Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi KSK Insurance

3.5 / 5.0 (5.239 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

KSK Insurance 

KSK Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan KSK Group Berhad asal Malaysia. Produk asuransi yang dihadirkan antara lain asuransi kendaraan, asuransi kecelakaan diri, hingga asuransi tanggung gugat. 

Produk yang dihadirkan sangat cocok khususnya untuk nasabah yang mencari asuransi kendaraan. Produk ini memberikan pertanggungan kerusakan atas risiko banjir yang sering terjadi di Indonesia. 

Ringkasan

  • Polis Asuransi Kendaraan Bermotor menanggung kerusakan mulai dari baret, penyok, hingga hilang akibat pencurian.
  • Polis Asuransi Perjalanan menanggung destinasi wilayah baik di dalam dan luar negeri. 
  • Polis Asuransi Kesehatan (BUPA) telah bekerjasama dengan rumah sakit rekanan yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.
  • Menanggapi musibah banjir 2020 lalu dengan melakukan pembayaran klaim di muka atas klaim asuransi nasabah yang terdampak banjir. 

Sejarah KSK Insurance 

PT KSK Insurance Indonesia (KSK Insurance) merupakan perusahaan asuransi umum berdiri sejak tahun 1988 di bawah naungan KSK Group Berhad (KSK Group) yang sebelumnya dikenal dengan nama Kurnia Asia Berhad. KSK Group sendiri adalah sebuah perusahaan investasi asal Malaysia yang kini berfokus pada layanan asuransi umum.

Jika dilihat dari sejarahnya, perusahaan elah beberapa kali melakukan pergantian nama. Pada mulanya, perusahaan asuransi umum ini dikenal dengan nama PT Asuransi Hastin Utama dan berganti nama menjadi PT Asuransi Aegis Indonesia di tahun 2001. Pada tahun 2007, perusahaan asuransi tersebut kemudian diakuisisi oleh KSK Group sehingga kembali mengubah nama menjadi PT KSK Insurance Indonesia hingga saat ini.

Berbekal pengalaman selama puluhan tahun, perusahaan mampu mencatat berbagai penghargaan bergengsi. Salah satunya adalah dianugerahi sebagai Asuransi Terbaik ke-3 dengan ekuitas di bawah Rp50 miliar oleh Media Asuransi pada tahun 2009.

Adapun produk asuransi umum yang dihadirkan terbilang sangat lengkap. Mulai dari asuransi individu hingga bisnis dengan cakupan produk asuransi perjalanan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah, asuransi golf, serta asuransi terhadap tuntutan hukum.

PT KSK Insurance Indonesia telah terdaftar secara resmi dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP-137/KM.13/1989 pada tanggal 4 September 1989.
Selama 12 tahun berdiri di bawah naungan KSK Group, PT KSK Insurance Indonesia berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi. Berikut ini deretan prestasi dan penghargaan yang diterima: The Best Trusted Insurance Company of The Year dalam Indonesian Creativity and Best Leader Award 2020; 2018: Best Financial Performance, General Insurance Company, Category Asset Between Rp300 Juta - Rp400 Juta - Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018; 22 Top Cession Asuransi Gempa Bumi Kategori B - The 7th Maipark Award 2017; Perusahaan Asuransi Terbaik Ke-3 dengan Ekuitas Di Bawah Rp50 Miliar - Media Asuransi Tahun 2009.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, serta perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Mengacu pada laporan tahunan 2019 yang dirilis oleh PT KSK Insurance Indonesia melalui situs resminya adalah sebagai berikut:

  • Rasio solvabilitas: 193 persen
  • Jumlah aset: Rp436,899 miliar
  • Ekuitas: Rp132,450 miliar

Jika mengacu pada rasio solvabilitas perusahaan tidak mengalami peningkatan maupun penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Meski begitu, jumlah aset dan ekuitas perusahaan telah melampaui ketentuan OJK dan dinyatakan sehat untuk beroperasi.

 
 

Produk KSK Insurance

Proteksi yang diberikan terbagi menjadi dua kategori yaitu asuransi untuk pribadi dan bisnis. Berikut pilihan produknya: 

1. Asuransi Individu 

Memberikan pertanggungan finansial atas kerugian pada kendaraan, harta benda, dan risiko selama melakukan perjalanan yang dialami oleh tertanggung individu atau perorangan. 

2. Asuransi Bisnis 

Memberikan memberikan pertanggungan finansial atas kerugian pada usaha nasabah. Sementara pilihan produk yang dihadirkan mencakup asuransi pengangkutan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi alat berat, asuransi rekayasa, asuransi harta benda, asuransi tanggung gugat, dan asuransi aneka.

 

Daftar Polis KSK Insurance

Polis yang dihadirkan cukup lengkap, di antaranya adalah sebagai berikut:

Asuransi Individu 

Asuransi Kendaraan Bermotor 

Produk asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan comprehensive dan total loss only pada kendaraan untuk tertanggung pribadi. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis. 

Asuransi Individu

Asuransi Harta Benda

Produk asuransi properti yang memberikan perlindungan finansial atas risiko kerugian yang mungkin terjadi pada properti dan harta benda. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Individu

Asuransi Kecelakaan Diri

Produk asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan finansial atas risiko cacat tetap total/sebagian dan cacat sementara akibat kecelakaan. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Individu

Asuransi Perjalanan

Produk asuransi perjalanan yang memberikan yang memberikan perlindungan finansial atas risiko yang mungkin terjadi ketika berpergian ke luar negeri.  Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Individu

Asuransi Kesehatan (BUPA)

Produk asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan finansial atas risiko kesehatan dengan jangkauan perawatan medis yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Individu

Asuransi Aneka 

Produk asuransi yang dapat dirancang atau dispesifikasi sesuai dengan kebutuhan nasabah pribadi. Ini menjadi salah produk unggulan perusahaan. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Bisnis

Asuransi Pengangkutan

Produk asuransi pengangkutan yang memberikan perlindungan finansial atas risiko kerugian atau kerusakan kargo yang dikirim melalui jalur laut, darat, udara. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Bisnis

Asuransi Kendaraan Bermotor 

Produk asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan comprehensive dan total loss only pada kendaraan untuk kebutuhan perusahaan. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Bisnis

Asuransi Alat Berat

Produk asuransi alat berat yang memberikan perlindungan finansial atas risiko kerusakan fisik pada alat berat selama proses pembangunan. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Bisnis

Asuransi Rekayasa

Produk asuransi mesin yang memberikan perlindungan finansial atas risiko kerugian pada mesin, alat elektronik, selama masa pembangunan. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Bisnis

Asuransi Harta Benda

Produk asuransi properti yang memberikan perlindungan finansial atas risiko kerugian pada harta benda kantor akibat kebakaran, kerusuhan, dan lain sebaginya. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Bisnis

Asuransi Tanggung Gugat

Produk asuransi tanggung gugat yang memberikan perlindungan finansial atas risiko cedera badan, meninggal dunia, dan penggugatan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada tertanggung. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

Asuransi Bisnis

Asuransi Aneka 

Produk asuransi yang dapat dirancang atau dispesifikasi sesuai dengan kebutuhan nasabah yang memiliki usaha atau organisasi. Adapun syarat dan ketentuan asuransi mengikuti polis.

 

Berita Terbaru KSK Insurance

Januari 2020 - Beberapa waktu lalu Jakarta digemparkan dengan musibah banjir. Ratusan rumah pun harus ikut terendam banjir. Menanggapi musibah banjir ini, KSK Insurance menunjukan kepedulian nyata dengan melakukan pembayaran klaim di muka atas klaim asuransi nasabah yang terdampak banjir.

Dilansir oleh Media Indonesia, perusahaan melakukan pembayaran klaim di muka hingga 25 persen dari nilai perkiraan kerugian sementara. Adapun klaim di muka diberikan kepada 22 nasabah yang tempat tinggalnya terendam banjir.

Head of Claim, David Setyawan, menjelaskan bahwa pembayaran klaim di muka ini dilakukan melalui cek tunai senilai total Rp1,2 miliar. Melalui langkah prepayment ini, diharap masyarakat lebih terbuka akan pentingnya memiliki asuransi guna melindungi harta benda dari risiko yang tidak diinginkan.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi KSK Insurance, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

KSK Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan perusahaan asal Malaysia KSK Group. Perusahaan ini dulunya dikenal dengan nama  PT Asuransi Hastin Utama, kemudikan perusahaan diakuisisi oleh KSK Group pada sehingga berganti nama menjadi PT KSK Insurance Indonesia pada tahun 2007 hingga saat ini.

Produk yang dihadirkan terbagi menjadi dua kategori yaitu asuransi pribadi dan bisnis. 

Asuransi umum pribadi: 

  • Asuransi Kendaraan Bermotor 
  • Asuransi Harta Benda
  • Asuransi Kecelakaan Diri
  • Asuransi Perjalanan
  • Asuransi Kesehatan (BUPA)
  • Asuransi Aneka 

Asuransi umum bisnis: 

  • Asuransi Pengangkutan
  • Asuransi Kendaraan Bermotor 
  • Asuransi Alat Berat
  • Asuransi Rekayasa
  • Asuransi Harta Benda
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Asuransi Aneka

Untuk ulasan lengkap masing-masing polis dalam lihat pada tab Polis & Manfaat.

Premi asuransi bergantung pada jenis polis yang dipilih, profil nasabah, nilai aset yang diasuransikan, dan cakupan pertanggung. 

Pembayaran premi asuransi bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center KSK Insurance, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Cara klaim asuransi disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Sila cek laman Prosedur Proses Klaim pada situs kskinsurance.co.id untuk mengetahui panduan klaim dari perusahaan terkait.

Untuk memberikan gambaran, asuransi kerugian umumnya dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

Laporkan kejadian kerugian → buat laporan kerugian yang menjelaskan secara detail penyebab terjadinya kerugian → sertakan dokumen klaim → akan dilakukan tahapan penelitian polis → akan dilakukan tahapan penelitian klaim → untuk kasus klaim rumit akan ditunjuk loss adjuster → hasil pengajuan klaim diumumkan 

Apabila pengajuan klaim diterima, umumnya proses pencairan dana klaim akan memakan waktu sekitar 14 hari kerja.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini KSK Insurance. 

Adapun jaringan agen profesional yang dimilikinya hampir sebanyak 400 orang. Menariknya, perusahaan menawarkan berbagai pelatihan bagi agen yang berpotensi untuk mendapatkan lisensi profesional. Untuk bergabung menjadi agen dapat menghubungi call center perusahaan melalui nomor (021) 5203003. 

Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah. Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan KSK Insurance.

Layanan nasabah atau call center perusahaan dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

Call Center KSK Insurance

  • Customer Care Centre: Central Park (APL) Office Tower Centennial Tower, Lt.15 Unit E-G Jalan Jend. Gatot Subroto Kav. 24 & 25, Jakarta 12930, Indonesia
  • Call Center: (021) 520 3003
  • Email: [email protected]
  • Faksimile: (021) 520 3002
  • Website: kskinsurance.co.id

KSK Insurance tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2018 telah mendirikan kantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang yang tersebar di wilayah Bandung, Pontianak, Medan, dan Surabaya.

Alamat Kantor Pusat KSK Insurance

Central Park (APL) Office Tower Centennial Tower

 Lt.15 Unit E-G Jalan Jend. Gatot Subroto 

Kav. 24 & 25

Jakarta 12930 INDONESIA

Telp: (021) 520 3003

Faks: (021) 520 3002

www.kskinsurance.co.id

Alamat Kantor Cabang KSK Insurance:

  • Bandung Jalan Karapitan Burangrang Lengkong, Bandung Jawa Selatan, Telp: (022) 7337 444, Faks: (022) 7337 444, Email: [email protected] 
  • Pontianak Jalan Jend. A. Yani Komp. Ruko Mega Mall Blok E No. 26, Pontianak 78122, Telp: (0561) 765006, Faks: (0561) 76607, Email: [email protected] 
  • Medan Kompleks Sentosa Land No. 9 K, Jl Tengku Amir Hamzah, Medan 20152, Sumatera Utara, Telp: (061) 800 81 333 I 800 81 555, Faks: (061) 800 81 444, Email: [email protected] 
  • Surabaya Jalan Diponegoro No. 91 B Surabaya 60241, Telp: (031) 562 0588, Faks: (031) 562 0688, Email: [email protected]

Asuransi KSK Insurance memiliki rekanan bengkel dan rumah sakit yang tersebar luas di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanan perusahaan:

Jakarta

  • Mega Star Autoworks Jalan Meruya Ilir No. 12. Jakarta Barat (021) 58909812/13, (021) 5840691/584. 
  • Antona Motor Jalan Meruya Illir Raya No. 1. Jakarta Barat (021) 58903222/58907111. 
  • King Ford Jalan Suprapto No. 78A. Cempaka Putih. Jakarta Pusat (021) 4254033. 
  • PT Karyakita Putra Sejahtera Jalan Gunung Sahari – Ancol No. 17 Jakarta Pusat (021) 6253378.
  • Abadi Jaya Motor Jalan Semut No. 49A – Penjaringan. Jakarta Utara (021) 6918747/690. 
  • Agung Jaya Motor Jalan Danau Sunter Barat A1/5. Jakarta Utara (021) 6408427
  • Dharma Motor  Jalan Jatibening Estate No. 91. Jati Kramat – Pondok Gede. Jakarta Timur (021) 849 92507/849 92508. 
  • May Car Jalan Jend. Ahmad Yani No. 73 A Jakarta Timur (021) 857 0444 – 325 87757
  • Pancaran Aneka Motor Jalan Ciputat Raya No. 28-30A. Kebayoran Lama. Jakarta Selatan (021) 725 3462 – 725 3463 
  • Buana Sakti Aneka Motor Jalan Warung Buncit Raya No. 109. Jakarta Selatan (021) 799 6171

Tangerang

  • AS Motor Indonesia Jalan Diklat Pemda No. 07, Bojong Nangka, Kelapa Dua (021) 5471900/5471916.
  • New Paintwork Jalan Raya Serpong No. 188 (Dpn. RS. Ashobirin), Serpong (021) 53122968/53122969.
  • Marga Jaya Jalan MH Thamrin No. 8 Cikokol. (021) 55753357-59. 

Karawaci

  • Karawaci Indah Motor Jalan Diklat Pemda No. 07, Bojong Nangka, Kelapa Dua (021) 5471900/5471916.

Bekasi

  • Cahaya Utama Jalan Raya Narogong No. 222. (021) 824 33568. 
  • PT Layanan Prima Setia Jaya Jalan Raya Jatiwaringin 45, Pondok Gede (021) 8485931. 
  • Karya Murni Sentosa Jalan Siliwangi Km. 7 No. 50, Rawa Lumbu, Narogong, Bekasi (021) 824 20757 

Cikarang

  • PT Nara Citra Otowarna Jalan Jababeka VI  Blok J 4E, Kawasan Industri JABABEKA, Cikarang (021) 898 36262. 
  • PT Gilgal Painting Komp. Ruko Mega Surya Blon 16V, Jalan Raya Cibarusah No. 16 (021) 89901682.

Purwakarta

  • PT Tokorozawa Motor Jalan Raya Irigasi No. 123. (0264) 8623571. 

Bogor

  • Makmur Jaya Motor (MJM) Jalan Pajajaran No. 15A. (0251) 8310166/8351759/8351684.

Bandung

  • Auto Blink Jalan Gatot Subroto No. 43A (022) 708 20037. 
  • CV Asia Pitstop Jaya Jalan Holis. NO. 246-248. Bandung (022) 602 1621. 
  • Mekar Jaya Jalan Ters. Kiaracondong No. 1 Bandung (022) 7564944. 
  • PT Mentari Cahaya Utama Jalan Soekarno Hatta No.250-B. Bandung (022) 5431515.

Berikut daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi KSK Insurance: 

  • RS Premier Jatinegara Jalan Raya Jatinegara Timur No. 85-87 Kawasan Niaga – Bintaro Jaya 13310 Jakarta, Indonesia (021) 2800888. 
  • RS Premier Surabaya Jalan Nginden Intan Barat Blok B 60118 Surabaya, Indonesia (031) 5993211. 
  • RS Premier Bintaro Jalan M.H Thamrin Blok B3 No. 1 Sektor 7 Kawasan Niaga – Bintaro Jaya 15224 Tangerang, Indonesia (021) 7455500. 
  • Klinik Penta Medica Jalan Teuku Umar Barat-Marlboro No.88 Denpasar 80311 Bali, Indonesia (0361) 490709. 
  • Siloam Hospital Lippo Cikarang Jalan MH Thamrin, Kav. 105 Lippo Cikarang 17550 Bekasi, Indonesia (021)  89901088. 
  • Siloam Hospital – Semanggi The Plaza Semanggi, Gd. Veteran Lt.7 Jalan Jend Sudirman Kav.51 Jakarta Selatan, Jakarta, Indonesia (021) 2553 9326. 
  • Siloam Hospital Surabaya JL Raya Gubeng 70 Surabaya 60281 Surabaya, Indonesia (031) 503 1333.
  • Siloam Hospital Lippo Karawaci Jalan Siloam No. 6. Lippo Karawaci 1600 Tangerang,Indonesia (021) 546 0055.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://mediaindonesia.com/read/detail/283947-asuransi-ksk-insurance-bayar-klaim-korban-banjir-25-di-muka
  • http://www.kskinsurance.co.id/
  • https://ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/asuransi/Documents/Pages/Statistik-Perasuransian-2018/Statistik%20Perasuransian%20Indonesia%202018.pdf
Avatar
Penulis Clara Naomi Penulis artikel lifestyle yang terjun ke dunia finansial. Di sini memiliki satu tujuan, yaitu menulis untuk menginspirasi pembaca agar merdeka secara finansial Lihat profile penulis