, bisa menghubungi Halo Bumiputera di nomor 0804 100 1912.

Bagaimana cara berhenti menjadi nasabah Asuransi Jiwa Bumiputera?

Jika tidak ingin melanjutkan Asuransi Jiwa Bumiputera, maka Anda harus segera melaporkan pengajuan pemberhentian asuransi tersebut kepada pihak Bumiputera. Berikut ini adalah tahapan umum untuk berhenti Asuransi Jiwa Bumiputera.

  • Menghubungi kantor pusat/wilayah/pemasaran Asuransi Bumiputera terdekat dan jelaskan alasan keinginan menutup polis asuransi jiwa Bumiputera.
  • Siapkan polis asli atau duplikat.
  • Tanda terima asli dari pembayaran premi terakhir.
  • Fotokopi identitas pemegang polis.
  • Untuk informasi lebih lengkap seputar penutupan polis, Anda dapat menghubungi call center Halo Bumiputera melalui nomor 08041001912.
Bagaimana kronologi hingga Bumiputera mengalami gagal bayar?

Berikut kronologi gagal bayar klaim yang menimpa AJB Bumiputera dilansir dari portallebak.pikiran-rakyat.com.

1. Tahun 1997-2002

AJB Bumiputera mengalami defisit Rp2,07 triliun, sehingga manajemen berupaya untuk melakukan penyehatan jangka pendek, menengah, hingga perbaikan investasi.

2. Tahun 2002-2010

Defisit AJB Bumiputera kian besar mencapai Rp4,94 triliun.

3. Tahun 2010-2014

Defisit AJB Bumiputera menembus Rp9,25 triliun. Sehingga, perusahaan diminta membuat program fundamental, perombakan manajemen, hingga penyusunan demutualisasi.

4. Tahun 2014-2016

Defisit AJB Bumiputera bertambah Rp13,46 triliun. Usaha perbaikan dilakukan dengan pergantian manajemen serta perubahan distribusi pemasaran tradisional ke unit link. 

5. Tahun 2016-2018

Defisit AJB Bumiputera Rp18,9 triliun. Untuk mengurangi defisit perusahaan, OJK menunjuk Pengelola Statuter (PS) menjadi pengurus AJB Bumiputera.

6. 2018-2020

Defisit AJB Bumiputera belum terlihat berkurang, sebaliknya justru makin meningkat, yaitu Rp21,6 triliun.

7. Tahun 2020-Sekarang

Defisit AJB Bumiputera mencapai Rp30 triliun. Upaya perbaikan dilakukan dengan membentuk manajemen baru sesuai Anggaran Dasar (AD) AJB Bumiputera 1912.

Kemudian, manajemen diminta menjalan PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 87 tahun 2019. Selain itu, direksi Bumiputera juga diminta menyelidiki kecurangan yang terjadi di internal perusahaan.

Kelebihan dan kekurangan Asuransi Jiwa Bumiputera

Berikut kelebihan dan kekurangan dari Asuransi Jiwa Bumiputera yang harus calon nasabah ketahui.

Kelebihan

(+) Tersedia pilihan proteksi diri beragam mulai dari proteksi individu dan kumpulan

(+) Proses klaim dan pembayaran Asuransi Jiwa Bumiputera terbilang cukup mudah dilakukan. Informasi klaim dan pembayaran premi dapat ditemukan di situs resmi Bumiputera

Kekurangan

(-) Kesehatan keuangan perusahaan yang tidak baik dan jauh dari ketentuan OJK, yaitu 120 persen

(-) Asuransi Bumiputera sedang mengalami serangkaian masalah yang mengakibatkan penundaan pembayaran klaim nasabahnya. Adanya masalah tersebut tentu harus menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih produk asuransi jiwa

Sekilas tentang Asuransi Jiwa Bumiputera

Asuransi Bumiputera atau Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 berdiri pertama kali pada 12 Februari 1912. Perusahaan yang didirikan oleh Tiga Serangkai, yakni M. Ng. Dwidjosewojo, MKH Soebroto, dan M. Adimidjojo dengan nama Onderlinge Levensverzekering Maatschappij PGHB (O.L. Mij. PGHB). Namun, pada tahun 1913 O.L.Mij PGHB berganti nama menjadi O.L.Mij. Boemi Poetra.

Asuransi Jiwa Bumiputera memiliki enam jenis polis yang berfokus pada perlindungan jiwa individu dan kumpulan.

Salah satu polis asuransi jiwa yang dimiliki oleh Mitra Proteksi Mandiri menawarkan perlindungan khusus bagi calon nasabah yang berprofesi sebagai petani, nelayan, peternak atau pekerja lainnya. Dengan manfaat uang pertanggungan yang terus meningkat sebesar 10 persen setiap tahunnya.

Perusahaan lain yang menyediakan asuransi jiwa seperti Bumiputera
Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://ajb.bumiputera.com/
  • http://portallebak.pikiran-rakyat.com/
Chat Bantuan